fbpx

[Review & Swatches] Raine Beauty (Lip Velvet Hydrating Balm & Lipstick Tinted Oil)

by Yustika Maharani
1.5K views

It’s a good day to review something new and something fresh. Kali ini, produknya datang enggak dari brand yang biasa-biasa aja; It’s from Raine Beauty, sebuah brand super new hasil karya penyanyi kesayangan sejuta umat: Raisa! Langsung aja kita bahas deh ya, menarik lho.

Lip Velvet Hydrating Balm

Product Name Lip Velvet Hydrating Balm
Manufactured By PT CEDEFINDO
Distributed By PT KREASI MULTICAHAYA ESTETIK
Weight / Price 4.4g / Rp 139.000

Benefits and Claims

“…​​make your lips looks moist with velvet finish and complete with UVB filter that will make your lips keeps hydrated…We use clean, cruelty free, and vegan formula also our container is made of 50% PCR (Post-consumer recycle plastic) as proof of our love for us and the environment.”Raine Beauty on shopee.com

Packaging

Kita udah bisa lihat dari bio Instagram-nya Raine kalau mereka itu mengusung tema “clean” untuk estetika visual-nya. Melihat kemasannya, Raine really lives up to what they claim.

Warna statement yang Raine gunakan adalah soft sage green yang secara visual memberikan kita feel yang “sejuk” dan “ringan”. Nah, berdasarkan klaim, katanya kemasan box ini terbuat dari karton yang biodegradable a.k.a bisa dihancurkan oleh bakteri atau organisme hidup lainnya sehingga enggak membahayakan lingkungan. The packaging is said to be FSC Certified yang berarti bahan dasar kayu yang digunakan kemasan ini diambil dari hutan yang memang sudah dikelola dengan baik untuk produksi (say no to bald forests).

Moving on, kontainer lip balm ini juga didesain untuk menjadi eco-friendly. Katanya, 50% bahan kontainer ini terbuat dari PCR (Post-Consumer Recycled Plastic). Jadi, plastik yang digunakan adalah plastik hasil daur ulang. It’s a small step to reducing plastic waste! Berdasarkan packaging, kita bisa tahu kalau Raine ternyata enggak hanya “clean” dari segi visual tapi dari segi value juga. They deserve an applause for this! 

Warna dari kontainer ini (nude linen) mengingatkan aku dengan kontaine milik Rose Inc (brand-nya Rosie Huntington Whiteley). It looks super chic.

The Product and My Experience

Bisa kita lihat bentuk ujung lip balm yang unik: bulat. Desain seperti ini mengingatkan aku dengan desain Bronzer Stick milik Rare Beauty. I do think that it’s going to be a new design trend. 

Aroma produk ini enggak aneh-aneh sih, it just smells like cream; health-wise, ini bagus karena artinya enggak ada kandungan fragrance yang berpotensi mengiritasi bibir kita. 

Saat aku aplikasikan ke bibir, aku kira bakal belepotan karena bentuk ujungnya yang bulat, tapi ternyata, aku merasa nyaman-nyaman aja; enggak messy. Ini sih untuk penggunaan yang santai ya, kalau kamu suka yang super precise sampai harus nge-fill ke bagian sisi-sisi bibir untuk menciptakan sebuah “bentuk bibir” yang sempurna, jujur bentuk bulat ini kurang oke.

Untuk tekstur, ini enggak seperti lip balm seperti umumnya. It’s not oily and not “melt-y”. Lip balm ini padat dari segi tekstur dan feel. Honestly, I kinda like it. Bibir aku terasa lembab tanpa harus merasakan minyak yang berlebih. Warna yang didapatkan juga cantik, lho. Enggak terlalu pekat tapi enggak terlalu faded juga. It’s the right amount to give you the “fresh” and “natural chiclook. Sempet kaget sih karena di swipe pertama aku merasa kalau pigmennya enggak keluar sama sekali, tapi setelah beberapa swipe, akhirnya aku bisa melihat warna, sadly, ini bakal jadi faktor produk cepat habis.

Ada sesuatu yang menurutku lumayan mengganggu: adjustable knob yang lemah. Maksud aku, setiap aku melakukan aplikasi, aku tekan produknya ke bibir kan, nah disini si produk ini masuk kembali ke dalam tube-nya karena adjustable knob yang enggak bisa nge-hold pressure dengan baik. Karena ini, setiap aku aplikasikan balm, aku harus sambil megangin si leher tube-nya supaya produk enggak masuk. Maybe Raine can fix this problem with their next products.

Untuk transfer level, produk ini enggak ada klaim transferproof-nya, jadi aku enggak keberatan dengan kondisi produk ini yang transferable.

Overall, this product gets a pass from me. It’s not spectacular other than kandungan bagusnya yang melimpah. It’s “just” good.

Ingredients

C10-18 Triglyceride, Candelilla Cera, Microcrystalline Wax, Hydrogenated Polyisobutene, Octyldodecanot, Isopropyl Palmitate, Dimethicone, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Synthetic Wax, Trimethylsiloxysilicate, Caprylyl Methicone, Phytosteryl/Octyldodecyl Lauroyl Glutamate, VP/Hexadecene Copolymer, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Titanium Dioxide, Simmondsia Chinensis Seed Wax, Tocopheryl Acetate, Phenoxyethanol, Helianthus Annuus Seed Wax, Barium Sulfate, Bisabolol, Flavor, Persea Gratissima Oil, Vitis Vinifera Seed Oil, Pentaerythrityl Tetra-di-t-butyl Hydroxyhydrocinnamate, Water, Acacia Decurrens Flower Wax, Colophonium, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Glycerin, Pentylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Lactic Acid, Serine, Sodium Lactate, Sorbitol, Urea, Biosaccharide Gum-4, Sodium Chloride, Allantoin. 

Raine Lip Velvet Hydrating Balm is Allergen-Free, Alcohol-Free, Gluten-Free, Sulfate-Free, Paraben-Free, PEG-Free, and Fragrance-Free.

  1. Comedogenic Components: Hydrogenated Polyisobutene, Isopropyl Palmitate, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Simmondsia Chinensis Seed Wax, Persea Gratissima Oil
  2. Silicones: Dimethicone
  3. Fungal Acne Feeding Components: Isopropyl Palmitate, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Simmondsia Chinensis Seed Wax
  1. Moisturizing: Hydrogenated Polyisobutene, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Simmondsia Chinensis Seed Wax, Phenoxyethanol, Vitis Vinifera Seed Oil, Glycerin, Pentylene Glycol, Lactic Acid, Serine, Sodium Lactate, Sorbitol, Urea, Allantoin
  2. Softening: Isopropyl Palmitate, Dimethicone, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Caprylyl Methicone, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Simmondsia Chinensis Seed wax, Tocopheryl Acetate, Persea Gratissima Oil, Vitis Vinifera Seed Oil, Glycerin, Sorbitol, Allantoin
  3. Soothing: Simmondsia Chinensis Seed Oil, Simmondsia Chinensis Seed Wax, Bisabolol, Persea Gratissima Oil, Vitis Vinifera Seed Oil, Sodium Lactate, Sorbitol, Urea, Allantoin
  4. Acne fighting: Vitis Vinifera Seed Oil, Lactic Acid
  5. Anti aging: Simmondsia Chinensis Seed Oil, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Simmondsia Chinensis Seed Wax, Tocopheryl Acetate, Persea Gratissima Oil, Vitis Vinifera Seed Oil, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Lactic Acid
  6. Antioxidant: Simmondsia Chinensis Seed Oil, Simmondsia Chinensis Seed Wax, Tocopheryl Acetate, Persea Gratissima Oil, Vitis Vinifera Seed Oil, Ascorbyl Tetraisopalmitate
  7. Healing: Simmondsia Chinensis Seed Oil, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Simmondsia Chinensis Seed Wax, Bisabolol, Vitis VInifera Seed Oil, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Lactic Acid
  8. Antiseptic: Phenoxyethanol, Bisabolol, Vitis Vinifera Seed Oil, Sodium Chloride
  9. Brightening: Bisabolol, Vitis Vinifera Seed Oil, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Lactic Acid, Sodium Lactate
  10. UV Protection: Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Titanium Dioxide
  1. Simmondsia Chinensis Seed Oil – a.k.a Jojoba Oil. Melembabkan dan plumping.
  2. Phytosteryl/​Octyldodecyl Lauroyl Glutamate – Melembabkan, dapat merangkap air di lapisan terluar kulit supaya tetap terhidrasi di waktu yang lama, juga dapat merangsang pemulihan kulit rusak.
  3. Butyrospermum Parkii Butter – a.k.a Shea Butter. Melembabkan dan membuat kulit bibir terasa nyaman. Mengandung banyak antioxidant, juga dapat menjaga kulit bibir dari sinar UV.
  4. Titanium Dioxide – bekerja sebagai sunscreen.
  5. Bisabolol – bekerja sebagai anti-inflammatory dan dapat menenangkan kulit bibir.
  6. Persea Gratissima Oil – a.k.a Avocado Oil. Bisa melembabkan dengan baik dan memberikan antioxidant dari kandungan Vitamin E yang melimpah.
  7. Vitis Vinifera Seed Oil – a.k.a Grape Seed Oil. Membuat kulit bibir menjadi lembut.
  8. Tetrahexyldecyl Ascorbate – sebuah jenis Vitamin C yang bisa mencerahkan bibir dan merangsang kolagen.
  9. Glycerin – sebuah pelembab kulit.
  10. Lactic Acid – dapat menyingkirkan sel kulit mati dan menghidrasi kulit baru.
  11. Serine – melembabkan kulit bibir, juga dapat memerangkap air di lapisan kulit.
  12. Sodium Lactate – bekerja sebagai pelembab dan pengatur kadar pH pada kulit bibir.
  13. Urea – bekerja sebagai pelembab, juga dapat meningkatkan fungsi jaringan kulit bibir.
  14. Allantoin – dapat menenangkan kulit bibir juga membuatnya menjadi lembut.

Shades

  • My Serenity
  • High Spirit
  • Gentle Light
  • Deep Sense
  • Coming Home
SHOP THIS PRODUCT
SHOPEE

Lipslick Tinted Oil

Product Name Lip Velvet Hydrating Balm
Manufactured By PT CEDEFINDO
Distributed By PT KREASI MULTICAHAYA ESTETIK
Weight / Price 5ml / Rp 139.000

Benefits and Claims

“A slick application with buildable intense color infused with high level of nourishing triple plant oils, providing longer hydration and experience the cooling sensation as it glides smoothly your lips…make your lips looks shiny and healthy with stain effect…We use clean, cruelty free, and vegan formula also our container is made of 50% PCR (Post-consumer recycle plastic)…” – Raine Beauty on shopee.com

Packaging

It has the exact same box as the Lip Velvet Hydrating Balm, so, kita akan langsung dikskusi kontainernya yaa.

Lipstick mempunyai kontainer produk berwarna soft sage green, sama seperti packaging box-nya. Terus, terpampang jelas di wadahnya: “This Container is made out of Post-Consumer Recycled plastics”. Sama dengan kontainer Lip Velvet Hydrating Balm, kontainer ini terbuat dari plastik daur ulang. 

Applicator wand yang kita dapatkan berbentuk Doe Foot. Ini adalah bentuk yang menurutku adalah paling “tradisional” dan nyaman. They’re going really safe with this.

The Product and My Experience

Upon opening the product, aku bisa mencium sedikit aroma permen, padahal di ingredients list-nya itu enggak ada Fragrance, lho. Honestly, I don’t know where the smell comes from, tapi semoga aja bukan dari “hidden fragrance” ya, a.k.a parfum yang enggak dicantum di dalam list kandungan.

Teksturnya menurutku bukan oily yang seperti mentega gitu, justru lebih seperti jelly. Rasanya empuk dan lembut di bibir. Of course, karena ini sifatnya glossy dan super moisturizing, feel di bibir yang aku dapat adalah lengket, tapi enggak lebay sampai membuat aku enggak nyaman kok.

Sesuai dengan klaimnya, aku bisa merasakan sedikit sensasi dingin, tapi sensasi ini bertahan hanya sekitar 10 menit. Setelah itu, it’s gone. 

Warna-nya menurutku pekat untuk sebuah lip oil, dan uniknya, oil ini bisa ninggalin stain yang cukup prominent di bibir. However, stain ini gampang hilang dan enggak bertahan terlalu lama. Kalau kamu coba hapus dengan tissue (without any remover), stain bisa langsung terlihat lebih faded. Untuk yang ngejar stain-nya, this product might not be for you. 

Ada sesuatu yang perlu kamu tahu juga nih: produknya gampang tumpah. Jadi saat aku enggak sengaja memegang produk ini secara terbalik, produknya langsung keluar. In my experience, banyak produk-produk lain yang kalau terpegang secara terbalik itu enggak tumpah atau butuh “waktu” sampai akhirnya tube enggak bisa menahan produk di dalam, however this one spilled almost instantly. Ini bisa saja karena teksturnya yang cair (harusnya enggak sih) tapi juga bisa karena kesalahan desain tube. Raine should really look more into this.

Is it transferproof? Of course not, and it’s not meant to be. Produk ini kurang cocok untuk kamu yang enggak suka transferable products, dan enggak cocok untuk kamu yang rajin menggunakan masker.

Anyhow, secara overal aku okay dengan produk ini. Seperti produk sebelumnya: it’s not spectacular but it’s good.

Ingredients

Water, Diisostearyl Malate, Glycerin, Isodpdecane, Lauryi PEG-10 Tris(Trimethylsiloxy)Silyethy| Dimethicone, Propane dial, Polyglyceryl-2 Isostearate/Dimer Dilinoleate Copolymer, Cyciopentasiloxane, Sodium Chloride, Silica, Phenoxyethanol, PEG-10 Dimethicone, Dimethicone, Titanium Dioxide, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Flavor, Menthyl Lactate, Caprylic/Capric Triglyceride, Trimethyl Siloxy silicate, Chlorphenesin, Disteardimonium Hectorite, Persea Gratissima Oil, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Tocopheryl Acetate, Vitis Vinifera Seed Oil, Pentaerythrityl Tetra-di-t-butyl Hydroxyhydrocinnamate, Ethylhexylglycerin, Talc, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Methicone, Tetrasodium EDTA, Pentylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Lactic Acid, Serine, Sodium Lactate, Sorbitol, Urea, Dictyopteris Membranacea -Extract, Biosaccharide Gum-4, Allantoin

 

Lipslick Tinted Oil is Allergen-Free, Alcohol-Free, Gluten-Free, Sulfate-Free, Paraben-Free, and Fragrance-Free.

  1. Comedogenic Components: Persea Gratissima Oil, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Talc
  2. Silicones: Dimethicone, Methicone
  3. PEGs: PEG-10 Dimethicone
  4. Fungal Acne Feeding Components: Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Simmondsia Chinensis Seed Oil
  1. Moisturizing: Glycerin, Phenoxyethanol, PEG-10 Dimethicone, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Vitis Vinifera Seed Oil, Ethylhexylglycerin, Pentylene Glycol, Lactic Acid, Serine, Sodium Lactate, sorbitol, Urea, Allantoin
  2. Softening: Diisostearyl Malate, Glycerin, Dimethicone, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Caprylic/Capric Triglyceride, Persea Gratissima Oil, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Tocopheryl Acetate, Vitis Vinifera Seed Oil, Ethylhexylglycerin, Talc, Sorbitol, Allantoin
  3. Soothing: Menthyl Lactate, Persea Gratissima Oil, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Vitis Vinifera Seed Oil, Sodium Lactate, Sorbitol, Urea, Allantoin
  4. Acne fighting: Vitis Vinifera Seed Oil, Lactic Acid
  5. Anti aging: Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Persea Gratissima Oil, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Tocopheryl Acetate, Vitis Vinifera Seed Oil, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Lactic Acid
  6. Antioxidant: Persea Gratissima Oil, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Tocopheryl Acetate, Vitis Vinifera Seed Oil, Ascorbyl Tetraisopalmitate
  7. Healing: Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Vitis Vinifera Seed OIL, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Lactic Acid
  8. Antiseptic: Sodium Chloride, Phenoxyethanol, Vitis Vinifera Seed Oil, Ethylhexylglycerin
  9. Brightening: Vitis Vinifera Seed Oil, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Lactic Acid, Sodium Lactate
  10. UV Protection: Titanium Dioxide, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Talc
  1. Glycerin – sebuah pelembab kulit.
  2. Titanium Dioxide – bekerja sebagai sunscreen.
  3. Butyrospermum Parkii Butter – a.k.a Shea Butter. Melembabkan dan membuat kulit bibir terasa nyaman. Mengandung banyak antioxidant, juga dapat menjaga kulit bibir dari sinar UV.
  4. Persea Gratissima Oil – a.k.a Avocado Oil. Bisa melembabkan dengan baik dan memberikan antioxidant dari kandungan Vitamin E yang melimpah.
  5. Simmondsia Chinensis Seed Oil – a.k.a Jojoba Oil. Melembabkan dan plumping.
  6. Vitis Vinifera Seed Oil – a.k.a Grape Seed Oil. Membuat kulit bibir menjadi lembut.
  7. Tetrahexyldecyl Ascorbate – sebuah jenis Vitamin C yang bisa mencerahkan bibir dan merangsang kolagen.
  8. Lactic Acid – dapat menyingkirkan sel kulit mati dan menghidrasi kulit baru.
  9. Serine – melembabkan kulit bibir, juga dapat memerangkap air di lapisan kulit.
  10. Sodium Lactate – bekerja sebagai pelembab dan pengatur kadar pH pada kulit bibir.
  11. Urea – bekerja sebagai pelembab, juga dapat meningkatkan fungsi jaringan kulit bibir.
  12. Allantoin – dapat menenangkan kulit bibir juga membuatnya menjadi lembut.

Shades

  • Secret Weapon
  • My Signature
  • Morning Aura
  • Love Language
  • Mostly Me
SHOP THIS PRODUCT
SHOPEE

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love