Hallo semuanya!

Balik lagi ke sesi review #LocalFriday, dimana aku dan teman-teman swatchers lain fokus di swatch dan ulasan khusus produk lokal. Review kali ini datang dari salah satu merk Indonesia yang parent company-nya berasal dari Jepang, yaitu Pixy Cosmetics. Brand yang memang hanya didistribusikan di Indonesia ini adalah ‘anak’ dari mega beauty company Mandom Corp., perusahaan yang juga memiliki brand-brand seperti Gatsby, Pucelle, dan Lucido-L.

pixy_lippielust_1

ABOUT THE BRAND & FIRST IMPRESSION

Sebetulnya baru kali ini aku cobain lip products dari Pixy. Sebelumnya, satu-satunya produk Pixy yang pernah aku coba adalah BB Cream, walaupun gak cocok di aku karena terlalu dewy. Nah, beberapa hari lalu aku dapat kesempatan untuk coba produk barunya, yaitu Lip Cream. Lip boxes-nya berwarna hitam, dengan aksen warna masing-masing shade di bawah bagian. Walaupun di website Pixy ada total 6 warna, tapi saat ini yang didistribusikan hanya 4 warna saja, yaitu 01 (Chic Rose), 02 (Party Red), 03 (Classic Red), 04 (Fun Fuchsia). Sisa 2 shade (Bold Marron & Edgy Plum) belum ada yang jual, mungkin memang belum ada distribusi langsung dari Pixy. Setelah dicek, ternyata 3 shades baru keluar nomor registrasi BPOM-nya akhir Agustus lalu (Fun Fuchsia, Bold Maroon dan Edgy Plum), jadi mungkin karena itu distribusinya belum maksimal.

Aku suka detail box-nya yang berwarna hitam, dengan aksen warna-warna asli dari lipstiknya di bagian bawah. Terkesan memang ingin merepresentasikan produk yang dijual tanpa harus dicoba. Dan memang, warna yang ada di box dan warna aktual dari produknya tidak terlalu berbeda. Tapi, jika dibandingkan dengan warna swatch di website-nya, memang jauh sekali. Hihihi..

pixy_lippielust_2

Nah, sekarang menuju botolnya. Sebetulnya menurutku akan lebih baik jika botolnya full black daripada pakai aksen bright pink di bagian tutup botolnya, atau full pink juga bakalan cakep banget. Alasannya sih simple, karena bagian bawah botol memperlihatkan warna asli dari produknya, maka jadinya terlalu berwarna-warni. Ini sih balik lagi, masalah anak desain banget. Jadi yang pertama dikomentarin pasti desainnya duluan. Hahaha..

Terus, bentuk botolnya juga mirip dengan merk-merk lainnya, seperti Zoya, Beauty Story, Mineral Botanica, Kimasako Lip Cream, dll. Pokoknya botolnya mirip banget. Setelah diselidiki (ceilaah) ternyata beberapa produk-produk yang aku bilang mirip barusan memang diproduksi oleh satu perusahaan yang sama, yaitu PT. COSMAX Indonesia, dimana perusahaan ini sebetulnya berasal dari Korea, tapi punya cabang di beberapa negara, beberapa ada di Korea (sebagai main company), China, Indonesia, dan USA. Perusahaan ini ternyata sudah banyak memroduksi banyak sekali produk kecantikan Indonesia, dan lebih okenya lagi, walaupun berasal dari korea Selatan, PT. COSMAX sudah tersertifikasi HALAL khusus produk-produk yang dijual di Indonesia, termasuk produk PIXY Lip Cream ini. Aku copas dari website Cosmax-nya langsung:

The basic principles of Halal certification can be summed up in the definitions of the very word, Halal, which means “something permitted,” and ‘Toyyibban,’ which means something “good, safe, and clean,” and originate from Section 168 of Sharia, which is the law of the Islamic world and the Holy Koran.

Observing these two principles ensures the product is clean, safe, and of the highest quality. Halal certification guarantees that the product is good for users and can be consumed safely.

1) Halal certification process and documents required

2) Validity of Halal certification

3) Products with Halal certification

P.S: Jangan kepoin web BPOM dengan kata kunci Cosmax ya, nanti BANYAK banget produk yang keluar yang kayaknya bakal dirilis dalam waktu dekat ini, apalagi ada liquid lipsticks baru keluaran beberapa brand yang juga diproduksi di perusahaan yang sama. *oops!*

FORMULA

Next! Kita obrolin soal formulanya. Formulanya thin, ringan, dengan medium pigmentation alias tidak terlalu menutup permukaan bibir pada ulasan pertama. Tapi, sangat-sangat bisa untuk di-fix dengan menambahkan layer baru diatasnya setelah sekitar 1 menit pengaplikasian pertama (atau sampai layer pertama mengering). Jika langsung diaplikasikan beberapa saat setelah layer pertama, maka lipstik akan menggumpal dan pada akhirnya malah akan terasa berat. Warna yang keluar pada akhirnya akan opaque (jelas) dan menutupi warna bibir asli. Wanginya pun sweet, kurang lebih sama seperti produk-produk lain yang diproduksi sama oleh Cosmax. Aku pribadi lebih suka wangi-wangi lipstik yang natural, atau bahkan tanpa wangi sama sekali karena kalau terlalu kuat, sama seperti efek pas cium wangi parfum yang terlalu kuat, aku pasti pusing.

LONGEVITY / KETAHANAN

Ketahanan-nya standar, sekitar 4-5 jam tanpa makan makanan berminyak. Kalau dipakai makan sih sudah pasti hilang ya. Lip Cream keluaran Pixy ini termasuk yang lipstik yang paling mudah untuk dihapus pakai oil-based lipstick remover.

PRICE

Sekitar 40-50ribuan di online shop Instagram. Aku pribadi dapat sample langsung dari PIXY-nya untuk dicoba.

SWATCHES

(!!!) Perlu dibaca untuk Online Shop:

Mohon untuk TIDAK mengedit foto dengan cara menghapus watermark, menimpa watermark dengan nama online shop, menghapus watermark lalu mengganti dengan nama online shop, menambahkan tulisan-tulisan seperti harga, dll, serta menyatukan foto (collage). Mohon hargai hasil karya orang lain dengan tidak melakukan hal-hal yang sebetulnya tidak perlu dilakukan.

Jika tidak bisa mengikuti aturan, maka foto akan saya laporkan sebagai copyright infringement untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh Instagram.

Saya sangat menghargai online shop yang berbesar hati bersedia mencantumkan nama @Lippielust sebagai original swatcher di caption instagram / twitter / facebook / marketplace lain milik online shop dengan cara memasukkan akun  Twitter / Instagram / Facebook: @lippielust atau link back ke website lippielust. Terima kasih.

Cara Save Swatches melalui Smartphone:

Tahan / tekan foto yang akan di simpan sampai muncul dialog ‘save / simpan’. Foto akan otomatis tersimpan di memori smartphone anda. Geser dengan jari ke kanan / kiri untuk save / simpan foto lainnya.

Foto yang disimpan di website lippielust sudah berukuran besar dengan resolusi 300dpi, 1500 x 1500 pixel. Disarankan untuk save foto swatches melalui website daripada repost foto dari akun Instagram karena kualitas foto instagram akan otomatis dibuat rendah oleh pihak Instagram.