[Swatches & Review] Hanasui Mattedorable: Lip Cream 25 Ribuan yang Sukses Bikin Jatuh Cinta

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 51513 views

Setelah post swatchesnya di Instagram, now it’s time for HANASUI Mattedorable review!

HANASUI adalah merk skincare dari PT. Eka Jaya International (EJI). Sering lihat produknya HANASUI gak sih di marketplace-marketplace atau mungkin supermarket di kotamu? Seperti misalnya Serum Whitening Gold, Egg White Mask, Naturgo Mask, daaaan masih banyak lagi lainnya. PT. Eka Jaya International ini memproduksi sendiri produk-produknya lho, termasuk produk yang akan aku review kali ini.

Aku belum pernah sih cobain maupun review produk-produk skincare-nya HANASUI. Kalau kamu udah pernah coba?

Kali ini aku gak akan ngomongin soal skincare-nya. HANASUI finally stepped up the game!  Di bulan ini, HANASUI secara resmi merambah ke dunia kosmetika. Produk makeup pertama HANASUI adalah Mattedorable Lip Cream, lip cream yang bikin aku tercengang dan terheran-heran.

Walaupun bukan produk lip cream lokal dengan harga murah pertama, tapi HANASUI ini bikin aku pengen nge-review langsung di blog. Alasannya sederhana: produk ini punya kualitas yang baik, high-quality and well-designed packaging, juga harga yang sangat murah. Penasaran kan seperti apa produknya? Yuk langsung aja dibaca reviewnya!

✨ About the Product

Hal pertama yang bikin aku suka sama produk ini adalah: botolnya. HANASUI Mattedorable Lip Cream memiliki botol yang lumayan ‘berat’. Sekilas terlihat seperti botol Perfect Matte Lip Coat-nya Dear Me Beauty dengan aksen gradasi di bagian bawah botol, tapi setelah disandingkan ternyata botolnya HANASUI MAttedorable Lip Cream ini terlihat lebih nge-pink. HANASUI Mattedorable Lip Cream juga lebih pendek dibandingkan dengan botol kebanyakan merk lip cream lokal.

Botolnya terbuat dari akrilik tebal dan bagian tutupnya terbuat dari bahan plastik. Ada aksen rose gold sprinkles di bagian bawah botolnya setelah aksen gradasi. Selain itu, di bagian tutup botolnya terdapat ornamen seperti tombol berwarna rose gold juga, senada dengan logo dibagian badan botol dan sprinkles tadi. Lalu ada juga stiker putih di bagian dasar botol berisi nomor dan nama shade.

Setelah rutin aku pakai sehari-hari dan aku bawa kemana-mana, ada satu kekurangan dari botol HANASUI Mattedorable ini yaitu logo dan tulisan ‘Mattedorable Lip Cream’ di bagian badan botol mudah memudar. Sepertinya sih akibat gesekan dengan produk-produk makeup lain yang ada di pouch. Saaaad 🙁

Untuk box luar, HANASUI menggunakan warna senada dengan warna botolnya: pale pink nude. Sayangnya tulisan-tulisan di boxnya hampir tidak terbaca karena menggunakan warna putih, kecuali logo HANASUI yang memang memakai foil gold, barcode, dan stiker warna shade di bagian dasar box.

Untuk aplikatornya, HANASUI Mattedorable Lip Cream menggunakan aplikator jenis doe-foot yang berserabut dan miring di satu sisi. Menurutku aplikatornya Mattedorable ini terlihat lebih panjang dibandingkan produk lip cream lokal lainnya, sedangkan batang aplikatornya terlihat lebih pendek. Aplikatornya tidak fleksibel tapi karena bantalannya lumayan panjang, maka warna lip cream di bibir pun bisa lebih mudah diratakan.

✨ Ingredients

Isododecane, Cyclopentasiloxane, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Kaolin, Microcrystalline Wax, Polyglyceril-2 Triisostearate, Trimethylsiloxysilicate, Disteardimonium Hectorite, Propylene Carbonate, Dimethicone / Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Phenoxyethanol, Fragrance, Olea Europaea (Olive) Husk Oil, Tocopheryl Acetate, Aluminum Hydroxide, Isononyl Isononanoate, Isopropyl Myristate, Isopropyl Titanium Triisostearate, Polyhydroxystearic Acid, Stearalkonium Hectorite.

HANASUI Mattedorable Lip Cream is Paraben-Free, Sulfate-Free, Alcohol-Free, BPOM and HALAL Certified. HANASUI is also a Cruelty-Free brand.

Produk ini memiliki dua hero ingredients: Olive Oil dan Vitamin E (Tocopheryl Acetate) untuk melembabkan dan juga sebagai anti-aging yang potent.

✨ Formula, Texture, Finish

Now onto the formula! 

HANASUI Mattedorable Lip Cream memiliki tekstur liquid-y tapi terlalu gak cair dan gak terlalu kental juga. Dalam ulasan pertama, warnanya udah bisa langsung keluar. Selain warnanya yang super pigmented, produk ini juga punya daya coverage yang tinggi. Sekali celup pun udah cukup untuk satu kali aplikasi penuh di bibir. Warna-warnanya intens banget bahkan untuk warna-warna mudanya seperti nomor 07 Spark dan 08 Fancy.

Nah, ngomongin soal warna… HANASUI Mattedorable Lip Cream punya varian warna yang unik tapi juga gak meninggalkan kesa trendi. Gimana engga, warnanya dimulai dari warna merah, lalu fuchsia pink, lalu coral, dan juga warna yang jarang banget ada di produk lip cream lokal, warna warm orange-brown: 08 Fancy. Gak melulu nude!

Ketika cobain satu persatu warnanya, rasanya gak ada warna yang gak aku sukai. Haha..

HANASUI Mattedorable Lip Cream ini terasa sangat lembut ketika pertama kali diaplikasikan dan berangsur-angsur terasa tipis dan ringan setelah nge-set jadi matte. Formulanya gak bikin cracking, gak bikin bibir terasa ditarik-tarik juga. Produk ini bisa mengaksentuasi fine lines di bibir tapi itupun setelah beberapa jam pemakaian, which is absolutely normal to me.

Walaupun HANASUI mengklaim kalau hasil akhirnya adalah velvet matte, aku punya pandangan sedikit berbeda: menurutku hasil akhir dari produk ini adalah transferproof & smudgeproof matte, bener-bener gak geser sama sekali dan nge-set jadi transferproof & smudgeproof dalam waktu kurang dari 3 menit. Kenapa 3 menit? Consider this is a trial and error made by me: di menit pertama produk ini masih bisa dismudge / gosok dan warnanya masih bisa geser tapi setelah lebih dari 3 menit, warnanya bener-bener bisa nempel banget di bibir. This lip cream hugs my lips nicely. No cracking, no lip-tightening effect.

Oh ya, warna-warnanya menurutku oxidize tapi minimal banget. Ini sih yang paling penting. Kalau varian warnanya udah oke, kebayang kan kalo warnanya ternyata beda jauh dari warna ketika pertama kali diaplikasikan? ?

Mattedorable Lip Cream punya wangi fresh seperti wangi bunga, dan wanginya akan berangsur-angsur menghilang beberapa menit setelah lip cream nge-set di bibir.

✨ Staying Power

Mattedorable Lip Cream memiliki staying power yang lumayan impresif. Setelah aku coba satu persatu warnanya, jelas warna-warna vivid-nya bisa tahan lebih lama. Mungkin kalau diperkirakan, tanpa makan makanan berat produk ini bisa bertahan sampai 9-10 jam sampai warnanya seperti ngasih kode “please, retouch!” ?

✨ Shades

  • 💋 01 KISS (classic true red) ❤
  • 💋 02 POSH (bright fuchsia pink)
  • 💋 03 STAR (hot pink — reddish pink) ❤
  • 💋 04 CHIC (brownish pink) ❤
  • 💋 05 CLASSY (medium-toned brown) ❤
  • 💋 06 RITZ (warm reddish coral) ❤
  • 💋 07 SPARK (warm beige nude)
  • 💋 08 FANCY (orange brown)

To be honest, warna-warna HANASUI Mattedorable Lip Cream ini cocok untuk semua jenis skintone karena sepertinya sih memang fokusnya ini adalah lip cream untuk daily use. Gak ada warna-warna yang benar-benar light atau benar-benar dark.

Recommended Colors for Fair-Light-Light Medium Skintone:
  • 03 Star
  • 04 Chic
  • 06 Ritz
  • 07 Spark
  • 08 Fancy
Recommended Colors for Medium-Tan-Dark Skintone:
  • 01 Kiss
  • 02 Posh
  • 03 Star
  • 04 Chic
  • 05 Classy
  • 06 Ritz
  • 07 Spark
Recommended Color for Ombré Color Combo:
  • 07 Spark (base) + 01 Kiss (top)
  • 04 Chic (base) + 03 Star (top)
Lippielust’s Favorite Colors:
  • 01 Kiss
  • 03 Star
  • 04 Chic
  • 05 Classy
  • 06 Ritz

✨ Apply It On Your Cheeks Too!

Ternyata HANASUI Mattedorable Lip Cream ini bisa juga diaplikasikan sebagai perona pipi. Caranya simple, totol-totol aja dari aplikator secukupnya ke pipi lalu tepuk atau gunakan sponge atau kuas (whichever you like!) hingga warna merata. Karena formulanya yang transferproof dan smudgeproof, jadi saranku aplikasikannya harus cepat supaya warnanya gak menggumpal di pipi dan akhirnya sulit untuk dibaur.

✨ Price & Where to Buy

Harga HANASUI Mattedorable Lip Cream ini berkisar antara 25,000-30,000 Rupiah aja. Produk ini sudah tersedia di HANASUI Official Shopee Mall Store.

✨ Swatches

✨ Lippierating

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.