fbpx

[Swatches & Review] Wardah Cosmetics Intense Matte Lipstick

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 51.5K views

Hallo semuanya! Akhirnya dateng juga nih review lengkapnya Wardah Intense Matte Lipstick. Aku udah pernah bikin flash review di instagram karena saat itu yang datang baru 6 warna. Nah! Sekarang akhirnya aku punya lengkap 12 warna, jadi aku bakal bahas secara lengkap disini ya. Okay let’s just start!

Di flash review aku udah bahas beberapa poin, buat yang penasaran ingin baca juga, silakan cek link ini.

wardah-intense-matte-lipstick-2

Cute Boxes from Wardah Cosmetics

Cute Boxes from Wardah Cosmetics

Melanjutkan hal yang tertunda –tsah– hari ini aku bakal bahas lagi semuanya, termasuk coba untuk jawab pertanyaan-pertanyaan dari temen-temen di comment section instagram. Seperti biasa, kita mulai dari hal yang paling penting: pengenalan produknya.

Packaging

As I told you before di flash review, Wardah Intense Matte Lipstick ini kurang lebih punya kemasan sama dengan seri terdahulu-nya, Wardah Long Lasting Matte Lipstick. Yang membedakan hanya kemasan luarnya saja (box), yang lebih merepresentasikan warna lipstik di dalamnya.

12 shades of Wardah Intense Matte Lipstick

12 shades of Wardah Intense Matte Lipstick

Warna kemasan yang menyerupai warna lipstik tentu bisa bantu banyak buat kita yang lebih seneng belanja online, karena dari kemasannya saja kita bisa tahu warna lipstik di dalamnya. Okay, I know… mungkin gak 100% convinced, karena kita butuh swatch-swatch lengkapnya juga supaya kita bisa tahu warna apa saja yang bakal cocok di kulit kita. Donut worry, aku bakal kasih full swatches termasuk arm swatches-nya disini (untuk online shop, dipersilakan untuk save foto-fotonya asal jangan diedit yaa.. 😉wardah-boxwardah-tube

Ingredients, Formula, Texture

WARDAH INTENSE MATTE LIPSTICK INGREDIENTS:

Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Cyclomethicone, Beeswax*, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Dimethicone, Octyldodecanol, Candelilla (Euphorbia Cerifera) Wax, Mica, Carnauba (Copernicia Cerifera) Wax, Ozokerite, BHT, Propylparaben**, Squalane, Tocopheryl Acetate, Hydrogen Dimethicone, Fragrance, Talc***, Isononyl Isononanoate, Isopropyl Myristate, Stearalkonium Hectorite, Isopropyl Titanium Triisostearate, Propylene Carbonate, Polyhydroxystearic Acid.

May contain : CI 77891, CI 77492, CI 15850:2, CI 77491, CI 77499, CI 15850:1, , CI 77742, CI 45410:2, CI 15850.

WARDAH LONG LASTING MATTE LIPSTICK INGREDIENTS:

Cyclomethicone, Caprylic/Capric, Triglyceride, Isopropyl Myristate, Isohexadecane, Candelilla (Euphorbia Cerifera) Wax, Besswax*, Hydrogenated Polycyclopentadiene, Polyethylene, Carnauba (Copernicia Cerifera) Wax, Cetyl Acetate, Polymethyl Methacrylate, Paraffin Wax, Stearyl Acetate, Fragrance, Polupropylene, Oleyl Acetate, BHT, Methylparaben**, Propylparaben**, Acetylated Lanolin Alcohol*, Talc***.

May Contain: CI 77891, CI 77492, CI 15850, CI 77491, CI 77499, CI 45410:2, CI 15850:1, CI 15850:2, CI 77742, CI 77019

*    non-vegan
**  mengandung paraben
*** dapat menyebabkan alergi

Formula:

Don’t get confused dengan istilah ‘matte‘. Banyak sekali pertanyaan di instagramku ‘Kok kayak glossy?’ atau ‘Bukannya lipstik ini matte ya? Kok mengkilat?” In the near future aku bakal bahas juga soal perbedaan matte, glossy, sheen, satin, creamy, etc untuk istilah lipstik. Nah, Wardah Intense Matte Lipstick ini sebetulnya punya hasil akhir matte, tapi memang tidak se-matte si pendahulunya: Long Lasting Matte Lipstick. Wardah Intense Matte Lipstick lebih terasa moist, creamy, dan ya.. lebih ‘licin’ ketika diaplikasikan. Lalu, apa sih yang menjadikan lipstik ini ‘matte‘?

The texture of Wardah Intense Matte Lipstick

The texture of Wardah Intense Matte Lipstick

Secara keilmuan *cie* matte lipstick bersifat ‘menangkal’ cahaya, atau dengan kata lain: gak bikin bibir mengkilat. Berbeda dengan liquid lipstick, matte lipstick klasik masih bisa memantulkan cahaya, bahkan yang paling matte sekalipun (seperti Melt Cosmetics Ultra Matte Lipstick), apalagi jika kena cahaya langsung. Lipstik Matte juga punya pigmentasi warna yang pekat, dan juga menghasilkan efek natural di bibir. Selain itu, lipstik matte juga bisa bikin bibir keliatan lebih tipis. Terlebih lagi, matte lipstik juga unggul di performanya yang kita semua pasti udah tau: tahan lama di bibir. Yang jadi masalah, lipstik matte kadang kurang memiliki kadar moisturizing bahkan sangat minim karena logika sederhana: semakin kering formulanya, maka semakin tahan lama warna lipstik stay di bibir.

Nah, Intense Matte Lipstick dari Wardah ini berbeda. Dia punya formula Supreme Moisture Charge yang memang gak bikin bibir kering, malah lebih cenderung moist. Karena inilah, sifat lipstik Intense Matte gak se-matte lipstik-lipstik matte yang lain, cenderung lebih creamy dan masih bisa menangkap cahaya kalau kena lampu.

Pigmentation, Colors

Pigmentasi Wardah Intense Matte Lipstick ini bisa dibilang grade A, alias bisa menutupi warna bibir dengan baik. Bahkan untuk warna-warna muda sekalipun. Lipstiknya juga enak dipakai, walaupun berkali-kali apply, tidak membuat bibir terasa berat.

Untuk warna, Wardah Intense Matte Lipstick menyediakan 12 warna pilihan yang jujur aja, semuanya bagus!

Ini list shades-nya:

01 – Socialite Peach
02 – Blushing Nude – Recommended nude for fair to medium skintones
03 – Peach Perfect ❤
04 – Mauve Mellow – Recommended nude for medium to tan skintones
05 – Easy Brownie ❤ – Recommended brown for fair to medium skintones
06 – Blooming Pink ❤
07 – Passionate Pink
08 – Retro Red ❤ – Recommended red for medium to tan skintones
09 – Vibrant Red – Recommended red for fair to medium skintones
10 – Miss Terracotta ❤
11 – Choco Town ❤ – Recommended brown for medium to tan skintones
12 – Lady Burgundy

❤ = my favorite shadeswardah-boxes-2wardah-intense-matte-lipstick

Staying Power

Wardah mengklaim bahwa Intense Matte Lipstick bisa tahan sampai 10 jam. Bener gak sih?

Menurutku, selama apapun lipstik ‘tinggal’ di bibir, efeknya gak akan bagus. Aku pribadi gak pernah pakai lipstik sampai lebih dari 10 jam, kalaupun iya, pasti ada ‘masanya’ aku istirahatin dulu bibir dengan tidak memakai lipstik sama sekali, dan mengoleskan lip balm untuk mengembalikan nutrisi. Hal ini juga sebenernya untuk mencegah agar bibir aku gak kering. Dan ya, memang walaupun setiap hari aku pakai lipstik, aku gak pernah punya bibir kering kecuali ketika puasa atau sakit.

Jadi, apa benar 10 jam? Ketika pertama kali aku bikin flash review lipstik ini, aku gak coba sampai 10 jam. Tapi beberapa hari yang lalu aku coba pakai selama kurang lebih 9 jam, dengan disertai makan burger dan kopi. Dan ya, seperti yang kalian tebak, betul lipstik ini stay di bibir, tapi dengan catatan, sebagian warnanya sudah hilang apalagi di bagian dalam bibir. Terlebih jika kamu messy eater, maka sudah sirna semua harapan — eh maksudnya warna lipstiknya dari bibir. And this is NORMAL. Don’t expect your lipstick to work like wall paint. Kalau kamu mengharapkan lipstik ini bisa se-pigmented ketika pertama kali diulas di 10 jam setelah aplikasi, maka aku bisa pastikan: tidak akan bisaKarena menurutku menghapus lipstik lalu mengulaskannya kembali adalah semacam ‘seni’, jadi aku gak masalah untuk touch up berkali-kali dalam satu hari.

Price

Dengan kualitas seperti ini, Wardah hanya membanderol Intense Matte Lipstik seharga 40-ribuan.

Recommended?

Untuk yang suka lipstik tapi gak bikin bibir kering, I really think you HAVE TO TRY this. 😉

Any weaknesses?

Yup! Seperti yang udah kalian bisa tebak, lipstik ini mudah jatuh dari dudukan lipstiknya alias patah. Kenapa ya kok bisa serapuh ini? Secara logika, bentuk lipstik tinggi ramping seperti milik Wardah, Purbasari, Mirabella, atau yang termasuk mahal sekalipun: Make Over Ultra Hi Matte Lipstick, bisa dipastikan akan mudah patah karena bentuknya yang fragile. Panjang lipstik-nya lah yang bikin lipstik-lipstik ini mudah patah. Diameter lipstik yang kecil berbanding ukuran lipstik yang panjang akan sangat memengaruhi performa lipstik ketika diulaskan ke bibir dengan gerakan kanan-kiri atau memutar. Jadi jangan salahkan ‘kualitas’nya. Selain itu, tentu ada faktor suhu yang sudah pasti berpengaruh. Jika terlalu dingin, lipstik akan mengeras, dan akan lebih mudah patah / lepas dari dudukan. Jika terlalu panas, maka akan lebih mudah meleleh. Duh, serba salah ya? Hihihi.. 😉

SOON aku bakal bahas lengkap soal ini ya, dan tentu aja how to fix a broken lipstick tutorial-nya juga.

Swatches

Cek swatch-nya disini ya.. Boleh banget di-save, asal jangan diedit. Untuk Online Shop, saran aku jangan repost via instagram karena bisa memengaruhi kualitas fotonya. Silakan di-save disini saja. 🙂

[masterslider id=”7″]

Disclaimer

Produk merupakan sample yang dikirim oleh Wardah Cosmetics. Review merupakan murni pengalaman pribadi saya.

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love