[Swatches & Review] Wardah Cosmetics Exclusive Matte Lip Cream (New Shades 13-18)

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 226063 views

Halo semua!

Akhirnya setelah berbulan-bulan ditunda, hari ini aku akan review produk best-sellernya Wardah Cosmetics, yaitu Exclusive Matte Lip Cream. Ini bukan pertama kalinya aku review Exclusive Matte Lip Cream. Di bulan Oktober 2016, aku post First Impression dan review pertamaku disini. As usual my review will be organically written based on my own experience alias sesuai dengan pengalamanku sendiri.

Now let’s get into it!

Wardah Cosmetics merupakan brand yang jelas udah sangat familiar, bukan? Walaupun masuk ke kategori ‘senior’ lip cream di Indonesia karena termasuk angkatan awal brand lokal yang rilis lip cream, selain punya banyak fans, Exclusive Matte Lip Cream juga ternyata banyak yang gak suka. Dari segi formula, Wardah EMLC rilisan awal (shades 1-12) terasa kering di bibir dan beberapa warna mudanya agak sulit untuk diratakan. It’s a big let down karena gak lama setelah itu muncul brandbrand yang mengeluarkan produk sejenis dengan kualitas yang lebih baik.

Tapi, Wardah Cosmetics gak butuh waktu lama untuk ‘cepet-cepet’ belajar dari respon para lipstick lovers. Di tahun 2017 Wardah mengganti kemasan lip cream-nya menjadi lebih modern dan juga sedikit demi sedikit mereformulasi produk ini agar semakin bisa diterima masyarakat. Di rilisan terbarunya ini, Wardah udah mantap dengan formula baru EMLC bersamaan dengan warna-warna barunya, nomor 13 sampai 18.

Formula

New: Reformulated formula of Wardah Exclusive Matte Lip Cream!

Warna baru Wardah EMLC sebetulnya udah dipasarkan sejak (kalau nggak salah) sekitar Juli-Agustus 2017 lalu. Dari sana, banyak lipstick lovers yang memintaku untuk segera review produk ini karena ‘katanya’ formulanya udah lebih baik dari formula rilisan awal. You know, I always believed that Wardah would listen to us. Di reviewku sebelumnya aku bilang kalau formula Wardah EMLC cenderung gampang rontok karena kering dan juga warna-warna seperti ‘See You Latte’ (03), ‘Speachless’ (05), dan ‘Berry Pretty’ (10) agak susah untuk diratakan. Akan selalu ada plus dan minus dari semua produk tapi yang jelas, Wardah terkesan gak mau nyaman sama kekurangan produknya.

Saat ini formula Wardah EMLC sudah jauh lebih baik dari rilisan awal mereka. Lebih nyaman dipakai seharian, warna-warnanya lebih intense dan yang pasti gak bikin bibir kering. Menurutku, new reformulated Wardah EMLC terasa lebih creamy dan padat dibandingkan dengan rilisan awal. Dari sinilah pigmentasi untuk setiap warna Wardah EMLC terasa jauh lebih baik.

Selain itu, Wardah saat ini fokus di warna-warna universal yang dicocokkan dengan tipe skintone Indonesia dengan menciptakan warna-warna turunan dari nude, brown, dan pink.

Di nomor 13-18, ada beberapa warna yang terlihat sangat mirip. Seperti misalnya:

  • Nomor 14 (My Honey Bee) dan nomor 15 (Pinky Plumise). Yang membedakan dari dua warna ini adalah My Honey Bee lebih ke arah peachy-pink nude sedangkan nomor Pink Plumise lebih kearah mauvish-pink nude.
  • Nomor 13 (Fruit Punch), Nomor 17 (Rosy Cheek), dan Nomor 18 (Saturdate Night). Ketiga warna ini memiliki base warna coklat dengan perbedaan: Fruit Punch punya sedikit warna coral (orange-pink), Rosy Cheek: memiliki warna pink, dan Saturdate Night memiliki sedikit unsur warna plum.

Kok, mirip-mirip sih?

Ya begitulah indahnya matte lip cream. Selain karena oksidasi (warna cenderung jadi lebih tua dibandingkan warna aslinya), hasil akhir lip cream atau lipstik secara general dipengaruhi oleh warna dasar bibir, tipe skintone, dan juga pH setiap orang yang berbeda. Jadi jangan salah, dari semua warna diatas ada warna yang terlihat lebih menonjol daripada warna lainnya, dan bisa jadi sebaliknya di bibir orang lain. Ada yang bilang Pinky Plumise terlihat lebih keunguan, ada juga yang bilang kalau Saturdate Night lebih terlihat kemerahan. Itu artinya, warna mauve dalam Pinky Plumise dan warna plum dalam Saturdate Night lebih menonjol di kalian.

Perbedaan dengan seri sebelumnya dari segi warna:

  • Nomor 3 & 14: nomor 14 lebih gelap dan lebih nge-pink daripada nomor 3. Nomor 3 lebih kearah peach.
  • Nomor 11 & nomor 14: nomor 11 lebih terlihat kecoklatan sedangan 14 lebih pink.
  • Nomor 15 lebih ke arah pinky mauve sedangkan nomor 10 lebih ke arah pink kemerahan.

Selain formulanya yang diperbaiki juga box-nya yang sekarang menyesuaikan warna-warna produknya sendiri, Wardah juga terus menerus memperbaiki kualitas aplikatornya. Di rilisan Awal, Wardah menggunakan aplikator panjang, berserabut, dan lurus dengan bagian satu sisi bantalan aplikatornya memiring. Wardah lalu mengganti aplikatornya menjadi aplikator panjang, lebih miring, tidak terlalu berserabut, dan lebih fleksibel. Aplikator terbarunya adalah aplikator yang saat ini banyak dipakai oleh merk lain, dan inilah yang paling cocok dengan formulanya saat ini: bantalan aplikatornya tidak terlalu panjang, lebih gemuk, lebih berserabut, dan hanya miring di bagian ujungnya aja untuk aplikasi lip cream yang lebih presisi.

Staying Power

Untuk daya tahannya, Wardah EMLC dengan formula terbaru ini bisa dibilang lebih baik dari seri sebelumnya. Thanks to the intense formula! Intensitas warna yang lebih baik = daya tahan warna di bibir yang lebih baik. Setelah coba lebih dari 2 bulan, aku bisa pakai EMLC sekitar 6-8 jam tanpa kering dan rontok, gak seperti EMLC pas rilisan awal yang cuma bisa tahan sampai 5 jam karena mudah kering dan rontok.

Oh ya, Wardah EMLC formula baru ini menurutku gak bener-bener transferproof alias kalo dicoba gosok pasti masih bisa nempel. It will not be easily transferred, though. Produk ini akan mengering dalam waktu sekitar 1 menit dan setelah itu you’re ready to go! Ini nih formula dari lip cream yang paling aku suka. Karena apapun yang berbau dead-matte udah pasti bikin bibir kering karena menghalangi oksigen dan air masuk ke dalam pori-pori bibir.

Price

Harganya sekarang rata-rata di 45,000 – 50,000 per pcsnya. Produk EMLC dengan formula baru ini udah tersebar counter-counter resmi maupun non-resmi Wardah di seluruh Indonesia.

My Favorites

03 (See You Latte), 07 (Hello Ruby), 09 (Mauve On), 11 (Oh So Nude), 12 (Plum It Up), 13 (Fruit Punch),  17 (Rosy Cheek), dan 18 (Saturdate Night)

Me wearing Wardah EMLC Plum It Up (12)

Swatches

Lippierating

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

1 comment

uli aulya June 7, 2018 - 2:39 am

Thank u so much as always. What a helpful guide. Detail dan kinclong gambarnya hehehe
Love shade no.15 ‘n 18

Reply

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.