Hai temen-temen! Udah hampir 2 bulan sejak Lip Remedies by Evete Naturals X Lippielust dirilis, tapiiii aku baru bisa bikin reviewnya sekarang. First of all, mohon maaf reviewnya baru dibuat karena satu dan lain hal but I promise you it’ll worth it. *wink*

So as you know, Lip Remedies difokuskan untuk perawatan bibir semua orang, khususnya para pecinta dead-matte liquid lipstick yang notabene susah sekali untuk dibersihkan. Evete dan aku men-develop trio ini dengan harapan bahwa semua orang berhak mendapatkan perawatan khusus untuk bibirnya, sama porsinya dengan perawatan wajah ataupun bagian tubuh lainnya.

Lalu kenapa harus trio? Kenapa enggak satu aja? Well, it’s started from a lipstick addict yang ngerasa kalau brand local gak ada yang punya produk perawatan bibir yang lengkap dalam satu set.

Trueeee! That lipstick addict is me.

Aku akan copas pernyataanku soal asal mulanya Lip Remedies (dengan beberapa perubahan):

Lip Remedies Luxury Lip Care Set adalah produk yang lahir dari gak bisa tidur dan akhirnya bisa terealisasi berkat Evete Naturals yang mau banget assist aku dari awal sampe akhir. Personally, aku mempercayakan kualitas dan pemahaman dasar pembuatan produk kecantikan / kesehatan natural yang dimiliki Evete Naturals. Sejak setahun yang lalu, aku rutin pakai lip balm Evete karena lip balm yang mereka buat itu tidak berminyak dan sangat oke untuk dipakai sebagai base lipstik apapun, termasuk matte liquid lipstick.

Di suatu malam, aku kirimkan email mengenai penawaran kerjasamaku dengan Evete Naturals lengkap dengan adegan gak bisa tidur karena mikirin ini hahaha.. Dengan harapan, aku dan Evete bisa merealisasikan ‘mimpiku’ untuk bantu teman-teman pecinta lipstik merawat bibir mereka sebagaimana semua perempuan merawat wajah dan bagian tubuh lainnya. Karena menurutku (please note I’m a lipstick swatcher, so I need to keep my lips in top-shape) bibir merupakan aset berharga.

Waktu berlalu, akhirnya aku memutuskan untuk ‘ngobrol’ langsung dengan salah satu ownernya di Jakarta (yeppp.. Evete dimiliki oleh tiga cewek cantik dan keren – karena mereka punya degree pendidikan teknik Kimia yang kalau aku sendiri sih ogah-ogahan belajar kimia pas SMA hahaha), dan akhirnya kami sepakat untuk mengolah konsep produk ini bersama-sama. Beruntunglah aku, Evete Naturals pun merasa excited atas konsep yang aku usulkan.

After months of developing, mulai dari pemilihan bahan baku sampai beberapa kali tes produk, aku terlibat didalamnya. There’s no animal testing of course, because we tested it on us. Hahaha..

Karena pekerjaan harianku adalah sebagai Graphic Designer, maka akulah yang mendesain box serta sticker-sticker packaging Lip Remedies. Makanya, jika kalian sudah punya set ini, kalian akan merasa kalau Lip Remedies adalah warna ‘Lippielust’ banget karena aku sendiri yang mendesain.

Final words, aku ingin menyampaikan bahwa produk ini bukan hanya produk Evete yang ‘ditumpangi’ oleh Lippielust atau sebaliknya, tapi sebuah produk hasil ngelamun di tengah malam, dan juga tentu aja produk dari passion kami di bidang yang kami kuasai, juga produk yang kami proses bersama mulai dari nol sampai jadi.

So that’s the story behind Lip Remedies! Hehehe..

Nah sekarang, aku ingin berbagi informasi penting lainnya juga review mengenai Lip Remedies. Ada baiknya kita mulai dari pemahaman dasar mengenai produknya. Aku sengaja ‘bingkai’ dalam bentuk Q&A karena memang pertanyaan-pertanyaan inilah yang sering banget ditanyakan.

Q: Apakah Bahan Baku Lip Remedies?

LIPSTICK REMOVER:

Virgin Coconut Oil (VCO), Mango Butter, Shea Butter, Almond Oil, Beeswax, Argan Oil, Flavor Oil, Vitamin E.

LIP SCRUB:

Sugar, Virgin coconut oil, Shea butter, Almond oil, Mango butter, Argan oil, Beeswax, Flavor oil, Carnauba wax, Vitamin E

LIP BALM:

Virgin coconut oil, Mango butter, Shea butter, Almond oil, Beeswax, Argan oil, Flavor oil, Vitamin E

✨ Q: Apakah Lip Remedies menggunakan preservatives / pengawet?

Nope. Produk-produk dalam Lip Remedies Set dibuat melalui one oil phase (satu kali proses), preservatives dibutuhkan jika produknya mengandung air, misalnya: susu, hydrosol, atau aquadestBakteri dan jamur hanya bisa tumbuh berkembang di produk-produk water-based, bukan oil-based. Intinya, karena Lip Remedies set ini purely dibuat dari oil, jadi gak perlu pakai pengawet.

✨ Q: Kenapa harus set? Kenapa gak dijual satuan aja?

Me and Evete wanted to create affordable yet effective lip care for all, maka dari itu daripada dijual satuan Lip Remedies Luxury Lip Care Set ini akan lebih efektif jika dipakai in sequence atau secara berurutan. Urutannya adalah sebagai berikut:

FIRST: Lipstick Remover

Walaupun bibir kamu masih dalam keadaan tidak memakai lipstik, lipstick remover disarankan untuk dipakai sebelum lip scrub karena residu pewarna dari lipstik masih sangat mungkin tertinggal di bibir. Lip Remedies Lipstick Remover didesain untuk produk lipstik heavy-duty (susah dihapus) tanpa harus membuat bibir terasa sakit ketika dibersihkan. Trust me, the process is as easy as counting 1,2,3.

SECOND: Lip Scrub

Biasanya bibir menjadi sangat kering jika seharian pakai lipstick matte. Pun, jika tubuh kamu kurang terhidrasi maka bibir, area di wajah yang paling sering ‘ganti kulit’, akan kering dan pecah-pecah. Makanya kegiatan lip-scrubbing itu penting untuk mengangkat lapisan kulit mati sehingga enggak mengganggu kulit baru yang sehat muncul.

Tapi jika bibir over-exfoliated alias terlalu sering dieksfoliasi, maka kulit bibir akan lebih sensitif dari sebelumnya. So twice a week is highly recommended.

Lip Scrub dari Lip Remedies dibuat menggunakan grain atau butiran gula yang lebih lembut daripada lip scrub konvensional. Karena menurutku lip-scrubbingactivityshould be fun, bukannya malah menyakiti bibir. Rata-rata, rasa sakit inilah yang bikin kita males buat lip-scrubbing. Butiran gula inilah yang bakal bantu kalian angkat kulit mati bibir, tanpa kerasa sakit atau perih setelahnya.

THIRD: Lip Balm

Sebetulnya Lip balm adalah produk yang paling banyak dijual. Bahkan menurutku tiap brand pasti punya satu atau lebih produk lip balm.

Lip Balm dari Lip Remedies ini dibuat agar tidak terasa berminyak di bibir, atau dengan kata lain: dry lip balm. Banyak produk lip balm yang memang terasa berminyak dan berat di bibir sehingga kita harus blot atau hapus pakai tissue. Bahkan, ada pula produk lip balm yang jika dipakai sebelum tidur berminyak, eh pas bangun tidur masih berminyak juga alias tidak terserap oleh kulit bibir. xD

That’s why I love Evete Naturals’ lip balms, they do not make your lips look really oily atau malah terlalu kering sehingga gak ada nutrisinya sama sekali. Makanya dari awal aku sangat ingin gandeng Evete Naturals sebagai partnerku untuk merealisasikan ide Lip Remedies ini.

Nah, dari sinilah kenapa aku ingin menciptakan Lip Remedies sebagai set, bukan hanya produk satuan. Intinya sih, penciptaan konsep Lip Remedies Luxury Lip Care Set ini adalah all-in-one treatment tapi fungsinya berbeda-beda, so you don’t have to look for another product to fill up the complete steps.

✨ Q: Terus kalau pakai Ingredients yang sama dengan lip balm standar dari Evete apa?

Lip balm Lip Remedies memakai Argan Oil sebagai signature oil untuk semua produk (Lip Balm, Lipstick Remover, Lip Scrub), juga Mango Butter. Tambahan kedua bahan baku ini dikhususkan agar lip balm bisa digunakan sebagai lip base, karena sifatnya yang lebih tipis dari lip balm konvensional milik Evete tapi memiliki daya tahan dan kelembaban yang sama. Keterangan mengenai sifat serta khasiat dari masing-masing bahan baku ada di bagian bawah yaa..

✨ Q: Apakah Lip Balm Lip Remedies punya SPF?

Kami enggak menambahkan additional SPF pada Lip Balm Lip Remedies. Kenapa additional? Bahan baku dalam Lip Balm Lip Remedies sendiri sudah membawa sifat alaminya untuk memproteksi bibir dari sinar UV seperti misalnya Shea Butter (SPF 6-10), Virgin Coconut Oil (SPF 2-8), dan juga Almond Oil (SPF 5), bibir secara langsung sudah terlindungi dari bahaya UVA & UVB.

✨ Q: Seberapa lama produk bisa digunakan setelah dibuka (Period After Opening)?

Produk bisa digunakan sampai 18 bulan. Lip Scrub karena paling sering kontak dengan jari, maka produk ini hanya bisa digunakan sampai 6 bulan. Lip scrub juga memiliki kandungan gula, yang dimana gula bisa larut di air.

✨ STEP BY STEP USING LIP REMEDIES

Jika kalian memilih untuk memakainya secara berurutan, ini step by step-nya:

Keluarkan sedikit saja produk dari dalam tube dengan cara diremas seperti odol ke ujung jari, atau kamu bisa juga remas tube langsung diatas bibir (cara yang kedua tidak disarankan karena permukaan tube akan menjadi kotor dan bisa mempersingkat life span produknya sendiri, dan pada akhirnya, kalian akan tetap membutuhkan jari untuk meratakannya. Diratakan dengan jari akan membuat produk menyatu lebih cepat dengan lipstik karena terkena panas dari suhu tubuh kita).

Ratakan dan gosok menggunakan ujung jari dengan gerakan memutar, dan biarkan produk selama beberapa detik meleleh dan menyatu dengan lipstik

Hapus lipstick remover dengan menggunakan kapas muka. Tekan dan geser secara pelan-pelan sampai warna lipstik terangkat dari bibir. Ulangi proses penghapusan dengan menggunakan kapas bersih selanjutnya jika masih ada lipstik yang masih menempel.

Jika sudah tidak ada lipstik yang menempel, saatnya aplikasikan lip scrub. Colek sedikit produk dari dalam jar, pastikan jari kamu sudah bersih dari sisa-sisa lipstik agar tidak mengotori lip scrub di dalam jar. Ratakan dengan jari, tekan-tekan dengan lembut agar gula menempel di bibir dan gosok secara perlahan dalam gerakan memutar sampai gula meleleh di bibir dan siap untuk dibersihkan. Aku menyarankan untuk membersihkannya dengan menggunakan handuk bersih yang sudah direndam di dalam air hangat untuk meminimalisasi rasa perih / sakit setelah scrubbing

Finally, setelah proses exfoliating selesai saatnya apply lip balm. Lip balm membantu kamu untuk meredakan rasa perih dan menutrisi bibir lebih lanjut pasca aktivitas eksfoliasi. Karena sifatnya yang ‘kering’, Lip Balm ini bisa langsung digunakan sebelum pemakaian matte lipstick tanpa harus menunggu lama dan tidak perlu di-blot pakai tisu. 

Here’s the final look of your healthy lips! Bibir gak terlihat over oily juga gak terlihat sangat kering. Natural shine look that is 😉 

  FINAL WORDS

Well guys, I really love Lip Remedies and so many of you also doLip Remedies Luxury Lip Care Set diformulasikan sebagai remedy atau perawatan untuk para pecinta lipstik matte khususnya, dan semua orang baik pria maupun wanita umumnya.  Satu-satunya hal yang menjadi kekurangan produk ini adalah: it’s a limited edition set. Hehehehe..

Kami hanya menggunakan bahan baku natural grade A (sangat baik) untuk Lip Remedies maupun produk Evete lainnya secara keseluruhan. Penjelasan juga benefitnya adalah sebagai berikut:

Argan Oil

Argan oil adalah minyak alami yang dihasilkan dari biji pohon argan. Argan Oil dianggap sebagai minyak eksotis, maka dari itu harganya relatif mahal karena asal muasalnya yang hanya endemik di Moroko, juga karena didapatkan dari pohon yang memiliki proses pertumbuhan sangat lambat. Argan Oil mengandung tocopherols, phenols, carotenes, squalane, dan fatty acids (asam lemak). Minyak ini memiliki konsistensi medium dan berperan penting dalam proses pelembaban kulit juga healing properties (menyembuhkan) karena tingginya kandungan Vitamin E.

Argan oil is a plant oil produced from the kernels of the argan tree. It is deemed an exotic oil and is quite expensive because of its origins and the fact that it grows in a slow-growing tree. Argan oil contains phenols, carotenes, squalene, and fatty acids. It is a medium consistency oil that is very moisturizing and healing because of its high vitamin E and vitamin E content.

VCO (Virgin Coconut Oil)

VCO adalah minyak tak berwarna yang memiliki konsistensi medium. Bedanya dengan refined coconut oil, VCO jauh lebih superior. Karena VCO diekstrak tanpa menggunakan panas, maka VCO memiliki kandungan Vitamin, antioksidan dan mineral yang jauh lebih banyak daripada standard coconut oil. VCO juga dikenal sebagai moisturizer yang sangat baik. Dan yang paling penting, VCO punya properti antibakteri, and thankfully it doesn’t clog up your pores jadi sangat cocok untuk yang punya acne-prone skin, berbeda dengan refined / standard coconut oil yang memang bersifat comedogenic alias bisa menyumbat pori-pori.

Virgin Coconut Oil  juga berperan sebagai sunscreen natural dan efektif melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Shea Butter

Shea Butter adalah lemak yang didapatkan dari shea nut tree dari Afrika. Shea butter terbukti bisa memberikan kelembaban yang tinggi dan memberikan kelembutan dan kehalusan secara langsung. Shea butter kaya akan stearic acid, oleic acid, Vitamin E, Vitamin A, yang juga berkhasiat untuk merawat kulit kering. Shea butter juga berperan sebagai penambah efek creamy di setiap produk Lip Remedies.

Shea Butter juga berperan sebagai sunscreen natural dan efektif melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Beeswax

Beeswax adalah natural wax yang dihasilkan dari lebah madu. Beeswax sangat penting untuk menjaga agar produk tetap solid sampai pada akhirnya bisa meleleh karena suhu badan ketika kamu apply produknya. Beeswax juga berfungsi penting sebagai penjaga kelembaban bibir.

Castor Oil

Castor Oil adalah cairan kental yang berwarna kuning pucat. Karena kekentalannya tersebut, kami hanya menggunakannya untuk produk Lip Balm. Castor Oil juga sangat melembabkan dan memudahkan kita untuk mengaplikasikan lip balm lebih mudah (karena sifatnya yang licin).

Almond Oil

Almond Oil adalah minyak ringan yang bisa menyerap dengan cepat. Kaya akan oleic acid yang bisa membantu melembabkan, melembutkan, juga meregenerasi kulit mati dengan sangat baik. Almond Oil baik digunakan untuk produk bibir karena tidak meninggalkan kesan berminyak atau ‘berat’ pada bibir.

Mango Butter

Mango Butter memiliki konsistensi yang lebih keras daripada Shea Butter, tapi lebih lembut daripada Cocoa Butter. berbeda dari kedua bahan tersebut, walaupun Mango Butter terasa ‘kering’ di bibir, in fact dia enggak bikin kering bibir. Hanya saja, sifatnya memang gak se-oily minyak-minyak lainnya. Mango Butter sangat baik untuk melembabkan bibir dan bisa diserap kulit dengan cepat sehingga gak ada rasa berat tapi masih terasa creamy di bibir.

Flavor Oil

Walaupun namanya flavor oil, sebetulnya oil jenis ini digunakan untuk memberikan ‘wangi’, bukan rasa. Flavor Oil adalah bahan baku sintetis tapi sangat aman untuk digunakan sebagai produk perawatan bibir. Disini kami pakai Bubblegum Flavor Oil.

Vitamin E

Vitamin E dipakai untuk menjaga agar bahan baku oil yang dipakai tidak tengik terlalu cepat, juga tentu aja fungsi lainnya untuk menambah kesehatan bibir.

Sugar

Sugar / gula digunakan dalam Lip Scrub sebagai exfoliant. Gula merupakan exfoliant natural yang bekerja dengan efektif karena ukurannya yang kami buat tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Jika terlalu besar, maka lip scrub memiliki kecenderungan bisa menyakiti bibir, jika terlalu kecil lip scrub tidak akan berfungsi sebagai exfoliant dengan baik (karena bisa meleleh terlalu cepat akibat gesekan dan suhu tubuh). Karena gula larut dalam air, maka gula bisa dengan mudah dibersihkan.

Carnauba Wax

Carnauba Wax adalah wax yang berasal dari tumbuhan yang sangat keras tapi disaat yang bersamaan, juga sangat rapuh. Maka dari itu, Carnauba Wax jarang sekali digunakan sebagai standalone product atau untuk digunakan sendiri. Carnauba Wax biasanya dikombinasikan dengan wax lain seperti beeswax atau candelila wax. Carnauba wax digunakan dalam lip scrub untuk menjaganya agar tetap keras, karena menggunakan beeswax terlalu banyak pun bisa membuat lip scrub terlalu keras sehingga bikin kegiatan lip scrubbing jadi enggak nyaman.

Artificial Colorant

Semua produk dalam set ini gak ada satupun yang pakai pewarna, so what you see is exactly what it is.

It’s only available at Evete Naturals’ website seharga 165,000 / set.

Natural SPFs: http://livingprettynaturally.com/natural-oil-sunscreens-what-you-need-to-know/

Where to Buy:

Evete Naturals Lip Remedies Luxury Lip Care Set by Lippielust

Follow my Instagram: Lippielust On Instagram

Follow Evete’s Instagram: Evete On Instagram