[Swatches & Review] Fanbo Cosmetics Perfect Matte Lip Cream, Perfect Pairs Lip & Cheek, Perfect Pairs Lip & Eye, Choco Rush Lip Cream

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 9227 views

FANBO Cosmetics adalah brand lokal yang cukup familiar bagi Lippielust, walaupun sebelumnya aku gak pernah swatch sama sekali produk-produknya. Yang menarik, banyak banget Lippielusters yang request aku untuk swatch salah satu produknya: Choco Rush Lip Cream. Karena akhirnya beli di Official Shop Fanbo Cosmetics, akhirnya aku memutuskan untuk beli semua liquid-based lipsticknya Fanbo karena penasaran perbedaan dari produk-produk ini.

So, this is is! The entire review post dedicated to Fanbo Cosmetics!

Fanbo Perfect Matte Lip Cream

Jadi ada 3 jenis produk dari Perfect series ini: Perfect Matte Lip Cream, Perfect Pairs Lip & Eye, dan Perfect Pairs Lip & Cheek. Yang akan aku bahas duluan adalah Perfect Matte Lip Cream.

Nama Produk FANBO PERFECT MATTE LIP CREAM
Diproduksi oleh Intercosmetic Asia Pacific Sdn. Bhd., – Selangor Darul Ehsan, Malaysia
Berat Bersih 5,8ml
Harga Harga Official: 75,300 Rupiah. Lippielust beli di Official Fanbo Shop di Shopee
Jumlah Warna 5 Warna
Pembelian Online (Marketplace) & Offline

Fanbo Perfect Matte Lip Cream dikemas dalam botol plastik yang ramping dan terlihat kecil. Namun setelah dicek, ternyata isinya malah lebih banyak: 5,8ml dibandingkan seri Perfect Pairs yang hanya berisi 4,5gr aja.

INGREDIENTS LIST:

Isododecane, Octyldodecanol, Dicalcium Phosphate, Hydrogenated Styrene/Isoprene Copolymer, Strearalkonium Hectorite, Sesamum Indicum Seed, Aqua, Melia Azadirachta Seed Oil, Silica, Boswellia Serrata Oil.

Ternyata produk ini punya minimal ingredients (memiliki kurang dari 15 jenis bahan baku) dan tidak mengandung Paraben, Sulfate, Alcohol, dan Silicon.

FORMULA:

Untuk formulanya, Fanbo Perfect Matte Lip Cream punya formula yang creamy dan lumayan kental, dan punya hasil akhir transferproof matte. Sayangnya, menurutku produk ini gak konsisten kalau soal pigmentasi. Warna-warna seperti 01 Dramatic Red dan 04 Warm Latte bisa rata tanpa banyak usaha sedangkan warna sisanya agak sulit untuk diratakan di bibir. Sepertinya sih, faktor warna yang vivid memengaruhi konsistensi formulanya ini. Seperti yang kita tahu, warna-warna vivid seperti bright pink, coral, dan warm nude kadang agak susah disebar dan diratakan di bibir.

Oh ya, produk ini punya wangi ya. Tapi wanginya gak terlalu kuat dan lama kelamaan bisa hilang setelah produknya nge-set jadi transferproof matte.

COLORS:

Dari kelima warnanya, ada dua warna yang paling aku suka! Aku tandai dengan ❤️ ya.

  • 01 DRAMATIC RED – ❤️
  • 02 UPBEAT FUCHSIA
  • 03 CHEERFUL PINK
  • 04 WARM LATTE – ❤️
  • 05 DEFINED NUDE

STAYING POWER:

Walaupun klaimnya tidak bikin bibir kering, aku rasa karena sifatnya yang transferproof dan teksturnya yang ‘terasa’ di bibir, rasanya jika dipakai berlama-lama tetap bikin bibir kering. Hands down produk ini bisa stay lama banget, bahkan sampai lebih dari 6 jam tanpa makan tapi setelah jam-jam terakhir bibir rasanya kering. Menurutku, itu artinya udah saatnya kita ‘istirahatkan’ bibir dengan cara hapus lip creamnya dan apply lip balm beberapa menit, lalu apply lagi produknya jika memang perlu.

WHERE TO BUY:

Official Fanbo Shop di Shopee

CONCLUSION:

Dari kelima warnanya, aku merekomendasikan 2 warna (01 Dramatic Red) dan (04 Warm Latte) karena konsistensi formulanya yang sangat baik, apalagi untuk kamu yang punya warna bibir gelap. Produk ini mengandung oil, jadi membantu banget supaya bibir tetap moist walaupun setelah beberapa jam bibir perlu diistirahatkan karena mulai terasa kasar dan kering.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rissa • Lippielust.com (@lippielust) on

Fanbo Perfect Pairs Lip and Eye & Lip and Cheek

Nama Produk FANBO PERFECT PAIRS LIP AND EYE / PERFECT PAIRS LIP AND CHEEK
Diproduksi oleh FABINDO SEJAHTERA, PT – Kota Adm Jakarta Barat, Dki Jakarta
Berat Bersih 4,5 gr
Harga Harga Official: 68,500 Rupiah. Lippielust beli di Official Fanbo Shop di Shopee
Jumlah Warna 3 warna Perfect Pairs Lip and Cheek dan 4 warna Perfect Pairs Lip & Eye
Pembelian Online (Marketplace) & Offline

Berbeda dari Perfect Matte Lip Cream, kedua produk ini ditargetkan untuk jadi produk multifungsi yang bisa diaplikasikan di daerah mata / pipi dan juga bibir. Dan berbeda pula dari Perfect Matte Lip Cream, Perfect Pairs Lip & Eye dan Lip & Cheek ini diproduksi oleh perusahaan Fanbo sendiri, yaitu PT. Fabindo Sejahtera makanya harganya pun lebih murah!

Too bad semua plastik / kemasan luar dari produk Perfect Pairs ini udah hilang entah kemana jadi mohon maaf ya, aku gak bisa infokan Ingredients list-nya.

FORMULA PERFECT PAIRS LIP AND CHEEK:

Untuk Perfect Pairs Lip and Cheek, Fanbo memberikan 3 pilihan warna yang kesemuanya adalah matte. Produknya sendiri memiliki formula yang lumayan cair dan masih bisa transfer (tidak 100% transferproof) sehingga bisa memudahkan kita mengaplikasikan produk ini di pipi tanpa takut diburu waktu.

UNTUK PIPI:

Jujur menurutku produk ini jauh lebih terasa nyaman ketika diaplikasikan sebagai cheek color. Formulanya yang liquid memudahkan aku untuk meratakan warnanya di pipi. Warnanya lumayan opaque dan kalau terlalu banyak bisa keliatan tebal. Aku sarankan, maksimal 3-4 dot ditempel ke pipi dengan menggunakan doe-foot applicator-nya lalu ratakan dengan menggunakan sponge supaya hasilnya lebih flawless.

UNTUK BIBIR:

Produk ini memiliki pigmentasi medium-to-high, dengan catatan, pigmentasinya akan terlihat medium pada layer pertama dan bisa kamu build-up setelah setengah kering untuk dapatkan high coverage. Aku pribadi lebih suka kalau diaplikasikan satu layer aja, supaya warnanya tetap terlihat natural karena bercampur dengan warna asli bibir.

COLORS:

Ada 3 pilihan warna Perfect Pairs Lip and Cheek:

  • 01 CUDDLING NUDE ❤️
  • 02 PLAYFUL KISS
  • 03 ROMANTIC RED

Warna yang paling aku sarankan untuk kamu coba adalah 01 Cuddling Nude apalagi kalau kamu suka sama no makeup makeup look. Warna ini bagus banget di bibir dan bagus juga di pipi.

STAYING POWER:

Untuk daya tahannya, produk ini gak terlalu begitu tahan lama di bibir (sekitar 4-5 jam) tapi bisa tahan lumayan lama di pipi (sekitar 6-8 jam). Bukan hal baru sih, karena biasanya jika diaplikasikan di bibir kita biasa makan, minum, bahkan bicara sehingga tampilannya pun tidak akan sesempurna di awal aplikasi. Apalagi jika diaplikasikan di pipi dan di-set dengan menggunakan setting powder lalu setting spray setelahnya. Aku jamin warnanya bisa tahan lebih lama lagi. 😉

WHERE TO BUY:

Official Fanbo Shop di Shopee

SWATCHES:

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rissa • Lippielust.com (@lippielust) on

FORMULA PERFECT PAIRS LIP AND EYE:

Jujur guys, aku lebih suka varian ini dibandingkan varian Perfect Pairs Lip and Cheek untuk diaplikasikan di bibir. Formula Perfect Pairs Lip and Eye jauh lebih terasa creamy dan pigmentasinya pun bisa dibilang lebih baik. Warna-warnanya sendiri memiliki shimmer yang gak terlalu keliatan ‘ngejreng‘ di bibir tidak seperti metallic, cukup untuk memberikan kesan shine natural.

Pernah satu kali aku coba Perfect Pairs Lip and Eye nomor 01 Garden Party di area pipi dan hasilnya gak kalah bagus! Karena produk ini punya shimmer, jadi hasilnya pun seperti kita pakai highlighter yang terlihat subtle dan memberikan efek natural healthy blush.

UNTUK MATA:

Jika diaplikasikan di area mata, formulanya tidak seperti ‘berpasir’. Bahkan kamu gak akan merasakan kalau formulanya mengandung shimmer ketika proses aplikasi, kecuali tampilan akhirnya. Produk ini menurutku mudah banget di-blend dan cepet nge-set.

UNTUK BIBIR:

Jika diaplikasikan di bibir, warna shimmer-nya akan terlihat lebih jelas dibandingkan jika diaplikasikan di mata. Walaupun begitu, tampilannya tidak seperti lipstik metalik, malah menurutku lebih terlihat seperti lipstik klasik. Sayangnya, berbeda dari Perfect Pairs Lip and Cheek yang bisa menyamarkan garis-garis bibir, karena formulanya yang mengandung shimmer inilah garis-garis bibir jadi terlihat.

COLORS:

Ada 4 pilihan warna Perfect Pairs Lip and Cheek:

  • 01 FLIRTY DINNER ?
  • 02 GARDEN PARTY ?️
  • 03 DANCING QUEEN ?️ ?
  • 04 PROM NIGHT ?️ ?

?: rekomendasi aku untuk pengaplikasian di bibir. ?️: rekomendasi untuk pengaplikasian di mata. Warna yang paling aku suka? Untuk mata, aku suka warna 03 Dancing Queen dan 02 Garden Party. Sedangkan untuk di bibir, aku suka 03 Dancing Queen.

STAYING POWER:

Daya tahan Fanbo Perfect Pairs Lip and Eye ini kurang lebih sama dengan Perfect Pairs Lip and Cheek. Untukku, karena area kelopak mataku jarang berminyak maka warnanya bisa stay lebih lama di kelopak mata.

WHERE TO BUY:

Official Fanbo Shop di Shopee

CONCLUSION:

Salah satu produk Fanbo yang wajib kalian coba nih! Produk ini dijual dengan harga yang relatif terjangkau dan kualitasnya pun baik. Warna-warna yang ditawarkan pun udah cukup universal, mulai dari nude, pink, dan merah. Bahkan untuk Lip and Eye, Fanbo menambahkan satu warna plum (keunguan) untuk tampilan mata yang lebih dramatis.

SWATCHES:

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rissa • Lippielust.com (@lippielust) on

Fanbo Choco Rush Lip Cream

Nama Produk FANBO CHOCO RUSH LIP CREAM
Diproduksi oleh FABINDO SEJAHTERA, PT – Kota Adm Jakarta Barat, Dki Jakarta
Berat Bersih 5 gr
Harga Harga Official: 51,000 Rupiah. Lippielust beli di Official Fanbo Shop di Shopee
Jumlah Warna 5 warna
Pembelian Online (Marketplace) & Offline

Yang terakhir adalah produk yang paling banyak di-request: Fanbo Choco Rush Lip Cream!

Fanbo Choco Rush Lip Cream ini sepertinya terinspirasi dari fall / autumn makeup, makanya warna-warnanya pun memiliki earthy-tones (walaupun namanya ‘Choco’ tapi warna-warnanya gak cuma coklat, ya!).

Berbeda dari produk Fanbo lain yang udah aku review di atas, Choco Rush Lip Cream punya tube paling bongsor (besar). Tube-nya yang cantik berbahan akrilik dengan tutup berwarna pink muda, seperti mengisyaratkan kalau produk ini memang dipasarkan untuk kamu-kamu yang masih berusia muda dan udah suka sama lip cream. 😉

INGREDIENTS LIST:

Isododecane, Ozokerite, Boron Nitride, Silica, Cyclopentasiloxane, Beeswax, Diisostearyl Malate, Trimethylsiloxysilicate, Octyldodecyl Oleate, Dimethicone, VP/Hexadecene Copolymer, Phenoxyethanol, Disteardimonium Hectorite, Triethylhexanoin, Tocopheryl Acetate, Dimethicone Crosspolymer, Methylparaben, Propylene Carbonate, BHT, Glyceryl Isostearate, Polyglyceryl-2 Oleate, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Propylparaben, Sorbitan Stearate, Cyclotetrasiloxane, Dimethiconol, Tocopherol.

FORMULA CHOCO RUSH LIP CREAM:

Satu-satunya hal yang paling aku sayangkan dan lebih baik jika aku tuliskan di awal: aku gak suka sama baunya. Fanbo Choco Rush Lip Cream memiliki bau chemical yang lumayan kuat. Untuk formulanya sendiri, aku suka banget! Formulanya cair tapi punya pigmentasi yang benar-benar baik. Warnanya bisa diratakan dengan sempurna tanpa repot.

Oh ya, Choco Rush memiliki aplikator yang berbeda dibandingkan produk-produk lainnya. Produk ini memiliki aplikator doe-foot yang panjang, pipih, berserabut yang fleksibel sehingga memudahkan kita dalam proses aplikasi. Inilah salah satu faktor kenapa Choco Rush bisa diratakan dengan baik di bibir, karena semakin cair formulanya, akan lebih baik jika aplikatornya dibuat panjang dan pipih. My experience told me that, haha!

Karena formulanya yang cair inilah maka teksturnya di bibir terasa lembut dan sangat ringan. Jika dibandingkan dengan pendahulunya Perfect Matte Lip Cream, aku rasa produk ini memiliki kualitas formula yang paling baik untuk seri lip cream-nya.

Hasil akhirnya adalah matte, semi transferproof. Maksudnya, produk akan stay di bibir tapi masih bisa transfer walaupun gak banyak.

COLORS:

Ada 5 pilihan warna Choco Rush:

  • 01 IT’S AMBERDAY (deep burnt orange) ❤️
  • 02 ROUGE IN MINUTE (warm orange-ish pink) ❤️
  • 03 HONEY MONTH (warm orange pink)
  • 04 SCARLET WEEK (warm mauve pink) ❤️
  • 05 DURING SEPIA HOUR (deep muted plum)

❤️ Warna favoritku.

STAYING POWER:

Daya tahan Fanbo Choco Rush bisa dibilang sedikit lebih baik dibandingkan Perfect Pairs Lip and Eye maupun Lip and Cheek. Aku coba pakai lebih dari 7 jam khusus untuk warna It’s Amberday dan 05 During Sepia Hour warnanya masih terlihat baik walaupun tidak sebaik ketika awal aplikasi. Kapan waktu yang tepat untuk retouch? Kalau kalian pakai lip cream ini ketika makan makanan berminyak, udah bisa dipastikan kalian harus retouch karena warnanya akan luntur apalagi di bagian dalam bibir.

WHERE TO BUY:

Official Fanbo Shop di Shopee

CONCLUSION:

Produk Fanbo Choco Rush ini menurutku adalah produk terbaik dari Fanbo untuk kelas lip cream. Formulanya yang cair dan hasil akhir yang tidak 100% transferproof membuat produk ini jadi salah satu produk lip cream ternyaman buatku. Tidak membuat kering bibir, ringan, dan tidak mengaksentuasi garis-garis bibir. Dengan harga yang relatif murah (51,000 rupiah aja), produk ini masuk ke dalam list produk yang wajib untuk kamu coba di tahun ini.

Hanya ada satu kekurangannya: baunya yang chemical cukup kuat di hidung dan lumayan mengganggu. Tapi baunya akan sedikit demi sedikit menghilang bersamaan dengan proses mengeringnya produk ini menjadi matte.

SWATCHES:

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rissa • Lippielust.com (@lippielust) on

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.