Hello gorgeous!

Kali ini aku mau ulas #racunbaru lagi nih. Candy Color Cosmetics adalah brand baru asal Bandung yang baru launching 1 produk matte lip cream dengan 4 varian warna. Aku berkesempatan untuk bikin exclusive swatches-nya, so aku pikir kenapa gak sekalian bikin reviewnya? Hehehe 😀

ABOUT THE PRODUCT

As you can see, Candy Color saat ini baru mengeluarkan 4 warna dan bisa dibilang kesemuanya warna pink-based neutrals, the safest colors for all skintones. Warna-warnanya adalah: Gummy Bear (soft pink), Peanut (Beige Pink), Marshmallow (Bright Warm Pink), Hello (brown-pink). Karena warna-warnanya netral, keempat shades ini bisa disesuaikan dengan skintone kalian. Rekomendasi aku untuk kalian yang masih bingung pilih warna nude yang sesuai dengan skintone:

Fair – Medium: Gummy Bear & Peanut (dua warna ini termasuk warna light)
Medium – Tan: Peanut, Hello, Marshmallow
Tan – Deep: Hello

Karena produk ini ada kecenderungan oksidasi, so lebih baik coba di bibir masing-masing ya.. Karena hasil warna produk yang udah mengering di bibir akan lebih gelap dari warna produk yang ada di dalam botol.

Warna favoritku adalah Peanut dan Hello! Kedua warna ini cocok banget di kulit light – mediumku.

FORMULA

Ngomongin soal formula, sebagai informasi awal Candy Color Matte Lip Cream diproduksi oleh PT. Cedefindo, sama halnya seperti ESQA, Mad for Lipstick, Val, MOB Cosmetics, dll. Dari semuanya, menurutku formula Candy Color mirip dengan VAL. Kalian bisa baca review VAL disini ya..

Tekstur lip creamnya agak cair dibandingkan dengan VAL, tapi lebih lembut ketika diaplikasikan di bibir. Karena formulanya seperti ini, lip cream punya hasil akhir yang sangat ringan di bibir karena produk bisa dengan mudah diratakan sebelum mengering jadi matte. Pigmentasinya pun bisa dibilang sangat baik, tidak ada sama sekali kecenderungan patchy dan tidak menggumpal. Semua shades-nya memiliki konsistensi formula yang baik, mulai dari warna termuda ‘Gummy Bear’ sampai yang paling tua ‘Hello’.

Bedanya dengan VAL, formula Candy Color lebih rich. Ketika kamu mengeluarkan produk menggunakan aplikator, produk yang terangkat cukup banyak sehingga tidak perlu berkali-kali mencelup aplikatornya ke dalam botol untuk satu aplikasi penuh. Perbedaan lainnya terletak di bentuk bantalan aplikator. VAL memiliki bantalan aplikator yang lebih pendek dan gemuk sedangkan Candy Color memiliki bantalan yang lebih memanjang dan miring, juga jauh lebih fleksibel. Bantalan aplikator seperti ini untuk mempermudah aplikasi lipstik di sudut-sudut sempit bibir, juga membentuk frame di sekitar bibir.

Selain itu, Candy Color juga dry to transferproof matte. Sekali produk mengering di bibir, dia gak akan transfer kemanapun. Tapi memang perlu waktu agak lama supaya produk bener-bener nge-set jadi transferproof walaupun beberapa detik setelah aplikasi produk udah bereaksi jadi matte. Aku pribadi perlu tunggu sekitar 2 menit supaya produk 100% gak nempel ketika aku coba untuk colek pakai jari.

Hal yang perlu kalian tahu, Candy Color ini sedang mendaftarkan produknya untuk sertifikat halal walaupun sebetulnya kalau dilihat dari listing formulanya udah 100% dijamin halal. You know, pendaftaran kehalalan produk itu bisa makan waktu sampai 1 tahun jadi nunggu sampai sertifikat halal-nya keluar itu kalau ibarat nasi sih… udah keburu basi 🙁

Ngomongin soal wanginya, Candy Color ini termasuk punya wangi normal. Gak ada wangi bunga, buah, cake, atau apapun itu. Hanya wangi lipstik yang aku pribadi masih bisa terima. Ketika produk mengering, wanginya pun akan hilang dengan sendirinya.

Oh, 1 lagi. Matte lip cream by Candy Color beroksidasi sedikit ya. Maksudnya, warna produk di dalam botol akan lebih terang dari warna produk yang sudah diaplikasikan dan mengering di bibir.

LONGEVITY

So far aku pakai yang paling lama itu Hello karena perlu mobile ke kantor bea cukai, kantor pos, lalu ngopi sampai hampir tengah malam gara-gara aku gak bawa lipstik cadangan di tas 🙁 Menurutku, produk ini kerasa sangat nyaman di bibir dalam maksimal 8 jam. setelah itu, lipstik mulai luntur di bagian tengah bibir dan bibir sudah terlihat ‘lelah’, karena terlalu lama pakai lip cream tanpa jeda. Saranku kalau kalian memang mobile seharian, lebih baik dalam beberapa jam coba hapus lip cream dari bibir dan reapply, istirahatkan bibir sebentar baru deh pakai lip cream-nya lagi. Dan jangan lupa, minum air putih yang banyak supaya tubuh tetap terhidrasi dan bibir pun gak kering.

ABOUT THE PACKAGING

Banyak yang bilang kalau botol Candy Color mirip sama Kylie Cosmetics. Honestly aku merasa botol Candy Color lebih atraktif daripada botolnya Kylie, karena Kylie Cosmetics pakai warna hitam untuk aksen lipstick drips di botolnya. Dalam desain, warna hitam itu warna yang paling susah untuk diolah apalagi disatukan dengan warna-warna lain – malahan bisa mematikan warna-warna disekelilingnya. So that’s why, warna hitam menurutku adalah warna yang paling tricky untuk dipakai dalam desain. Kalau pairing warna-nya gak bagus, maka warna non-hitamnya jadi terlihat enggak menarik. Sedangkan Candy Color cukup cerdas dengan pakai warna putih untuk aksen water drops di botolnya. Warna lipstik jadi terlihat jelas, desain pun terlihat lebih menarik.

Untuk box-nya sendiri, Candy Color pakai 3 warna utama: Putih, hijau mint, juga warna shade lipstiknya di bagian atas dan bawah. Detailnya bisa kalian lihat:

INGREDIENTS ANALYSIS

Aku belum pernah berterima kasih sama skincarisma.com. Skincarisma.com adalah salah satu platform untuk mengecek kandungan makeup supaya kita bisa lebih mengerti dan bisa mencocokkannya dengan kondisi kita sendiri. So jika kalian punya riwayat alergi atau memang gak cocok dengan salah satu kandungan dalam makeup, kalian bisa cek di Skincarisma.com ini. Sejauh ini, cosmetics analyzer yang paling lengkap adalam Skincarisma. So THANK YOU SkinCarisma for making me and other lipstick & Makeup junkies easier to analyze cosmetics we love! You’re a true hero <3

Candy Color matte lip cream mengandung UV Filter (dari Ethylhexyl Methoxycinnamate & Titanium Dioxide), brightening & wound-healing agent (Alpha-Bisabolol), Paraben Free, Sulfate Free, Alcohol Free! Wuihhh… tapi tunggu dulu. Candy Color juga Vegan dan Cruelty Free, meaning produknya gak di tes terhadap hewan. I love it!

WHERE TO BUY

Produk Candy Color Matte Lip Cream ini bisa kalian beli di website candycolor.co.id, atau kalian bisa kunjungi instagram profilenya disini untuk dapetin update terbaru dari mereka.

Harga / pcs: 89,000,-

SWATCHES