Hellooooo!

It’s literally one month ago I uploaded Purbasari Hydra Series Hi-Matte Lip Cream swatches on my Instagram. First of all, aku mohon maaf karena baru sekarang aku kasih ulasan produknya di blog karena memang berniat untuk sekalian bikin giveaway untuk followers Instagramku!

Yesssss, you heard it right babes! Kali ini aku akan mengadakan giveaway bersama Purbasari Indonesia. Tapi sebelum itu, lebih baik kita bahas dulu soal kualitas produk yang akan dijadikan hadiah giveaway-nya yuk!

ABOUT THE PRODUCT

Akhirnya Purbasari Indonesia bergabung ke dalam tren matte lip cream! Walaupun memang udah berbulan-bulan yang lalu produk ini dirilis, tapi tetap aja, karena matte lip cream masih menjadi pilihan jenis lipstik yang paling populer di Indonesia so this product is still on the hot list.

Seperti yang kalian tau, Purbasari Indonesia merupakan merk terdaftar milik PT. Gloria Origita Cosmetics. Purbasari sempat heboh karena lipstik Color Matte-nya yang sangat populer dan juga isu merkuri yang sudah aku jelaskan disini.

Dengan nama ‘Hydra Series’ atau sederhananya seri lipstik cair, Purbasari mengeluarkan produk lip cream yang mampu bersaing dengan merk-merk pendahulunya. Walaupun begitu, menurutku Purbasari Hi-Matte Lip Cream memiliki formula yang relatif berbeda dengan produk-produk dari merk lain. My wild guess ya karena Purbasari memproduksi sendiri, so mereka punya standar sendiri untuk produk-produknya.

PACKAGING

Sebelum masuk ke ulasan formula, kita bahas dulu soal packagingnya yuk!

Packaging luarnya berbentuk persegi panjang warna hitam dengan aksen detail produk di bagian badan dan detail shade di bagian atas, lengkap dengan stiker yang berwarna sesuai dengan warna produk aslinya. Detail ingredients ada di bagian kanan produk dan keterangan barcode, nomor POM, produsen, nomor produksi, tanggal kadaluarsa, serta berat bersih (6.5gr) ada di bagian belakang box.

Actually gak ada keistimewaan apapun dari box packaging selain keterangan warna yang ada di bagian atas juga sobekan box di bagian depan untuk memperlihatkan warna asli produknya. Hanya saja, semuanya lengkap tertulis disana, Purbasari memastikan tidak ada informasi yang tertinggal yang memang kamu perlu tahu.

Nah, masuk ke bagian botol produknya. Botolnya sedikit banyak mengingatkan aku ke botol Rollover Reaction seri Sueded, hanya saja milik purbasari lebih ramping dan bahan akrilik di badan botolnya bukan frosty tidak seperti Rollover Reaction.

Banyak yang menyayangkan bentuk botol Purbasari karena terkesan kaku dan ‘tajam’. Aku pribadi merasa gak ada masalah sama botolnya, walaupun memang sudah terbiasa dengan botol lip cream yang berbentuk bulat silinder.

Bentuk mulut botol kecil seperti ini memang ada kekurangan dan kelebihannya. Salah satu kelebihannya adalah produk tidak terlalu banyak keluar dan menempel di aplikator, sehingga produk bisa lebih awet. Kekurangannya, produk yang menempel di aplikator akan tertinggal di sekitar mulut botol jika kita terlalu sering dipping (mengambil produk dari dalam botol) dan akhirnya mengering dan mengotori sekitarnya.

Aplikatornya memiliki serabut yang normal, I mean, tidak terlalu ‘gondrong’ yang malah bisa jadi bikin produk terlihat streaky ketika mengering di bibir. Bentuknya ramping dengan ujung miring, seperti mayoritas produk dari merk lain. For those who don’t know, ujung aplikator yang miring berfungsi untuk meratakan lipstik di sudut-sudut kecil bibir. Bentuk aplikator seperti ini menurutku sudah cukup pas jika disesuaikan dengan formulanya yang creamy, so Purbasari did the right thing.

Oh! And one more thing. Di bagian bawah botol terdapat nama shade, nomor POM yang berbeda setiap warnanya, dan juga berat bersih (6.5g). Lengkap!

FORMULA

Formula Purbasari Hydra Series Hi Matte Lip Cream ini terasa lebih kental dari lip cream biasanya, cenderung mousse-y (lebih kental dari cream).But here’s the thing: if you wanna create a lip creamso it should be in thicker consistencyIf you wanna create a liquid lipstick, so it should be runnier consistency (liquid-y)As simple as that. Poin pertama, produknya sesuai dengan namanya.

Dengan sekali aplikasi, produk bisa merata di bibir walaupun menurutku masih perlu 1x aplikasi lagi diatasnya untuk dapatkan full coverage. Pengalamanku, aku hanya butuh 2x aplikasi untuk menghasilkan full coverage. Bukan berarti produknya susah rata, kok. Malah menurutku sama sekali tidak ada kecenderungan streaky (warna terlihat pecah di bibir) sama sekali. Hanya saja, jika kalian memang suka pengaplikasian lipstik yang lebih bold sama denganku (which is 2x aplikasi tadi), produk akan cenderung terlihat ‘bolong-bolong’ setelah sekitar 1-2 jam setelah aplikasi di bagian tengah bibir walaupun memang tidak terlalu terlihat. Secara logika, bagian dalam bibir adalah bagian ‘basah’ karena liur, jadi aku maklum banget soal ini.

Kalau kalian lebih suka tampilan bibir yang lebih natural, maka menurutku 1x aplikasi pun sudah cukup. Dan jujur aja, 1x aplikasi malah bikin lip cream terasa sangat ringan di bibir, seperti gak pakai apapun.

Produk akan mengering seketika di bibir, tapi aku masih punya waktu untuk meratakan warnanya di bibir dengan cara mengatup-katupkan bibir beberapa kali sampai warna merata seluruhnya di permukaan bibir. One pro tip: Lip cream dari Purbasari ini bisa di-layer dengan catatan, tidak boleh lebih dari 2x.

Tapi, apakah produk ini terasa kering dan / atau bikin kering di bibir?

I’m proud to say that: NO. Produk ini terasa seperti velvet, lembut di bibir dan tidak terasa kering sama sekali. Okay ini terkesan seperti iklan tapi penjelasannya begini: lip cream 

Cuma satu hal yang aku kurang suka: the artificial fragrance. I don’t blame Purbasari seutuhnya, tapi aku akan lebih suka produk ini kalau punya bau yang natural aja. It’s weird, setelah lama diaplikasikan pun baunya masih bisa tercium. Wanginya seperti wangi bunga hanya menurutku memang terlalu kuat. But again, ini ‘kan hanya masalah selera. If you think this is okay, then it’s good!

LONGEVITY

Purbasari Hi-Matte Lip Cream ini mengering jadi transferproof matte, dan bisa stay di bibir sekitar 5-7 jam tanpa makan. Buat yang produksi liurnya lebih banyak seperti aku, nantinya lip cream akan terlihat ‘habis’ di bagian dalam bibir. Nah, di saat seperti inilah retouch diperlukan. Kecuali kalau kamu terpaksa harus makan, maka menurutku satu-satunya cara supaya lip cream terasa nyaman lagi di bibir adalah dengan carai reapply atau mengaplikasikannya kembali ke atas bare lips daripada ditumpuk diatas warna yang sudah gak perfect.

INGREDIENTS

Nah yang perlu kalian tau, Purbasari Hydra Series Hi-Matte Lip Cream ini mengandung Vitamin E dan juga UV Filter yang berfungsi menangkal sinar UV. Sinar UV adalah salah satu penyebab kenapa bibir bisa menghitam, jadi bukan karena keseringan pakai lipstik ya! hahaha..

Dan, ini nih yang seru. Yuk disimak seperti apa kandungan lengkap di dalam produknya!

Purbasari Hi-Matte Lip Cream mengandung Paraben (propylparaben), tapi jangan takut. Paraben yang digunakan di dalam kosmetika itu sangat sangat kecil jumlahnya, so dinilai masih dalam taraf aman untuk digunakan. Banyak sekali artikel terpercaya yang memerangi teror terhadap paraben ini seperti Paula Begoun, pemilik Paula’s Choice contohnya yang perlu kalian baca jika kalian termasuk orang-orang yang menghindari Paraben karena efeknya yang sampai detik ini belum terbukti kebenarannya.

On side note, Purbasari Lip cream tidak mengandung Sulfate dan juga Alkohol. Ada kemungkinan produk ini sedang didaftarkan ke MUI untuk proses kehalalannya. Kalaupun tidak, produk ini tidak menggunakan alkohol sehingga para pengguna kosmetik halal bisa sedikit bernapas lega.

WHERE TO BUY

Purbasari Indonesia punya official online store kalau kalian ingin beli produk-produk Purbasari secara langsung. Selain itu, untuk dapatkan update terbaru dari Purbasari, jangan lupa untuk ikuti official account Instagram juga Facebooknya.

Klik link di bawah ini ya:

OFFICIAL ONLINE STORE OFFICIAL WEBSITE

OFFICIAL INSTAGRAM ACCOUNT: @purbasarimakeupid, atau disini @purbasari_indonesia

OFFICIAL FACEBOOK

Jangan lupa juga follow Lippielust di instagram:

Lippielust on Instagram

SWATCHES