[Swatches & Review] Masami Powder Puff Velvet Tint

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 7538 views

Hello again with another review!

Pasti kamu udah tau dong brand MASAMI? Kalau kalian bingung, MASAMI adalah brand yang sama dengan MASAMI SHOUKO. MASAMI SHOUKO adalah brand cosmetics tool (brushes) asal Jepang yang sudah eksis dari tahun 1989 dan dibawa masuk ke Indonesia oleh KAY Collection. Siapa sih yang gak tau premium cosmetics store ini?

Kalau kalian perhatikan, pasti deh bisa lihat perbedaan dari logonya MASAMI dengan MASAMI SHOUKO. Aku gak tau perbedaannya apa tapi sepertinya MASAMI rebranding dari mulai nama sampai desain logonya. Aku sih YES sama konsep MASAMI yang baru. Walaupun MASAMI SHOUKO punya logo yang lucu juga, aku lebih suka sama logo MASAMI yang sekarang karena lebih terasa elegan dan modern.

Tapi guys, disini kita gak akan bahas lebih jauh soal transformasi dari MASAMI. Aku hanya akan bahas tentang produk yang selama ini jadi favoritku, since the day I got the product and tried it for the first time: MASAMI Powder Puff Velvet Tint. Sebenernya produk ini bukan produk baru, setelah aku cek di website BPOM, ternyata produk ini udah didaftarkan dari akhir 2018 lalu dan ada 5 warna. Entah memang ternyata yang dirilis hanya 3 warna atau 2 warna tambahan lainnya akan dirilis menyusul? I have no idea.

Penasaran kan seperti apa formulanya? Yuk lanjut baca!

Nama Produk MASAMI POWDER PUFF VELVET TINT
Diproduksi oleh G&I Cosmetic, – Bucheon Si, Gyeonggi-do, South Korea
Berat Bersih 2,5gr
Harga Harga Official: 155,000 Rupiah. Bisa dibeli di Shopee atau Tokopedia.
Jumlah Warna 3 Warna
Pembelian Online & Offline (KAY Collection)

✨ Design & Packaging

Pas pertama kali lihat desain packagingnya yang berwarna hitam dan minimalis, juga bentuknya yang ramping, aku langsung penasaran seperti apa isi produknya. Dan ya, produknya berbentuk seperti pen dengan clicker di bagian bawah. Kalau dilihat, bentuknya ini mirip sama produk dari Make Over (Cliquematte Lip Stylo) dilihat dari warna dan list warna di bagian badan botolnya. Tapi tidak seperti Make Over Cliquematte Lip Stylo, MASAMI Powder Puff Lip Tint ini punya aplikator sponge dan bukan berbentuk lipstik padat.

Konsep dengan aplikator sponge ini mengingatkanku pada produk Revlon Kiss Cushion Lip Tint dan Maybelline Instant Rewind Age Concealer yang sampai sekarang aku masih pakai karena membantu banget menyebarkan produk dengan baik tanpa takut terbuang / kebanyakan. Bedanya, untuk mengeluarkan produknya, MASAMI Powder Puff Velvet Tint ini perlu di-klik bukan diputar seperti kedua produk tadi.

Perlu kesabaran ketika aku coba produknya agar keluar dari pori-pori sponge, karena memakan waktu cukup lama (sekitar 1 menit). Setelah produk akhirnya keluar, jangan sampai kebanyakan ya karena bisa mengotori bagian tutup dan leher pen ketika disimpan.

Di bagian badan pen ada logo MASAMI, nama produk, serta nama shade-nya. Jadi walaupun kamu belum hapal betul sama warna di dalamnya, kamu masih bisa baca nama shade-nya.

✨ Ingredients

Dimethicone, Dimethicone Vinyl/Dimethicone Crosspolymer, Synthetic Fluorphlogophite, Propylene Glycol, Water, Polyglyceryl-2 Isostearate, Cyclopentasiloxane, Trimethylsiloxysilicate, Isododecane, Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone, Polymethyl Methacrylate, 1,2 – Hexanediol Polymethylsilsesquioxane, VP/Hexadecene Copolymer, Sorbitan Sesquioleate, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Disteardimonium Hectorite, Silica Dimethyl Silylate, Palmitic Acid, Fragrance, Stearic Acid, Propylene Carbonate, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Tocopheryl Acetate, Butylene Glycol, Pearl Extract, Houttuyna Cordata Extract, Phaseolus Radiatus Seed Extract, Glycerin.

Sesuai dengan analisis main ingredients MASAMI Powder Puff Velvet Tint, produk ini tidak mengandung Paraben, Sulfate, dan Alcohol.

Ada beberapa ingredients yang cukup asing buatku, diantaranya adalah Houttuyna Cordata Extract (Chameleon plant atau tanaman amis-amisan kalau di Indonesia namanya). Lalu apa benefitnya? Houttuyna Cordata Extract mengandung  anti-inflammatory, antioxidant dan antibacterial properties yang baik untuk kulit.

Selain itu, ada pula Phaseolus Radiatus Seed Extract. Setelah googling, ternyata ini kacang hijauh guys! hahaha.. Oh I wish I understand chemistry more! Jadi apa sih fungsinya? Fungsinya adalah untuk skin conditioning, nourishing, dan wound healing.

MASAMI sendiri mengatakan kalau produk Powder Puff Velvet Tint ini mengandung moisture-coated powder untuk menghasilkan velvety, powder-like finish seperti namanya.

✨ Formula, Texture, Finish

Now onto the most important thing: how is the formula?

Formulanya cukup unik: thick cream yang kalau diratakan akan terasa seperti saat kita menyentuh bedak. Get what I mean? Ketika diaplikasikan, warnanya yang keluar sudah otomatis diratakan oleh sponge-nya, simple banget sih sebenernya. Pigmentasinya sendiri medium-full coverage, bebas mau aplikasikan tipis-tipis aja seperti ombré, Korean bitten lips style, atau gradasi, ataupun full coverage. Pigmentasinya bisa diatur sesuai dengan keinginan kamu.

Poin pentingnya adalah: produk ini memiliki dua finish. Pertama hasil akhirnya adalah velvet matte yang terasa seperti powder, dan setelah lama kelamaan akan meninggalkan stain. Jujur deh, produk ini nge-stain banget apalagi warna merahnya (Strawberry Shortcake) sampai-sampai ketika aku swatch, warna stain-nya masih anteng di bibir dan tanganku sampai keesokan harinya!

Powder Puff Velvet Tint ini semi transferproof ya, dia gak akan geser tapi masih bisa transfer walaupun gak banyak.

Aku suka formulanya karena rasanya ringan banget bahkan gak kayak pakai lipstik sama sekali. Produk gak mengaksentuasi garis-garis bibir, tapi bisa bikin bibir yang pecah-pecah jadi keliatan jelas. Ini sih udah pasti harus treatment bibirnya dulu ya, bukan salah lipstiknya. 😉 Ketika lama dipakai dan mulai staining, warnanya akan berubah jadi lebih gelap, tergantung warna kulit asli bibir kamu. Untuk warna Strawberry Shortcake, warna merahnya nempel banget bahkan ketika lapisan lipstiknya hilang pun, warna stain-nya tetep keliatan merah banget.

Produk ini punya wangi, tapi gak kuat. Jadi gak mengganggu.

✨ Shades

MASAMI Powder Puff Velvet Tint punya 3 warna pilihan:

  • SASSY CLASSY – pinkish nude (+ stain)
  • FLORAL CORAL – coral pink (++ stain)
  • STRAWBERRY SHORTCAKE – red (+++ stain)

+ menggambarkan seberapa kuat stain-nya di bibir.

MAAF! Aku gak bisa pilih warna mana yang paling aku favoritkan karena sampai saat ini, aku lagi rutin pakai ketiganya kalau lagi gak ada jadwal foto swatch (karena sifatnya yang staining tadi bikin repot kalau aku harus foto swatch). Tapi kalau rekomendasi, aku rekomendasikan warna Sassy Classy untuk kalian yang suka tampilan bibir MLBB (warna nude), Floral Coral untuk yang suka warna coral dan gaya lipstik korea seperti ombré atau Korean bitten lips, dan warna Strawberry Shortcake untuk yang suka ombré atau tampilan yang lebih bold dan stain seharian!

✨ Staying Power & Performance

Untuk daya tahannya, Powder Puff Velvet Tint dengan finish velvety-matte bisa tahan sampai 6-7 jam sedangkan sisanya stain-nya yang tinggal bahkan lebih dari 12 jam. Untuk warna Strawberry Shortcake, daya tahan stainnya malah bisa sampai 24 jam. So yes, this does stay that long.

Staying powernya memang amazing, tapi bikin bibir kering gak? Ok here’s the thing: aku gak pernah sering pakai lip stain yang tahan begitu lama apalagi sampai 24 jam karena bibir mulai terasa kering setelah dibersihkan. Nah, produk ini pun ngasih efek yang sama apalagi jika pakai warna Strawberry Shortcake dan aku retouch terus-terusan seharian supaya warnanya tetap ‘on’ sehingga pigmen warna semakin ‘menumpuk’ di kulit bibir dan makin susah untuk dibersihkan. Saranku: selalu rutin minum air putih dan pakai lip balm sebelum tidur jika pada siang harinya kamu pakai produk ini, karena biasanya rasa keringnya muncul setelah produk dibersihkan dari bibir (dan hanya stain-nya yang tinggal). Dengan cara ini, aku rasa stain sisanya lebih mudah dibersihkan di pagi hari ketika kita lakukan AM Skincare routine, dan bibir tidak terasa kering sama sekali. 😉

✨ Price & Where to Buy

155,000,- untuk 2,5gr produk. Bisa dibeli di Official Shop KAY COLLECTION di Shopee.

✨ Swatches

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rissa • Lippielust.com (@lippielust) on

✨ Lippierating

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.