[Swatches & Review] Implora Lip Crayon Satin (6 Shades)

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 2668 views

Di review kali ini, aku nyobain produk dari Implora Cosmetics yang namanya Implora Lip Crayon Satin. Lip crayon, as our new favorite lip products, selalu jadi pilihan untuk yang suka sama feel-nya dibandingkan lip cream atau lip gloss. Yang menarik dari Implora Lip Crayon Satin adalah adanya kandungan Omega 3,6,9 dan Vitamin C. What’s more, finished look dari produk ini dijanjikan terlihat satin. Satin makeup looks biasanya terlihat lebih sehat natural karena look ini adalah perpaduan antara matte dan gloss. Cocok untuk daily wear!

Sekarang, ayo kita bedah produk ini bareng-bareng.

 

Product Name Implora Lip Crayon Satin
Produced By PT. IMPLORA SUKSES ABADI
Distributed By IMPLORA Cosmetics
Price / Net. Weight Rp 23.500 / 3,5g
SHOP THIS PRODUCT
SHOPEE TOKOPEDIA LAZADA

✨ Claims & Benefit

Implora Lip Crayon Satin dengan formula yang mengandung berbagai omega 3,6,9 dan Vitamin C yang berfungsi membantu menjaga kelembaban alami bibir hingga tampak memukau dan memberikan hasil akhir warna creamy / satin pada bibir serta tahan lama. Dengan ujung lip crayon yang mudah diaplikasikan ke bibir.

✨ Packaging

First impression-ku terhadap boxnya itu adalah…plain black. Kita pasti tahu kalau warna branding-nya IMPLORA adalah hitam. Nah, di produk ini tentu aja warna yang mendominasi adalah hitam dengan tulisan berwarna putih. Satu-satunya sisi yang warnanya berbeda itu adalah sisi atas penutup-nya, dan warna ini adalah warna shade produk yang ada di dalamnya.

Dari segi bahannya juga standar karena terbuat dari karton dengan permukaan yang glossy, which is sudah sangat umum digunakan. Bagusnya ya box ini terlihat elegan karena warna hitam itu. Dengan harga 23ribuan kayaknya ini udah oke banget sih menurutku. Biasanya harga makeup murah karena brand memotong cost di packaging, tapi IMPLORA enggak.

Selanjutnya, setelah di unboxing, kita langsung disapa oleh lip crayon-nya. Sama seperti packaging box, container produk ini didominasi warna hitam dengan knob di bagian bawah yang berwarna senada dengan shade produk di dalamnya. Kalau produk sudah sering dipakai dan mulai habis, kita tinggal putar knob dan produk akan terdorong keluar; praktis seperti lip balm. Tutupnya lumayan panjang dan intact, jadi enggak perlu takut tiba-tiba kebuka di dalam tas/pouch.

✨ Ingredients Breakdown

PEG/PPG-20/20 Phenylisopropyl Caprylyl Dimethicone, Caprylic/Capric Triglyceride, Diisostearyl Malate, Isopropyl Myristate, Beeswax, Carnauba (Copernicia Cerifera) Wax, Polyisobutene, Castor (Ricinus Communis) Oil, Butyrospermum Parkii (Shea Butter), Synthetic Fluorphlogopite, Diethylhexyl Carbonate, C26-28 Alkyl Dimethicone, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Plukenetia Volubilis Seed Oil, Silica, Ceresin, Isononyl Isononanoate, Methylparaben, Isopropyl Titanium Triisostearate, Triethoxycaprylylsilane, Flavor, Propylparaben, BHT, Stearalkonium Hectorite, Propylene Carbonate, Polyhydroxystearic Acid.

Implora Lip Crayon Satin is Allergen-Free, Alcohol-Free, Gluten-Free, Silicone-Free, Sulfate-Free, PEG-Free, and Fragrance-Free.

Implora Lip Crayon Satin contains:

  1. Comedogenic Components: Isopropyl Myristate.
  2. Parabens: Methylparaben, Propylparaben.
  3. Fungal Acne Feeding Components: Isopropyl Myristate, Butyrospermum Parkii (Shea Butter).

Good Things Inside

  • Moisturizing: Polyisobutene, Plukenetia Volubilis Seed Oil, CI 77491, CI 77492
  • Softening: Caprylic/Capric Triglyceride, Diisostearyl Malate, Isopropyl Myristate, Beeswax, Plukenetia Volubilis Seed Oil
  • Anti-aging: Butyrospermum Parkii (Shea Butter), Plukenetia Volubilis Seed Oil
  • Antioxidant: BHT
  • UV Protection: Butyrospermum Parkii (Shea Butter), Aluminum Starch Octenylsuccinate, CI 77891
  • Butyrospermum Parkii (Shea Butter)

Shea Butter adalah mentega natural yang didapatkan dari biji tumbuhan African Shea atau Pohon Karite. Shea Butter dapat memberikan kelembaban pada kulit serta memperbaiki kulit yang rusak dan menjaga kulit dari sinar UV. Shea Butter juga mengandung antioxidant yang berlimpah (diantaranya Vitamin A, E, F, quercetin, dan epigallocatechin gallate).

  • Plukenetia Volubilis Seed Oil

Merupakan minyak tumbuhan yang didapatkan dari tumbuhan Sacha Inchi di Colombian Amazon. Minyak ini mengandung α-Linolenic acid (42-49%) dan linoleic acid (32-38%) yang berperan untuk memberi kelembaban dan nutrisi untuk kulit. Minyak ini juga mengandung Vitamin E yang cukup banyak (200 mg/kg).

Implora Lip Crayon Satin is BPOM certified.

✨ The Product & The Formula Itself

Ini nih bagian yang seru. Kita cari tahu lebih dalam mengenai klaim-klaim dari Implora ya.

So, Implora Lip Crayon Satin ini katanya mengandung Omega 3, 6, dan 9, tapi, pas di cek di Ingredients list nya, enggak ada tuh tulisan Omega 3, 6, 9-nya. Setelah research yang lebih dalam, ternyata kandungan Omega ini didapatkan dari fatty acids yang ternyata tertulis di Ingredients List, yaitu Castor (Ricinus Communis) Oil dan Plukenetia Volubilis Seed Oil. So don’t worry guys, udah bisa dipastikan Omega 3, 6, dan 9 ini ada yaa!

Next, setelah berulang kali aku research masing-masing kandungan dari produk ini, aku enggak nemuin dimana letak Vitamin C itu berada. Vitamin yang ada dalam produk ini justru adalah Vitamin A, E, dan F. Jadi, bisa dibilang, klaim bahwa produk ini mengandung Vitamin C ini enggak bisa didukung faktanya. 

Creamy, satin finish, dan tahan lama? Oke, berkat adanya Shea Butter dan Isononyl Isononanoate, produk ini bisa menjadi creamy. Lalu, dengan adanya Aluminum Starch Octenylsuccinate, finished looknya bisa terlihat satin. Nah, terus apa yang bikin produk ini tahan lama di bibir ya? Jawabannya ada di Polyisobutene, Silica, dan Aluminum Starch Octenylsuccinate; ketiga kandungan tersebut bekerja sama untuk membuat produk ini nempel dengan baik di bibir dan mengontrol minyak mau itu minyak dari produk ini sendiri, dari kulit wajah, atau dari permukaan lain (makanan, minuman, dll).

Lastly, we all know kalau bentuk crayon yang mempunyai angle di ujungnya itu akan lebih mudah dan presisi saat digunakan, nah, sama halnya dengan lip crayons. Dengan bentuk yang menyerupai crayon, pengaplikasian akan terasa mudah dan presisi. Sayangnya, sama seperti lip crayon kebanyakan, proses pengaplikasian akan menjadi kurang presisi jika produk sudah mulai tumpul.

✨ The Review

Let’s get into the review.

Pertama kali aku apply produk ini ke bibir, rasanya creamy smooth. Glide-nya tuh ringan dan seamless, juga effortless, thanks to its powerful pigmentation – kamu gak perlu ulas berulang kali untuk dapetin full coverage. Bentuk dari packaging ini juga bikin genggaman di tangan jadi nyaman, seperti kita menggunakan crayon untuk menggambar, jadi aku enggak mungkin belepotan pakai ini.

Dari segi warna, ini termasuk pigmented banget. Di layer pertama aja warnanya sudah terlihat pekat. Dari warna formulasinya ini sendiri sebenernya udah oke, tapi, setelah diperhatikan, warna shade yang ada pada box dan adjustment knob-nya itu beda sama warna di lip crayonnya itu sendiri dan yang aku dapetin di bibir. Jadi, kalau kamu milih warna berdasarkan shade yg ada di packagingnya, expect something different. Contohnya, warna First Kiss kalau di packagingnya itu kan seperti warna coklat rada orange gitu, ternyata pas diaplikasikan, warnanya cenderung nude with a hint of peach

Lanjut ya. Produk ini terasa ringan juga moisturizing alias enggak bikin bibir kering. Finish-nya juga pas; enggak matte, tapi enggak begitu glossy juga. Sayangnya, mungkin karena formulasinya creamy smooth, produk ini jadi highly transferable; gampang nempel di permukaan lain dan luntur. Selama kurang lebih 5 jam pakai, aku rasa ia luntur dengan baik. Jika kamu aplikasikan secara penuh, tampilannya akan terlihat lebih shiny tapi setelah beberapa jam ia terlihat lebih semi-matte.

✨ Shades & Description

Implora Lip Crayon Satin menyediakan 6 shades:

  • Curious (medium brown nude) – for all skintones
  • First Kiss (light brown nude) – for light-medium skintones
  • Jealousy (deep red) – for all skintones
  • Misery (reddish brown) – for all skintones
  • Play Date (peachy nude) – for light-medium skintones
  • Promises (brownish red) – for all skintones

My favorite colors: Jealousy, Misery, and Promises!

Colors for ombré base: First Kiss (light-medium), Play Date (light-medium), and Curious (medium-deep)

✨ Swatches

✨ Lippierating

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.