[Review] RISTRA, Skincare Asli Indonesia Yang Telah Teruji Secara Dermatologis

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 18165 views

Cerita tentang kulit wajah sepertinya terasa begitu sensitif apalagi untuk yang memang kulitnya bermasalah sepertiku. Not gonna lie, kadang aku sendiri merasa capek punya kulit yang gak ‘sempurna’, gak mulus, dan cenderung bandel. Belum lagi judgment yang kadang datang dari luar, apalagi dari orang yang gak kita kenal. “Ih, beauty blogger kok beruntusan sih?” “Wah kirain beauty blogger gak akan ada hyperpigmentation gara-gara bekas jerawat!” Well, we fight our own battle and in the end I’m just an ordinary human being.

Aku sendiri menjadi familiar dengan jerawat sejak 5 tahun lalu, tepat ketika aku untuk pertama kalinya bekerja sebagai jurnalis di Jakarta. Sampai saat ini, I deal with the same problem karena entah kenapa, aku merasa kulit wajahku semakin terasa sensitif. My best guess, pengaruh umur dan gaya hidup yang aku jalani setelah masuk masa kerja. More stress, indeed.

Sekarang ini, setiap ada follower yang tanya, “Kak Rissa, please share dong rangkaian skincare-nya.” Padahal, yang mereka liat itu bukan kulit asliku. Foundation-lah yang bikin kulitku terlihat mulus! Hahaha.. Kadang kalau ada yang memang benar-benar terlihat desperate karena masalah kulitnya, aku ngasih saran bahwa sebenarnya cuma kita sendirilah yang paling mengerti kondisi kulit sendiri. Kalau memang lagi berjerawat, rawatlah dengan sabar. Kalau kulit lagi super kering, you know the best way to make it right. Review bisa saja membantu dari segi ingredients break down, visible effects, dan juga real feel-nya tapi tetap saja, spesifikasi kulit setiap orang berbeda jadi udah pasti hasilnya pun tidak akan serentak sama.

Sekedar informasi, kulitku cenderung acne prone – sensitive – dehydrated. Lengkap, bukan? Lupa cuci muka semalam aja besoknya jerawat di sekitar hidung dan pipi bisa tumbuh. Belum lagi dari gaya hidup yang lumayan buruk, seperti tidur terlalu larut malam dan kurang konsumsi buah dan sayuran. Komplit!

Sampai akhirnya di akhir April tahun ini aku berkenalan dengan RISTRA. Literally pertama kali kenalan karena baru kali ini aku coba skincare line dari RISTRA walaupun udah tau brand ini bahkan sejak aku kecil (my aunt used to be RISTRA’s beauty advisor when I was a teenager jadi namanya lumayan familiar di telingaku). Seperti orang pertama kali kenalan, ada ragu “Duh, bakalan cocok gak ya?” “Duh, breakout gak ya nantinya?” dan masih banyak lagi.

I was sent a whole package of RISTRA pH-balanced skincare line and I have tried the product for the whole month until today. Emang sih gak semua produk aku rutin pakai. Yang paling rutin setiap hari aku pakai adalah Extremely Gentle Cleansing Milk, Toning Lotion, dan Med Soap. Akupun suka produk Scrub Cream-nya walaupun cuma dipakai seminggu sekali pas weekend. Untuk produk Moisturizing Cream-nya, aku pakai sekitar dua hari sekali kalau malemnya begadang. Karena begadanglah akar dari semua masalah kulitku. I will do review about each product later ya!

Sekarang, buat yang belum tau, yuk kenalan dulu sama RISTRA!

About RISTRA

Believe it or not, RISTRA udah ‘eksis’ dari tahun 1983. Lahir dari tangan cosmetodermatologist yang sudah expert di bidangnya, RISTRA pada saat itu menjadi pelopor kosmetika berbasis medis. Nama RISTRA sendiri diambil dari pendirinya, dr. Retno Iswari Tranggono, Sp.KK – smart, ya.

Lalu apa itu cosmetodermatologist? Kalian bakal nemuin istilah ini di semua packaging produknya RISTRA yang bakal aku review nanti so be prepared: Cosmetodermatologist adalah dokter spesialis kulit yang juga ahli di bidang kecantikan bukan cuma cosmetologist (dokter umum yang memiliki spesialisasi di bidang kecantikan). Now you get the difference 😉

Nah, produk-produknya RISTRA sendiri udah teruji secara dermatologi, itu artinya udah bukan lagi cuma ‘racikan dokter’ aja (Lol). Produknya RISTRA ini udah melewati uji efektivitas dan juga uji keamanan seperti uji iritasi, alergi, dsb.

Produk RISTRA pH-balanced ini sesuai namanya, sudah diformulasi sesuai dengan pH kulit 4.5-5.5. Itu artinya, produk-produk ini gak akan bikin kulit terasa kering dan ketarik-tarik. Coba deh diinget-inget, kapan terakhir kali kamu pakai pembersih wajah yang bikin kulit terasa lembut di awal, tapi lama-kelamaan kulit terasa ‘tegang’ dan tiap diusap ada bunyi ‘sreekk.. sreekk’? Inilah bedanya pembersih muka pH-balanced dengan pembersih muka tinggi alkalin. 😉

Selain itu, karena RISTRA adalah merk asli Indonesia, maka formulasi produk-produk skincare dan juga kosmetiknya pun disesuaikan dengan kulit dengan iklim tropis.

Products I Tried

Untuk memudahkan kalian, aku akan tuliskan secara berurutan produk-produk RISTRA yang aku pakai sesuai dengan urutan penggunaannya.

Rangkaian perawatan kulit pH-balanced RISTRA:

  • EXTREMELY GENTLE CLEANSING MILK – first cleanser

Kalau kata Korean skincare users sih istilahnya ‘first cleanser’ alias pembersih muka pertama untuk menghilangkan debu, kotoran, sisa makeup, dan segala jenis polusi yang ‘ikut pulang’. Dengan formula klasik cleansing milk yang gak kerasa berminyak seperti cleansing oil atau terasa kering seperti micellar water (aku gak bisa sering-sering pakai micellar water. Bikin kulit jadi kering kalo keseringan 🙁 ), cleansing milk milik RISTRA ini udah paling cocok untukku.

Sesuai namanya ‘extremely gentle’, produk ini gak ‘galak’ di kulitku yang sensitive. Penggunaannya sih sama seperti cleansing milk lain, hanya saja menurutku punya RISTRA ini ketika nempel di kulit, rasanya bener-bener dingin dan segar. Oh ya, produk ini mampu membersihkan makeup waterproof sekalipun, lho. Lihat deh foto aku dibawah.

Di foto ini aku masih menggunakan full makeup seperti foundation, bedak, blush on, pewarna alis, eyeliner waterproof, dan juga lipstik. Ini sekitar jam 10 malam, jadi wajar ya kalau makeup-nya udah enggak on point 😛

Oh ya, aku pribadi lebih suka pakai cleansing milk-nya RISTRA ini di malam hari (baik siangnya ber-makeup ataupun bare face), karena aku pengen tidur tenang tanpa perasaan was-was keesokan harinya kedatangan tamu (jerawat) maka double cleansing ala Indonesia ini udah pas banget digunakan di malam hari.

  • MEDICATED (MED) SOAP – second cleanser

Setelah selesai dengan first cleanser (Extremely Gentle Cleansing Milk), lanjut ke Med Soap. Bahasa awamnya sih: sabun muka. Yang aku suka dari produk ini: busanya gak lebay, cukup keluarkan produk dari tube-nya sedikit aja lalu campurkan air, usap lembut di seluruh muka dan jangan lupa pijat-pijat di bagian yang terasa lelah supaya aliran darah di muka jadi lancar.

Take your time ya kalau lagi bersihin muka. Jangan buru-buru, jangan digosok-gosok (emang pantat wajan?), dan jangan sampai ada bagian yang kelewat. Selain muka, aku pakai produk ini untuk area sekitar mata dan juga leher.

Untuk kulit sensitive seperti aku, setelah cuci muka pasti deh mulai muncul ruam-ruam merah di muka. Aku pribadi pasti merah-merah di pipi dan dagu. Tapi pas pake produk ini, aku bisa pastikan kalau merah-merahnya jauh berkurang.

  • TONING LOTION – toner

Walau botolnya sama, Extremely Gentle Cleansing Milk punya warna putih susu sedangkan Toning Lotion memiliki warna kuning kehijauan. Namanya memang lotion, tapi teksturnya sangat cair seperti air. Cocok banget dengan seleraku yang emang suka sama toner dengan tekstur seperti ini!

Toning Lotion ini berfungsi sebagai penyegar (of course yes) dan juga penjaga tingkat keasaman kulit jadi kulit terasa lebih kenyal, lembab, dan sehat.

  • MOISTURIZING CREAM – moisturizer / pelembab

Sesuai namanya ‘Moisturizing Cream’, krim ini berfungsi untuk menambah kelembaban kulit siang dan malam. Yes, krim ini bisa kalian pakai di pagi dan malam hari, sesuai dengan kebutuhan kalian ya.. Karena teksturnya yang sangat kental, aku pribadi lebih suka pakai produk ini di malam hari. Efeknya, setiap bangun tidur wajahku jadi gak keliatan kusam.

Walaupun warnanya putih dan kental, ketika diaplikasikan di muka gak akan jadi whitecast (warnanya jadi putih juga di muka). Untuk siang hari, aku lebih memilih water-based moisturizer yang lebih cair karena setelah itu akan aku tumpuk lagi dengan sunscreen. Belum lagi kalau mesti ber-makeup. Huhuhu… So, aku pakai di malam hari aja udah berefek bagus di kulit. Kalau kalian termasuk yang punya kulit super kering, aku sarankan dipakai di pagi dan malam hari. To be honest, walaupun kental banget tapi setelah diaplikasikan secara merata, moisturizer ini kerasa ringan banget di muka.

  • SCRUB CREAM – exfoliator

Khusus Scrub Cream, karena beberapa pengalaman yang lalu-lalu dari kesoktauan diri aku sendiri (haha), kulitku cenderung tipis dan gampang merah-merah karena efek over-exfoliating. Niatnya punya wajah kinclong eh malah jadi zonk. -_- Nah, Scrub Cream dari RISTRA ini udah jelas banget instruksinya: digunakan hanya 2x dalam seminggu. Untuk kasusku sih, selama sebulan aku coba produk ini, aku pakai 1x seminggu aja setiap weekend.

Sesuai namanya ‘scrub’, produk ini sangat kental dan seperti ‘berpasir’. Butiran-butiran scrub-nya kecil-kecil kok, jadi gak akan menyakiti kulit kalian. Ketika diaplikasikan, coba agak dipijat dengan gerakan circular, pelan-pelan aja tapi pasti, sehingga kamu bisa ngerasain lembutnya si butiran scrub.

Karena aku lagi dalam masa PMS, dan setiap PMS pasti aja ada jerawat hormon yang nongol, jadi minggu ini aku skip dulu pakai Scrub Cream-nya. Optimis, sih. Jerawatnya gak akan lama karena selama sebulan penuh pakai rangkaian skincare RISTRA kulitku gak rewel sama sekali.

Setelah menggunakan Scrub Cream ini, ada baiknya dilanjut dengan menggunakan sheet mask favorit! Karena kondisi pori-pori masih terbuka karena proses eksfoliasi, gak salah kok kalau mau menambahkan nutrisi penting lainnya. Balik lagi, sesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing yaa..

Final Verdics

  1. All-in-One Skin Care. Setiap produk memiliki peran masing-masing dan rangkaian skincare RISTRA satu ini berkesinambungan, alias saling berhubungan, gak perlu cari produk lain untuk melengkapi ritual perawatan kulit wajah kalian sehari-hari.
  2. Langkah-langkahnya gak seribet skincare Korea, cukup 4 steps aja,  apalagi RISTRA pakai bahasa yang sangat mudah dimengerti bahkan oleh yang gak ngerti skincare sama sekali. (Contoh: Toning Lotion: toner; Cleansing Milk: susu pembersih; dll)
  3. Aku punya kebiasaan kalau mau coba skincare yang dibeli, pasti dicoba dibaur dulu diatas punggung tangan. Awalnya aku agak ragu coba skincare RISTRA karena teksturnya yang kebanyakan kental, apalagi Moisturizing Cream-nya. Tapi setelah dicoba, ternyata ringan juga kok.
  4. Hal yang menguatkan aku untuk coba skincare RISTRA pH-Balanced ini beberapa diantaranya adalah harganya yang relatif murah, pH yang seimbang, dan juga diformulasikan untuk kulit tropis.
  5. Visible effect yang paling jelas adalah: kulitku jadi terasa lebih kenyal, halus, dan lebih bercahaya. Setiap bangun tidur, hal yang aku sadari pertama kali adalah kulitku gak lagi kusam karena keseringan begadang.
  6. Biasanya ada bump di sekitar pipi dan sudut-sudut hidung, tapi setelah rutin menggunakan rangkaian produk ini area bumpy-nya semakin berkurang. Menurutku Scrub Cream-lah yang paling berperan penting dalam masalah ini, walaupun penggunaannya cuma seminggu sekali tapi efeknya beneran terasa.
  7. Warna packaging-nya masa kini banget, warna mint!
  8. Sayangnya, kalau lagi butuh untuk traveling, karena ukurannya yang besar-besar, produk-produk ini bikin berat di koper. Buat menyiasatinya, aku pindahkan ke containercontainer kecil yang udah dibersihkan. Tapi kalau kalian mau coba, rangkaian produk ini ada yang berbentuk mini bundle set-nya juga. Sepertinya sih yang ukuran-ukuran kecilnya ini bisa lebih travel-friendly.
  9. So far, istilah ‘dermatologically-tested’ bikin aku yakin buat coba rangkaian produk ini. Karena produk-produk ini diformulasi oleh ahlinya, jadinya aku percaya kalau produk ini memang berkualitas baik!

Setelah coba pH-Balanced basic Skincare-nya, aku mulai melirik rangkaian skincare khusus untuk acne treatment-nya nih, jaga-jaga aja untuk momen pas muka lagi breakout.

Price & Where to Buy

Untuk kalian yang mau coba produknya, RISTRA pH-Balanced Basic Skincare ini ada yang bundle (5-in-1 products + clear pouch). Harga Big Size: 236,500 kalian udah bisa dapetin kelima produk dengan ukuran yang sama seperti punyaku ini. Dan untuk yang Small Size, harganya cuma 181,500 aja.

Untuk harga satuannya, kalian bisa cek di situs-situs marketplace seperti Lazada, Jd.ID, Tokopedia, Orami, Blanja.com ataupun bisa datengin langsung Ristra Clinicsnya.

Selamat mencoba!

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.