[Review] Ovale Micellar Cleansing Water Review

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 29028 views

Apa sih yang paling penting dalam rangkaian skincare setiap hari? Serum? Sunscreen?

Menurutku, hal yang paling penting dari semua rangkaian skincare adalah ketika proses cleansing. Segala kebaikan dari produk-produk skincare yang kita pakai akan percuma jika semua kotoran dan polusi menempel di wajah. Maka dari itu, aku terbiasa melakukan double cleansing baik itu dengan menggunakan cleansing oil atau Micellar water baru lanjut ke sabun muka sebagai tahap akhir proses pembersihan wajah.

Gak butuh waktu lama buat aku pilih-pilih produk micellar water yang bagus karena jenis pembersih ini popularitasnya sangat tinggi di pasar skincare lokal tepatnya dimulai di tahun kemarin. Salah satu produk yang aku coba di tahun ini adalah Ovale Micellar Cleansing Water. Jangan aneh, karena Ovale merupakan salah satu produk yang rutin aku pakai di jaman SMA dan kuliah dulu karena selain harganya terjangkau kualitasnya juga oke. 😉

Kali ini yang akan aku review adalah dua jenis Ovale Micellar Water: Micellar Cleansing Water Brightening dan Micellar Cleansing Water Brightening for Acne Skin. Kedua jenis ini memiliki bentuk yang sama serta ukuran yang sama (100mL dan 200mL), tetapi memiliki warna packaging dan ingredients yang berbeda karena targetnya pun spesifik.

Ovale Micellar Cleansing Water – Brightening

Produk ini memiliki warna aksen pink dengan tutup botol berjenis flip top. Dari segi ingredients list, Ovale Micellar Cleansing Water Brightening memiliki star ingredients Magnolia Exctract yang berfungsi sebagai anti-inflammatory, menjaga elastisitas kulit, dan mengurangi kerut di wajah. Selain itu Magnolia Exctract memiliki antioksidan tinggi dan properti anti-bakteri yang membantu menetralkan radikal bebas yang menempel di permukaan kulit.

Ingredients:

Aqua, Propanediol, Poloxamer 184, Butylene Glycol, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Phenoxyethanol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Panthenol, Sodium Chloride, Disodium EDTA, Ethylhexylglycerin, Polysorbate 20, BHT, Magnolia Seiboldii Exctract, Tocopherol.

Menurut pendapatku, Ovale Micellar Cleansing Water Brightening memiliki bahan baku yang sangat baik. Bahkan ada dua bahan baku yang juga berguna bagi kesehatan kulit seperti Panthenol yang berfungsi sebagai anti-inflammatory kulit. Panthenol bisa meningkatkan hidrasi, elastisitas, dan tampilan lembut dari kulit. Panthenol juga membantu dalam wound healing atau proses penyembuhan kulit yang sedang bermasalah.

Lalu yang kedua, ada Tocopherol (Vitamin E). Selain Magnolia Extract yang terbukti memiliki 1000 kali lipat antioksidan lebih kuat daripada Vitamin E, Ovale menambahkan Tocopherol yang juga berperan sebagai Vitamin E untuk extra protection.

Oh ya, sesuai dengan tes bahan baku, produk ini Paraben-free, Sulfate-free, EU Allergen-Free, Silicone-free, dan yang paling penting, untuk menjawab isu salah yang beredar: produk ini sudah jelas Alcohol-free.

Produk ini memiliki wangi seperti wangi bunga yang cukup kuat, namun wanginya terasa segar. Bila kalian lihat dari daftar bahan baku diatas, memang beberapa bahan baku memiliki peran tambahan sebagai fragrance. Jadi, menurutku Ovale Micellar Cleansing Water ini memang tidak menambahkan fragrance tambahan yang bisa memicu iritasi atau alergi, tetapi fragrance yang bisa tercium secara alami dari produk ini datang dari bahan baku yang memang ada di dalamnya.

Ovale Micellar Cleansing Water – Brightening for Acne Skin

Now let’s move on to my favorite of mine among these two: Ovale Micellar Cleansing Water Brightening for Acne Skin.

Berbeda dari Ovale Micellar Cleansing Water Brightening, produk satu ini ditargetkan khusus untuk kulit yang mudah berjerawat atau sedang berjerawat. Hal lain yang berbeda adalah warna aksennya yang hijau dan juga memiliki bahan baku Magnolia Extract di dalamnya. Yang menarik adalah, produk ini memiliki bahan baku tambahan: Green Tea Extract. Penelitian menunjukan bahwa pemakaian green tea extract secara topikal memiliki banyak manfaat untuk kulit. Polyphenols dalam greentea memiliki antioksidan tingkat tinggi dan properti untuk menyejukkan kulit, juga sangat baik untuk menyembuhkan kulit yang luka atau rusak karena jerawat dan paparan sinar matahari. Yang paling oke adalah… green tea extract merupakan antioksidan yang lembut, jadi sangat cocok untuk yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat.

Ingredients

Water, Propanediol, Poloxamer 184, BHT, Butylene Glycol, Magnolia Sieboldii Extract, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Propylene Glycol, Camellia Sinensis Leaf Extract, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Citric Acid, Panthenol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Polysorbate 20, PEG-20 Glyceryl Laurate, Tocopherol (Vitamin E), Linoleic Acid, Retinyl Palmitate (Vitamin A), Caprylic/Capric Triglyceride, Sodium Chloride, Disodium EDTA

Sama seperti Ovale Micellar Cleansing Water Brightening, versi khusus acne skin ini sama-sama Paraben-free, Silicone-free, EU Allergen-free, Sulfate-free, dan juga Alcohol-free. Ada sekitar 6 bahan baku yang sangat bermanfaat untuk kulit: Panthenol, Butylene Glycol, dan Propylene Glycol yang sangat kuat dalam melembabkan wajah. Selain itu ada juga Tocopherol (Vitamin E) dan Retinyl Palmitate (Vitamin A) yang sangat baik dalam meregenerasi sel kulit dan menjaga elastisitasnya. Yang terakhir, produk ini mengandung Camellia Sinensis Leaf Extract (Green Tea Extract) yang sangat bermanfaat untuk kulit berminyak dan berjerawat: menyejukkan, memberikan ekstra proteksi serta membantu menyembuhkan kulit wajah.

Untuk wangi, produk ini juga memiliki wangi yang sama seperti Micellar Cleansing Water Brightening.

Use It in the AM and PM

Aku biasa menggunakan Ovale Micellar Cleansing Water Brightening & Brightening for Acne Skin di pagi hari sebelum mencuci muka, karena aku rasa kulit kita gak bisa selalu terproteksi walaupun dalam kondisi tidur. Siapa tau bantal yang kita gunakan menyimpan begitu banyak penyakit bagi kulit. Di sisi lain, gak mungkin juga kalau kita selalu mengganti sprei setiap hari, kan? Haha..

So, yes. Aku biasa pakai setelah bangun tidur sebelum mandi dan cuci muka. Surprisingly, walaupun malamnya skincare routine jalan, tetep aja ternyata wajah kotor juga. Di waktu malam hari, kalau seharian bare face atau menggunakan makeup ringan, biasanya aku langsung pakai produk ini lalu lanjut ke cuci muka dengan sabun. Tapi jika di hari itu aku pakai full makeup yang lebih berat seperti waterproof foundation, udah pasti aku bersihkan dulu dengan menggunakan oil-based makeup remover baru deh ke micellar water ini. Rasanya sejuk dan ringan!

Do I Recommend This Product?

Honestly, menurutku kedua produk ini sangat efektif dalam membersihkan kotoran maupun kosmetik di wajah. Prosesnya sekitar 3x aplikasi baru kapas terlihat benar-benar bersih tanpa ada noda tertinggal. So yes, aku merekomendasikan produk ini untuk dicoba. Dengan harga yang sangat murah (sekitar 17,000 untuk 100mL atau 36,000 untuk ukuran 200mL), produk ini layak banget untuk dicoba. Selain kaya manfaat, gak percuma juga namanya ‘cleansing water’ karena memang efektif dalam membersihkan.

Satu lagi.. Perlu diingat ya, kalian perlu mengetahui dan memahami kondisi kulit kalian terlebih dahulu sebelum mencoba produk apapun. Karena jika kalian memahami, akan jauh lebih mudah dalam memilih produk yang mana yang cocok untuk kulit kalian sendiri. Good luck!

 

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

1 comment

Dearrose December 30, 2018 - 2:56 pm

Wah yang acne nih harus dicoba saya soalnya masih berjerawat kak, makasih untuk penjelasannya ? banyak share tentang skincare kak. Hehehehe

Reply

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.