Hi guys! How are you?

Happy but gloomy Sunday, here in Bandung! Dalam dua minggu ini aku belum bisa aktif lagi di Instagram, karena memang lagi kejar deadline swatches untuk dua merk Malaysia yang actually harus selesai di awal minggu ini. So, let’s see how will I catch up with you guys on the last days of 2016.

Anyway, as promised, hari ini aku akan review pendatang baru di jajaran merk lokal yang kheuseus jual Lipmatte: Artemy Beauty. Jennifer dari Artemy Beauty mengirimkan 10 shades buat aku test out dan review. Sebetulnya, bahan reviewnya udah siap dari semingguan yang lalu. Tapi karena setiap bikin review aku perlu waktu minimal 6 jam untuk edit foto dan bikin konten, jadi mohon maaf kalau reviewnya telat datang. But, tentu gak akan mengurangi esensi dari review itu sendiri. I’ll only tell you the truth.

artemy-lippielust-2

Let’s move on!

✨ ABOUT THE BRAND

Jujur aja, aku gak banyak tahu tentang Artemy Beauty. Selain karena baru, sedikit banget informasi yang aku dapetin soal merk ini. Artemy Beauty ini cuma punya instagram dan Official Line dengan nama yang sama. Well, hal ini tentu aja gak bikin rasa penasaranku buat coba jadi berkurang.

✨ ABOUT THE PRODUCT

‘Lipmatte’ adalah nama produk pertama dan satu-satunya yang dikeluarkan oleh Artemy Beauty. This brand is catching up with everybody. Seperti gak mau ketinggalan, produk yang dikeluarkan pertama kali adalah liquid-to-matte lipstick!

Aku pernah penasaran, kenapa banyak banget brand-brand baru yang bermunculan, dan produk pertama yang dirilis adalah liquid-to-matte. Hype lipstik cair jauh lebih heboh daripada jenis-jenis lipstik lainnya. Bahkan, beberapa kali sebuah merk mengeluarkan seri terbaru dalam bentuk lipstik tradisional, tetap gak seheboh sebuah brand baru yang mengeluarkan jenis liquid-to-matte lipsticks! Mungkin pertanyaan ini ada yang bisa jawab? 😉

Back to the topic, jadi Artemy Beauty ini bisa dibilang masing sangat sangat baru dan belum banyak informasi yang bisa aku gali (karena gak tau mau gali dari mana hahaha). Hanya saja, ada beberapa keterangan yang bisa kamu jadikan acuan whether it’s important to you or not.

artemy-lippielust-3

Artemy Beauty is Paraben Free, and also Cruelty Free.

Okay so here’s the deal. Indonesia merupakan salah satu yang masuk ke dalam ‘grey area‘ karena praktik tes kosmetik terhadap hewan di Indonesia itu legal karena regulasi dari ASEAN sendiri (termasuk 9 negara Asia Tenggara lainnya), namun gak banyak terdengar kabar kalau praktik ini dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Please correct me if I’m wrong!

Produk Artemy Beauty sendiri diklaim Cruelty Free (keterangan di Instagram) dan Not Tested on Animals (di box) yang dimana jadi alasan yang cukup kuat untuk para pecinta produk anti animal testing untuk coba. Tapi, karena produk Lipmatte ini mengandung Carmine (bahan pewarna yang diambil dari sejenis serangga) khususnya di shade yang berwarna merah gelap, jadi produk ini bukan Vegan.

Lalu, yang bikin penasaran adalah… di box dan botol produk Lipmatte ada tulisan ‘Made in Koreawhen it’s also claimed as Indonesia-made product. Okay, I must admit I was a little confused here.

Artemy sendiri menjelaskan bahwa bahan-bahan dan formulasi yang dipakai untuk produk Lipmatte ini diboyong langsung dari Korea, dan proses produksinya sendiri mulai dari nol dilakukan di Indonesia, juga penjualannya hanya dilakukan di Indonesia. So if that’s what happened, maybe Artemy harusnya menambahkan keterangan seperti, misalnya ‘Formulated in Korea, Made in Indonesia’. Just saying. Karena ketika pertama kali lihat ‘Made in Korea’, aku langsung beranggapan kalau produk ini bukan buatan lokal.

artemy-lippielust-6

✨ PACKAGING & INGREDIENTS

Kita lanjut bahas produknya. Box Artemy Lipmatte berwarna abu-abu dengan detail gambar bibir di tengah, serta lubang di bagian bawah kanan box untuk lihat warna lipstik di dalam botolnya. Juga ada keterangan instagram Artemy Beauty dan juga email di bagian sisi kanan.

artemy-lippielust-1

Keterangan Ingredients ada di bagian bawah, dan ini list lengkapnya:

Isododecane,     Dimethicone, Microcrystalline, Wax, Trimethylsiloxysillicate, Polymethylsilsesquloxane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Phenoxyethanol / Ethylhexylglycerin, Propylene Carbonate, Coconut Oil, Vitamin E.

Contains:

MICA (CI 177019), TITANIUM DIOXIDE (CI 177891), BLUE 1 LAKE (CI 40090), RED 7 LAKE (CI 15850), RED 7 (CI 15850), RED 30 LAKE (CI 73360), IRON OXIDES (CI 77491), YELLOW 10 LAKE (CI 47005), YELLOW 5 LAKE (CI 19140), YELLOW 6 LAKE (CI 15985), BISMUTH OXYCHLORIDE (CI 177163), BRONZE POWDER (CI 77400), COPPER POWDER (CI 77400), RED 33 (CI 17200), CARMINE (CI 75470), RED 40 LAKE (CI 16035), RED 36 (CI 6035), ORANGE 5 (CI 45370), RED 6 LAKE (CI 15850), RED 22 (CI 45380).

Pengawet yang digunakan: Phenoxyethanol / Ethylhexylglycerin.

artemy-lippielust-5

Lalu gimana botolnya?

Ini dia penampakan botol dan aplikatornya:

artemy-lippielust-4

Botolnya sangat mirip dengan botol Kylie Cosmetics liquid lipstick dan juga Colourpop liquid lipsticks (matte, satin, gloss, metallic). Tinggi dan tebal botolnya sama. Sedangkan untuk detail, Artemy Beauty Lipmatte punya detail mirip botol BH Cosmetics liquid lipstick, dengan garis hitam di leher botol. Colourpop sendiri punya detail garis silver di leher botol. Tapi anehnya, ketiganya punya berat bersih yang berbeda. Colourpop Ultra Satin & Matte: 3,2g, Glossy Lips: 2,41g, Metallic Lips: 2,85g, Kylie Cosmetics Liquid Lipstick: 3.25ml, Artemy: 6,6ml.

artemy-lippielust-11

On pic: Colourpop X Hello Kitty Ultra Metallic Lips in ‘Surprise’; Artemy Beauty Metallic Matte ‘Cashmere’; Kylie Cosmetics Liquid Lipstick ‘Mary Jo K’.

Untuk aplikatornya sendiri, Artemy Beauty memakai doe-foot applicator alias aplikator yang miring di satu sisi.

✨ FORMULA, TEXTURE, SCENT, FINISH

Formula:

Formulanya cenderung creamy liquid, maksudnya, konsistensinya enggak terlalu thick ataupun cair. Pigmentasinya bagus banget! Hampir semua warnanya punya pigmentasi opaque, alias bisa meng-cover bibir tanpa harus ulas berulang-ulang kali. Kecuali untuk shade ‘CRUSH’ (eggplant purple), ini agak patchy dan terlihat gak rata ketika mengering walaupun gak parah. Dan yang paling aku suka adalah… lipmatte-nya Artemy cepat mengering dan jadi matte hanya dalam hitungan detik.

Yang mesti kamu tahu, sifat lipstik yang cepat mengering seperti ini memang agak rentan rontok. Maka dari itu, asalkan pengaplikasiannya cukup dan tidak terlalu tebal, Lipmatte ini sangat nyaman dipakai seharian. Very comfortable, flexible, yet lightweight. Kadang ada aja liquid lipstick yang bikin bibir terasa ketarik-tarik.

Texturenya tipis dan kering, waterproof, dan yep, transferproof. Pernah suatu kali aku swatch di tangan dan aku coba cuci pakai sabun + air, lipstiknya tetap bisa menempel walaupun memang udah gak sesempurna ketika awal diaplikasikan.

Nah, soal wanginya.

Beberapa orang mungkin suka dengan wangi floral atau fruity, atau campuran dari keduanya, atau malah wangi kue. Aku termasuk orang yang suka wangi bebuahan di dalam lipstik, tapi tidak terlalu menyengat. Aku juga suka wangi vanilla atau coklat, bukan karena aku orangnya gampang laper (err….), tapi emang enak aja cium-ciumnya. Tapi dengan catatan, wanginya mesti cepet ilang karena dude… it’s so weird to smell your own lips. Nah, Artemy Beauty Lipmatte ini punya wangi floral yang tahan cukup lama walaupun si lipstiknya sendiri udah mengering. That, I don’t like. Wanginya enggak cepet memudar, bahkan dalam satu waktu aku pernah test tangan dan dalam 15 menit wanginya masih ada. Aku termasuk orang yang suka pusing kalau nyium wangi yang terlalu menyengat. Jangankan wangi di lipstik, ada orang lewat pun aku suka refleks tutup hidung karena kalau udah pusing, bisa bad mood seharian hahaha. Yep, kadang terlalu wangi juga bisa mengganggu, sama kayak bau badan. Hehehehe.

Untuk finishnya sendiri, seperti yang udah aku bilang, dia mengering dan jadi matte. Dead matte. Transferproof matte! Dan hanya bisa hilang kalau kamu hapus pakai oil-based makeup remover. Aku pakai MUJI Cleansing Oil (Sensitive) lalu blend dan wipe pakai kapas, lanjut pakai Touch In Sol Mission Complete Sensitive Waterproof Makeup Remover (I love them both!)

✨ LONGEVITY

Terus, bisa stay berapa lama sis di bibir?

Tanpa makan makanan berminyak, lipstiknya bisa stay seharian di bibir. Normal time for me: 4-5 jam tanpa touch up 😉

✨ SHADES

Aku bagi shades-nya jadi 4 kelompok ya..

NUDES & METALLIC

Cashmere: Gold Metallic; Scarlett: Brown Nude; Sorbet: Burnt Orange (MY FAVE); Get Lucky: Deep Mauve (MY FAVE)

artemy-lippielust-7

PINKS

Candy: Mauve pink (MY FAVE); Valentine: reddish pink (MY FAVE); Blush: Warm Pink;

artemy-lippielust-10

PURPLES

Lolita: deep plum (MY FAVE); Crush: deep eggplant purple

artemy-lippielust-9

RED

American Doll: blue-based red (MY FAVE)

artemy-lippielust-8

✨ SWATCHES