[Swatches & Review] TROPE Cosmetics Velvet Matte Lipstick, Nail Lacquer, Illuminator

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 30419 views

TROPE Cosmetics (baca: trop) adalah brand baru yang mulai menyebar ‘racun’nya sejak 17 Januari 2018. I should thank @celinedee karena kalau aja dia gak review produk TROPE di blognya, aku gak akan pernah tau brand ini. Yang menarik perhatianku pertama kali adalah packagingnya yang super simple tapi tetep terkesan modern. Hal yang langsung kepikiran buatku adalah… gak akan bingung nanti pas foto produk karena literally aku bisa eksplor foto pakai tema apapun! hahaha..

Although it is still unclear whether TROPE is an Indonesian brand (local) or Taiwanese brand, di Indonesia TROPE didistribusikan oleh PT. Etho Kosmetika Indonesia. TROPE memroduksi semua produknya di Taiwan dan memiliki global store yang berasal dari Taiwan. Walaupun diproduksi di negara yang sama, setiap produknya diproduksi oleh perusahaan yang berbeda. Velvet Matte Lipstick diproduksi di Yongkang Second Factory of Mailkang Cosmetics Co, Ltd., Illuminator dan Colour Adapt Lip & Cheek Sheer diproduksi di Jia Hsing Enterprise Co., Ltd., dan yang terakhir, Nail Lacquer, diproduksi di T.G.B United Enterprise, Co., Ltd.
Yang menarik adalah… TROPE menawarkan produk-produknya untuk bisa dikirim ke banyak negara, termasuk Singapore, Malaysia, China, Hongkong melalui Taiwan webstore-nya, the rest of the world melalui Pinkoi Store-nya, dan shipping ke seluruh kota di Indonesia melalui webstore Indonesia.

Products I Bought

Aku beli produk TROPE di dua tempat: Official Webstore dan Sociolla. Kenapa di dua tempat? Ya supaya irit. :p

Saat itu, ada diskon untuk produk TROPE di Sociolla sebagai promo pertama kalinya TROPE masuk di Sociolla. Aku beli SIDE B: Velvet Matte Lipstick dengan harga 312,000 saja dari harga normal 390,000,-. Set ini terdiri dari 3 warna medium to high saturation bolds: 03 PEONY, 04 FLAMINGO, 06 ROSEWOOD. Karena Sociolla gak menjual Build Your Own: 7pc Beauty Set-nya yang berhadiah acrylic box, maka aku beli Beauty Set di webstore Trope. Pilihannya jelas, 3 velvet matte lipstick sisanya yang gak aku beli di Sociolla, 1 illuminator (Nirvana), dan 3 Nail Lacquer (aku pilih New Wave, Radical, dan Base + Top Protective Coat). Harga Build Your Own: 7pc Beauty  Set ini 900,000,- lebih mahal 20,000 dari harga Exploration Set yang sama-sama berisi 7pc produk tapi gak bisa di-custom isinya.

TROPE Velvet Matte Lipstick

Sengaja aku taruh di paling atas karena aku yakin inilah produk yang paling kalian tunggu reviewnya. TROPE Velvet Matte Lipstick ini memiliki box warna putih dengan details tulisan-tulisan (termasuk logo) berwarna hitam. Mood warna yang sama dipakai juga untuk tube lipstiknya. Bentuk lipstiknya sendiri lebih ramping dan panjang dibandingkan dengan lipstik-lipstik lokal lain. Yang paling bikin puas, lipstik ini gak gampang patah walaupun bentuknya ramping dan berleher panjang.

Ngomongin soal formula, TROPE sebenarnya udah menamakan lipstiknya sesuai dengan hasil akhir dari formula lipstiknya sendiri: velvet matte. Teksturnya creamy, pigmentasinya pun tidak terlalu ‘bold’ sehingga hasil akhir yang didapatkan akan terlihat natural di bibir. Just like I said many many times… setelah banyak orang merasa ‘lelah’ dengan transferproof matte liquid lipstick dan mulai pindah haluan ke lipstik matte yang lebih nyaman dipakai, sepertinya lipstik klasik dengan formula seperti ini akan menjadi tren lipstik lokal selanjutnya. Matte, tapi gak bener-bener dull. Velvet Matte Lipstick masih ‘menyisakan’ pantulan cahaya di bibir sehingga hasilnya bibir terlihat lebih sehat.

What I like the most is TROPE made unique colors for their Velvet Matte Lipstick. Mulai dari warna paling muda, 01 – INNATE sampai warna yang paling tua 06 – ROSEWOOD,  semuanya universal dan bisa dipakai oleh semua skintone. Warna Innate adalah warna pink pale yang nyatanya masih terlihat cantik di kulit mediumku, dan warna unik 02 – DUALITY, muted violet, gak terlihat pucat di kulitku. I mean, kenapa semua warnanya TROPE Velvet Matte Lipstick ini bisa cocok di kulitku masih menjadi misteri. But I do love all of them, though. Aku bisa rasakan sendiri bagaimana setiap warnanya bisa aku pakai walaupun tanpa makeup – and I still look good. Hahaha..

When I firstly applied the lipstick, it glides smoothly on my lips. Ujung lipstiknya gak kaku, dan gak ngabisin banyak produk untuk full application. I’m impressed.

Selain bisa dipakai untuk bibir, Velvet Matte Lipstick bisa juga dipakai sebagai perona pipi. Tapi, aku sarankan sih hanya dipakai diatas bare skin atau diatas foundation / BB Cream yang belum di-set ya, karena akan terlihat blotchy dan susah diratakan diatas complexion makeup yang udah selesai.

Untuk daya tahannya sendiri, TROPE Velvet Matte Lipstick ini normal: sekitar 5-6 jam. Pas Idul Adha kemarin aku pakai seharian dan aku perlu 3x retouch setelah makan sayur kari yang notabene really really greasy, dan setelah makan sate. Damn man, kemarin emang gila banget sih makannya. hahaha.. But I’m sure though, kamu hanya perlu retouch setelah makan aja karena kalaupun gak dipakai ketika makan dan udah waktunya luntur, lunturnya merata kok. Jadi semacam semakin lama kamu pakai, warnanya jadi semakin memudar di bibir.

  • 01 INNATE – pale pink
  • 02 DUALITY – muted violet
  • 03 PEONY – deep rose ❤️
  • 04 FLAMINGO – warm tangerine
  • 05 VERSE 93 – neutral brown ❤️
  • 06 ROSEWOOD – brick red ❤️

Agak susah ya pilih warna favorit karena honestly aku suka semua. ? Tapi yang bertanda ❤️ artinya paling aku sukai dan sering aku pakai dengan atau tanpa makeup.

FYI, Velvet Matte Lipstick ini mengandung Vitamin E, menggunakan Jojoba Oil dan juga Argan Oil (again! gak tau deh udah berapa produk lipstik yang aku review sekarang pada pakai luxury oil satu ini). Produk ini juga Vegan, Fragrance Free, dan Paraben Free.

TROPE Illuminator

At first, I though this was creamy-balm highlighter seperti highlighter stick lain, tapi ternyata aku salah. Formulanya lebih ke arah creamy powder yang memang lebih terasa ‘powdery‘ ketika diaplikasikan. Mengandung ultrafine, light-diffusing pearlescent pigment yang fungsinya menambahkan kesan soft, natural glow, dan sheer color untuk kulit.

Aku sering pakai Illuminator Nirvana (karena cuma ini yang aku punya) untuk bare skin. I don’t know, I love wearing it that way. Warnanya peachy bronze terlihat warm di kulitku, walaupun gak bener-bener ‘terlihat’ warnanya tapi tetep ngasih warna yang proper sih untuk bikin efek glowing bare skin.

Kalau kalian suka pakai highlighter yang gak bener-bener ‘blinding’ alias cuma ngasih natural glow atau subtle shine di tulang pipi, tulang jidat, atau nose bridge, pokoknya highpoints of your face yang biasa kena cahaya, aku yakin kalian bakal suka produk ini. Cara pengaplikasian terbaik untuk produk ini adalah dengan menggunakan jari, ya. Aku pribadi gak menyarankan untuk menggunakan Sponge blender karena warnanya gak akan merata dengan baik, dan jangan menggunakan brush karena warnanya gak akan keluar dengan sempurna.

Illuminator dari TROPE ini mengandung Shea Butter, Oryzanol Extracts, Jojoba Oil, dan Marula Oil yang kaya akan antioksidan. A whole lot goodness in a single product, isn’t it?

TROPE Nail Lacquer & Base + Top Protective Coat

TROPE Nail Lacquer memiliki bentuk seperti balok, dengan detail logo di bagian kiri. Total TROPE memiliki 8 warna Nail Lacquer, 1 Matte Top Coat, dan 1 Base + Top Protective Coat. Warna yang aku pilih adalah 104 New Wave dan Radical. Kedua warna ini menarik perhatian aku dibanding warna lainnya yang cenderung lebih netral. Semua Nail Lacquer dari TROPE adalah Vegan dan diformulasikan tanpa paraben, dibutyl phtalate (DBP), toluene, formaldehyde, formaldehyde resin dan juga camphor.

  • 104 NEW WAVE (ink blue)

Warna ini sesuai namanya, memiliki warna biru seperti biru tinta. Warnanya gak bener-bener opaque. Sebenernya sih warna New Wave ini cantik banget tapi kalau di-apply 2 layer atau lebih. Warna ini punya kecenderungan menggumpal karena cepet banget mengering sebelum warnanya bener-bener bisa diratakan. Sebelum bener-bener masuk ke layer kedua dan seterusnya, tunggu sampai benar-benar kering lalu jika ada warna yang menggumpal, ada baiknya pakai sponge nail file dulu untuk diratakan.

  • 105 RADICAL (dark oxblood)

Warna lain yang aku suka dan akhirnya aku pilih, Radical. Kualitas pigmennya gak jauh dari New Wave yang gak terlalu opaque, dan akan terlihat bagus kalau di-apply 2 layer atau lebih. Sama seperti New Wave, warna inipun punya kecenderungan menggumpal karena cepet banget mengering sebelum warnanya bener-bener bisa diratakan.  You really need to be careful, though. Terlalu lama proses pengaplikasiannya bisa bikin tekstur kuteknya gak rata di kuku.

Aku pribadi gak tau kualitas Nail Lacquernya ini merata atau khusus dua warna gelap ini aja karena sayangnya cuma dua warna ini yang aku punya. Terlebih aku agak nyesel kenapa gak milih salah satu warna metaliknya, karena aku kurang puas dengan hasil dari dua warna ini. Mungkin aja warna metaliknya lebih baik, ‘kan?

Oh ya, kedua warna ini memiliki finish high-gloss creme, ya. Tapi kalau kalian lebih suka matte finish, TROPE juga punya produk Matte Coat.

  • BASE + TOP PROTECTIVE COAT

Produk yang punya tekstur cair ini punya fungsi ganda: sebagai nail treatment untuk memperkuat dan menutrisi kuku jika digunakan sebagai base karena memiliki Vitamin E yang memang baik untuk kuku. Selain itu, produk ini juga bisa digunakan sebagai Top Coat untuk menambah intensitas warna dan juga hasilnya agar lebih berkilau. Sama seperti Nail Lacquer, Base + Top Protective Coat ini Vegan dan diformulasikan tanpa paraben, dibutyl phtalate (DBP), toluene, formaldehyde, formaldehyde resin dan juga camphor.

Bisa gak sih produk ini dipakai sendiri? Aku pernah coba untuk pakai tanpa kutek dan memang kuku jadi terlihat lebih sehat dan berkilau natural.

Price & Where to Buy

  • Velvet Matte Lipstick: IDR 180,000
  • Illuminator: 250,000
  • Nail Lacquer: 125,000
  • Sets: 300,000 – 900,000

Belinya dimana?

Sociolla atau Official Webstore TROPE. Untuk special set kalian cuma bisa dapatkan melalui Official Webstore TROPE.

Swatches

Lippierating

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.