Hi guys!

Perjalanan liquid to matte lipstick di Indonesia udah 3 tahun berjalan dan saat ini makin banyak brand-brand baru muncul dan ramai-ramai mengeluarkan produk ini. Saking ‘riuh’nya, dalam satu bulan pasti ada aja produk lokal yang dirilis!

Mineral Botanica adalah salah satu brand asal Indonesia yang pertama kali eksis dengan liquid lipstik yang mengering jadi matte. Produk Soft Matte Lip Cream ini dulu sempet booming karena banyak yang beranggapan kalau karakternya mirip dengan produk NYX Cosmetics yang juga dinamakan sama, Soft Matte Lip Cream (SMLC).

Setelah sukses dengan  produk-produknya yang bisa dibilang murah meriah menggoda, akhirnya Mineral Botanica merilis professional line-nya yang dinamakan Mica Studio Series. Mica Studio Series sendiri brand yang memang difungsikan untuk next-level makeup artistry, dengan kualitas produk yang jauh lebih baik.

Nah! Sekarang aku akan review empat lip product-nya Mica Studio Series. Temen-temen yang follow Instagram Lippielust pasti udah lihat swatches-nya, kan? Jika belum, kalian boleh lihat melalui hashtag: #micabylippielustKeempat produk ini adalah: HD Gloss Liquid Lipstick, Ultra Pigment Matte Liquid Lipstick, Lustrous Silky Lipstick, dan Perfect Cover Matte Lipstick.

First thing first, I’ve never felt so proud of having myself representing ALL high-quality local brands through a part of me, which is my own lips and arm. Apalagi kalau produk-produknya memang begitu berkualitas, sampai melebihi kualitas yang ditawarkan merk internasional dengan harga yang jauh lebih mahal.
‘Branded’ bukan lagi eksklusif milik satu atau beberapa golongan, karena ‘branded’ gak berarti harus mahal, tapi juga berkualitas tinggi. Salah satunya @micastudioseries ini. Gak pernah nyangka sebelumnya kalau Mineral Botanica berkembang jadi 1 brand yang bisa menyaingi ‘senior-senior’nya, baik dari segi kualitas, presentasi produk, juga harga.
Dulu sempet ragu sama kualitasnya, sampai ngerasa kalau MiCa bukanlah brand yang mampu menyaingi merk-merk lain. TAPI, semua brand PERLU berkembang, perlu memperbaiki diri, perlu berinovasi. Dari situlah aku mulai menganggap MiCa patut diapresiasi. MiCa has improved a lot on their Soft Matte Lip Cream new formula, dan juga Studio Series-nya yang memang punya kualitas sangat baik.

 MICA STUDIO SERIES HD GLOSS LIQUID LIPSTICK

Produk pertama yang akan aku review adalah HD Gloss Liquid Lipstick.

What if I say I’m in love with so many superior features on this product? Kualitas HD Gloss ini gak kalah bagus dari merk-merk seperti Anastasia beverly Hills Gloss, NYX Intense Butter Gloss, BH Cosmetics Luxe Lacquer, Morphe Creme Lip Polish, dan masih banyak lip gloss yang berkualitas lainnya. Kesamaan dari merk-merk diatas dengan HD Gloss adalah: merk-merk ini menawarkan kekayaan pigmen warna yang sangat baik. Bahkan menurutku swatchku ini gak cukup buat membuktikan kalau warnanya memang se-intense itu.

Produk ini punya formula yang sangat kental. Mungkin akan terlalu kental bagi sebagian orang. Tapi, produk ini juga memiliki intensitas warna yang sangat baik, sampai-sampai bisa nge-stain di bibir walaupun dalam jangka waktu pemakaian yang relatif singkat. Kalau kalian penyuka lip gloss, aplikasikan sekali di bibir. Tapi jika ingin lebih ringan, kalian bisa blot pakai tissue supaya lapisan glossy-nya berkurang. Ingat, ini bukan produk matte ya… Walaupun namanya liquid lipstick! Hehehe.. Sampai saat ini masih banyak yang beranggapan kalau liquid lipstick itu harus matte.

Bicara soal pigmentasi, I must admit pigmentasi yang ditawarkan HD Gloss ini beneran HD! *High Definition Sekali ulas aja bisa langsung menutupi permukaan bibir dengan sempurna, tanpa harus ulas berkali-kali. Karena sifatnya yang glossy, maka produk ini memang akan terasa berat di bibir. Well, semua lip gloss pasti seperti itu. Tapi jika dibandingkan dengan matte lipstick, jelas Lip gloss punya karakter yang jauh lebih kuat. Lip gloss bisa memberikan efek bibir lebih penuh dan sehat, juga seductive dan sexy.

Oh ya untuk wanginya, Mica Studio Series HD Gloss ini punya wangi seperti wangi kue yang lumayan kenceng. Untuk kalian yang punya indera penciuman lebih sensitif mungkin wanginya akan sedikit mengganggu. Sayangnya, wanginya gak akan cepet hilang dari bibir so this might disturb you a little bit.

In conclusion, kalau bicara soal nyaman, aku merasa lebih nyaman pakai lipstik matte daripada lip gloss. Hanya saja aku termasuk orang yang gak ‘repot’, aku akan senang hati pakai lip gloss jika memang ingin. Lip Gloss menurutku lebih punya ‘nyawa’ daripada lipstik matte, makanya aku suka banget foto swatch lip gloss karena memang hasilnya selalu cantik.

Hal lain yang membedakan lip gloss dengan liquid to matte lipstick, adalah daya tahannya. Lip Gloss bisa nempel dimana aja, that’s the worst part of it. Untuk ketahanannya sendiri bisa dibilang cukup baik, sekitar 4-5 jam dengan catatan lapisan atas lip gloss-nya sudah tidak se-perfect seperti di awal aplikasi.

INFORMASI PRODUK:

Mica Studio Series HD Gloss

Berat Bersih: 6,5 g

Harga Retail: 119,000 IDR

Jumlah warna: 10 Warna

 MICA STUDIO SERIES LUSTROUS SILKY LIPSTIK & PERFECT COVER MATTE LIPSTICK

Kedua produk ini aku tuliskan dalam 1 section karena memang pada dasarnya sama. Lustrous Silky Lipstick merupakan lipstik dengan base matte namun ditambah pearl untuk memberikan efek pearlized sama kayak MAC cremesheen lipstick, atau Urban Decay Metallized lipstick, atau Colourpop Pearlized Lippiestix. Pada dasarnya, Pearlized lipstick punya formula sama dengan lipstick matte, hanya ditambah kandungan pearlized glitters yang berukuran sangat sangat kecil untuk menambah efek luster (soft glow) seperti warna kilauan sutra di lipstik.

Berbeda dengan seri Lustrous Silky pearlized lipsticks, Perfect Cover Matte lipstick basically lipstik matte yang full coverage. Saat ini baru ada 3 shades (mungkin nanti nambah, who knows haha). Packagingnya sama plek ketiplek kayak Lustrous Silky Lipstick, so jangan sampe ketuker kalo kalian punya dua-duanya hehehe.

Kedua produk ini memiliki packaging yang bener-bener sturdy alias kokoh. Bahannya seperti metal berwarna bronze dan memiliki magnetic lock di kedua sisi dalamnya. Bentuknya pun bukan seperti bullet lipstick biasa, tapi berbentuk persegi panjang yang ramping. Honestly produk ini terkesan mahal banget kalau dilihat dari tube-nya.

Tapi nggak kaget juga soal performa produknya. Seperti yang aku bilang, baik Perfect Cover Matte Lipstick maupun Lustrous Silky Lipstick punya full coverage dan juga long lastingAlso, these don’t dry up my lips at all. Masih kerasa nyaman di bibir untuk dipakai dalam jangka waktu yang panjang. Performa kedua lipstik ini menurutku cukup impresif, bisa tahan sampai 5-6 jam!

INFORMASI PRODUK:

Mica Studio Series Perfect Cover Matte Lipstick & Lustrous Silky Lipstick

Berat Bersih: 4,2 g

Harga Retail: 119,000 IDR

Jumlah warna: Perfect Cover Matte Lipstick: 3 Warna, Lustrous Silky Lipstick: 4 warna

 MICA STUDIO SERIES ULTRA PIGMENT MATTE LIQUID LIPSTICK

Produk yang terakhir ada Mica Studio Series Ultra Pigment Matte Liquid Lipstick! Produk ini memiliki dua finish: semi-transferproof matte dan metallic matte. Maksudnya metallic matte itu apa? Artinya… produk ini punya dasar matte dan ditambahkan pigment glitter / metalik untuk mendapatkan finish shiny metallic. Walaupun namanya seperti itu, tapi tetap aja finish-nya bukan seperti matte yang memang sifatnya menangkal cahaya.

Formulanya seperti thick cream yang kering jadi matte dengan hasil akhir semi-transferproof. Sesuai namanya ‘Ultra Pigment‘, artinya produk UPM ini wajib memiliki pigmentasi yang sangat baik. Just to prove the point, you know.
Dan menurutku, pigmentasi dari kesemua warnanya benar-benar bagus. Not gonna lie, formulanya sangat kaya akan pigment. Saking pekat warnanya, produk ini meninggalkan stain di bibir bahkan dalam waktu yang tidak terlalu lama. And it takes a whole lot of patience ketika menghapus UPM dari bibir. Karena kental dan warnanya sangat pekat, jadi perlu 2-3x hapus baru bisa hilang semua warnanya (kecuali stain-nya yang bakal stay di bibir for a little while).

Honestly produk UPM inilah yang paling aku suka dari semua produk bibir-nya Mica Studio Series. Bukan cuma karena dia matte, tapi warna-warnanya pun sangat menarik! Apalagi seri metallic matte-nya yang memang bisa diaplikasikan juga sebagai eye makeupDid you see that Green and Blue? Yup, kedua warna itu aku suka banget!

Kayaknya gak cukup kalau aku bilang produk ini begitu superior. Bahkan bisa dibilang sebagai dupe-nya Ofra Metallic Liquid Lipstick dalam segi formula, karena memang seperti itu. Aku gak pernah ngerasa bener-bener suka sama metallic liquid lipstick (kecuali punya Dose of Colors), dan Mica UPM Metallic ini berhasil jadi salah satu produk metalik favoritku.

Untuk wanginya, kedua produk ini memiliki wangi yang sama seperti HD Gloss, yaitu seperti wangi kue. Aku gak bisa menjelaskan lebih jauh soal ini. Yang pasti, berbeda dengan HD Gloss, wangi kue di UPM ini bisa hilang dalam hitungan menit ketika produk sudah benar-benar mengering jadi semi-transferproof.

Aku gak merasakan cracking maupun rontok ketika pakai produk UPM ini seharian. Hanya saja, formulanya memang terasa lebih tebal di bibir dibandingkan dengan matte liquid lipstick lainnya. Formula yang paling mendekati UPM adalah BLP Beauty Lip Coatyang seperti kalian ketahui aku suka banget sama formula dan warna-warnanya.

Untuk daya tahannya sendiri, UPM bisa tahan sampai maksimal 6 jam tanpa makan, dengan kondisi lipstik sedikit fading di bagian tengah bibir.

INFORMASI PRODUK:

Mica Studio Series Ultra Pigment Matte Liquid Lipstick

Berat Bersih: 6 g

Harga Retail: 119,000 IDR

Jumlah warna: UPM Matte: 9 Warna, UPM Metallic: 5 Warna

 DETAIL PACKAGING

Semua packaging produk Mica Studio Series dibungkus dengan karton tebal berwarna bronze yang sama. Bagusnya, setiap produk punya box yang sudah dikasih stiker sesuai nama shade-nya masing-masing jadi produk didalamnya gak akan tertukar.

Okay temen-temen, it’s a wrap! Akhirnya aku review produk dari Mica Studio Series yang udah aku pending dari sekitar 2 Bulanan yang lalu. I do hope reviewku membantu kalian untuk pilih-pilih racun yang mana yang bakalan kalian beli selanjutnya ya!

Jika ada pertanyaan, yuk boleh ditanyakan di kolom komentar di bawah.

See you again in another review guys!

Love,

Rissa