Kalau denger ‘luxcrime’ dan matte lip cream, jadi inget satu brand asal US Lime Crime yang memang jadi salah satu pelopor munculnya trend liquid lipstick / lip cream di seluruh penjuru dunia. Eits, tapi jangan salah. Namanya memang mirip, tapi Luxcrime basically perusahaan independen Indonesia yang awalnya hanya menjual produk handmade skincare.

Luxcrime mengklaim tidak menggunakan preservativesharmful chemicals, dan juga anti animal-testing dengan tidak mengetes produk-produknya pada hewan. Smart!

Anyway, Luxcrime baru-baru ini mengeluarkan produk barunya yang totally berbeda dari produk-produk sebelumnya, yaitu matte lip cream, atau yang mereka namakan ‘Ultra Lip Matte’. Nah, produk inilah yang akan aku review di postingan blog kali ini.

LUXCRIME LIPPIELUST 1

Box-nya syantique sekali! I always appreciate these kind of boxes by also taking picture of it, because it deserves some good photographs alone. Thank you Luxcrime for being extra!

LUXCRIME LIPPIELUST 6

Total ada 5 shades Luxcrime Ultra Lip Matte, dari atas ke bawah: 01 Party Maker, 02 My Debut, 03 Naked Me, 04 Dusty Peach, 05 Rose Me Up.

✨ THE PACKAGING

Desain box-nya lucu! Perpaduan antara abstract pattern juga pastel color block yang bikin seger dan kesannya fun. Gak lupa ditengahnya ada logo brush-styled font Luxcrime, yang setelah aku liat ternyata sama font-nya kayak Lippielust! Luv!

LUXCRIME LIPPIELUST 3

LUXCRIME LIPPIELUST 4

LUXCRIME LIPPIELUST 5

Untuk bagian tube-nya sebenernya sama aja kayak botol-botol liquid lipstick / lip cream lain, botol clear acrylic dengan tutup warna hitam.

LUXCRIME LIPPIELUST 9

Untuk aplikatornya sendiri berbentuk doe-foot, aplikator seperti ini bikin proses pengaplikasian lipstik di bibir jadi lebih mudah karena mampu mencapai sudut-sudut sempit bibir, misal cupid’s bow area dan sudut kanan-kiri bibir.

LUXCRIME LIPPIELUST 8

Bagian leher botol lebih menyempit untuk menghindari terlalu banyak produk yang ikut ke aplikator.

LUXCRIME LIPPIELUST 7

Bagian bawah botol ada keterangan logo, nomor, berat bersih, juga nama shade.

If you’ve noticedyes, there’s no BPOM numbers on any shades. Setelah aku cek di BPOM pun nama Luxcrime gak ada. Mungkin memang belum didaftarkan atau sedang dalam proses? All I know daftarin produk ke BPOM itu gak bisa cepet, minimal 2-3 bulan baru selesai. *sigh*

Juga gak ada keterangan dimana produk ini diproduksi, apakah made in Indonesia, atau private labelling dari luar? Gak banyak informasi yang bisa aku dapatkan.

✨ FORMULA

… and other things.

Formulanya cair, tapi gak begitu cair. Konsistensinya padat tapi gak sebegitu padat seperti misalnya Make Over Intense Matte Lip Cream, lebih mirip formula Artemy Beauty. Perlu beberapa kali celup untuk cover warna asli bibir, karena seperti formula liquid lainnya, produk biasanya gak bisa terlalu banyak nempel di aplikator, berbeda dengan creamy atau mousse-y liquid lipstick yang cenderung lebih kental dan bisa nempel banyak di aplikator.

Soal pigmentasi, warna yang paling tua (Party Maker, merah) bisa terlihat gak rata setelah mengering. Berlaku juga untuk warna yang paling muda (Rose Me Up). Menurutku, produk Luxcrime ini gak bisa dibuild up karena memang semakin tebal kerasa di bibir, semakin berpotensi sangat kering dan akhirnya rontok.

luxcrime instagram

Lip Matte yang mengering dan jadi waterproof juga transferproof ini bakal jadi favorit temen-temen pecinta long lasting liquid lipstick, karena daya tahannya yang luar biasa. Saking heavy-duty-nya, agak susah dibersihkan dengan eye / lip makeup remover biasa, dan hanya bisa terhapus pakai oil-based cleanser seperti Muji Oil Cleanser, Lipstick Remover dari Lip Remedies-nya Evete & Lippielust, atau cleanser-cleanser berbasis minyak lainnya.

Warna-warna lip matte by Luxcrime ini semuanya vivid / kuat. Dengan artian, semua warnanya bagus, nunjukin warna aslinya tanpa memantulkan cahaya sedikitpun. Jadi intinya, beneran matte.

Lip Matte mengering menjadi matte dan transferproof hanya dalam hitungan detik. Gak perlu ba-bi-bu, kamu bisa langsung beraktivitas tanpa harus nunggu lipstik kering. Perlu diingat, warnanya akan menjadi lebih deep beberapa saat setelah mengering. Don’t worry, ini hanyalah faktor oksidasi yang sebetulnya normal. Baik pengaruh oksidasi internal dari ingredients lipstiknya sendiri, atau bisa juga dari pH bibir yang memengaruhi.

Untuk wanginya, aku termasuk suka wangi yang seperti ini. Wangi vanilla butter if I’m not mistaken, dan gak terlalu kuat. Setelah kering pun akan menghilang dengan sendirinya, so it’s a big yes for me.

Well, gak ada satupun produk yang bener-bener sempurna. Salah satu kekurangan Luxcrime Ultra Lip Matte ini adalah punya kencenderungan memperjelas garis bibir setelah mengering, karena produk benar-benar nempel di bibir. Sifatnya yang kurang fleksibel di bibir ini kadang jadi masalah buat aku, karena setelah beberapa lama, lipstik jadi ngikutin garis-garis bibir.

Gampang rontok gak? Always keep it under 2 layers, jangan sampe aplikasiin berkali-kali yang malah jadi bikin bibir gak enak diliat maupun dirasa. Kalau terlalu banyak layer, lipstik akan rontok dengan sendirinya, karena gak nempel langsung ke kulit bibir.

✨ LONGEVITY

5-6 jam masih bisa ON! Dengan catatan, jangan makan makanan berminyak karena kalau makan makanan berminyak, lipstik akan luntur (mulai dari) bagian dalam bibir dan gak akan keliatan bagus. Jadi kalau udah luntur, lebih baik hapus seluruhnya lalu apply lagi jika perlu daripada touch up.

✨ PRICE

harganya 105,000 dan bisa kalian dapetin di www.luxcrime.com / Instagram: @luxcrime_id.

✨ SWATCHES