[Swatches & Review] Dear Me Beauty Multistick Crayon

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 49041 views

Hello!

The second review in the first week of December, because why not! 😉 2018 udah mau habis tapi malah tambah banyak brand / produk baru yang dirilis. Setiap tahun selalu seperti ini, lho.. Rata-rata brand / produk baru muncul di akhir tahun atau di awal tahun so udah pasti aku bakal terus push Lippielust team untuk bisa bikin swatch dan review produk-produk baru ini supaya bisa kalian nikmati di awal tahun nanti!

Nah, di akhir tahun 2018 ini Dear Me Beauty baru aja ngeluarin Multistick Crayon, makeup dekoratif multifungsi yang bisa dipakai untuk bibir, pipi, dan juga area mata. Produk ini berbentuk retractable chubby crayon, kita semua udah lumayan familiar sama bentuk seperti ini.

Tapi sebelum masuk ke pembahasan Multistick Crayon, aku mau bahas tentang Limited Edition Collaboration Collection Dear Me Perfect Matte Lip Coat dengan Snoopy and Friends! Aku gak bahas panjang lebar karena memang formulanya sama dengan formula original shadesnya. Nah untuk koleksi kolaborasinya ini Dear Me Beauty put so much effort in everything including the packaging. Ada 4 warna pilihan dan box-nya dibuat berbeda untuk tiap shades, juga ada bonus stiker di setiap box-nya yang bisa kalian tempel sesuai dengan keinginan kalian di badan botolnya yang berwarna putih.

Ada 4 warna limited edition baru:

  • DEAR LUCY dari ‘Lucy Van Pelt’. The classy and sassy one! Dear Lucy punya warna Apricot, pinkish orange.
  • DEAR SALLY dari ‘Sally Brown’. The happy and creative one! Dear Sally punya warna strawberry pink, medium pink-mauve.
  • DEAR PATTY dari ‘Peppermint Patty’. The courageous and empowering one! Dear Patty punya warna campuran antara merah dan burnt sienna, deep reddish brown.
  • DEAR MARCIE dari ‘Marcie’. The sweet and smart one! Dear Marcie punya warna dark rouge, purplish deep red.

To be honest guys, I really wanted Dear Patty to be included in their permanent collection. Seperti yang kalian tau, aku selalu suka sama warna merah-coklat, mau reddish brown, brownish red, muda, medium, tua, semuanya suka. Menurutku warna Dear Patty adalah warna yang unik, jadi kalaupun aku repurchase, Dear Patty masih bisa dibeli.

Lengkapnya, silakan kunjungi Instagram aku ya untuk mini review tentang produk ini. 😉

Now, it’s time for the Multistick Crayon review!

Ingredients

Sama seperti Dear Me Beauty Perfect Matte Lip Coat, produk Multistick Crayon pun memiliki kandungan Argania Spinosa Oil (Argan Oil) didalamnya. For those who don’t know, Argan Oil adalah luxurious oil endemik Maroko, yang penuh dengan asam lemak esensial, antioksidan, vitamin (terutama A dan E), juga mineral yang sangat bermanfaat untuk melembabkan, melembutkan, dan memproteksi kulit dan rambut. Lebih lengkapnya, yuk cek pendalaman mengenai komposisi produk ini.

Methyl Methacrylate Crosspolymer, Triethylhexanoin, Microcrystalline Wax, Octyldodecanol, Isohexadecane, Caprylic/Capric Triglyceride, Silica, Polyethylene, Pentaerythrityl Tetraisostearate, Cyclopentasiloxane, Polyglyceryl-2-triisostearate, Diisostearyl Malate, Euphorbia Cerifera (Candelilla) Wax, Cyclohexasiloxane, Stearalkonium Hectorite, Sorbitan Isostearate, Propylene Carbonate, Fragrance (parfum), Polyglyceryl-2-diisostearate, Glyceryl Caprylate, Caprylyl Glycol, Argania Spinosa Kernel Oil.

Seperti yang kalian bisa lihat, hasil penilaian dari komposisi produk Multistick Crayon ini dalam garis besar: Paraben-free, Sulfate-free, EU Allergen-free, dan Alcohol-free. 5% High risk-nya hanya datang dari fragrance (parfum) yang memang bisa bikin alergi bagi sebagian orang. But then again, hampir semua produk lipstik menggunakan fragrance so if it’s in low-moderate amout I think it’s acceptable.

So that’s all about the ingredients! Akan lebih baik jika kalian bisa mempelajari mengenai ingredients-nya satu persatu untuk lebih mengenal produk ini (dan juga mengenal lebih baik kondisi bibir kalian juga).

Packaging

Multistick Crayon dibungkus dengan menggunakan clear plastic dengan ornamen seperti guratan krayon di bagian atasnya, lengkap disesuaikan dengan warna-warna di dalamnya. Walaupun warna-warna ini gak merepresentasikan warna asli di dalamnya, tapi menurutku warna-warna ini sangat membantu kita membedakan warna satu dan lainnya. Selain itu, ada detail seperti logo, details ‘Enriched with Argan Oil’, ‘Semi-matte Airy Finish’, dan ‘Long-lasting Durability’ sebagai klaim / short description tentang produk di sisi kanannya.

Di bagian belakang ada keterangan mengenai ingredients list, produsen, dan distributor serta nomor produksi, expiry date, dan nomor BPOM.

Di bagian atas, Dear Me Beauty juga membubuhkan nama shades lengkap dengan warna yang sesuai. Menurutku boxnya ini udah terasa sangat membantu ketika kamu gak bisa cobain langsung produknya.

Kita lanjut ke bagian actual product-nya. Container Multistick Crayon ini berwarna nude, selaras dengan warna Dear Me Perfect Coat Nude Collection. Bagian tutupnya berwarna Clear, lagi-lagi supaya kita bisa mengidentifikasi warnanya tanpa harus cobain langsung.

Di bagian bawahnya terdapat stiker warna-warni disesuaikan dengan warna masing-masing shades, juga nama-namanya dan keterangan berat bersih (3gr).

I’m done teasing you with the packaging now let’s go to the most important point of this review!

Formula

Formula produk ini creamy, tapi ketika di-blend mulai terasa powdery. Hal ini memudahkan pengaplikasian blurred / soft focus style di bibir dan juga memudahkan pengaplikasikan di mata juga pipi. And yes guys, style seperti inilah yang menurutku terbaik dalam pengaplikasian Multistick Crayon. Rasanya sangat ringan, terlihat natural, dan effortless. Aku juga merekomendasikan untuk mengaplikasikannya dengan menggunakan jari atau blending sponge. Jika kalian mau mengaplikasikannya diatas wajah yang sudah menggunakan foundie, aku sarankan jangan menunggu foundie sampai kering terlebih dahulu untuk mempermudah proses aplikasi. Setelah itu bisa di-set dengan menggunakan setting powder agar lebih tahan lama.

Kalau diaplikasikan untuk full coverage di bibir, bisa gak? Bisa banget, kok. Produk ini buildable, kalian bisa set sendiri disesuaikan dengan keinginan kalian. Teksturnya akan lebih terasa creamy di bibir, dan jelas terasa seperti pakai lipstik. Kalau dibandingkan, menurutku ini sama aja pakai lipstik biasa hanya bedanya produk ini aman untuk kalian pakai juga di pipi dan mata. ‘Aman’, karena memang in fact gak semua lipstik aman untuk diaplikasikan di area selain bibir, lho.. Jadi perlu hati-hati karena walaupun kalian suka warnanya untuk diaplikasikan di pipi atau mata, belum tentu aman untuk diaplikasian di area mata atau kulit. Saranku sih, lebih baik bikin riset kecil-kecilan soal ini. Aman / tidaknya produk tersebut jika diaplikasikan di area selain bibir. 😉

Aku sangat merekomendasikan untuk menggunakan produk ini diatas bibir yang lagi gak kering karena nantinya percuma, warnanya akan susah nempel dengan baik di bibir (patchy) dan malah jadinya bakal sangat mengaksentuasi garis-garis bibir yang kering / pecah-pecah. As usual, prep your lips really well prior to the application of any lipstick, guys. It’s that important karena mau sebagus apapun bahan baku produknya kalau kita gak bisa menjaga kelembaban bibir sendiri maka nantinya akan percuma. Selama aku pakai produk ini, hanya sedikit sekali ada kecenderungan patchy (gak rata) itupun karena bibirku sangat kering saat itu.

Multistick Crayon memiliki hasil akhir semi-matte, jadi gak akan terlihat mengkilat tapi juga tidak terlihat dull / flat sama sekali.

Oh ya, produk ini memiliki wangi seperti permen. Wanginya gak terlalu kuat jadi gak ganggu. Malah menurutku wangina enak banget. But again ini sangat personal ya, ada yang gak suka wangi-wangian dalam lipstik ada yang suka atau biasa aja. Kalau aku, selama wanginya gak ‘lebay’ dan gak ganggu, I’m good with that.

Staying Power

Daya tahan produk ini bisa dibilang normal (ini termasuk untuk pengaplikasian di bagian pipi dan mata). Kurang lebih sekitar 5-7 jam dengan light meal dan minum langsung dari gelasnya. Pretty impressive to me. Kalau dipakai makan besar, udah pasti hilang ya. Don’t expect too much about this karena memang produk ini (clearly) gak transferproof. 😉

Lastly, aku sarankan untuk reapply kalau warnanya udah mulai luntur, jangan retouch di atas warna hasil dari aplikasi sebelumnya. Maksudnya adalah… hapus terlebih dahulu warna sebelumnya yang udah gak keliatan bagus sampai bibir benar-benar bersih, baru deh aplikasiin lagi. Hal ini karena menurutku karena formulanya yang creamy dan lumayan thick bisa bikin lapisan lipstik jadi terasa berat dan gak enak. You have to try this technique!

Shades

Ada 5 warna pilihan:

  • DEAR LILY (apricot — warna pink+peach)
  • DEAR IRENE (light pink mauve — warna pink keunguan)
  • DEAR ALICE (rosy-taupe — warna pink coklat keabuan)
  • DEAR CLARA (carmine — warna merah pekat)
  • DEAR VERRA (garnet — warna merah-keunguan)

 Price

89,000,- bisa dibeli di Official Website atau Official Store Dear Me Beauty di Shopee / Tokopedia / Sociolla.

Swatches

Online shop dipersilakan untuk simpan foto swatches tanpa izin, dengan syarat tidak mengubah segala sesuatu yang ada di dalamnya termasuk: menghapus / menambahkan tulisan apapun, mengkolase, dan mengklaim foto menjadi milik pribadi selain Lippielust.

Lippierating

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

1 comment

NUR HASANAH April 29, 2021 - 10:20 am

Untuk bibir gelap dan tebal yang rekomended dari dear me beauty multistik crayon warna apa sist.?

Reply

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.