Halo Semua!

Singkat cerita, hari ini aku anter ibu dan adik bungsu jalan-jalan di Bandung. Berhubung bentar lagi lebaran (dan udah pasti banyak diskon dimana-mana), jadi selama dua hari ini aku fokus ajak mereka explore a.k.a belanja di Bandung. Hahaha..

So that’s why, review-nya Purbasari Color Matte Lipstick baru ada hari ini. FYI ini pertama kalinya aku review lipstik Purbasari di blog, karena dulu aku belum punya blog so aku hanya review produk ini di Instagram sekitar 1,5 tahun yang lalu. Udah lamaaaa banget tapi aku yakin, sampai hari ini lipstik Purbasari belum kehilangan fans-fansnya. Bahkan aku baca satu komentar di salah satu foto swatch Purbasari kalau dia udah repurchase sampai 5x saking sukanya! Whooaaaa.. That’s dedication, ladies and gents!

 

TENTANG HOAX MERKURI

Seperti yang udah pernah aku bahas sebelumnya disini, Purbasari merupakan salah satu brand yang paling banyak diragukan. Isu yang paling hot itu ketika lipstik Purbasari digosipin mengandung merkuri, salah satu zat berbahaya. Alasannya, lipstik Purbasari jika digosok pakai cincin emas (bukan murni), maka bekas gosokan akan menghitam. Menghitam = mengandung merkuri, katanya. Katanya lhoooo.. Bukan hasil riset secara scientific, tapi hasil dari ‘katanya’. Hoax yang berhasil jadi viral hanya dari omongan mulut ke mulut itu sukses bikin para pecinta lipstik jadi was-was.

Gak lama, Purbasari Indonesia melalui akun Instagram dan Facebook official-nya membantah hoax tersebut. Akupun ikut mengklarifikasi hoax yang enggak berdasar ini melalui review di Instagramku. Sebagai pelajaran untuk kita semua yang gampang banget termakan hoax, untuk selalu cek dan ricek sebelum repost atau membagikan info.

Jadi, lipstik Purbasari aman dong?

Reviewku soal aman atau tidaknya lipstik Purbasari tidak pernah berubah dan tidak akan pernah berubah: lipstik Purbasari 100% AMAN dan sama sekali TIDAK mengandung merkuri.

Lalu, jika ada klaim kalau ketika pakai produk tertentu bibir jadi gatal-gatal, kebas, menghitam, dan sebagainya saranku sih sederhana aja: jangan malas untuk mempelajari kandungan dalam lipstik dan cocokkan dengan kondisi tubuh kamu sendiri karena bisa jadi kamu alergi terhadap salah satu kandungan di dalam lipstik tersebut tapi kamu tidak menyadarinya. Soooo… #BukanSalahLipstik-nya.

Sejatinya, semua lipstik yang terdaftar di BPOM itu akan selalu dicek secara berkala, bukan hanya ketika didaftarkan. Jika ada kandungan yang menyimpang setelah beberapa waktu produk dirilis, jelas BPOM akan menarik produknya. Jadi jika lipstik Purbasari masih ada sampai sekarang, itu artinya? Please be smart lipstick lovers ya guys! 🙂

Jadi intinya?

Lipstik purbasari saat ini mengantongi dua sertifikat penting yang jadi acuan para pecinta lipstik:

  • 100% HALAL (bersertifikat)
  • 100% AMAN — terdaftar secara resmi di BPOM (tidak mengandung bahan berbahaya)

FORMULA

Sebelum masuk ke pembahasan formula, yuk kita pelajari bareng-bareng bahan baku inti dari lipstiknya:

Cyclomethicone, Ricinus Communis seed oil (Castor Oil), Octyldodecyl stearoyl stearate, Polymethyl methacrylate, Mica, Candelilla cera extract, Octyldodecanol, Dimethicone, Copernicia Cerifera Cera, Mycrocrystalline Wax, Ozokerite, Beeswax, Tocopheryl Acetate, Dimethicone / methicone copolymer, Aroma, BHT, Propylparaben.

Penilaian di Skincarisma.com:

Jangan khawatirkan kandungan BHT yang memang memiliki moderate risk jika dikonsumsi secara oral (itupun jika berlebihan). BHT yang digunakan di produk-produk kosmetika biasanya hanya sebanyak 0.01-0.1% dan tidak memiliki resiko apapun terhadap kulit. Sama halnya dengan Propylparaben, dimana sebetulnya Paraben dipercaya dan terbukti memiliki tingkat sensitivitas sangat rendah bagi mereka yang mudah sensitif terhadap pengawet dibandingkan bahan pengawet lainnya. Dan jika kalian bertanya apakah Paraben aman, jelas aku akan jawab 100% aman karena sampai detik ini belum ada satupun riset yang membuktikan bahwa paraben tidak aman. Bahkan paraben secara alamiah banyak ditemukan di buah-buahan yang sering kita makan lho.

Color Matte Lipstick dari Purbasari merupakan satu-satunya lipstik yang memiliki triple moisturizing agents — Jojoba Oil, Vitamin E, dan juga emollient. Bahkan menurutku banyak sekali emollient yang dipakai (sesuai dengan investigasi bahan baku diatas). Berkat kandungan inilah, lipstik Purbasari enggak terasa kering di bibir. Menurutku lipstik matte adalah jenis produk yang bener-bener tricky. Lipstik matte bisa tahan lama di bibir tapi karena lama menempel di bibir, jadi bisa sangat kering. Gak berubah dari dulu sampai sekarang, menurutku Purbasari Color Matte Lipstick ini sangat ringan dan nyaman untuk dipakai seharian. Gak ada sama sekali tanda-tanda bibir jadi kering ataupun mengelupas.

Formulanya terasa sangat creamy dan lembut, saking lembutnya lipstik ini ketika pertama kali diulas bisa langsung keluar warnanya. Gak perlu sampai aplikasikan berkali-kali untuk lihat warna aslinya. Kalau lipstik matte kebanyakan terasa kasar di bibir, berbeda dengan si Color Matte Lipstick-nya Purbasari ini. Ketika proses aplikasi, berkali-kali aku katupkan bibirpun lipstik terasa menyatu dengan bibir, bahkan terasa empuk — well makasih buat emollient. Terkesan lebay memang, tapi kualitasnya memang begitu terus harus gimana dong? 😀

KETAHANAN

Aku pribadi ngerasa kalau lipstik Purbasari dari dulu pertama kali nge-review sampai sekarang formulanya gak pernah berubah. True dat, jaga konsistensi formula sebuah produk itu sulit tapi Purbasari berhasil mempertahankan tagline-nya yang selalu ada di box lipstiknya: ‘Ringan dan Tahan Lama’.

Yes, tahan lama. Dua kata yang paling populer buat para pecinta lipstik modern. Purbasari Color Matte Lipstick ini memiliki ketahanan yang lumayan impresif: sekitar 8-9 jam untuk pemakaian normal (melalui jam makan dan ngopi ala Rissa). Memang warna yang tinggal di bibir tidak se-on ketika pertama kali ulas, dan ini sangatlah normal. Setelah melalui jam makan, lipstik akan sedikit luntur dari bibir namun warna lipstik malah akan terlihat jauh lebih natural. Gak ada perubahan warna sama sekali, hanya saja kurang lebih lapisan lipstik akan lebih tipis.

Warna akan tinggal sampai akhirnya kamu merasa sudah cukup puas pakai (bisa seharian banget kalau aku sih hahaha), dan kamu memutuskan untuk hapus lipstik dari bibir. Itupun warna-warna yang lumayan pekat akan sedikit memberikan efek stain di bibir. No problem, warna stain-nya gak akan stay sampai melebihi waktu 24 jam kok.

PACKAGING

Kalau tadi aku bilang ketahanan dan formulanya Color Matte Lipstick gak ada yang berubah, begitupun box packaging-nya. Masih setia dengan desain aslinya: box berwarna hitam cukup besar dengan detail:

  • Bagian depan: Ikon perempuan dengan tulisan ‘Purbasari Lipstick Color Matte’ berwarna emas, juga tulisan ‘Ringan dan Tahan Lama’ dengan background oval berwarna pink cerah serta keterangan nomor lipstik dengan background senada namun berbentuk hati.
  • Bagian sisi kiri: keterangan ingredients atau bahan baku.
  • Bagian bawah: tulisan ‘Inovasi Terbaru dengan Pelembab’ disusul dengan ‘klaim’ produk: – Tahan lama dan tidak mengkilap – Terasa ringan pada bibir anda – Melembabkan bibir – Warna tidak pudar sehingga penampilan Anda akan tetap segar
  • Bagian sisi kanan: keterangan produsen (PT. Gloria Origita Cosmetics), keterangan batch produksi, tanggal kadaluarsa, berat bersih (4g), barcode, juga tentu saja ada nomor BPOM untuk masing-masing warna.

Box-nya terkesan sangat biasa dan gak ada alasan buat aku nge-keep. Jadi semua lipstik Purbasari-ku gak pernah pakai ‘baju’, karena bentuk tube lipstiknya sendiri ramping dan lebih praktis untuk disimpan tanpa box.

MENGAPA LIPSTIK PURBASARI MUDAH PATAH?

Well, bukan rahasia umum lipstik Purbasari Color Matte mudah ‘copot’ dari dudukannya. Percaya atau enggak, semua lipstik yang berbentuk panjang dan ramping seperti ini akan lebih rentan untuk copot dari dudukannya. Bukan karena kualitas produk rendah, tapi menurutku (dan juga menurut sumber-sumber hasil baca), memang bentuk lipstik matte yang ramping dan panjang dengan dudukan seperti ini kurang bisa ‘menopang’ produk diatasnya. Lipstik-lipstik ramping seperti ini, sebagai contoh: Colourpop Lippie Stix (yang notabene jauh lebih ramping) juga sangat rentan patah. Gak diapa-apain aja patah, apalagi kalau jatuh. Huhuhu..

HARGA

Harganya cukup 35,000 aja dan kalian udah bisa dapatkan warna inceran kalian. Murah banget emang, tapi harga murah bukan berarti kualitas produknya pun murahan. Kayaknya kita semua, para pecinta lipstik, udah harus ngerti banget soal ini. Hihihi..

Terus belinya dimana? Tenang, Purbasari Indonesia ternyata punya official online store-nya! Kalian bisa beli langsung produk-produknya Purbasari disana. Selain itu, untuk dapatkan update terbaru dari Purbasari, jangan lupa untuk ikuti official account Instagram juga Facebooknya.

Klik link di bawah ini ya:

OFFICIAL ONLINE STORE OFFICIAL WEBSITE

OFFICIAL INSTAGRAM ACCOUNT: @purbasarimakeupid, atau disini @purbasari_indonesia

OFFICIAL FACEBOOK

Jangan lupa juga follow Lippielust di instagram:

Lippielust on Instagram

Oke deh, selesai reviewnya! Kalau ada pertanyaan atau kalian merasa reviewku kurang lengkap, boleh kok tanya-tanya. Jangan lupa kirim komentar kalian dibawah sini ya. 😉

SWATCHES