[Review & Swatches] Blancheflor Lip Paint

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 19526 views

Okey dokey!

Sebenernya aku gak ada niatan untuk bikin blog post tentang Blancheflor, gak direncanain juga, but at the last minute (literally yesterday) aku putuskan untuk bikin semacam first impression dan juga bagi review setelah kurang lebih sebulan pakai produknya Blancheflor Lip Paint ini.

And here we go!

Blancheflor adalah produk dibawah nama perusahaan asal Tangerang Selatan, PT. Chandrayani Multikarya Abadi, tapi produk Lip Paint-nya sendiri diproduksi di PT. Continental Cosmetics, Bandung. Sepertinya udah lama juga aku gak review produk yang dibuat di Continental Cosmetics ini. Mungkin sejak Mineral Botanica / Cascara? That was a long time ago.

Tiap coba produk baru, pasti feel-nya selalu sama: nervousited (nervous + excited)! Nervous karena yang aku takutkan dari produk-produk baru sebenernya produk-produk baru ini baik dari segi kualitas juga formula seperti produk-produk pendahulunya dari brand lain. Gak ada gregetnya, gak ada yang bikin ‘beda’ kecuali dari segi desain atau variasi warna. Seolah-olah seperti ingin ‘meramaikan pasar’ aja. Excited, karena gak sedikit juga brandbrand baru maupun lama bermunculan yang berinovasi untuk produk-produknya walaupun dalam 1 market yang sama. Satu hal yang aku bisa yakinkan: our local brands are getting better and better each day! Aku bahkan lupa kapan terakhir kali beli produk lipstik hasil import! Kalau gak dikirimin PR packages, bisa dibilang aku sangat jarang belanja lipstik luar.

Ok now let’s back to business!

Sekarang, kita fokus yuk bahas Blancheflor. Brand ini udah ada sejak tahun 2017 lalu, dengan original shades awal: Simply True, Modest Mousse, Starry Eyed, Tender Hearted lalu disusul di awal tahun ini dengan dua shades tambahan: Sexy Cherry dan Daring Berry. I don’t really know why they released the last two this year, though. Karena setelah aku coba cek nomor-nomor BPOM-nya, kedua shades ini ternyata didaftarkan sama seperti empat shades awal. Maybe it’s the timing? Well, maybe! I don’t know.

This blog post will be not too long though! So maybe let’s just get to the good stuff: The Review!

Formula

Formulanya Blancheflor Lip Paint ini menurutku sedikit berbeda dari produk-produk lainnya. Teksturnya sangat kental dan creamy. Hal ini bisa jadi downer juga buatku karena banyak banget produk yang bakalan nempel di gagang dan bantalan aplikator jadinya mulut botol jadi agak berantakan karena aku selalu coba masukin lagi excess produk yang nempel di bantalan aplikator. Si produknya sendiri highly pigmented jadi sebenernya gak perlu banyak-banyak untuk aplikasi di bibir. Yes guys, a little goes a long way!

Kita bahas duluan soal kualitasnya ya. Formulanya seperti yang aku bilang tadi: highly-pigmented thick cream yang gak banyak basa-basi udah bisa ngasih coverage yang bagus di bibir. Gak ada kecenderungan patchy maupun cracking ya. Asalkan jangan diaplikasikan tebal-tebal. Karena formulanya yang kental dan creamy, proses aplikasi jadi terasa mudah tapi bisa banget jadinya terasa tebal di bibir. Kalau memang terasa tebal, sebelum produknya mengering, coba blot deh pakai tisu sampai bibir terasa ‘tipis’. Pigmentasinya gak akan berkurang tapi aku jamin ketika produknya mengering, akan jauh lebih terasa nyaman dan ringan.

Oh ya, produk ini gak sepenuhnya transferproof ya. Bisa dibilang sangat bisa transfer, tapi ya produknya bakalan settle di bibir karena mengering. Hal yang aku suka adalah rasa nyamannya ketika pakai produk ini. Rasanya gak ada kecenderungan kering apalagi pecah-pecah, nyaman aja dipakai seharian. Iklan banget ya bahasanya, tapi ini serius. Setelah diselidiki (ceilah) Blancheflor Lip Paint pakai Limnanthes Alba Seed Oil, atau bahasa awamnya: Meadowfoam Seed Oil. Aku coba googling ingredient ini karena lumayan asing juga, dan ternyata banyak banget situs yang mereview oil satu ini sebagai oil yang sangat baik untuk moisturizer. Bahkan menurut situs The Best Organic Skincare bilang kalau Meadowfoam Seed Oil ini adalah oil terbaik untuk mencegah kulit kehilangan kelembabannya:

Meadowfoam seed oil has wonderful moisturizing and rejuvenating properties and is probably the best oil to help prevent moisture loss. This oil naturally helps your skin to form a barrier to lock in moisture and deliver nutrients deep into your epidermis.

Selain itu, The Best Organic Skincare juga bilang kalau Meadowfoam Seed Oil ini mengandung 98% long chain fatty acids yang membuat oil ini sangat stabil dan sangat tahan pada oksidasi dan panas.

Sebagai pengetahuan tambahan, kalian bisa baca benefit-nya Meadowfoam Seed Oil di situs The Best Organic Skincare ini.

Staying Power

Okay, another important thing: daya tahannya gimana? To be honest, aku sendiri ngerasa kalau Lip Paint dari Blancheflor ini lumayan bisa tahan lama. Mungkin sekitar 6-7 jam tanpa makan, tapi bakalan transfer di sedotan. I am an avid fan of iced cafe latte jadi udah bisa dipastikan tiap hari pasti ngopi (kecuali kalau flu hahaha). So yeah, menurutku sih daya tahannya sangat baik. Ketika dipakai makan, udah pasti luntur banyak apalagi di bagian tengah rim bibir.

Packaging

Aku selalu suka sama produk yang spesifik dan spesial, apalagi kalau setiap warna lipstik punya box yang berbeda-beda disesuaikan dengan warna lipstik di dalamnya. Nah, Blancheflor Lip Paint ini punya warna utama pale pink, seperti millenial pink. Untuk warna-warna box-nya sendiri, Blancheflor menggunakan warna ini di bagian kanan, kiri, dan sisi belakang juga warna-warna yang sesuai dengan warna isinya sebagai warna utama.

I love their logo, too! Sophisticated in simplicity. Gak dibuat lebay dan enak banget dilihat. I guess you will agree.

Kita masuk ke bagian botol. Botol Blancheflor Lip Paint ini botol populer yang sering banget kalian lihat di produk-produk lip cream / liquid lipsticks yang bertebaran di pasar kosmetika Indonesia. Yang membedakan adalah warna lid / tutup botolnya yang dibuat pale pink dengan logo Blancheflor di bagian badan botol juga tulisan ‘PAINT’ di bagian bawah botol. Super chic, baby!

Also, let’s talk about seberapa niat Blancheflor bikin desain karena stiker nama shades di bagian bawah botolnya juga dibuat warna-warni sesuai dengan warna lipstiknya. Juga nomor-nomor NA BPOM-nya yang dicetak langsung di box sesuai shades masing-masing.

Where to Buy

On their site: blancheflor.com, kalian bisa pakai kode BFXRISSA untuk 15% OFF. Aku gak tau kode ini berlaku sampai kapan tapi karena ini non-affiliate code, so I’m just gonna leave it here. Jangan marah ya kalau kodenya udah gak valid! Hehehe..

Swatches

 Lippierating

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.