Sebulan yang lalu ketika di Jakarta jerawatku sedang rame-ramenya di bagian dagu dan pipi. Kondisi kulit muka saat itu terasa sangat panas, kering, gatal, dan sama sekali tidak tahan makeup padahal ada 2 event yang mesti aku datangi. Lebih parahnya lagi, aku lupa bawa non-matte setting spray. Jadi setiap aku pakai makeup dan coba set pakai setting sprayfoundation selalu pecah karena kondisi kulitku yang kering.

Gak lama kemudian Celine (@celine__dee) menyarankan aku untuk memakai setting spray dari STUDIO TROPIK Flawless Priming Spray. Setelah aku lihat instagramnya, aku sempet tanya Celine kalau apakah makeup base bisa dipakai sebagai setting spray? Karena udah jelas produk STUDIO TROPIK dipasarkan sebagai Priming Water atau primer.

Ternyata, selain bisa dipakai sebagai makeup base, STUDIO TROPIK Priming Water juga bisa dipakai sebagai setting spray. 2 benefits in a single product, dengan harga yang terjangkau, buatan Indonesia. This gotta be either a star or completely a dud.

 

Kalau ngomongin soal Priming Water / water-based makeup primer, aku rasa gak ada brand Indonesia yang benar-benar fokus di produk ini. STUDIO TROPIK berawal dari geliat antusiasme para pecinta makeup yang ingin menjaga kondisi kulit disaat bersamaan.

Dikenal sebagai primer, STUDIO TROPIK Priming Water ternyata lebih dari itu. Diformulasikan untuk menunjang kondisi kulit muka dan juga enhancing makeup application, STUDIO TROPIK memiliki filosofi ‘Skincare for Makeup Lovers‘. Sederhananya, STUDIO TROPIK Priming Water bukan hanya dikhususkan untuk menambah kualitas makeup saja, tetapi juga merawat kesehatan kulit wajah dari dalam.

Kedua jenis STUDIO TROPIK Priming Water memiliki kandungan Air Mawar dan juga Aloe Vera, yang dimana kita semua sudah tahu khasiatnya. Air Mawar memiliki khasiat yang sangat banyak, diantaranya adalah:

menjaga keseimbangan pH, melawan bakteri penyebab jerawat, membantu memperlambat penuaan dini, membantu menyembuhkan luka, menyegarkan kulit muka, memperkuat dan meregenerasi sel kulit, menghidrasi dan merevitalisasi kulit sehingga kulit terasa segar dan lembut.

Bahan baku utama yang juga dipakai di dalam produk ini adalah Aloe Vera. Seperti yang sudah kita tahu, Aloe Vera saat ini sedang populer di kalangan pecinta skincare karena khasiatnya. Emang apa aja sih?

yang pertama, Aloe Vera terkenal akan kemampuan deep moisturizing tanpa membuat kulit terasa berminyak dan lengket, bahkan untuk yang memiliki kulit berminyak. Aloe Vera juga sangat baik sebagai after-care setelah bercukur, berjemur, dll. untuk meminimalisasi luka bakar & luka cukur.

Kalau kalian sering lihat insta-story aku di Instagram, kalian akan langsung tahu kalau Nature Republic Aloe Vera 92% dan Nature Republic Real Squeeze Aloe Vera Essence adalah treatment wajib untuk perawatan jerawatku. Karena Aloe Vera juga mengandung properti anti-inflammatory,  jerawat yang lagi meradang maupun jerawat yang sudah mau kempes bisa cepet hilang. Jadi intinya, Aloe Vera bisa membantu mengembalikan kondisi kulit muka seperti semula dan juga menstimulasi penumbuhan sel baru dimana inilah yang paling dibutuhkan buat kita-kita yang punya kulit gampang berjerawat.

 STUDIO TROPIK ‘ORIGINAL’ & ‘FLAWLESS’ PRIMING WATER

Seperti yang kalian tahu, STUDIO TROPIK memiliki dua varian priming water. Original Priming Water diperuntukkan bagi yang memiliki kulit normal – berminyak, sedangkan Flawless Priming Water khusus untuk yang memiliki kulit normal – kering.

Keduanya punya fungsi yang sama, yaitu makeup base spray. Diaplikasikan setelah skincare, bahkan sunscreen, dan sebelum foundationBB Cream. Apakah bisa diaplikasikan tanpa makeup? Karena fungsinya yang memang untuk menstabilkan kondisi kulit muka, maka produk ini bisa dipakai tanpa pengaplikasian makeup setelahnya. Kulit akan terasa lebih kenyal dan lembut (ini bahasa jualan banget, tapi memang seperti itu adanya hahaha), mengingat ada 2 bahan baku bintang lima yang digandeng di dalam produk ini.

Jika dipakai sebagai Setting Spray, kedua produk ini bisa menahan makeup sampai 6-8 jam, tergantung cuaca dan iklim. Dua minggu lalu aku bawa Flawless Priming Water ke Bali untuk aku pakai sebagai setting spray dan surprisingly, produk ini bekerja dengan sangat baik. Gak ada tanda-tanda foundation yang meleleh atau malah pecah — well thanks to the Aloe Vera yang terkandung di dalamnya.

Setelah berkali-kali aku pakai, maka sampailah aku ke satu kesimpulan bahwa: Original Priming Water tidak memiliki hasil akhir yang matte, hanya membuat tampilan makeup lebih natural aja. Sedangkan untuk Flawless Priming Water (ini yang jadi favoritku), menghasilkan efek dewy tanpa terlihat ‘berminyak’. Singkatnya, Original Priming Water dan Flawless Priming Water memiliki hasil akhir yang tidak begitu berbeda, hanya ‘tingkat’ moisturizing-nya aja yang berbeda.

I’m in love/hate relationship with the nozzle. Daya semprotnya sangat cepat dan menyeluruh, butiran air yang dihasilkan sangat kecil dan merata, juga cepat menyerap. Hanya saja, nozzle-nya agak susah untuk ditekan. Mungkin itulah satu-satunya kekurangan di dalam produk ini yang kurang aku sukai.

And guys, I think you need to know this. Gak kayak setting spray lain, aku sangat suka wanginya! Wanginya seger banget dan gak menyengat. So far menurutku cuma Studio Tropik aja yang wanginya seperti ini. Urban Decay All Nighter, Urban Decay De-Slick, Milani, Colourpop, Wet n Wild, gak ada yang wanginya seger seperti ini. 🙂

Ok one last thing: STUDIO TROPIK Priming Water ini mengingatkan aku sama Glossier Rosewater Spray, apalagi warna dan font-nya, dan kandungan utama di dalamnya (Aloe Vera, Rosewater, dan Glycerin), walaupun ingredients lainnya sama sekali berbeda. Aku pribadi lebih suka desain Studio Tropik apalagi logonya. WHY DID I MENTION THAT EARLIER? I freakin love STUDIO TROPIK’s logo!

Hal lain yang membedakan Glossier Rosewater Spray dan STUDIO TROPIK Priming Water adalah harga (Studio Tropik: 99,000, Glossier: 18 USD – sekitar 250,000) dan berat bersih produknya (Studio Tropik: 150ml, Glossier: 118ml).

 THE BEST APPLICATION

STUDIO TROPIK Priming Water bisa dipakai untuk:

  • primer sebelum makeup
  • untuk membasahi brush atau makeup sponge sebelum aplikasi makeup
  • setting spray setelah makeup
  • face mist untuk melembabkan muka (mid-day application), bisa diaplikasikan untuk re-set makeup walaupun sudah berjam-jam ber-makeup.
  • simply the final step of daily skincare routine

 WHERE TO BUY

www.studiotropik.com, IDR 99,000