Update: July 14, 2017

Mizzu Cosmetics baru-baru ini mengeluarkan 3 warna Valipcious Matte yang baru! Liberate, On Fire, dan Victory! Total sudah ada 18 warna dan aku sudah swatch 17 warnanya. Aku juga sudah review ketiga shades terbaru di Instagramku. Kalian juga bisa cek swatches dan copy foto high-resnya di bagian paling bawah ya..

Matte Liquid Lipstick strikes again.

Kalau dihitung, mungkin udah hampir dua tahun lamanya liquid lipstick jadi salah satu produk yang paling dicari dan diminati oleh semua orang di dunia. Dan kayaknya sih, gak akan cepet-cepet ngilang juga dari peredaran karena as you can see, demand atau permintaan dari kita selalu besar.

Hal ini juga berlaku di Indonesia.

Coba deh hitung udah berapa banyak brand-brand baru bermunculan, brand yang dengan spesifik hanya menjual liquid lipstick? Dan berapa banyak brand besar yang yang udah ‘eksis’ dari dulu mengeluarkan seri matte liquid lipstick? Bahkan yang kita tahu sekarang belum ada apa-apanya. Jadi, mungkin ‘demam’ matte liquid lipstick akan terus ada sampai kita yang pakai merasa bosan. Hehehe..

Salah satu brand yang baru-baru ini mengeluarkan produk barunya yang merupakan dry-to-matte liquid lipstick adalah Mizzu Cosmetics. Dinamai VaLipcious Velvet Matte, produk ini dirilis sekitar tanggal 20-an Oktober yang lalu.

web-mizzu-lippie-5

ABOUT THE BRAND

Mizzu Cosmetics adalah brand asal Indonesia, walaupun dulu sempat salah kira. Aku pikir, brand ini berasal dari luar negeri, entah China atau Jepang. Karena, desain brand-nya yang menurutku sangat clean dan apik. Rata-rata, brand Indonesia pada saat itu aku rasa kurang menyasar target young adult (dewasa muda) dengan desain-desain yang rata-rata masih saja berkutat di tema adult. Dengan warna hitam dan pink (warna yang paling aku suka), brand yang diusung oleh PT. Maximus Makmur Mahardika ini sukses merajai pasar online maupun offline di Indonesia.

Produk-produk Mizzu rata-rata dibanderol dibawah 50,000, kecuali beberapa produknya termasuk vaLIPcious (79,000). Produk-produk Mizzu juga sangat mudah untuk didapatkan karena Mizzu pakai channel pemasaran secara masif baik online maupun offline.

web-mizzu-lippie-1

PACKAGING

I am in love with the packaging, I must say. Distressed monochrome stripes pattern di bagian box dengan aksen bibir kecil di bagian tengah, serta tulisan VaLIPcious Velvet Matte di bagian sisinya bikin aku jatuh cinta pada pandangan pertama! *ciye* =D Tapi seriusan deh, cakep banget dan sangat beda dari ‘teman-teman sebayanya’ yang memang rata-rata main aman soal desain. Tube bagian dalamnya pun gak kalah cakep. Again, with distressed stripes pattern in black, printed on transparent tube. Tell me, what’s not to love? Selain itu, kualitas Mizzu vaLIPcious Velvet Matte juga bisa dibilang sangat baik karena tube dilapisi plastik pembungkus lagi! Jadi jangan khawatirkan kalau vaLIPcious Velvet Matte yang kamu beli pernah dibuka sebelumnya, karena jika produk masih tersegel dengan baik, maka kamulah orang pertama yang membuka dan memakainya.

Sayangnya, aku dapat versi tube yang memiliki stiker keterangan shade diluar plastik pembungkus, yang dengan bodohnya ketika aku pertama kali buka shade ‘Amore’, aku langsung buang plastiknya tanpa lihat apakah ada stiker shade di bagian badan tube-nya. -_- Belajar dari kebodohan aku sendiri, untuk shade-shade lain aku pindahkan stikernya dari plastik ke bagian badan lipstik supaya gak bingung. Tapi katanya sih, menyoal permasalahan stiker (yang kecil-kecil tapi bisa fatal) ini, di batch produksi vaLIPcious Velvet Matte selanjutnya akan diperbaiki oleh pihak Mizzu.

web-mizzu-lippie-3

Plush applicator atau kepala / pangkal aplikatornya lebih berserabut sedikit mirip dengan pangkal aplikator Make Over Intense Matte Lip Cream, walaupun memang tidak serupa. Namun karena dua produk ini punya formula yang berbeda, maka seharusnya ‘cara menanganinya’ juga berbeda. Karena formula Mizzu vaLIPcious tidak kental seperti Make Over Intense Matte Lipstick (cenderung cair), maka seharusnya pangkal aplikatornya dibuat kurang berserabut atau yang berbentuk seperti bantalan panjang lurus dengan satu sisi yang memiliki sudut miring yang lebih panjang. Dengan bentuk aplikator yang dimiliki Mizzu ini (cenderung pendek dan miring sedikit diujung atas) warna lipstik akan terlalu menumpuk di ujung atas saja. Hal ini bisa menyebabkan warna lipstik yang dioleskan di bibir bisa jadi tidak merata. Well that’s just my two cents, guys! Hehe..

FORMULA & TEXTURE

Formulanya seperti standar matte liquid lipstick kebanyakan, yaitu liquid to matte finish, alias mengering jadi benar-benar matte. Walaupun satu pabrik dengan Rollover Reaction, kedua produk ini punya formulasi yang berbeda. Pigmentasi vaLIPcious Velvet Matte medium, dengan kata lain, perlu dua-tiga kali ulas supaya lipstik bisa menutup warna permukaan bibir dengan sempurna khususnya untuk yang memiliki bibir cenderung lebih gelap untuk menghindari hasil lipstik yang terlalu gelap di bibir. Dua-tiga aplikasi sangat dianjurkan karena secara teori, warna bibir akan memengaruhi warna lipstik yang keluar nantinya.

Mizzu vaLIPcious Velvet Matte juga punya proses oksidasi walaupun warna akhirnya tidak terlalu gelap dari warna awal dan masih sangat wearable.

Bikin kering gak?

web-mizzu-lippie-4

Secara pribadi (dan akan selalu seperti itu), aku gak ngerasa bibirku jadi kering bahkan setelah beberapa jam pakai. Teksturnya yang lebih lembut dan tidak basah di bibir juga jadi poin plus buat produk ini, walaupun memang tidak sepenuhnya transferproof. Mizzu vaLIPcious memang diformulasikan dengan Shea Butter (lemak natural yang paling aku suka) dan juga Vitamin E yang bikin bibir ternutrisi selama kamu pakai lipstik tersebut.

Kalau memang dasarnya bibir kamu kering dan / atau mengelupas, jangan langsung pakai produk ini karena akan terlihat lebih jelas. Sebaiknya di scrub dulu pakai lip scrub yang lembut sekitar 1 jam sebelum pemakaian, atau lebih baik lagi jika scrubbing-nya dilakukan di malam hari sebelum hari-H pemakaian.

Oia, Mizzu vaLIPcious Velvet Matte juga punya wangi fruity yang sweet (bukan ke arah fresh), tidak terlalu kuat sih tapi memang akan stay beberapa saat setelah pengaplikasian di bibir.

STAYING POWER

Walaupun klaimnya bisa sampai 24 jam, Mizzu vaLIPcious Velvet Matte bisa tahan sampai 5-6 jam di bibir aku, menempel sedikit di gelas kopi, dan akan memudar secara merata kalau dipakai makan. Kalau gak dipakai minum atau makan, jelas bisa stay seharian. 😉

PRICE / WHERE TO BUY

IDR 79,000, bisa dibeli di online shop-online shop yang tersebar di jagad internet ataupun langsung secara offline (banyak banget yang jual, kok! 😉 )

SWATCHES