[Swatches & Review] Elshéskin Elshé Beauty Lip Cream Collection: Smooth Lip Matte, Intense Gloss Matte, Glam Gloss

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 5999 views

Nothing excites me than a product release! Sederhananya, setiap produk baru yang dirilis menawarkan ‘sesuatu’ di dalamnya. Brand-brand yang memiliki klaim soal kualitas — gak cuma ‘ikutin selera pasar yang penting jualan’ bikin lebih semangat lagi untuk coba. Kenapa?

Karena udah banyak banget lho matte liquid lipstick ini. Saking banyaknya, aku udah gak punya produk lipstik ‘yang paling sering dipake’ atau ‘yang benar-benar jadi favorit’.

Saking banyaknya, setiap brand lokal khususnya jadi berlomba-lomba untuk menciptakan produk matte liquid lipstick yang berbeda dari yang lain — yang memang worth to try.

Sama seperti brand lokal lain, ELSHÉSKIN melalui line terbarunya, ELSHÉ BEAUTY, merilis Lip Cream Collection yang didalamnya ada 3 jenis liquid-based lipstick products, diantaranya:

Smooth Lip Matte

Lip cream dengan hasil akhir alami (natural pay-off) yang tahan lama, lembut di bibir, tidak lengket, dan transferproof.

Smooth Lip Matte adalah seri andalan dari koleksi Lip Cream by Elshé Beauty. Hal ini terlihat dari banyaknya shades yang ditawarkan. Formulanya cream yang terasa tipis dan halus sekali di bibir, dan bisa berubah jadi transferproof matte hanya dalam hitungan detik. Saking tipisnya, rasanya nyaman seperti gak pakai lipstik sama sekali.

Isododecane, Talc, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Cyclomethicone, Microcrystalline Wax, Kaolin, Diisostearyl Malate, Dimethicone, Cyclopentasiloxane, Trimethylsiloxysilicate, Polyglyceryl-2 Triisostearate, Pentaerythrityl Tetraisostearate, Cyclohexasiloxane, Disteardimonium Hectorite, Dimethicone/PEG-10/15 Crosspolymer, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Propylene Carbonate, Polyglyceryl-2 Diisostearate, Fragrance, Sodium Dehydroacetate, Dipropylene Glycol, Sodium Citrate, Tocopherol, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil

Smooth Lip Matte memiliki formula Paraben-Free, Alcohol-Free, Sulfate-Free, dan BPOM Certified.

Produk ini memiliki 3 (tiga) Hero Ingredients, yaitu: Jojoba Oil, Vitamin E, dan UV Filter. Jojoba Oil dan Vitamin E sangat baik untuk kelembaban, rasa halus dan lembut di bibir. Maka dari itu, produk satu ini gak kerasa kering di bibir.

 

To be honest, dua warna muda (Oh My Nude dan Hello Beautiful) sedikit sulit diratakan di atas bibir gelap. Warnanya akan terlanjur mengering sebelum benar-benar bisa rata. Menurutku, dengan formula seperti ini, aku rasa aplikator yang paling tepat adalah aplikator pipih panjang yang fleksibel daripada teardrop, karena permukaan aplikator teardrop terlalu sempit sehingga proses aplikasi cenderung patchy. But again, masalah ini bisa datang untuk yang memiliki bibir gelap. Karena warnanya cukup kontras dengan warna bibir, maka patchiness bisa terlihat.

Untuk warna sisanya, gak ada masalah sama sekali. Creaminess dan spreadability-nya sangat baik.

Berapa lama staying powernya?

Menurutku Smooth Lip Matte memiliki daya tahan yang sama seperti matte lip cream berjenis transferproof dari brand lain: it can stay long on lips as long as you don’t eat. Pretty simple. Kurang lebih, produk ini bisa tahan sekitar 7-8 jam tanpa makan makanan berminyak. Jika dipakai makan, udah pasti bisa luntur ya. ?

Oh ya, Smooth Lip Matte ini memiliki wangi seperti wangi vanilla!

Ada 6 warna pilihan:

  • OH MY NUDE (light warm peachy nude)
  • HELLO BEAUTIFUL (light warm pinky nude) ❤️
  • DASHWOOD (cool-toned brown)
  • CHOCO MAUVE (warm brownish mauve) ❤️
  • BRICK THE RULES (medium brown with a hint of red) ❤️
  • QUEENSBERRY (deep wine red)
Lippielust’s Favorite Colors (❤️):

Hello Beautiful, Choco Mauve, Brick The Rules.

Anyways, Elshéskin classifies these colors cleverly. Menurutku, akan berat kalau Elshéskin mengeluarkan banyak warna yang benar-benar bisa ‘masuk’ ke setiap skintone dalam sekali rilisan. Tapi dalam keenam warna ini, aku lihat Elshéskin bisa membagikannya dengan cerdas.

Nude Colors for Fair-Light-Light Medium Skintones:

Aku merekomendasikan dua warna nude untuk skintone terang dan light medium: OH MY NUDE dan HELLO BEAUTIFUL. Pada dasarnya, kedua warna ini adalah warna nude, hanya dibedakan dengan warna tambahannya aja. Oh My Nude memiliki warna tambahan peach sedangkan Hello Beautiful memiliki warna tambahan pink.

kedua warna ini menurutku sangat cantik di kulit terang dan light medium, dan bisa jadi agak tricky di kulit medium. Aku pribadi lebih suka warna Hello beautiful di kulit medium-ku karena warna ini bisa menambahkan efek segar di wajah walaupun warnanya terlihat hampir pucat.

Akan tetapi, jika kamu punya skintone medium ataupun tan dan suka ombre, kamu bisa kombinasikan Oh My Nude dan Hello Beautiful dengan warna lainnya. Efeknya akan terlihat cantik!

Nude Colors for Medium-Tan-Dark Skintones:

Ada warna nude untuk kamu yang memiliki skintone medium dan tan: CHOCO MAUVE dan BRICK THE RULES. Kedua warna ini basically versi ‘lebih gelap’ dari Oh My Nude dan Hello Beautiful, yang menurutku akan sangat cocok di kulit medium bahkan tan. ? Brick The Rules merupakan versi gelap-nya Oh My Nude dan Choco Mauve merupakan versi gelapnya Hello Beautiful.

Nude Color for Fair-Medium Skintones with Cool Undertone:

Perkenalkan, DASHWOOD! Warna unik cool-toned brown yang terlihat agak ‘ashyatau keabuan di kulitku. Warna ini akan cocok untuk kamu berjenis kulit cool fair atau medium, dan akan terlihat sedikit pucat di cool-tan.

The Universal Color:

Red will always be the answer for a universal color. Warna deep wine red QUEENSBERRY ini udah pasti akan cocok di semua jenis kulit.

Ombré Color Combo:

Suka sama ombre lips? Kamu bisa mengkombinasikan Oh My Nude dengan Queensberry!

Glam Gloss

Next product: GLAM GLOSS! Produk ini adalah sheer glittery gloss yang cocok sebagai lip topper ataupun diaplikasikan di atas bare lips.

Lip gloss dengan tekstur, kilau, dan glitter yang mewah. Melembabkan bibir dan memberikan kesan glamor.

[/vc_column_text]

Polybutene, Triethylhexanoin, Diisostearyl Malate, Pentaerythrityl Tetraethylhexanoate, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Silica Silylate, Microcrystalline Wax, Silica Dimethyl Silylate, CI 77019, VP/Hexadecene Copolymer, Synthetic Fluorphlogopite, CI 77891, Ehtylhexyl Methoxycinnamate, CI 77491, Tocopheryl ACetate, Fragrance, Sodium Dehydroacetate, Polyglyceryl-2 Triisostearate, CI 77499, CI 15850: 1, Polyglyceryl Diisostearate, CI 75470, BHT

[/vc_column][/vc_row]

Glam Gloss memiliki formula Paraben-Free, Alcohol-Free, Sulfate-Free, dan BPOM Certified.

Produk ini memiliki 2 (dua) Hero Ingredients: Vitamin E dan UV Filter.

Formula Glam Gloss ini terasa seperti lip gloss kebanyakan, yang memang dibuat sheer dengan sedikit warna untuk memberikan kesan warna bibir natural jika diaplikasikan di atas bare lips. Selain itu, produk ini sudah memiliki high shine ditambah dengan micro fine glitters di dalamnya menjadikan tampilan bibir lebih terlihat juicy / penuh dan mengkilap.

Glam Gloss gak terasa lengket sama sekali. Kandungan glitter-nya pun gak ‘lebay’, sehingga masih bisa oke untuk diaplikasikan di atas bare lips tiap hari. Selain itu, produk ini juga terasa moisturizing selama dipakai.

Untuk daya tahan, do not expect much. Lip gloss (sheer, khususnya) punya klaim tahan lama itu rasanya berlebihan. Sifatnya yang gak bener-bener stay kayak matte bikin lip gloss bisa nempel dengan mudah di permukaan apa aja. Intinya, lip gloss itu pasti hi-maintenance karena gak bisa tahan lama.

Saat ini, Elshéskin Glam Gloss punya 1 warna:

  • CRYSTAL PEACH (sheer peachy gloss with gold glitter)

Fair warning: jika diaplikasikan di atas lipstik lain, tampilan warna lipstik base-nya akan berubah jadi lebih vibrant karena Glam Gloss Crystal Peach ini punya pigmen warna peach.

Glam Gloss memiliki wangi seperti wangi permen kopi.

Intense Gloss Matte

Last but not least, the product I’m most excited about: Intense Gloss Matte! Again, aku gak ngerti kenapa dinamain ‘matte’ padahal jelas sekali kalau produk ini formulanya glossy. Actually, it’s creamy gloss. Dan aku suka banget sama produk satu ini. I’ll tell you why soon!

Lip Cream dengan kilau alami dari pelembab yang terlihat mewah. menjaga kelembaban bibir dengan kandungan vitamin E.

[/vc_column_text]

Polybutene, Dimethicone, Diisostearyl Malate, Kaolin, Isododecane, Trimethyllsiloxysilicate, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Polyglyceryl-2 Triisostearate, Silica Silylate, Isononyl Isononanoate, Synthetic Fluorphlogopite, HDI/Trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, VP/Hexadecene Copolymer, Sorbitan Isostearate, Butyl Acrylate/Hydroxypropyl Dimethicone Acrylate Copolymer, Polyglyceryl-2 Diisostearate, isobutylmethacrylate/Bis-Hydroxypropyl Dimethicone Acrylate Copolymer, Tocopheryl Acetate, Dehydroacetic Acid, Silica

[/vc_column][/vc_row]

Intense Gloss Matte memiliki formula Paraben-Free, Alcohol-Free, Sulfate-Free, dan BPOM Certified.

Produk ini memiliki Hero Ingredients: Vitamin E untuk kelembaban di bibir.

Berbeda dari Glam Gloss, Intense Gloss Matte ini punya formula high intensity color yang menjadikan warnanya sangat pigmented. When I say it’s pigmented, I really mean it. Dalam ulasan pertama, warnanya udah bisa muncul dan menutupi warna bibir asli kita tanpa patchy atau streaky sama sekali.

Dan berbeda dari Glam Gloss, Intense Gloss Matte ini terasa lebih creamy dan kental, sehingga terasa seperti creamy lipstick di bibir. Selain itu, kamu juga bisa mengatur ‘shine’ yang kamu mau: aplikasikan secara penuh untuk tampilan glossy, aplikasikan tipis-tipis untuk tampilan creamy. Nowhere matte but I friggin’ love it!

Nah, gimana soal staying power-nya? Intense Gloss Matte memiliki staying power yang cukup impresif! Menurutku hal ini dipengaruhi juga oleh pigmen warna yang benar-benar intens juga formula yang terasa lebih, sehingga walaupun bisa nempel kemana-mana, sisa warna yang ada di bibir masih bisa stay dengan baik sampai benar-benar hilang.

Kekurangannya? Terlepas dari sangat mudahnya pengaplikasian produk ini (karena warnanya langsung keluar sempurna), Intense Gloss Matte ini terasa sedikit tacky. Rasanya agak sedikit lengket di awal tapi jujur aja, gak mengganggu sama sekali. Rasa lengketnya ini akan berangsur-angsur menghilang setelah lama dipakai.

 

Intense Gloss Matte memiliki 3 warna pilihan, semuanya menurutku warna-warna yang unik:

  • CINNAMON CANDY (warm brown with a hint of orange)
  • I ROSE YOU (brownish red) ❤️
  • SUGARBERRY (dark plum)

Although it’s hard, menurutku warna yang paling aku suka dari ketiganya: I Rose You. Setelah itu Cinnamon Candy, lalu Sugarberry. Maaf, gak bisa milih. ?

Intense Gloss Matte memiliki wangi yang gak kuat, dan aku gak tau ini wangi apaan. ?

Packaging

Yang aku suka dari botolnya adalah kita gak perlu repot membedakan mana Smooth Lip Cream, mana Glam Gloss, dan mana Intense Gloss Matte, karena ketiganya punya karakter botol dan box yang berbeda.

Smooth Lip Cream memiliki packaging box dan botol matte dengan aksen gradasi hitam sebagai warna utama, dan warna-warna sesuai warna lip cream didalamnya sebagai warna pasangannya.

Gloss Matte memiliki packaging box glossy dengan warna dasar sesuai warna produknya ditambah dengan aksen glitter.

Intense Gloss Matte memiliki packaging box mirip Smooth Lip Cream namun bedanya, Intense Gloss Matte memiliki box dan botol yang glossy.

Untuk container-nya, baik Elshé Smooth Lip Cream, Intense Gloss Matte, maupun Glam Gloss, memiliki aplikator berbentuk teardrop dengan reservoir (lubang penyimpanan) di bagian tengahnya.

Stiker nama-nama shades hanya ada di bagian bawah botol. Karena Elshéskin tidak menambahkan stiker nama-nama warna di bagian bawah box, Elshéskin menambahkan nama-nama warna di setiap box tepat di bawah tulisan ‘SMOOTH LIP MATTE’. Inilah yang menjadikan produk-produk dari Lip Cream Collection terasa lebih elegan dan mahal = setiap box dibuat khusus untuk masing-masing warnanya.

Smooth Lip Matte & Intense Gloss Matte Comparison

Di awal, gak terlihat perbedaan mendasar jika dinilai dari tampilan. Keduanya terlihat basah. Tapi ketika diaplikasikan, sedari awal rasanya udah berbeda. Smooth Lip Matte terasa sangat tipis dan langsung menyatu dengan tekstur kulit, juga perlu proses perataan warna sedikit lebih lama dibandingkan Intense Gloss Matte. Intense Gloss Matte langsung bisa memberikan warna dengan sempurna di permukaan kulit.

Setelah beberapa saat, Smooth Lip Matte akan berubah menjadi transferproof matte sedangkan Intense Gloss Matte memiliki hasil akhir yang sama seperti awal aplikasi.

Swatches

Kamu bisa cek di Instagram: LIPPIELUST OFFICIAL INSTAGRAM untuk cek full swatchesnya ya!

Where to Buy

ELSHÉSKIN OFFICIAL SHOPEE , IDR 139,000 untuk 6gr produk

Conclusion

Untuk para pecinta transferproof matte lip cream, aku rasa gak ada yang benar-benar istimewa dari Smooth Lip Matte terkecuali rasa nyaman, lembut, dan ringannya di bibir. Untuk warna, rasanya warna-warnanya standar nude-medium-dark.

BUT I highly recommend you to try Intense Gloss Matte because it’s literally a whole new world. Formulanya yang seperti gloss tapi gak glossy-glossy amat, juga seperti creamy lipstick tapi ya memang bukan. Satu yang pasti, produk ini punya color pay-off yang sangat baik, pigmentasi yang sangat baik, dan daya tahan yang lebih baik dari lip gloss biasa.

Selamat mencoba guys! See you in another review.

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.