[Swatches & Review] Wardah Instaperfect Mattetitude Matte Stain Lipstick, Mattesetter New Shades, Gloss Chic Lip Crayon

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 31524 views

Hello, Lippielusters!

Back again with review, kali ini ada 3 jenis produk dari Wardah Instaperfect yang bakal di-review! This will be a very long post,  kalian bisa pilih review apa yang ingin kalian baca melalui ‘Table of Contents’ dibawah yaa..

Udah hampir setahun sejak pertama kali Lippielust review line Instaperfect dari Wardah. Di pertengahan tahun 2019 ini, Lippielust kembali diberikan kepercayaan oleh Instaperfect by Wardah untuk membuat official swatches untuk semua jenis produk dekoratif bibirnya. ♥

Anyways, banyak yang tanya soal ‘Instaperfect’ itu artinya apa? INSTAPERFECT gak berangkat dari ‘Instagram’ perfect, tapi instant perfect, yang dimana artinya udah jelas: hassle-free, efficient makeup, instant effect makeup. Sederhananya, INSTAPERFECT diciptakan supaya kamu gak perlu waktu lama untuk dandan.

Mattetitude Matte Stain Lipstick

Produk satu ini berbentuk lipstik padat dengan tampilan super chic, dengan warna senada dengan produk-produk Instaperfect lainnya yang bernuansa rose gold.

Sama seperti produk-produk Instaperfect lainnya, Mattetitude memiliki box yang sama. Yang membedakan hanyalah nama-nama serta deskripsi produk lainnya juga ukurannya yang disesuaikan dengan ukuran produk didalamnya.

Untuk bentuknya sendiri, Mattetitude memiliki ujung lipstik yang bulat, mirip sama Wardah Longlasting Lipstick, tapi dengan diameter yang lebih besar. Untuk container-nya sendiri, Mattetitude terasa lebih berat dengan kemasan juga desain yang lebih modern, walaupun bahannya plastik. Mungkin ada pengaruh dari warna rose gold-nya juga kali ya? 😀

Salah satu kekurangan lipstik ini adalah bentuk ujung lipstiknya yang kadang bikin susah dalam proses pengaplikasian di bibir, apalagi untuk yang punya bibir tipis. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan lip brush ketika proses aplikasi. Hal ini gak akan memengaruhi performa dari produknya sendiri, sih. 😉

Ingredients

Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Cyclopentasiloxane, Beeswax, Dimethicone, Octyldodecanol, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Mica, Copernicia Cerifera (Carnauba) Wax, Paraffin, Ozokerite, Hydrogenated Soybean Oil, Stearic Acid, Cyclotetrasiloxane, Squalane, BHT, Propylparaben, Tocopheryl Acetate, Hydrogen Dimethicone, Microcrystalline Wax, Fragrance.

Formula, Texture, Color

Formulanya sekilas mirip sama matte lipstick kebanyakan. Warna yang sangat intense, vibrant, dan pigmented dalam artian, sekali sapuan aja warnanya udah bisa keluar dengan sempurna. Teksturnya creamy dan gak ada rasa ‘berpasir’ ketika diaplikasikan di bibir. Maybe it’s just me, tapi menurutku biasanya lipstik yang memiliki warna intens malah terasa tebal di bibir, dan lama kelamaan akan terasa seperti menggumpal di salah satu bagian bibir, atau malah terasa seperti berpasir.

Tapi, Mattetitude berbeda. Ketika diaplikasikan, warnanya bisa langsung seperti ‘meleleh’ di bibir sehingga membantu proses aplikasi. Gak perlu banyak sapuan untuk dapetin full coverage, makanya rasanya pun ringan di bibir.

Bicara soal warnanya, Mattetitude memiliki varian warna yang cukup berbeda dibandingkan seri lain. Biasanya Wardah selalu mulai dengan warna-warna ‘aman’, tapi nggak dengan Mattetitude. Hampir semua warnanya merupakan high saturation color[efn_note]The term hue refers to the color of the image itself, while saturation describes the intensity (purity) of that hue. When color is fully saturated, the color is considered in purest (truest) version. Primary colors red, blue and yellow are considered truest version color as they are fully saturated.Technopedia[/efn_note].

Shades

    • 01 SWING – terracotta (orange-brown)
    • 02 NOBLE – peach nude
    • 03 FEMME – salmon pink (yellowish-pink)
    • 04 BUZZ – deep burgundy red
    • 05 FLUX – vivid ruby red, warna pink terang mendekati merah.

Staying Power

One thing I noticed, masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara ‘matte‘ dan ‘transferproof‘. Lipstik matte belum tentu transferproof, begitu juga sebaliknya walaupun saat ini kebanyakan lipstik transferproof memiliki tekstur akhir matte.

Lipstik Mattetitude ini adalah lipstik klasik padat yang sampai akhir tampilan juga teksturnya tidak berubah. Lipstik klasik padat ini bukan ‘liquid-to-matte’ atau mengering menjadi matte, karena bukan lipstik cair yang memiliki formula berbeda dengan lipstik batang biasa.

Oleh karena itu, Staying power-nya pun ya akan normal-normal aja seperti lipstik kebanyakan. Namun satu hal yang aku perhatikan berbeda adalah performa staining-nya. Setelah lipstik dipakai dalam jangka waktu yang lumayan lama, warnanya akan staining di bibir, persis seperti lip stain kebanyakan. Hanya saja memang gak semua warna punya ‘kemampuan’ yang sama. Pada dasarnya seperti yang udah kita ketahui, lip stain terbaik adalah lip stain yang berwarna vibrant dan high saturated, yang warnanya benar-benar ‘nonjok’, either warna terang atau vampy.

Jadi dari kelima warna Mattetitude ini, yang memiliki kemampuan staining sangat baik adalah nomor 01, 03, 04, dan 05, sedangkan warna 02 dan 03 sepertinya memang diciptakan untuk para pecinta lipstik warna-warna netral.

Setelah aku coba ke semua warnanya, Mattetitude ini memiliki Staying Power berbeda-beda. Untuk warna-warna high saturated seperti 01, 04, dan 05, produk bisa stay jauh lebih lama dibandingkan dua warna sisanya (02 dan 03). Lipstik akan stay sekitar 5-6 jam, dan ketika luntur pun stain-nya akan tetap ada di permukaan kulit bibir sehingga bisa banget dipakai sampai seharian. Sedangkan untuk nomor 02 dan 03, aku pakai sekitar 4-6 jam tergantung kegiatan, dan ketika luntur, kedua warna ini kurang bisa staining di bibir.

Mattesetter Matte Lip Paint

Produk yang diperkenalkan di bulan Oktober tahun lalu ini sukses mencuri perhatian para pecinta lipstik lokal karena bersamaan dengan pertama kalinya Wardah memperkenalkan Instaperfect line.

Nah, di bulan Juli ini Instaperfect by Wardah kembali memperkenalkan 4 warna baru untuk Mattesetter: 06 FLAIR, 07 DAZZLE, 08 EDGE, dan 09 ICON. Kalau 5 warna terdahulunya terlihat sangat diverse (berbeda), kali ini Mattesetter fokus di warna-warna neutral.

Untuk kemasannya, tidak ada yang berubah sama sekali, Instaperfect by Wardah masih ‘memperkenalkan’ warna utamanya yaitu Rose Gold dengan sedikit aksen warna hijau khas Wardah.

Cyclopentasiloxane, Hydrogenated Polyisobutene, Isododecane, Diisostearyl Malate, Dimethicone Crosspolymer, Trimethylsiloxysilicate, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Hydrogenated Polydecene, Polyethylene, Ethylene/Propylene Copolymer, Isohexadecane, Caprylyl Methicone, Jojoba Esters, Phenoxyethanol, Disteardimonium Hectorite, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Ethylhexylglycerin, Acetate, Persea Gratissima (Avocado) Oil, Alumina, Camellia Sinensis Leaf Exctract, Propulene Glycol, Aqua, Actinidia Chinensis (Fruit) Extract, Polyglycerin-3, Acacia Decurrens Flower Wax, Fragrance, Glycerin, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, Citric Acid, Tocopherol, ALuminum Hydroxide, Triethoxycalrylysilane.

Wow, this is the longest of Ingredients list I’ve ever written! haha. But on the bright side, so many good stuffs in a single product!

New Shades

    • 06 FLAIR (medium toned orange-brown)
    • 07 DAZZLE (light orange pink color)
    • 08 EDGE (mauve pink, warna EDGE lebih muda dibandingkan warna 02 DEAR)
    • 09 ICON (warm pink, warna ICON lebih terasa warm dibandingkan warna 01 GLEE)

Warna-warna barunya ini, I don’t know, aku rasa Instaperfect by Wardah ingin menciptakan warna-warna yang terlihat lebih netral dan cocok untuk daily use. Don’t get me wrong, warna-warna sebelumnya pun udah cukup diverse dan cantik-cantik akan tetapi, hanya nomor 02 dan 03 yang terkesan lebih universal dan netral. Walaupun begitu, kedua warna ini bisa aja masih terlihat terlalu gelap untuk dibilang sebagai ‘nude lippie’ di fair atau medium skintone. This happened to me, personally. Aku rasa warna 01 terlalu terang di kulitku, dan warna no. 02 dan 03 masih terlihat terlalu gelap untuk jadi MLBB untukku. [efn_note]MLBB: My Lips But Better. (Acronym, The Free Dictionary)[/efn_note].

All in all, aku rasa keempat warna barunya ini selain terasa lebih universal dan cocok untuk daily nude lippies, juga berperan ‘melengkapi’ warna-warna sebelumnya yang banyak merasa terlalu diverse.

Review lebih lanjut mengenai Mattesetter ini bisa kalian baca di review-ku sebelumnya ya!

Gloss Chic Lip Crayon

Now to the last product! Lippielust pernah post Gloss Chic ini di Instagram:

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rissa • Lippielust.com (@lippielust) on

Tapi… Lippielust belum pernah review. (Hehe, sorry for that!)

Gloss Chic Lip Crayon ini berbentuk chubby stick dengan formula sesuai namanya, glossy. Saat ini baru ada 3 warna, yaitu 01 RHYTHM, 02 CLUE, dan 03 MIND. Ketiga warna ini diperuntukkan ocassion / acara yang berbeda, karena menurutku, gak banyak orang yang setiap harinya pakai lip gloss, kan? 😀 Tapi, gak banyak bukan berarti gak ada yaaa..

Agak berbeda dari produk dekoratif lain punya Instaperfect, di bagian bawah container-nya ada warna-warna yang disesuaikan dengan warna lipstik di dalamnya. Oh ya, bagian warna ini retractable ya, alias bisa diputar untuk mengeluarmasukkan lipstiknya.

Untuk box-nya sih, sama aja seperti produk-produk lainnya. Gak ada perbedaan kecuali keterangan produk 😉

Ingredients

Diisostearyl Malate, Polyglyceryl-2 Triisostearate, Pentaerythrityl Tetraisostearate, Caprylyl Methicone, Polyethylene, Isododecane, Hydrogenated Castor Oil Isostearate, Ozokerite, Disteardimonium Hectorite, Polyhydroxystearic Acid, Macadamia Ternifolia Seed Oil, Propylene Carbonate, Shea Butter (Butyrospermum Parkii), Tocopherol Acetate, Olive (Olea Europea) Oil, Persea Gratissima (avocado) Oil, Jojoba Esters, Simmodsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Wax, Fragrance, Propylene Glycol, Propylparaben, Glycine Soja (Soybean) Oil, Aqua, Camellia Sinensis Leaf, Actinidia Chinensis (Fruit) Extract, Fragaria Vesca (Strawberry) Fruit Extract, Glycerin, ACacia Decurrens Flower Wax, Polyglycerin-3, Bisabolol, Phenoxyethanol, Isobornyl Acetate, Calendula Officinalis Flower Extract, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extractm Fucus Vesiculosus Extract, Triticum Vulgare (Wheat) Bran Extract, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, BHT, Linoleic Acid, Tocopherol, Citric Acid.

CORRECTION! This is the longest Ingredients List I’ve ever seen and written!

Formula, Texture, Color

Formula Gloss Chic Lip Crayon ini creamy, smooth, dan sesuai namanya, punya hasil akhir glossy. Produk ini bener-bener terasa ‘licin’ ketika diaplikasikan di bibir, no hassle at all! Warnanya juga punya pigmentasi yang tinggi dan sangat bisa diratakan dengan baik tanpa harus khawatir ‘bolong-bolong’.

Ada satu kekurangan dari produk ini, yang aku harap sih bisa jadi bahan evaluasi untuk ke depannya 😀

Setelah agak sering dipakai, karena formulanya yang creamy dan cenderung cair lebih cepat dibandingkan matte lipstick, lipstik bisa mengotori bagian leher container karena proses pemakaian yang berulang-ulang apalagi ketika lipstik diratakan di bibir. Bisa dibersihkan, sih.. tapi ya, a little bit of work.

Selain itu, aku gak menemukan kekurangan pada actual produknya. 😉

Shades

    • 01 RHYTHM (light peachy nude)
    • 02 CLUE (bright salmon pink)
    • 03 MIND (bright reddish pink)

Menurut kalian, gimana nih warna-warnanya? Yang pasti menurutku, tiga warna aja udah cukup untuk seri ini. I don’t know why but I don’t think Instaperfect by Wardah should release another color for this. 01 RHYTHM cocok untuk daily activities, seperti pergi ke kantor, kampus, atau easy days nongkrong di cafe! Hehehe.. 02 CLUE cocok untuk aktivitas liburan, karena warnanya yang fun! 03 MIND, cocok untuk aktivitas formal seperti misalnya ke wedding, atau dinner date. 😉

But of course guys, kalian sendirilah yang bisa menentukan dan paling tau soal warna-warna ini di diri kalian sendiri.

Oh ya, just a fair warning. Untuk warna no. 1 (RHYTHM) menurutku kurang cocok untuk yang memiliki bibir gelap karena setelah pemakaian beberapa jam, karena sifatnya yang glossy dan gak bisa stay sebaik matte lipstick, warna asli bibir akan terlihat dan kurang oke untuk dilihat.

Where to Buy

Swatches

Mattetitude Matte Stain Lipstick

Mattesetter Matte Lip Paint

Gloss Chic Lip Crayon

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.