[Swatches & Review] Dear Me Beauty Perfect Matte Lip Coat

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 86537 views

Masih ingat reviewku tentang Dear Me Matte Lip CreaMe di bulan November tahun lalu? Kalau belum pernah baca, kalian bisa baca reviewnya disini. Kali ini, Dear Me muncul lagi dengan kejutan produk barunya: Perfect Matte Lip Coat.

Not only launching new product, Dear Me juga melakukan rebranding di saat yang sama! Gak sampe setahun Dear Me mengubah penampilan dan konsep brand, disamping menambahkan kata ‘Beauty’ sebagai bagian dari nama brand. Kalau dulu kita tau Dear Me sebagai brand yang terkesan funsweet, pokoknya ‘remaja banget’, sekarang Dear Me terasa jauh lebih dewasa dan elegan.

Selain dari sisi penampilan, Dear Me Beauty merombak formula produk terdahulunya, Dear Me Matte Lip CreaMe, menjadi formula yang sekarang dipakai di produk Perfect Matte Lip Coat. Untuk keseluruhan sih aku bisa ngerasain kalau Dear Me seolah-olah ‘ingin lepas’ dari identitas terdahulunya. Pertanyaannya adalah, apakah perubahan yang dilakukan Dear Me Beauty ini lebih baik dari Dear Me yang dulu kita kenal?

The New Face of Dear Me (And Their Lip Cream)

Dari sisi desain, Dear Me Beauty merubah keseluruhan konsepnya. Perfect Matte Lip Coat dibuat lebih ‘kalem’, lebih dewasa, tapi gak ninggalin kesan cute berkat warna cream yang jadi warna utamanya. Kalau dulu Matte Lip CreaMe dipenuhi dengan grafis bibir, polka dots, dan logo yang dibuat ala brush stroke, Perfect Matte Lip Coat gak banyak mainin grafis. Cukup logo di bagian badan botol, stiker nama-nama shades di bagian bawah botol dan aksen gradasi cream – transparent di bagian bawah badan botol. Selain menambahkan kesan aestetik minimalis, bagian transparan di bawah botol ini ngebantu kita untuk lihat warna asli produk di dalamnya. Although in my humble opinion this doesn’t really help karena warna-warnanya yang terlihat mirip  satu sama lain kalau dilihat sekilas.

Di bagian boxnya, Dear Me Beauty masih menggunakan warna cream sebagai warna utama dan grafis berbentuk bulat-bulan dengan warna yang disesuaikan dengan warna produk didalamnya. Dear Me Beauty juga menempatkan logonya di bagian badan box, serta ingredients list dan keterangan lainnya di sisi lainnya.

FYI, Dear Me Beauty akan menghentikan produksi dan distribusi Matte Lip CreaMe sepenuhnya. Jadi saat ini yang akan terus ada hanya Perfect Matte Lip Coat (and hopefully) produk-produk baru lainnya.

Ingredients

Masih mempertahankan produknya yang cruelty free dan hanya menggunakan bahan baku natural, Dear Me Beauty juga menambahkan star ingredients Argania Spinosa Kernel Oil ke dalam produk Perfect Matte Lip Coat ini. Seperti yang pernah aku bilang di reviewnya DISSY Lip Paint, aku suka banget oil satu ini — apalagi kalau jadi star ingredients lipstik! Saat ini gak banyak lipstik yang pakai Argan Oil, dan dari sedikit produk lipstik yang udah pakai oil ini, semuanya memang gak terasa kering di bibir. True story.

Ingredients List:

Isododecane, Cyclomethicone, Talc, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Microcrystalline Wax, Kaolin, Pentaerythrityl Tetraisostearate, Diisostearyl Malate, Cyclopentasiloxane, Trimethylsiloxysilicate, Polyglyceryl-2 Triisostearate, Cyclohexasiloxane, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Disteardimonium Hectorite, Propylene Carbonate, Fragrance (Parfum), Polyglyceryl-2 Diisostearate, Sodium Dehydroacetate, Argania Spinosa Kernel Oil

Selain memiliki star ingredients Argania Spinosa Kernel Oil, Perfect Matte Lip Coat ini Paraben-Free, Sulfate-Free, Alcohol-Free, dan juga Silicone-Free.

Formula

Menuju hal yang paling ditunggu: formula!

Jadi, apa sih bedanya produk Dear Me Matte Lip CreaMe dan Dear Me Beauty Perfect Matte Lip Coat ini?

Selain desain, formulanya juga berbeda. Bahkan kedua produk ini diproduksi oleh dua perusahaan manufaktur yang berbeda. Perfect Matte Lip Coat diproduksi oleh PT. Cosmax Indonesia, dan Matte Lip CreaMe yang diproduksi oleh PT. Cedefindo. Menyoal formula, Matte Lip CreaMe lebih terasa seperti thick cream (kental). Feel ketika pertama kali pakai akan terasa lebih berat tapi sangat bisa diratakan dengan baik di atas permukaan bibir. Salah satu kelebihan formula ini adalah rasanya yang lembut dan tidak menggumpal, tapi di sisi lain akan terasa lebih tebal di bibir. Hasil akhirnya pun gak terlalu matte, atau istilahnya sih ‘comfort matte‘ — yaitu hasil akhir matte yang masih memantulkan cahaya seperti lipstik tradisional. Sesuai namanya, comfort matte akan terasa nyaman dipakai dan tidak akan membuat bibir kering jika dipakai seharian. Selain itu, hasil Dear Me Matte Lip CreaMe tidak transferproof, baik feel maupun finishnya persis lipstik tradisional!

Perfect Matte Lip Coat terasa lebih seperti ‘kakak’ daripada ‘adik’. Kenapa? Karena menurutku produk satu ini formulanya lebih advance. Formulanya terasa lebih tipis dan ringan di bibir, set jadi transferproof matte, dan punya tampilan akhir yang cenderung lebih terlihat natural di bibir. Dalam beberapa saat produk ini udah bisa kalian sentuh-sentuh pakai jari dan hanya sedikit sekali produk yang akan nempel. Hal ini bikin aku tambah mikir, sepertinya tren lip cream saat ini lebih ke arah tekstur ringan dan hasil akhir natural, karena kebanyakan produk baru yang muncul di tahun 2018 ini memiliki keduanya.

Berbeda dengan Matte Lip CreaMe, Perfect Matte Lip Coat cenderung lebih menawarkan warna-warna di kelas nude yang sifatnya universal, bisa dipakai oleh skin tones. Warna yang paling muda, Dear Felice, masih terlihat oke di kulit mediumku. Juga warna yang paling tua, Dear Daisy, tetep masuk juga dikulitku.

Persamaan diantara keduanya ada di bagian antioksidan. Baik Matte Lip CreaMe maupun Perfect Matte Lip Coat sama-sama kaya akan anti oksidan, kualitas satu ini emang udah wajib dipertahankan.

Nah, sekarang kita bahas soal wanginya. Kalau Matte Lip CreaMe punya wangi coklat yang lumayan kuat, Perfect Matte Lip Coat punya wangi semacam wangi kue yang lebih kalem, gak menyengat sama sekali. Wangi ini akan hilang dengan sendirinya setelah produk nge-set jadi transferproof matte.

Terakhir: Perfect Matte Lip Coat oxidizes ya. Warna ketika pertama kali diulas akan 1-2 tingkat lebih gelap daripada warna ketika pertama kali diulas. Sebenernya ini wajar sih, karena biasanya lip cream-lip cream yang transferproof seolah-olah serentak punya sifat yang sama seperti ini. Mungkin dipengaruhi oleh salah satu bahan baku di dalam produk?

Staying Power

Nah, kalau soal daya tahan, Perfect Matte Lip Coat bisa tahan lebih lama dari produk sebelumnya. Sekitar kurang lebih 7-8 jam bisa stay dengan baik di bibir, bisa dibawa minum kopi sekalipun! Tapi kalau makan jelas akan luntur, skala lunturnya tetep tergantung apa yang kamu makan ketika pakai lip cream ini. Beberapa hari lalu aku coba makan ayam geprek lip creamnya masih bisa stay tapi bagian tengah bibir udah mulai hilang warnanya.

Price

Saat ini Dear Me Beauty Perfect Matte Lip Coat dijual di official website-nya juga beberapa marketplace seperti Sociolla, Bobobobo, Love & Flair dengan harga IDR 109,000,-

Shades

– Dear Felice: mauve
– Dear Rachel: reddish pink ❤️❤️
– Dear Luna: rosy pink ❤️
– Dear Winna: light caramel brown ❤️❤️
– Dear Fanny: mahogany brown ❤️
– Dear Daisy: deep mauve

❤️ = my favorites!

Swatches

Lippierating

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

2 comments

Sumayyah Tsabitah August 16, 2018 - 12:11 pm

Oalah mau discontinue toh yang lama pantesan didiskon 45% di sociolla… Duh racun banget yang baru

Reply
Debi Kharisma November 23, 2018 - 6:47 am

sukaaaaaaa review-annya, informative banget. Btw, itu warna yang di-swatches warna yang udah oxidize atau belum?

Reply

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.