[Swatches & Review] Wardah Colorfit Ultralight Matte Lipstick

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 22273 views

New year, new spirit! Happy 2020 guys, I hope this year will be whatever year you want — in a positive way!

Untuk review pertama di tahun 2020 ini ada Wardah Colorfit Ultralight Matte Lipstick, produk yang sebetulnya udah dirilis di akhir tahun 2019 lalu. Oh ya, sebagai informasi tambahan, aku udah tau tentang produk ini dan udah cobain dari sekitar hampir dua bulanan yang lalu tapi karena aku dan Lippielust Team sedang sibuk-sibuknya pindahan maka review dan swatchesnya pun baru bisa selesai di bulan Januari ini. Semoga gak terlalu terlambat ya untuk reviewnya. 🤗

So, without further ado, let’s start the review!

Packaging

Produk satu ini berbentuk bullet lipstick dengan packaging yang menurutku menarik: tutupnya memiliki warna yang mengikuti warna lipstik di dalamnya. Walaupun gak begitu mirip, but at least to me it kinda helps! Karena di tutupnya gak ada nama warnanya, hanya logo Wardah dan nama produknya, jadi si tutupnya ini membantu aku untuk mengidentifikasi warna lipstiknya.

Tutup lipstiknya terbuat dari plastik dengan finishing frosted / doff, sedangkan containernya berwarna silver dan terbuat dari plastik yang terasa sangat ringan. Containernya, to be honest, terlihat ringkih. Aku agak kecewa sih karena hal ini membuat lipstik ini terkesan ‘murah’. ?

Untuk box-nya, Wardah menggunakan karton tebal yang warna-warnanya disesuaikan juga dengan warna-warna lipstik di dalamnya. Di bagian muka, terdapat logo Wardah dengan aksen foil silver dan tulisan ‘colorfit ultralight matte lipstick’, di bagian belakang ada detail nama dan nomor shade, logo Wardah, juga nama produk. Di sisi kanan terdapat Ingredients list, netto (3,5gr), Barcode produk, QR Code untuk BPOM, juga keterangan produsen (PT. Paragon Technology and Innovation), sedangkan di sisi kiri terdapat deskripsi produk: “with Color Powder Pigments & Vitamin E” dan tulisan “ULTRA-LIGHTWEIGHT POWDERY MATTE”. Terakhir, ada keterangan nama dan nomor shade di bagian atas box.

Salah satu kekurangan dari produk ini adalah… lipstiknya mudah patah. Dari delapan warna yang aku punya, 2 diantaranya udah lepas dari dudukan container lipstiknya. Jadi, harus hati-hati ya guys!

Shades

Wardah mengeluarkan 8 (delapan) warna untuk seri Colorfit Ultralight ini. Warna-warnanya mencakup hampir semua warna favorit para pecinta lipstik Indonesia: nude, pink, red, dan brown. Untuk range warnanya sendiri lumayan universal sih menurutku karena ada 3 warna light, 3 warna medium, dan 2 warna dark.

  • 01 PARFAIT PINK adalah warna light soft pink
  • 02 SUMMER PEACH adalah warna light peachy orange
  • 03 CARAMEL NUDE adalah warna light warm brown nude
  • 04 MOCCA BROWN adalah warna medium brown nude ❤️
  • 05 BLOSSOM PINK adalah warna medium warm mauve pink ❤️
  • 06 PUNCH FUCHSIA adalah warna medium bright fuchsia pink
  • 07 CRIMSON RED adalah warna dark brownish red (lebih kuat warna merahnya) ❤️
  • 08 WOODSY BROWN adalah warna dark reddish brown (lebih kuat warna coklatnya) ❤️

❤️ =  warna favoritku.

Color Combo for Ombré:

  • 01 Parfait Pink (base) + 06 Punch Fuchsia (top)
  • 03 Caramel Nude (base) + 05 Blossom Pink (top)
  • 04 Mocca Brown (base) + 07 Crimson Red (top)

Ketiga color combo ini udah aku coba (kulitku warm-medium) dan aku suka ketiganya. Kalau kamu punya rekomendasi warna combo untuk ombre lainnya, silakan komen yaa!

Lippielust’s Recommendation:

  • FAIR-LIGHT SKINTONES: 01 Parfait Pink, 02 Summer Peach, 03 Caramel Nude
  • LIGHT-MEDIUM SKINTONES: 04 Mocca Brown, 05 Blossom Pink, 06 Punch Fuchsia
  • MEDIUM-DARK SKINTONES: 07 Crimson Red, 08 Woodsy Brown

Ingredients

Dimethicone, Isononyl Isononanoate, Ozokerite, Hydrogenated Polyisobutene, Dimethicone Crosspolymer, Hydrogenated Jojoba Oil, Phenyl Trimethicone, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Isohexadecane, Silica, Tridecyl Isostearyl Isostearate, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, BHT, Tocopheryl Acetate, Isopropyl Myristate, Fragrance, Isopropyl Titanium Triisostearate, Stearalkonium Hectorite, Propylene Carbonate, Polyhydroxystearic Acid, Tocopherol.

Sesuai dengan list bahan bakunya, produk ini Paraben-free, Sulfate-free, dan Alcohol-free. Produk ini juga mengandung Hydrogenated Jojoba Oil sebagai anti-inflammatory (baik untuk meredakan, mencegah, dan menyembuhkan bibir pecah-pecah, kering, juga melembutkan dan melembabkan kulit bibir. Vitamin E dan B-Complex dalam Jojoba Oil-lah yang berperan penting dalam hal ini.

Wardah Colorfit Ultralight Matte Lipstick is Paraben-free, Sulfate-free, Alcohol Free.

Satu hal yang aku sadari dari produk ini, Wardah mulai mengganti Paraben dengan Phenoxyethanol. Sebuah poin penting bagi para pecinta lipstik yang menghindari Paraben sebagai preservatives (pengawet), walaupun ini bukan produk pertama dari Wardah yang menggunakan Phenoxyethanol dan bukan Paraben.

Formula, Texture, Finish

Produk ini memiliki formula creamy-powdery dengan hasil akhir matte. Wardah mengklaim bahwa produk ini memiliki formula ultra-lightweight yang berarti sangat ringan ketika dipakai. Produk ini juga memiliki Color Powder Pigments yang berperan penting dalam memberikan powdery feel.

Apa sih maksud dari ‘Powdery feel’? Maksud dari Powdery feel adalah rasa seperti tekstur bedak tabur. Salah satu keunggulan dari lipstik dengan formula powdery ini adalah rasanya yang lembut dan ringan di bibir. Keunggulan lainnya adalah lipstik dengan formula powdery matte bisa menangkal cahaya lebih baik daripada lipstik dengan formula creamy matte. Itu artinya, less shiny — more matte!

Lipstik ini cukup mudah diaplikasikan sejak ulasan pertama, dan gak perlu berkali-kali ulas untuk dapatkan full coverage application. Kalau soal pigmentasi, aku rasa produk ini memiliki pigmentasi medium-full yang bisa diatur sesuai dengan selera kamu. Kalaupun diaplikasikan secara full, tampilannya di bibir terlihat seperti nge-blur (soft focus) dan gak ‘tegas’ seperti lipstik matte kebanyakan. Hal ini jadi salah satu keunggulan lipstik dengan formula powdery matte karena mengurangi tampilan garis-garis halus bibir sehingga bibir terlihat lebih penuh dan sehat.

Oh ya, produk ini menurutku punya staying power yang sangat baik untuk sekelas lipstik biasa . Hal ini dipengaruhi oleh formula powdery-nya yang cenderung lebih nempel di bibir. Ya meskipun gak bisa dibandingkan dengan daya tahan produk liquid lipstick, daya tahan produk ini menurutku cukup impresif. ❤️

Nyaman gak sih? Bikin kering gak sih? Jujur, aku selalu cocok sama lipstik dengan formula powdery matte karena memang nyaman banget di bibir. Ringan banget, tahan lama, gak banyak transfer, gak bikin kering, dan rasanya tipiiiis banget di bibir. Formula seperti ini menurutku ya ‘next level’ nya dalam dunia perlipstikan. Matte-nya bisa se-matte liquid lipstick, tapi punya feel senyaman lipstik biasa.

Staying Power

Wardah Colorfit Ultralight Matte Lipstick bisa tahan sekitar 7-8 jam tanpa makan makanan berminyak ya. Produk ini bisa transfer di gelas, sendok, atapun sedotan tapi transfernya gak sebanyak lipstik biasa. Very minimal transfer! Walaupun begitu, berbeda dari transferproof matte liquid lipstick, produk ini tetep gak transferproof dan bisa luntur ya. ?

Swatches

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rissa • Lippielust.com (@lippielust) on

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rissa • Lippielust.com (@lippielust) on

Price & Where to Buy

Kamu bisa beli produk ini di semua official shop Wardah Beauty secara online maupun offline, atau bisa juga dari toko-toko official resellers / distributors yang sudah tersebar seluruh Indonesia. MSRP (harga yang disarankan oleh Wardah) adalah 39,000 – 43,000 rupiah.

 Wardah Colorfit Ultralight Matte Lipstick Vs. Maybelline Powder Matte Lipstick Comparison

Banyak banget yang tanya “produk apa sih yang paling mirip dengan produk Wardah Colorfit Ultralight Matte Lipstick ini?” Menurutku produk ini mirip dengan produk Maybelline Powder Matte Lipstick. Mulai dari formula, texture, dan hasil akhirnya. Kamu pasti tau kan kalau aku juga suka sama lipstik satu ini?

Kalau ditanya lebih ringan mana, menurutku kalau diaplikasikan dalam 1-2 layer aja, lipstik Wardah ini terasa lebih ringan dibandingkan Maybelline Powder Matte apalagi ketika sudah diaplikasikan di bibir — rasanya seperti gak pake lipstik sama sekali. Tapi kalau soal pigmentasi, aku rasa Maybelline punya pigmentasi yang lebih baik dibandingkan Wardah, terutama untuk warna-warna gelapnya. Tapi untuk daya tahan, aku rasa kedua produk ini punya daya tahan yang seimbang. Sebenernya perbandingan antara kedua produk ini tipis banget, dan aku suka keduanya!

Lippierating

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

2 comments

Kasnur sabrina March 6, 2021 - 1:25 am

Kak emang kalau ada kandungan pengawet nya kenapa???
Terus jadi itu lipstik aman ga? Minusnya apa tentang kesehatan bibir kak????

Reply
Rissa Stellar March 20, 2021 - 6:48 pm

Justru menurutku produk kosmetik wajib memiliki kandungan pengawet agar produk bisa lebih tahan lama. Pengawet / preservatives membantu mencegah atau memperlambat pembusukan akibat bakteri dan jamur, memperlambat atau mencegah perubahan warna, rasa, atau tekstur. Kebayang gak kita pakai produk yang berjamur karena produk itu udah kedaluwarsa atau malah gak punya pengawet sama sekali? 😖 Maka dari itu ada expiry date (tanggal kedaluwarsa) dimana tanggal ini menentukan perkiraan kapan produk harus dibuang. Lipstik biasanya memiliki expiry date 12-36 bulan atau 1-3 tahun.

Reply

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.