[Swatches & Review] Implora Urban Lip Cream Matte

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 29374 views
Nama Produk IMPLORA URBAN LIP CREAM MATTE
Diproduksi oleh CV. Priskila Mandiri Utama
Berat Bersih 2,75gr
Harga 22,000 (MSRP)
Jumlah Warna 12 Warna
Pembelian Online (Shopee, Tokopedia, dan Lazada), dan juga offline

Hi Lippielusters!

Kali ini aku akan review satu produk lokal yang udah lumayan lama eksis di dunia kosmetik Indonesia, IMPLORA Urban Lip Cream Matte! Untuk yang belum tau, IMPLORA Cosmetics adalah brand asal Sidoarjo, Jawa Timur yang didirikan oleh CV. Priskila Mandiri Utama pada tahun 2004 dan beberapa tahun belakangan ini mulai dikenal luas di Indonesia berkat marketplace kesayangan kita semua seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada Mall. Selain itu, IMPLORA juga mengadopsi bisnis reseller sehingga produk-produknya bisa dikenal luas secara offline juga.

Di tahun 2018, IMPLORA memperkenalkan Urban Lip Cream Matte dengan total 3 warna pilihan. Di tahun 2019, IMPLORA menambahkan varian warnanya menjadi 6 warna. Di tahun 2020 ini IMPLORA langsung menambahkan 6 warna tambahan sehingga hari ini IMPLORA Urban Lip Cream Matte memiliki 12 varian warna.

About the Product

Implora Urban Cream Matte dengan formula yang lembut, mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai antioxidant sehingga dapat membantu menjaga kelembaban alami bibir hingga tampak memukau. Sapuan warna yang indah membuat bibir terlihat lebih menarik. Tersedia dalam 3 warna yang cocok dalam setiap kesempatan.

IMPLORA Urban Lip Cream Matte adalah produk liquid-to-matte pertama dari IMPLORA. Produk ini booming karena harganya yang sangat terjangkau, sekitar 17,000-22,000 Rupiah aja dan bisa kamu temukan dengan mudah secara online dan juga offline, karena banyak banget resellers-nya. Tapi gak hanya itu, banyak juga yang merasa kalau produk ini punya kualitas yang gak kalah baik dibandingkan produk-produk lokal dengan harga yang jauh lebih mahal.

Personally, aku baru cobain produk ini sekitar sebulan lalu jadi aku gak bisa menjelaskan soal perubahan formula atau hal apapun (jika ada) antara tahun 2018-2020. Jadi aku akan mereview khusus untuk formula yang diproduksi di tahun 2020 aja. Nah, yang belum pernah cobain produknya, penasaran gak seperti apa formulanya?

Packaging & Ingredients

Walaupun harganya murah, menurutku IMPLORA Urban Lip Cream Matte menggunakan packaging yang cukup niat. Produk ini memiliki box yang berukuran 2x lebih besar dibandingkan tube-nya, lengkap dengan cut-out untuk memperlihatkan warna lip cream dan juga detail produk di bagian belakang box. Selain itu, box-nya dibuat khusus dengan menambahkan nomor dan nama shade di bagian depan box.

 

Untuk tube-nya, IMPLORA Urban Lip Cream Matte mengingatkan aku sama tube ramping milik BH Cosmetics asal Amerika Serikat, mulai dari bentuk hingga list hitam di bagian badan botol. Botolnya sekilas mirip sama botol standar produk lip cream lokal lain tapi jika diperhatikan, tube IMPLORA Urban Lip Cream Matte ini terlihat lebih kecil dan ramping. Makanya, isi produk pun gak banyak, sekitar 2,75gr aja.

Produk ini memiliki aplikator dengan gagang yang panjang dan bantalan doe-foot cukup berserabut untuk mengakomodasi aplikasi warna di bibir. Khusus tube, IMPLORA Urban Lip Cream Matte menambahkan stiker berwarna silver di bagian bawah botolnya.

 

 

 

Isododecane, Diisostearyl Malate, Hydrated Silica, Hydrogenated Polycyclopentadiene, Glyceryl Behenate/Eicosadioate, Nylon-12, Trimethylsiloxysilicate, Cyclohexasiloxane, Isopropyl Myristate, PEG-8 Beeswax, Isononyl Isononanoate, Tocopherol (Vitamin E), Quaternium-90 Bentonite, Methylparaben, Propylene Carbonate, Flavor, Propylparaben, BHT, Isopropyl Titanium Triisostearate, Stearalkonium Hectorite, Polyhydroxystearic Acid

IMPLORA Urban Lip Cream Matte is Sulfate-Free, Alcohol-Free, Silicone-Free, BPOM Registered.
Hero Ingredients: Vitamin E & UV Protector

IMPLORA Urban Lip Cream Matte mengandung moisturizer, Vitamin E, dan UV Protector untuk proteksi ekstra.

Formula, Texture, Finish

IMPLORA Urban Lip Cream Matte memiliki formula creamy liquid yang gak terlalu kental dan juga gak terlalu cair. Teksturnya terasa creamy ketika pertama kali diaplikasikan namun ketika sudah 100% mengering jadi transferproof matte, rasanya tipis sekali di bibir seperti lagi gak pake lipstik apapun. Produk ini benar-benar ‘hugging’ alias nempel di bibir, cukup fleksibel sehingga gak akan cracking kalau kita buka mulut lebar-lebar.

Pigmentasinya medium, terutama warna-warna muda yang memang bisa terlihat kontras dengan warna asli bibir. Walaupun begitu, produk ini bisa banget kamu tambahkan layer sampai terlihat benar-benar menutupi warna asli bibir. Tunggu layer awal kering dulu baru apply layer baru, ya. Kalau enggak, warnanya akan menggumpal dan lama kelamaan bisa cracking karena karena layer-nya gak rata jadinya keringnya pun gak rata.

IMHO, aku lebih suka pigmentasinya dibuat satu layer aja karena terasa ringan. Memang kelemahannya adalah warna lip cream akan bercampur dengan warna asli bibir sehingga warna-warnanya akan terlihat berbeda dari warna-warna yang diaplikasikan di tangan. Bisa jadi lebih gelap atau lebih terang, tergantung warna dasar bibirmu.

Hasil akhir yang didapat adalah transferproof matte yang bisa langsung mengering dalam waktu kurang dari 1 menit, tapi ada saat dimana produk bisa menempel di gelas ketika minum. Produk juga akan bergeser jika digosok dengan menggunakan jari. Sesuai pengalamanku, produk liquid-to-matte yang benar-benar mengering jadi transferproof matte kadang kalo enggak terasa berat dan tebal ya mudah cracking apalagi kalau ditambah dengan pigmentasi tinggi.

Anyways, produk ini akan sedikit mengaksentuasi garis-garis bibir ketika sudah mengering jadi transferproof matte. Untuk yang punya bibir kering dan pecah-pecah, ada baiknya moisturize bibir kamu dengan lip balm beberapa jam sebelum aplikasi. Hal ini bisa berguna agar garis-garis atau bagian kering bibir tidak benar-benar teraksentuasi. Perlu diingat kalau pakai lip balm beberapa menit sebelum aplikasi dapat mengakibatkan perubahan formula menjadi less transferproof dan bisa terasa lengket di bibir.

Staying Power & Performance

Bicara soal daya tahan sih gak akan ada habisnya karena emang gak ada standar baku harus selama apa sih transferproof lip cream harus bertahan di bibir, apakah bisa bertahan kalau dibawa makan atau ternyata bisa luntur bahkan ketika kita gak ngapa-ngapain. Semuanya tergantung selera dan aktivitas yang kita jalankan juga.

Untuk ketahanannya, produk ini bisa tahan cukup lama di bibir. Performa terbaiknya ada di 4-5 jam awal. Di jam-jam berikutnya, lip cream akan terlihat memudar di bagian dalam bibir sampai akhirnya benar-benar harus retouch setelah 7-9 jam tergantung aktivitasmu saat itu. Oh ya, produk bisa menempel di pinggiran gelas juga kalau minum, dan udah pasti bisa luntur total jika dipakai makan.

Lastly, menurutku IMPLORA gak terkesan ‘maksa’ ya. Gak semua faktor perlu dimasukkan ke dalam satu produk untuk menciptakan produk yang bakalan laku. IMPLORA gak mengklaim produknya berpigmentasi tinggi, gak mengklaim juga kalau produk ini ‘terbaik’ walaupun menurutku produk ini cukup berkualitas apalagi kalo harganya 22,000-an aja. ?

Shades

  • 01 DUSKY NUDE (peach brown nude)⁣
  • 02 TERRA COTTA (warm reddish mauve)⁣
  • 03 DARK BERRY (deep crimson red)⁣
  • 04 MEDELINE (vermillion red — reddish orange)⁣
  • 05 ALLURE (deep mauve pink)⁣
  • 06 LUMIERE (warm purple)⁣
  • 07 TRUFFLE MAUVE (pink mauve nude)⁣
  • 08 PINK LATTE (peachy pink nude)⁣
  • 09 BUTTERSCOTCH (light orange brown)⁣
  • 10 GINGERBREAD (medium warm orange)⁣
  • 11 RED BEAN (vivid red brown)⁣
  • 12 BROWN SUGAR (deep brown with a hint of red)⁣
Warna Pilihan Lippielust (Favorit):

01 Dusky Nude (bagus banget untuk base ombré), 02 Terracotta, 05 Allure, 10 Gingerbread, 11 Red Bean

Warna rekomendasi untuk LIGHT-FAIR SKINTONES:

01 Dusky Nude, 04 Medeline, 05 Allure, 07 Truffle Mauve, 08 Pink Latte, 09 Butterscotch

Warna rekomendasi untuk LIGHT MEDIUM-TAN SKINTONES:

01 Dusky Nude, 02 Terracotta, 03 Dark Berry, 04 Medeline, 06 Lumiere, 07 Truffle Mauve, 08 Pink Latte, 10 Gingerbread, 11 Red Bean

Warna rekomendasi untuk TAN – DARK SKINTONES:

02 Terracotta, 03 Dark Berry, 06 Lumiere, 08 Pink Latte, 10 Gingerbread, 11 Red Bean, 12 Brown Sugar

Warna rekomendasi untuk ombre:

OMBRE 1: 01 Dusky Nude (base) + 03 Dark Berry (inner)

OMBRE 2: 08 Pink Latte (base) + 12 Brown Sugar (inner)

OMBRE 3: 09 Butterscotch (base) + 11 Red Bean (inner)

OMBRE 4: 01 Dusky Nude (base) + 12 Brown Sugar (inner)

Swatches

Where to Buy

Produk ini tersedia di semua toko online maupun offline yang menjual produk-produk IMPLORA Cosmetics dengan harga 22,000,- (MSRP). Kalau mau beli di toko resminya, kamu bisa kunjungi Official Online Store of IMPLORA di Online Shopee, Tokopedia, dan Lazada

Lippierating

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.