Hiiii guys! Apa kabar?

Hari ini aku mau review satu lip matte terbaru lokal, yang sebenernya punya nama yang agak tricky: MS Glow by Cantik Skincare. Lha jadi ini lip matte apa skincare? Hahaha.. Yang ngerasa bingung juga, jangan khawatir, kamu enggak sendirian! Butuh beberapa waktu buat aku ngerti setelah mempelajari brand ini, dan akan aku share sekalian disini ya.

Jadi, udah siap sama review produknya?

MS GLOW LIPPIELUST 1

Jadi inilah ‘penampakan’ MS Glow Lip Matte by Cantik Skincare. Kalau dilihat-lihat, botolnya berbeda dari yang lain. Ada aksen lining silver dan abu-abu di tutup botol dan tulisan putih di badan botol. Botolnya gak sebesar lip cream lain tapi berat bersihnya mencapai 4gr, jadi memang cukup banyak produk di dalamnya.

Balik lagi ke pertanyaan awal, MS Glow Lip Matte by Cantik Skincare itu apa, dan darimana ya asalnya? Kita mulai bahas yuk!

✨ ABOUT THE BRAND

Cantik Skincare ini udah terkenal banget di Indonesia. Banyak yang bilang, varian perawatan wajah yang ditawarkannya bagus dan efektif. Aku sendiri enggak pernah pakai, karena memang gak tertarik untuk lakukan perawatan whitening dan sepertinya belum perlu untuk melakukan perawatan Anti-aging secara intensif. Untuk Acne treatment aku sendiri lebih memilih brand lain yang memang udah terbukti efektik untuk wajahku. Nah, Cantik Skincare ini seperti brand lainnya, menawarkan beberapa paket perawatan wajah, termasuk Whitening dan anti-aging.

Cantik Skincare berasal dari Denpasar, Bali tapi agen dan distributornya kayaknya udah menjangkau seluruh daerah di Indonesia. Kemarin coba googling ‘Cantik Skincare’ dan yang muncul adalah blogsiteblogsite milik agen-agennya, juga mini shop milik reseller di beberapa market place semacam Shopee, Tokopedia, dan lain-lain, jadi agak bingung juga cari info lengkapnya dimana. Walaupun dari segi pemasaran teknik keagenan seperti ini bagus, tapi dari segini branding aku rasa kurang baik karena customer pada akhirnya harus cari sendiri informasi yang mereka butuhkan untuk perawatan kulit wajah mereka.

Oh ya, semua skincare products milik Cantik Skincare udah ber-BPOM karena yah you know lah, kalau liat udah banyak banget krim-krim ‘racikan dokter’ (dokter siapa oe gak tau juga) yang udah banyak bersliweran di Indonesia. Jadi ceritanya, Cantik Skincare diproduksi secara massal dari hasil formulasi eksklusif oleh perusahaan itu sendiri, yang ternyata dimiliki oleh seorang beautician alias ahli kecantikan.

Cantik Skincare ini sebetulnya kalau diolah dengan baik dari segala lini (Research & Development, Design, Marketing, Promotion, etc), terlebih banyak testimoni yang menunjukkan keefektifan produk-produknya, menurutku bisa menjadi salah satu brand besar. Hal itupun juga menjadi salah satu faktor keberhasilan produk lip matte-nya yang baru dirilis beberapa waktu yang lalu.

✨ ABOUT THE PRODUCT

Nah, masuk ke ranah yang paling penting, yaitu review mengenai Lip Matte-nya. MS Glow ini merk yang diusung oleh Cantik Skincare, namun sepertinya dibuat lebih ‘eksklusif’. Gak hanya skincare products yang ditawarkan, tapi juga decorative products seperti misalnya bedak tabur dan juga lip matte.

Ada total 8 shades yang ditawarkan oleh MS Glow (yang baru-baru ini aku baru tahu kalau MS = Magic for Skin) untuk lip matte-nya, 4 diantaranya adalah warna nude, 2 pink, dan 2 merah.

MS GLOW LIPPIELUST 2

✨ PACKAGING

Ada hal-hal yang menggelitik sebenernya, seperti desain box dan botol yang menurutku berbanding terbalik dengan konsep MS Glow sendiri, juga desain produknya (formula, pigmentasi, benchmark warna, dll). No offense (again), box-nya terkesan murah. Dengan tulisan sambung (script font) dimana-mana juga aksen bunga rambat di bagian atas dan bawah, aksen bibir, penempatan tulisan yang terlalu banyak di bagian depan, juga pemilihan warna yang menurutku kurang bagus. But again, yang kayak begini sangat-sangat personal dan aku hanya menyampaikan seleraku sendiri.

MS GLOW LIPPIELUST 6

Ada satu kesalahan tulis dan menurutku ini sangat fatal, sama seperti dulu Morphe Brushes salah print di box Creme Lip Polish: Villain menjadi Villian, sehingga customer pun menamai produknya tersebut ‘Villian”, dan sampai detik ini gak ada perubahan di box-nya Morphe Creme Lip Polish, seolah-olah Morphe lebih memilih untuk ‘tutup mata’ terhadap kesalahan ini. Nah, seperti yang kamu bisa lihat di foto, shade No. 1 (Nude Plum) tertulis ‘Nude Pulm’ – kesalahan ini ada juga di botol lipstiknya. Aku sempet sengaja banget cari-cari nama shade-nya di Instagram Cantikskincare_original (official Instagram form Cantik Skincare), ternyata itu ‘Nude Plum’ (sempet ngira ‘Palm’). So maybe you think this is so unimportant point but you’re wrong. Your brand is you, you are the brand. Neat and well-designed products mencerminkan seberapa jauh, seberapa kompleks, seberapa dalam proses desain produk itu sendiri – baik dari segi bentuk juga kualitas produknya itu sendiri.

Aku punya mata minus (keduanya minus 0.5) dan baca nama shade-nya merupakan ujian kesabaran buat aku hahaha. Tulisannya kecil-kecil (karena memang produknya juga kecil), dan juga pakai curly font *maaaaak nangis saya mak* So ini merupakan poin penting lainnya yang menurutku wajib banget di-improve.

MS GLOW LIPPIELUST 7

Di bagian badan box ada tulisan ‘Lip Matte’ berwarna silver dengan tambahan ‘matte Liquid Lipstick Enriched with Vitamin E’ yang menurutku sebenernya gak perlu ada, mungkin kecuali di bagian ‘Enriched with Vitamin E’-nya. Lip Matte sendiri udah menjelaskan inti dari produknya, so why bother adding further explanation? Menurutku terlalu banyak tulisan di bagian box-nya dan ini bikin sakit mata. Terlebih, tulisan di box-nya sampai pakai 6 FONTS YANG BERBEDA. Secara psikologis, jika kita terbiasa lihat tulisan dengan 1 jenis font di satu tempat, maka mata akan mulai terbiasa dan gak perlu waktu lama untuk otak mengolah tulisan tersebut. Sederhananya, akan lebih mudah terbaca dan dimengerti. Dalam dunia desain grafis, dalam 1 desain, maksimal 3 font yang ‘boleh’ digunakan agar tulisan terlihat lebih harmonis dan rapi. Terlebih jika kita ingin pakai huruf sambung, maka hanya 1 huruf sambung yang boleh dipakai. Itupun ada teori ‘pairing‘-nya. Terus kalau 6 font yang berbeda? Ya Allah. 🙁

MS GLOW LIPPIELUST 8

kesimpulannya, warna abu-abu dan silver itu memang terkesan bagus dan ‘mahal’ tapi memang agak tricky. Banyak brand yang pakai warna abu-abu atau silver atau keduanya dan terlihat sangat modern dan eksklusif, tapi gak sedikit juga yang jadinya terkesan ‘murah’. Sayangnya, packaging box MS Glow menurutku masuk ke kategori yang kedua, yang memang benar-benar butuh improvement.

MS GLOW LIPPIELUST 4

Masuk ke bagian botolnya, Tulisannya lebih enak dibaca dan pemilihan warna putih untuk tulisan di badan botol serta abu-abu dengan silver lining (kok kayak judul film :|) sangat cocok dan perpaduan warnanya cantik. Tapi sayangnya, ada 1 shade yang si tulisan ‘Lip Matte’-nya luntur ketika mengering waktu produksi (bukan karena pemakaian konsumen). Balik lagi, keliatannya jadi enggak bagus dan terkesan murah.

MS GLOW LIPPIELUST 3

Nah ini dia bentuk aplikatornya. Aplikatornya enak dipakai, menekuk di ujung, ukurannya gak terlalu besar juga gak terlalu kecil dan memang cocok dengan formulanya yang cenderung sheer dan creamy.

MS GLOW LIPPIELUST 5

Keterangan Shades di bagian bawah menggunakan stiker plastik, agak susah baca nama shade karena seperti yang aku bilang, tulisannya pakai huruf sambung (script font) dan kueeeccciiilll sekali (aku gak bisa baca kalau gak pakai kacamata). Jadi aku hanya mencocokkan nomornya kalau mau masukin botol ke dalam box-nya. Sayangnya, ada 2 nomor yang enggak berstiker, entah hilang kemana. Agak ngerasa kesusahan ketika swatch, edit, dan upload, because I have no idea what color is that?? Akhirnya aku coba cocokkan lagi dengan buka instagram-nya Cantik Skincare untuk tahu nama dan nomor shade-nya. *sigh*

✨ INGREDIENTS

MS GLOW LIPPIELUST 9

Kalau kurang jelas:

Isododecane, Diisostearyl Malate, Hydrogenated polycyclopentadiene, Ciclopentasiloxane, Trimethysiloxysilicare, Silica, Dicaprylyl carbonate, CI 15850:2, Silica Dimethyl Silylate, Dipentaerythrityl Hexahydroxystearate / Hexastearate / Hexarosinate, Fragrance (parfum), CI 15850, Phenoxyethanol, CI 77891, Tocopheryl Acetate.

Produsen:

EKOS JAYA Sentra Industri, Sidoarjo Indonesia

Semua Lip Matte by MS Glow sudah terdaftar di BPOM. Hurrraaay!

✨ FORMULA, PIGMENTATION, TEXTURE, SCENT, FINISH

Formulanya liquid, dengan kata lain, cair. Warna di dalam botol berbeda dengan warna ketika diaplikasikan karena pigmentasinya low, cenderung sheer. Hanya 1 shade yang memiliki pigmentasi lebih padat dan bisa menutup seluruh permukaan bibir, yaitu shade nomor 7 (merah). Gak ada pertanyaan kenapa sih, karena memang yang aku tau pigmen merah itu memang yang paling bagus daripada warna lainnya.

Butuh 3-4 kali ulas khususnya warna-warna nude (1-4) dengan rentang waktu kurang lebih 1 menit agar warna lipstik menutupi bibir dengan sempurna. Kalau terlalu males nungguin, ya seadanya aja. Hehehehe.

Oh ya, lip matte ini mengering jadi matte dan juga transferproof. Sayangnya, warna-warna nude-nya bisa patchy dan garis-garis ulasan aplikator akan terlihat jelas di bibir ketika produknya udah 100% kering.

Bagusnya, lip matte ini meninggalkan stain yang cukup long lasting. Jadi kalaupun lipstiknya udah kehapus seluruhnya dari bibir, stain-nya bakal tetep ada. Apalagi nomor 5-8 (pink & merah), aku swatch di tangan dan stain-nya gak ilang sampai 2 hari. Amaaaaziiiing! 😀

Lalu, lip matte ini gak bikin bibir kering karena faktor Vitamin E juga konsistensi warna yang cenderung sheer di bibir, pigmen warna yang ‘tinggal’ di bibir itu sangat tipis, memudahkan bibir untuk tetap bisa ‘napas’ dengan baik.

Wanginya gimana? Aku jujur enggak suka. Wanginya terlalu menyengat dan lama banget ilangnya. Jadi buat yang sensitif terhadap bau-bauan yang menyengat, this is a fair warning karena memang wanginya sangat sangat kuat.

✨ LONGEVITY

Bisa sampai 3-4 jam tanpa makan makanan berat, dan stain-nya bisa seharian gak ilang-ilang. Kalau udah staining kayak begini, warna lipstik jadi terkesan seperti warna natural bibir, walaupun memang warnanya gak sejelas ketika awal aplikasi.

✨ PRICE

115,000 / shade di instagram Cantikskincare_original / msglowbeauty

✨ SWATCHES

✨ OVERALL

So so so sorry aku banyak bahas soal desain, karena memang selain lipstik, hidupku berkutat dengan tumpukan deadline desain grafis. Baik itu logo, banner, packaging design, sampai ke desain template website. Jadi sangat penting buatku untuk mengutarakan pendapatku mengenai packagingnya, tak lain tak bukan untuk bahan improvement brand-nya sendiri. So the review is all about my point of a view towards a product, dan semoga aja hasil review ini bisa jadi bahan kajian brand untuk bisa lebih baik lagi.

Produknya pun sedikit overpriced dengan formula juga ‘keseriusan’ brand dalam membuat hi-quality products yang menurutku masih kurang oke. Poin ini terlihat dari tulisan di badan tube yang luntur, desain box yang terkesan murah, juga formula-nya yang kurang pigmented (yang paling sheer adalah nomor 4, padahal kalau formulanya lebih pigmented, warna ini akan sangat cantik dan menurutku bisa jadi favorit semua orang). Keunggulannya, lip matte ini bisa staining apalagi warna-warna merah dan pink-nya, yang bikin bibir terlihat lebih natural walaupun lipstiknya udah hilang dari bibir.

Okay sisters, jadi segitu aja reviewnya untuk MS Glow Lip Matte. See you again soon di review produk lainnya.

Kisses,

Rissa