BRAND: THE BODY SHOP

STORE: MOREMA 

The Body Shop. Siapa yang gak kenal satu brand ini? Brand yang berasal dari UK ini udah familiar banget di kuping (juga mata) kita. Sampai saat ini, anak dari mega company L’Oreal ini udah punya kurang lebih 3,000 toko di 66 negara. Jadi gak perlu tanya kenapa gerai The Body Shop pasti ada hampir di setiap mal-mal kota besar di Indonesia.

ENRICH, NOT EXPLOIT.

Photo taken from https://www.thebodyshop.com/en-gb/commitment

 ABOUT THE BRAND

Setelah hampir dua jam baca-baca cerita inspiratif di balik The Body Shop ini, aku ngerasa I didn’t start everything incorrectly, karena skincare dan makeup pertama yang aku beli sendiri adalah The Body Shop. Mulai dari pendirinya yang filantropis, hingga komitmen perusahaan untuk menjaga, memelihara, dan memperkaya planet Bumi baik itu dalam bentuk flora, fauna, maupun manusia. Tau gak sih kalau The Body Shop juga punya program namanya Bio-Bridges yang fokus di regenerasi koridor alam liar yang sudah ‘terlanjur’ rusak untuk membantu spesies yang terancam punah agar bisa reconnect lagi dengan rumahnya. Di Indonesia, ada yang namanya Orangutan Land Trust, dan perusahaan non-profit inilah yang menjadi partner-nya The Body Shop. Selain itu, The Body Shop juga berkomitmen untuk tetap melestarikan alam. Di tahun 2020, The Body Shop menargetkan 75,000,000 persegi habitat bisa diregenerasi. Dudeeee! So awesome! Cerita lainnya mengenai proyek-proyek charity The Body Shop bisa kalian baca di global website-nya The Body Shop disini.

Ok, nice story. But how about the products? Produknya sendiri gimana? Kayaknya percuma banget perusahaan sebagus ini kalau produknya gak bagus. Afterall kita cuma pengen dapetin hi-quality products, ‘kan?

Well… The Body Shop merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan kecantikan raksasa yang dengan aktif mengkampanyekan Anti Animal Testing untuk semua produknya. Selain itu, The Body Shop pun sudah 100% vegetarian.

Dan sekarang, aku berkesempatan untuk review salah satu produk bibirnya, yaitu Liquid Lip Matte yang dirilis akhir tahun lalu. Thanks to MOREMA yang udah memperkenalkan aku dengan produk ini. They are probably the first seller to carry this product in Indonesia.

 ABOUT THE PRODUCT

Matte Lip Liquid ini punya 12 shades, yang kesemuanya punya nama yang berhubungan dengan bunga dan juga kota dimana bunga-bunga tersebut terkenal (either found or became popular, I am not sure!). Taipei Orchid, Nairobi Camellia, Sydney Amaryllis, Mauritius Dahlia, Tokyo Lotus, etc. Menarik ya!

The first thought came up on my mind, produk ini mirip sama NYX Soft Matte Lip Cream. Mulai dari namanya (nama kota-kota di dunia), packaging, bahkan formula! Yang paling keliatan bedanya mungkin cuma bentuk tube-nya: The Body Shop Matte Lip Liquid lebih tinggi dan ramping, sedangkan NYX Soft Matte Lip Cream lebih pendek. Tapi keduanya sama-sama memiliki berat bersih 8ml. Dan yang paling pentingnya lagi: baik The Body Shop maupun NYX Cosmetics sama-sama dimiliki oleh L’Oreal. Hmmm….

Terus bedanya apa dong? Kita mulai bahas reviewnya yuk!

 PACKAGING

Botolnya terbuat dari plastik yang kokoh. Tutupnya berbahan plastik dengan tekstur velvet matte, mirip NYX Soft Matte Lip Cream banget deh pokoknya. Dan seperti NYX Soft Matte Lip Cream juga, produk ini gak punya box, hanya di-seal dengan plastik dan itupun menurutku sudah cukup oke.

Tulisan nama shade-nya ada di bagian badan botol, bukan di bawah. Nah inilah bedanya The Body Shop Matte Lip Liquid dan NYX Soft Matte Lip Cream: desain botol. Aku kurang suka botol NYX Soft Matte Lip Cream karena menurutku terlalu banyak tulisan di badan botolnya. Kesannya less aesthetic aja gitu. Sedangkan The Body Shop Matte Lip Liquid, as usualthey make it simple and pretty, dan terkesan ‘mahal’.

Keterangan barcode dan lain-lain yang kalian lihat ini sebetulnya ada di luar plastik pembungkusnya, yang bakal otomatis terbuang kalau kalian gak seaneh aku (nempelin stickernya lagi di tutup botolnya hahaha).

Seperti yang kalian lihat, produk ini Made in China, sama dengan NYX Soft Matte Lip Cream. Sebagai informasi tambahan: produk yang dibuat di China bukan berarti wajib tes produknya terhadap hewan. China hanya mewajibkan semua produk kecantikan dan kesehatan untuk dites terhadap hewan jika produk tersebut diperjualbelikan di negara tersebut.

 INGREDIENTS

Isohexadecane, Pentaerythrityl Tetraisostearate, Disteardimonium Hectorite, Dimethicone, Cera Alba/Beeswax/Cire Dabeille, Glyceryl Behenate/Eicosadioate, Cyclopentasiloxane, Talc, Propylene Carbonate, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Silica, Dimethicone Crosspolymer, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Phenoxyethanol, Benzyl Benzoate, Parfum/Fragrance, Aqua/Water/Eau, Benzyl Alcohol, Linalool, Geraniol, Limonene, CI 77891/Titanium Dioxide, CI 15850/Red 6, CI 19140/Yellow 5 Lake.

Penilaian di cosdna.com:

Tingkat keamanan (safety value) 1-4 dari maksimal nilai 9, dengan penilaian 1 = low hazard, 9 = high hazard. Please do google if you want to know more about each ingredients.

Perbandingan dengan NYX Soft Matte Lip Cream:

Walaupun formulanya mirip-mirip, ternyata kalau dilihat dari ingredients list-nya, kedua produk ini punya bahan baku yang relatif berbeda.

 FORMULA

Formulanya mousse-y creamy, sedikit lebih padat daripada NYX Soft Matte Lip Cream. Ketika awal aplikasi produk akan terlihat basah sampai akhirnya setelah satu atau dua menit berlalu, produk akan menjadi soft velvety matte di bibir dan mulai terasa ringan. Pigmentasinya lumayan bagus, namun sama halnya seperti NYX SMLC, The Body Shop Matte Lip Liquid tidak bisa diaplikasikan berkali-kali karena hasilnya akan sama saja. Formula seperti ini memang memiliki finish natural, berbeda dengan liquid lipsticks / lip creams dengan pigmentasi tinggi yang cenderung memiliki warna yang lebih vivid.

Hanya dua shades yang menurutku kurang bagus pigmentasinya: 017 Mauritius Dahlia dan 019 Sicily Iris. Kedua warna ini termasuk ke kelas warna vampy, dan menurutku sangat wajar jika pigmentasinya kurang atau cenderung patchy dengan formula seperti ini. Shade 034 Nairobi Camellia punya pigmentasi yang paling baik dari semuanya, walaupun memang tidak ada satu shade-pun yang punya pigmentasi dibawah rata-rata selain kedua warna vampy tadi.

Ngomongin soal wanginya, aku suka banget wangi fresh floral yang manis, tapi enggak terlalu overpowering alias berlebihan. Si The Body Shop Matte Lip Liquid punya wangi seperti itu. Walaupun memang stay agak lama di bibir, tapi gak bikin pusing. Balik lagi, kalau soal ini memang berhubungan langsung sama selera so you decide yourself.

One good thing you can get from this kind of formula: formula seperti ini gak bikin bibir kering. Selain ringan dan terlihat naturalof course. Tapi produk ini ada kecenderungan bisa mengaksentuasi atau memperjelas garis bibir apalagi kalau bibir kamu sedang kering dan pecah-pecah. Aku menyarankan untuk exfoliate dulu bibir sebelum pakai produk ini.

Terus, tacky enggak? Produk Matte Lip Liquid ini enggak ada kecenderungan lengket sama sekali. Malah, terasa seperti enggak pake lipstik sama sekali ketika 100% mengering. Definitely my kinda lip cream I like.

Ngomongin soal aplikator:

Photo Courtesy of The Body Shop USA.

Aplikatornya sangat nyaman dipakai dan efektif dalam meratakan produknya di bibir. Bentuknya doe-foot, dimana satu sisinya miring. Dibandingkan dengan NYX SMLC, aplikator milik The Body Shop ini memang lebih panjang dan tidak terlalu miring.

 LONGEVITY

Stay all day? Not really. Tapi menurutku jauh lebih powerful daripada lip cream dengan hasil akhir dead-matte yang kalau dipakai makan mulai fading di bagian tengah bibir. Matte Lip Liquid ini of course fading tapi merata. Jadi, hanya warnanya yang memudar tapi produk sisanya masih tetap nempel dengan baik di bibir. Retouching is also okay kalau memang udah saatnya diperlukan. Gak akan kerasa berat karena layer-nya nggak ‘numpuk’, tapi membaur dengan layer awal dibawahnya.

So I think 5-6 hours is the best time, tanpa makan makanan berat.

 WHERE TO BUY

Sayangnya produk The Body Shop Matte Lip Liquid ini belum masuk ke Indonesia, so kalian gak akan nemuin produk-nya di toko-toko The Body Shop. Tapi kalau kalian pengen coba, produk ini bisa dibeli di @igmorema (Instagram Shop) seharga 169,000 IDR / 145,000 (untuk VIP Member).

 SWATCHES