haiiiiiii semuanya!

Sengaja nih di review produk kali ini aku pakai bahasa Indonesia walaupun merk yang akan aku review berasal dari China. Pasalnya, Focallure ini lagi digandrungi sama para pecinta makeup di Indonesia. Bukan cuma karena desainnya yang apik, juga harga produk yang murah meriah, tapi juga karena kualitas dari produknya sendiri.

Misterius.

Ini kata yang paling tepat buat Focallure since out of nowhere, tanpa ba-bi-bu, merk ini tiba-tiba meledak di Indonesia. Aku pribadi udah coba produk ini dari bulan November tahun lalu, dan ngeswatch Matte Lip Crayon duluan baru deh seminggu ini upload Ultra Chic Lips-nya di Instagramku.

Then…

Some questions arise: Is Focallure worth the hype? And… are the products safe?

Aku punya Focallure Matte Lip Crayon dan juga Ultra Chic Lips liquid lipstick. Karena penasaran, akhirnya aku pelajari semua hal tentang Focallure melalui the mighty internet.

ABOUT THE BRAND

Focallure, seperti yang sudah aku katakan di awal, adalah merk asal China. Surprising? Enggak juga. Kalau kalian lebih suka cari tau sendiri lewat si mbah Google, gak akan susah kok ketemu nama Focallure. Website Resmi Focallure ada di Alibaba, sedangkan distributor tunggal resmi di Indonesia hanya ada di @ars_fashion.

Alibaba sendiri adalah platform asal China yang menyediakan global wholesale atau grosir besar-besaran untuk para pembeli atau supplier di seluruh dunia. Sebagian besar anggota di Alibaba.com adalah produsen, perusahaan dagang atau reseller yang berdagang dalam jumlah besar. Kalau Indonesia punya Indonetwork, China punya Alibaba (dan banyak lagi lainnya) karena ya you know, China adalah rajanya global trading.

Sistemnya: semakin banyak kamu order, maka semakin murah harganya. Sebagai contoh, untuk 1200 lipstik Focallure, harganya menjadi 0.5-1 USD yang kalau dirupiahkan menjadi 7,000-13,000 rupiah saja. TAPI, gak banyak resellers yang memiliki modal sebanyak itu. Makanya, semakin sedikit order harganya pun semakin tinggi.

Guys, aku harap kalian gak bosen ketika aku bahas ini. Seperti judul diatas, Focallure ini misterius sekali. Tiba-tiba ada di pasaran tanpa kita tahu siapa manufacturer-nya. So, dengan postingan blogku ini aku harap kalian bisa lebih tercerahkan ya! Hehehe..

Moving on

Focallure sendiri adalah produk milik Guangzhou Jizhi Trading Co. Ltd. Perusahaan yang juga menyediakan produk OEM (Original Equipment Manufacturing) / ODM (Original Design Manufacturing). Sebagian data mengenai OEM / ODM ini aku ambil dari website Ilmu Manajemen Industri, kalau kalian ingin pelajari lebih lanjut silakan di klik link-nya ya..

OEM: Perusahaan merancang dan memproduksi barang jadi atau komponen dengan konsep atau spesifikasi yang ditentukan oleh perusahaan tersebut lalu dijual ke perusahaan pembeli.Perusahaan pembeli lalu mendistribusikan komponen atau produk tersebut atas nama / merk mereka sendiri.

ODM: Perusahaan merancang dan memproduksi barang jadi atau komponen dengan konsep atau spesifikasi yang ditentukan oleh perusahaan pembeli. Perusahaan pembeli kemudian memasarkan produk atau komponen tersebut atas nama / merk mereka sendiri. Contoh yang paling jelas adalah gadgetgadget yang kalian punya: Apple, Xbox, PS, dll merupakan produk ODM yang diproduksi dan dirakit di China oleh Foxconn Technology Group. Contoh yang paling dekat dengan kita: banyaknya produk kosmetik yang diproduksi dari satu perusahaan yang sama. 😉

Nah, apakah ODM dan OEM ini lumrah? Jelas. Untuk pebisnis, dengan OEM / ODM mereka tidak perlu berinvestasi dalam penyediaan gedung, tenaga kerja, dan lain-lain sehingga ongkos produksi pun bisa ditekan.

Back to the topic. Jadi, Guangzhou Jizhi Trading Co. Ltd merupakan perusahaan besar yang fokus di produksi kosmetika. Focallure hanyalah satu dari sekian banyak yang diproduksi, dan merupakan produk generic atau produk asli dari Guangzhou Jizhi Trading Co. Ltd yang juga dijual sendiri oleh perusahaan yang sama. Makanya, kalian gak akan menemukan ‘online shop’ atau website resmi dari Guangzhou Jizhi Trading Co. Ltd ataupun Focallure karena perusahaan ini hanya menyediakan B2B (Business to Business) Trading.

So, jadi Focallure bukan produk abal-abal? Jawabannya: Bukan. Focallure adalah produk resmi dari perusahaan resmi.

Sebenernya, ada banyak merk yang diproduksi oleh Guangzhou Jizhi Trading Co. Ltd. Beberapa diantaranya: MYBOON, TUTU, BLING, dll. Ini hanyalah sebagian dari begitu banyak produk yang diproduksi, termasuk produk-produk knock-off atau produk palsu dari sebuah merk. Balik lagi ke istilah ODM, perusahaan produsen tidak bertanggungjawab atas keaslian konsep / desain dari sebuah produk, karena semuanya tergantung dari permintaan perusahaan pembeli.

Jadi gimana, udah agak ngerti lah ya soal asal muasal Focallure? Kalau masih bingung, kalian boleh komen dibawah ya. 😉

ABOUT THE PRODUCT

ARS Fashion dengan baik hati memberikan aku dua produk untuk direview: matte lip crayon dan juga Ultra Chic Lips. Keduanya didesain dengan sangat apik, dengan warna dominan hitam dan warna abu-abu di bagian logo (untuk matte lip crayon).

Setelah aku selidiki ingredients-nya yang terpampang jelas dan nyata di bagian box, gak ada satupun bahan baku yang tidak aman. Salah satunya, aku temukan data dari Cosdna.com untuk Ultra Chic Lips-nya:

Untuk lebih jelasnya, silakan klik link ini.

FOCALLURE MATTE LIP CRAYON

Kalau disuruh milih, antara Focallure Matte Lip Crayon atau Ultra Chic Lips, aku lebih suka Matte Lip Crayon karena jauh lebih nyaman. Matte Lip Crayon ini sangat empuk di bibir, gak memperjelas garis bibir apalagi memperjelas tekstur bibir ketika kering atau pecah-pecah. Pigmentasinya sangat baik! Untuk kelas lip crayon yang biasanya terasa kering di bibir juga susah rata, menurutku Focallure matte lip crayon ini juara kualitasnya. Uniknya, walaupun memang tidak transferproof, produk ini juga bisa tahan seharian di bibir. Ketika lapisan pertama memudar, lapisan sisanya bisa tinggal bahkan staining. Matte Lip Crayon pun tidak berbau menyengat seperti Ultra Chic Lips (ini yang penting buatku).

Hanya saja, Matte Lip Crayon ini ringkih dan mudah patah. Dari total 6 shades yang aku punya, saat ini 3 shades diantaranya patah walaupun ketika produk datang, semuanya in a perfect shape and condition.

Dengan harga yang sangat murah, 135,000 / 3 pcs dalam bentuk kit yang kalian bisa beli disini, menurutku Matte Lip Crayon ini sangat layak untuk dibeli. Aku merekomendasikan Red edition karena warnanya yang cantik-cantik, sedangkan yang nude hanya 1 warna saja yang cocok di kulit medium warm-ku.

FOCALLURE ULTRA CHIC LIPS

Kalau kalian pecinta dead-matte liquid lipstick, kalian bakal suka sama produk ini. Focallure Ultra Chic Lips memiliki formula cair yang mengering jadi transferproof & kissproof hanya dalam hitungan detik. Sayangnya, seperti liquid lipstick kebanyakan yang memiliki formula mirip seperti ini, produk ini terasa kering di bibir dan juga memiliki lip tightening effect atau efek bibir seperti ditarik-tarik (kaku). I would recommend this product untuk mereka yang memiliki bibir yang bisa tahan terhadap drying lipstick, tapi tidak untuk mereka yang memiliki bibir mudah kering dan pecah-pecah.

Saking keringnya, gak ada sedikitpun rasa lengket di bibir. Aku sih menyarankan lebih baik jangan pakai lip balm atau lip primer terlebih dahulu karena memang liquid lipstick dengan formula seperti ini lebih baik untuk diaplikasikan diatas bare lips.

Focallure Ultra Chic Lips memiliki 15 shades yang bervariasi mulai dari pale nude sampai deep red. Warna favoritku adalah Persian Plum, Burnt Umber, Deep Chestnut, French Beige, dan juga Rose Taupe. Shades ini memiliki pigmentasi yang sangat baik dan terasa lebih nyaman dipakai daripada shades lainnya.

Bicara soal pigmentasi, Focallure Ultra Chic Lips memiliki pigmentasi yang medium. Maksudnya, beberapa shades terlihat patchy seperti Burgundy, Old Rose, dan juga Ruddy Pink terlihat patchy ketika mengering.

Hal yang paling aku gak suka dari produk ini adalah baunya and this makes me uncomfortable. Baunya sangat artificial, seperti bau kimia. Baunya bisa tahan lumayan lama, sampai akhirnya menghilang dengan sendirinya.

Untuk ketahanannya, aku hanya sanggup pakai sampai maksimal 8 jam. Walaupun memang bisa saja tahan sampai kamu memutuskan untuk menghapus seluruhnya, tapi lebih baik untuk mengganti lipstik daripada touch up dengan produk yang sama karena sifatnya yang kering tadi.

Harganya? 69,000 / pcs! Kalian bisa beli disini.

FINAL VERDICTS

Jangan pernah meragukan produk hanya karena produk ini dibuat di China. Terkecuali jika kalian memang hanya menggunakan produk yang cruelty-free. Focallure pun ternyata cruelty free, karena memang hanya dipasarkan diluar China.

Meskipun Focallure adalah real brand with real products, sayangnya Focallure tidak menyediakan real swatches. Swatches yang diperlihatkan adalah bibir-bibir milik MakeupbyJesi, Samantha dari Sweetly Flawless, dll. Inilah yang bikin aku agak ilfil. They surely don’t know (or care) that this is sooooo wrong!

Untuk produknya sendiri, Focallure Ultra Chic Lips dan juga Matte Lip Crayon memiliki kualitas yang baik. Harganya murah, memang. Tapi murah karena diproduksi dalam skala puluhan ribu produk setiap bulannya untuk disebarkan ke negara-negara sebagai pasar utama sehingga biaya / ongkos produksi bisa ditekan serendah mungkin.

Kalau dipikir-pikir sih, banyak merk US yang diproduksi di China juga. So what’s the difference? Hehehe.

Okay guys, see you again soon in another review! Seperti biasa jika reviewnya bermanfaat, jangan lupa klik little heart dibawah dan juga share ke temen-temen yang lain.

Much Love,

Rissa

WHERE TO BUY

ARS FASHION (click)

Info tambahan:

ARS Fashion adalah distributor tunggal resmi di Indonesia. Focallure juga sedang dalam proses Halal MUI dan juga BPOM! Yaaaaay!

SWATCHES