[Swatches & Review] Emina Cosmetics Lip Cushion

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 10203 views

Untuk yang belum tahu, EMINA Lip Cushion udah dirilis sekitar setahun lalu, di bulan Maret 2019. Produk yang tadinya hanya memiliki 2 warna ini saat ini udah menambahkan 4 warna lainnya sehingga total ada 6 warna tambahan yang saat ini beredar di pasaran. Honestly sebelum swatches project bareng Emina, aku belum pernah cobain Lip Cushion-nya Emina. Jadi inilah kali pertama aku coba Emina Lip Cushion dan udah pasti, review yang akan aku tuliskan pun masih fresh sesuai dengan pengalamanku selama pakai produk ini.

Sebelumnya aku udah swatch dan review empat produk Emina lainnya, bisa cek di Instagram dan reviewnya disini.

About the Product

Emina Lip Cushion is a fun way for a fresh and matte look. The velvety texture with intense color gives you a light weight feel.

Nama Produk EMINA LIP CUSHION
Diproduksi oleh PT. Paragon Technology & Innovation
Berat Bersih 9gr
Harga Rp. 56,500,-
Jumlah Warna 6 Warna
Pembelian Online & Offline (EMINA Cosmetics Official Store) di Tokopedia, SHOPEE, LAZADA

Seperti yang udah diinfokan sebelumnya, Emina Lip Cushion dirilis di bulan Maret 2019. Produk ini mengusung tema cushion dengan aplikator berbentuk sponge bulat. Cara penggunaannya cukup simpel: tekan tube plastik lalu biarkan warnanya keluar dari tengah-tengah sponge.

Packaging & Ingredients List

Seperti produk Emina lainnya, Emina Lip Cushion ini juga dikemas di dalam box karton warna-warni yang disesuaikan dengan warna didalamnya.

Di bagian samping box terdapat nomor dan nama shades lengkap.

Di sisi lain boxnya terdapat informasi singkat mengenai sponge-tip applicator dari Emina Lip Cushion dengan tulisan “No Brush Needed”, dan tulisan “for gradient lip” “for fuller lip” di bagian atas gambar sponge applicator-nya. Di bagian bawah ada Manufacture code, Expiry Date, informasi produsen dan juga barcode.

Di sisi lainnya ada informasi singkat mengenai produk dalam bahasa Inggris yang udah aku quote di atas, serta tambahan artinya dalam bahasa Indonesia tepat dibawahnya. Di sisi ini pula Emina menempatkan Ingredients List yang akan kita bahas lebih lanjut di section selanjutnya.

Dan inilah ujung sponge applicator Emina Lip Cushion! Seperti yang aku bilang sebelumnya, di bagian tengah sponge adalah tempat keluarnya lipstik.

Bahan tube-nya terbuat dari plastik mengkilap seperti odol yang bisa dipencet. Warna-warna tube-nya pun disesuaikan dengan warna lipstik didalamnya. Di bagian belakang tube ada detail nama dan nomor shade juga klaim Emina, Cara Pakai, dan informasi netto (9gr), juga informasi produsen.

Cyclopentasiloxane, Diisostearly Malate, Kaolin, Bis-Digylceryl Polyacyladipate-2, Dimethicone Crosspolymer, Phenyl Trimethicone, Hydrogenated Lecithin, Hydrogenated Polyisobutene, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, HDI/Trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Disteardimonium Hectorite, Propylene Carbonate, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Polyethylene, Silica Silylate, Aluminum Hydroxide, BHT, Tocopheryl Acetate, Triethoxycaprylylsilane, Fragrance, Silica, Tocopherol.

Emina Lip Cushion: Paraben-Free, Sulfate-Free, Alcohol-Free, BPOM Registered.

Emina Lip Cushion memiliki dua hero Ingredients: Tocopherol dan Tocopheryl Acetate. Keduanya adalah Vitamin E.

Formula, Texture, Finish

Emina Lip Cushion memiliki formula thick cream yang terasa seperti velvet jika sudah diaplikasikan dan diratakan di bibir. Walaupun memiliki tekstur yang sangat kental mendekati mousse, produk ini memiliki pigmentasi yang baik. Warnanya bisa disebar dengan mudah di bibir berkat aplikator yang berbentuk sponge bulat yang menempel di tube sehingga warnanya tidak akan terasa tebal dan tidak akan terlihat seakan-akan menumpuk di bagian bibir tertentu.

 

Emina Lip Cushion terasa ringan di bibir. Sifatnya yang bisa diratakan dengan mudah serta output warna yang bisa menutupi warna asli bibir membuat produk ini gak perlu banyak-banyak diaplikasikan.

Produk ini memberikan hasil akhir soft velvety matte, tidak transferproof namun bisa stay in place dengan baik. Tampilannya di bibir akan terlihat matte yang memiliki pantulan cahaya minimal, persis seperti velvety matte lip cream pada umumnya.

IMPORTANT NOTE: Jangan terlalu kuat menekan tube-nya ya! Warna yang keluar akan terlalu banyak sehingga akhirnya akan menumpuk di sponge. Selain itu, aku sarankan untuk mengocok tube terlebih dahulu agar formulanya tercampur sempurna sebelum aplikasi sehingga teksturnya tidak terlalu kental maupun tidak terlalu cair.

Aku mendapati kalau produk ini juga lightly staining di bibir, terutama warna-warna bold seperti nomor 02, 05, dan 06. Warna-warnanya yang vivid membuat pigmen warnanya bisa menempel di bibir setelah berjam-jam dipakai.

Dibantu formula serta jenis aplikatornya, produk ini gak terlihat mengaksentuasi garis-garis bibir malah menjadikan tampilan bibir lebih soft dan ‘blurred‘.

Selain sebagai pewarna bibir, produk Lip Cushion ini bisa juga diaplikasikan di area mata sebagai eyeshadow dan area pipi sebagai blush on. Saranku, gunakan transparent loose powder diatasnya agar produk bisa tahan lama.

Staying Power & Performance

Meski gak transferproof, produk ini gak ‘semudah’ itu nempel di permukaan. Setelah beberapa menit nge-set jadi matte, kamu akan mendapati produk ini bisa menempel di permukaan apapun tapi warna yang tinggal akan tetap ada dan terlihat baik. Daya tahannya bisa mencapai 6-8 jam tergantung pemakaian dan aktivitasmu. Menurutku, poin terbaik dari produk ini adalah semakin lama dipakai, tampilannya akan terlihat semakin ‘natural’ di bibir seakan-akan warna lipstik bercampur dengan warna bibir asli.

Untuk yang suka  produk bibir yang gak bikin kering dan gak transferproof, produk ini akan cocok di kamu. Begitupun kalau kamu suka tampilan ombre, gradasi, atau soft focus lips.

Oh ya, produk ini perlu dikocok terlebih dahulu apalagi kalau udah lama disimpan agar formulanya tercampur sempurna. Tekstur aslinya adalah thick cream, tidak cair. Ada satu warna yang aku rasa formulanya gak tercampur karena aku lupa untuk mengocok tube-nya, yaitu warna nomor 04. Khusus warna ini, teksturnya terasa lebih cair dan susah nge-set jadi matte sehingga terus terlihat basah di bibir. Jadi, jangan lupa kocok terlebih dahulu ya!

Kekurangannya? Seperti halnya produk-produk pewarna bibir dengan sponge-tip tube lain, produk akan terus menempel di sponge dan akan sulit untuk dibersihkan. Hal ini menjadikan produk menjadi kurang higienis jika dipakai oleh lebih dari satu orang. Tapi, ada satu cara yang bisa dilakukan: bersihkan sisa-sisa lipstik di sponge dengan menggunakan tisu basah setelah dipakai dan sebelum disimpan. Memang warnanya tidak akan 100% hilang tapi setidaknya sisa-sisa warna tidak akan menumpuk di sponge sehingga bisa dipakai oleh beberapa orang dan juga pengaplikasian selanjutnya pun akan terasa lebih nyaman.

Shades

  • 01 LET IT PEACH (peachy nude)
  • 02 BE CHERRY (vivid cherry (pinky) red)
  • 03 GET BERRY (warm pink) – no. 03 memiliki kecerahan yang sama dengan no. 01
  • 04 SAY CORAL (warm coral) – no. 04 lebih gelap daripada 01 & 03
  • 05 SQUASH IT UP (warm reddish brown)
  • 06 COFFEE PLEASE (warm yellowish brown)
WARNA FAVORIT LIPPIELUST:

02 Be Cherry, 03 Get Berry, 05 Squash It Up.

Ketiga warna ini adalah warna yang paling aku rekomendasikan.

Swatches

 

Where to Buy

Harga: IDR 56,500,-, untuk berat bersih 9gr. Produk ini bisa dibeli di Official Account Emina Cosmetics di SHOPEE, LAZADA, dan TOKOPEDIA.

Lippierating

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.