[SWATCHES & REVIEW] WARDAH COLORFIT VELVET MATTE LIP MOUSSE (all shades!)

by Rissa Stellar
144544 views
Nama Produk WARDAH COLORFIT VELVET MATTE LIP MOUSSE
Diproduksi oleh PT. Paragon Technology & Innovation
Berat Bersih 4g
Harga (MSRP) 70,000-an
Jumlah Warna 14 Warna (dengan warna baru Earthy Collection)
Pembelian Produk ini bisa dibeli di: SHOPEE, LAZADA, TOKOPEDIA, dan WATSONS.

Hampir 5 tahun muncul, berjaya di tahun 2016-2018, sampai detik ini lip cream masih banyak banget peminatnya. Setelah berhasil bikin gebrakan dengan merilis seri Instaperfect by Wardah, Wardah Beauty sekarang merilis produk baru mereka yaitu Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse!

Oh ya, Lippielust kembali diberikan kepercayaan oleh Wardah untuk membuat official swatches produk Velvet Matte Lip Mousse sehingga produk-produk ini udah kami tes di Lippielust HQ sejak hampir dua bulan lalu. Makanya, di awal bulan Agustus foto-foto swatches udah mulai bertebaran dimana-mana: online shops, komunitas beauty, dll. Nantinya foto-foto swatches yang Lippielust buat akan dibuat katalog printed dan digital oleh Wardah.

Baca juga review produk-produk Wardah lainnya:

ABOUT COLORFIT SERIES

Colorfit is all about colors that fits for all.

Kalau dilihat dari namanya, Wardah ‘Colorfit’ Velvet Matte Lip Mousse ini adalah rangkaian terbaru dan berbeda dari seri lainnya. Colorfit ini adalah rangkaian daily makeup color yang fokus di lip and face colors. Kalau sebelumnya kita udah kenal sama series dari Wardah seperti Lightening, EyExpert, Exclusive, dan Everyday series, Colorfit ini lebih terasa ‘anak muda banget’, judging from the colors dan juga campaign2-nya di Instagram.

Jadi….. kalau gitu….. bakal ada produk-produk lain dari seri ini dong? Ada. Tungguin aja yaa!

 PACKAGING & DESIGN

The packaging is pretty simple! Produk ini gak punya box karton, hanya dibungkus plastik. Keterangan produk dibuat sebagai stiker dan juga sebagai sealer di bagian dalam.

Ada dua lapisan stiker di dalamnya. Stiker pertama berisi nama produk, barcodes, nama shade, nomor BPOM, Expiry date, dan batch number. Stiker dibaliknya berisi Ingredients list dan keterangan produsen (PT. Paragon Technology and Innovation).

Untuk bahan botolnya sendiri dari plastik yang full color. Setiap botolnya memiliki warna yang sama dengan warna produk di dalamnya. Jadi gak usah bingung lagi deh kalau milih warna. 😉

Di bagian badan botol ada tulisan Velvet Matte Lip Mousse dan di sisi lain ada logo Wardah Colorfit, untuk menandakan bahwa produk ini adalah bagian dari seri Colorfit.

Desain Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse ini mirip sama produk Korea 3CE lip cream dan Velvet Matte Cream Lip Stain-nya Victoria’s Secret, juga Shannen yang sama-sama lokal. But again, this is not an original idea karena banyak juga merk lain yang udah pakai konsep seperti ini. Tapi kalau soal formula, keempat produk ini punya formula yang berbeda.

Untuk bagian aplikatornya, Wardah Colorfit Velvet Matte memiliki aplikator standar seperti Exclusive Lip Cream.

 INGREDIENTS LIST

Nah, ini dia Ingredients List-nya! Aku ambil dari stiker di bagian botolnya ya..

Seperti yang bisa kita lihat, produk ini Paraben-free, Sulfate-free, Alcohol-free, EU Allergen-Free, dan Fungal Acne (Malassezia) Safe.

* EU Allergen Free : tidak mengandung 26 bahan kosmetik yang bisa memicu alergi sesuai dengan SCCS (EU Scientific Committee on Consumer Safety).

* Fungal Acne (Malassezia) Safe : biasanya ini terjadi untuk kosmetik wajah, tapi who knows, banyak juga yang dapet jerawat di bagian bibir termasuk aku beberapa waktu lalu. Fungal Acne (Malassezia) ini berbentuk jerawat tapi disebabkan oleh jamur (bukan bakteri). Ada beberapa bahan yang bisa memicu Malassezia, seperti: fatty acids, oil, esters, dan juga bahan yang difermentasi.

Produk ini memiliki kandungan Vitamin E (Tocopheryl Acetate dan Tocopherol) yang baik dalam menutrisi bibir dan juga baik untuk kulit yang kering.

FORMULA, TEXTURE, FINISH

Sekarang, yuk kita ngobrolin soal formulanya. To be honest, formula Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse ini bukan formula yang baru, tapi yang pasti formula seperti ini memang baru di Wardah. Kalau dulu ada Wardah Exclusive Lip Cream yang sempat 2x ganti formula dan masih jadi kesayangan banyak orang, sekarang Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse sangat terasa berbeda. Gak cuma warnanya, formulanya juga.

Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse memiliki formula cream mendekati mousse. Setelah diaplikasikan, kita bisa rasakan kalau formulanya terasa sangat creamy dan lembut di bibir. Pigmentasinya gimana? Semua warnanya memiliki pigmentasi yang baik. Sesuai namanya ‘velvet‘, produk ini memiliki hasil akhir seperti velvet-powdery yang terasa seperti tekstur ‘bedak’ setelah settle di bibir. Hasil akhirnya adalah blurry effect / soft focus lips, tidak seperti matte lip cream kebanyakan yang benar-benar menutupi 100% permukaan bibir. One good thing about velvety finish lip cream: garis-garis bibir tidak terlihat dengan jelas sehingga memberikan efek bibir penuh secara natural. Produk ini akan mengering jadi matte dalam hitungan kurang dari 1 menit, pada awalnya produk ini tidak akan 100% transferproof tapi setelah beberapa lama stay di bibir, produknya akan menjadi transferproof.

One important tip: always make sure that your lips are not chapped / dry. Produk ini bisa mengaksentuasi kulit kering di bibirmu sehingga terlihat jelas. Jika ada warnanya dirasa kurang rata, kamu bisa ratakan dengan jari. Caranya: tunggu sampai setengah kering lalu tap-tap dengan menggunakan jari.

Aku beberapa kali mencoba produk ini untuk diaplikasikan di bagian pipi dan rasanya seperti produk Pixy Twin Blush, salah satu produk cream blush lokal yang aku suka. Ketika produknya diratakan di pipi rasanya seperti melting dan berubah menjadi powder, sehingga proses pengaplikasiannya pun jadi terasa mudah.

Kering gak sih di bibir? NOPE. Aku gak ngerasain kalau produk ini gak bikin kering sama sekali. Alasan pertama mungkin karena produk ini gak staining. Jadi kalau dihapus dengan menggunakan makeup remover warnanya akan terangkat 100%. Alasan kedua karena warnanya tidak benar-benar 100% pigmented, sehingga memberikan ruang untuk pori-pori bibir untuk ‘bernapas’ dengan baik.

Oh ya, produk ini memiliki wangi standar lip cream ya, gak terlalu kuat juga. Masih aman!

COLOR VARIATION

After all, the strong point from this product is the colors. Makanya, warna-warnanya terasa ‘anak muda’ banget, colorful & fun.

Ada 8 Pilihan Warna:

  • 01 BROWN DREAMER (pinky brown nude) ❤️
  • 02 JOYFUL ORANGE (bright coral-orange) karena warna ini memiliki hint pink, jadi di sebagian orang bisa jadi warna pinknya lebih kuat ya!
  • 03 ROSE BALLERINA (rosy watermelon pink)
  • 04 PINK SWEETHEART (pink mauve) ❤️
  • 05 ARTISAN MAUVE (reddish mauve-brown) ❤️
  • 06 FUCHSIA LOVER (bright fuchsia pink)
  • 07 RED PIONEER (bright red) ❤️
  • 08 BROWN CREATOR (honey brown)

Warna yang paling aku sukai aku tandai dengan (❤️).

My favorite Ombre combo:

  • 01 Brown Dreamer + 06 Fuchsia Lover
  • 03 Rose Ballerina + 07 Red Pioneer
  • 01 Brown Dreamer + 07 Red Pioneer

My favorite soft focus color:

  • 02 Joyful Orange (hey, what a surprise!)
  • 03 Rose Ballerina
  • 05 Artisan Mauve
  • 07 Red Pioneer

Oh ya, kalau kalian lebih suka aplikasi tipis-tipis ataupun ombre ala Korea, produk ini cocok banget buat selera kalian.  Karena hasil akhirnya akan menjadi soft focus / blurred effect lips, tidak 100% pigmented, maka tampilannya akan terlihat lebih natural karena warnanya akan bercampur dengan warna asli bibir.

Nah, untuk Soft focus / blurred effect lips style, aku lebih memilih warna-warna vibrant karena memang keliatan bagus banget kalau dipake tipis-tipis di bibir. 😉

How to Make Soft-Focus / Blurred Effect Lips Style Ala Korea:

Ambil produk secukupnya dari botol dan aplikasikan dengan cara tap-tap sedikit di bagian bawah bibir. Setelah itu ratakan dengan menggunakan jari sampai warnanya terlihat membaur dengan warna asli bibir. Soft Focus / Blurred Effect Lips Style sangat digemari oleh pencinta lipstik yang menyukai tampilan lipstik natural / warnanya tidak terlalu kuat.

STAYING POWER

Untuk performa ketahanannya, produk ini bisa stay sekitar 4-6 jam tergantung kegiatan kalian. Kalau dipakai makan, sudah pasti akan luntur ya. 😉

PRICE & WHERE TO BUY

Harga official dari Wardah adalah 73,000,- untuk 4g produk. Kalian bisa beli di: SHOPEE, LAZADA, TOKOPEDIA, dan WATSONS.

SWATCHES

LIPPIERATING

*link ini merupakan affiliate link

More Reviews You'll Love