[SWATCH & REVIEW] Peripera Ink The Airy Velvet Lip Tint (All shades!)

by Rissa Stellar
204198 views
Nama Produk PERIPERA INK THE AIRY VELVET LIP TINT
Diproduksi oleh
Berat Bersih 8g
Harga (MSRP) 70,000-an
Jumlah Warna
Pembelian Produk ini bisa dibeli di: SHOPEE, LAZADA, dan TOKOPEDIA

Hello from the first Sunday of 2018! Apa kabar semuanya?

Kali ini aku berkesempatan untuk try-out dan juga review satu produk dari brand yang paling disukai sama para pecinta lip tint Korea, yaitu Peripera Ink The Airy Velvet. Peripera punya beberapa seri, dan yang mirip-mirip dengan Ink The Airy Velvet ini ada 4 jenis lain: Peripera Peri’s Ink Original, Peripera Peri’s Ink Velvet, Peripera Peri’s Ink Moist, Peripera Cloud Ink Velvet. Nah, yang mau aku review adalah jenis The Airy — katanya jenis Ink Series dari Peripera yang paling ringan (sesuai namanya yang seperti air – udara).

Akhirnya dapet juga kesepuluh warna  The Airy Ink Velvet-nya Peripera. Alasan yang paling utama kenapa The Airy Ink Velvet duluan yang aku swatch dan review karena cuma seri ini yang belum pernah aku coba sebelumnya. Yang Velvet, Moist, dan yang Original udah pernah aku coba sebelumnya lewat Peripera Peri’s Ink Minimini Girl’s Cabinet! Jadi yang ini tuh isinya versi mininya, dan aku beli sekitar setahun yang lalu di Beauty Glowing Shop (Instagram).

Tapi tenang, semua seri Ink-nya Peripera bakalan aku swatch dan review. Hanya butuh waktu (dan biaya) buat munculin semuanya di Instagram maupun Blog.

So, are you ready? Let’s get into it!

ABOUT THE PRODUCT

Peripera Ink The Airy Velvet punya desain botol yang sama dengan seri lainnya. Yang membedakan cuma tulisan, botol, dan juga detail di box-nya. Di Ink The Airy Velvet, ada tulisan ‘airy’ di bagian atas ‘Ink Velvet’ di bagian depan botolnya, serta botolnya dibuat lebih frosty atau matte (whichever you choose), maksudnya warnanya gak putih shiny ataupun seperti kaca / plastik.

Aku pikir Peripera ini berukuran cukup kecil, tapi pada kenyataannya punya berat bersih 8gram which is a lot! Desain botolnya unik, chubby dan pendek seperti bentuk botol susu. Desain botol ini sepertinya udah jadi signature-nya Peripera karena yang aku lihat kebanyakan Peripera pakai botol model begini. Kalau kalian pecinta skincare Goodal, coba deh cek produk Moisture Barrier Liquid-nya. Botolnya sama-sama seperti botol susu! Hehehe.. Gak aneh sih, karena memang Peripera dan Goodal ada di satu kepemilikan, yaitu CLIO. CLIO sendiri melalui CLIO Cosmetics udah resmi masuk Indonesia loh di tahun 2017 lalu.

Seperti produk Korea kebanyakan, semua informasi baik di botol maupun box-nya ada dalam bahasa Korea atau Hangeul kecuali deskripsi produk ‘Lip lacquer which makes your lips a flower-like bloom with smooth and soft velvety touch. An airy weightless texture, but you can get bold color and moisture.” dan juga nama shade-nya. Kalian bisa lihat contoh packaging-nya di bawah ini.

PENTING: angka-angka dibawah botol itu biasanya bukan Expiration Date (Tanggal kadaluarsa), melainkan Manufactured Date (Tanggal produksi) walaupun sebetulnya bisa juga memang Expiration Date. Kalian bisa membedakannya sendiri dengan melihat huruf Hangeul:

제조 = Manufactured Date | 까지 = Expiration Date

Sejauh ini yang aku lihat di Shopee, banyak banget seller yang ‘kena’ bintang 1 karena kesalahpahaman ini. Biasanya Peripera yang masuk Indonesia punya angka dibawah botol yang menunjukkan Manufacture Date atau tanggal produksi, bersamaan dengan kode produksi. Tapi jika ada pun ya tinggal disesuaikan aja Hangeul-nya.

Kalau soal aplikator, aku suka banget sama aplikatornya yang cukup fleksibel! Bentuknya panjang dan miring di satu sisi, cocok banget untuk menjangkau sisi-sisi sempit bibir. Aplikatornya pun cukup berserabut, cocok dengan formulanya yang mousse sehingga produk bisa dengan mudah diratakan di bibir. No streakiness, no patchiness. Just perfection!

Stopper (mulut botol) nya pun bisa menahan produk dengan baik! Stopper ini berfungsi untuk menahan produk, sehingga terlalu banyak produk yang nempel di aplikator.

FORMULA, TEXTURE, FINISH, SCENT, AND LONGEVITY

Sengaja disatuin aja supaya gak hilang fokus pas nulis reviewnya. hahaha..

Temen-temen, bisa dibilang aku tuh newbie kalau soal Lip Tint karena memang sangat jarang pake. Setelah setahunan aku mulai pake, hal pertama banget yang pengen aku bahas adalah bagaimana sifat Lip Tint itu sangat berbeda dengan lipstik biasa. Lip Tint ‘gak perlu’ fokus di pigmentasi karena memang yang penting sebagus apa sih produk lip tint ini bikin stain di bibir? Seberapa lama stain-nya? Berbeda dengan lipstik biasa yang kebanyakan memang gak meninggalkan stain, lip tint dibuat lebih mendekati natural dan fresh dalam segi appearance.

Peripera Ink The Airy Velvet ini sangat sangat ringan / weightless seperti gak pake lipstik dan memberikan kesan soft-focus / blurred (nge-blur, kabur) dan faded (terkesan luntur) di saat yang sama. Mungkin inilah yang membedakan Ink The Airy Velvet dengan seri lainnya. Ink The Airy Velvet terlihat seperti awan yang gak terlihat ujungnya (ngerti gak maksudnya? hahaha). Bibir terlihat smooth, garis-garis bibir gak keliatan, dan gak ada rasa lengket sama sekali.

Cuma ya itu. Jangan harap warna yang keluar di pengaplikasian awal akan terus stay. Warnanya somehow akan menghilang, dan yang tersisa tinggal stain-nya di bibir. Dari kesepuluh warna yang aku coba, ada 3 warna yang bener-bener ‘bandel’ stain-nya: Nomor 1, Nomor 3, dan Nomor 4. Nomor-nomor dari 5 warna original pertama kali Ink The Airy Velvet dirilis. 5 warna berikutnya Peripera lebih fokus di warna-warna MLBB yang less-vivid dan less-bright.

Tapi ya masalahnya balik lagi. Apakah kamu pakai lip tint karena gak suka pakai lipstick? Senengnya pake lip tint ala ombre atau full? Menurutku Peripera Ink The Airy Velvet ini punya semuanya. Warna-warna di 5 seri pertama bagus banget dipake untuk teknik Ombre lips, sedangkan 5 seri sisanya bagus untuk full application. Kesepuluh warnanya bisa staining dengan baik, tapi tetap aja warna-warna vivid-lah yang pasti jadi juaranya kalau soal stain. Ini udah jadi ‘standar’nya, kok. Bahkan di dunia lipstik klasik / liquid lipstick warna-warna vivid dan bright bisa stay lebih lama warnanya di bibir dibandingkan warna-warna lain. Warna Vivid itu maksudnya warna-warnanya intese, jelas, cerah bukan warna-warna ‘setengah cerah’ ataupun redup.

Jangan harap deh produk ini bisa stay sesuai warna awalnya karena ‘inti’ dari produknya bukan itu. Jadi, yang gak suka pake lip tint perlu penyesuaian supaya gak ‘kaget’ karena layer warna akan hilang dengan cepat dan hanya meninggalkan stain aja.

Ada hal yang aku kurang suka dari Peripera Ink The Airy Velvet ini: wanginya. Wanginya tuh kayak wangi floral yang kenceng banget, sampe bener-bener kecium walaupun gak lama setelah aplikasi dan layer awalnya menghilang, wanginya pun bakalan hilang. Wangi seperti ini terkesan ‘maksa’ dan bisa bikin pusing buat orang-orang yang memang sensitif terhadap wangi yang terlalu kuat.

Soal daya tahannya nih.

Menurutku Peripera Ink The Airy Velvet punya daya tahan wajar dan gak terlalu ‘lebay’ sampe-sampe digosok pake oil-based makeup remover pun gak hilang. Stain akan sedikit demi sedikit hilang setelah sekitar 6-10 jam, sedikit menghilang setelah makan untuk beberapa warna (apalagi warna yang neon / bright). Yang paling cepet hilang itu yang warna-warna yang mengandung brown, seperti misalnya nomor 6,7, dan 8. So far aku pakai Peripera Ink The Airy ini sekitar 10 jam sampai warnanya ludes di bibir. Warna-warna dengan brown base bisa lebih cepet dari itu, tinggal kalian kalkulasikan aja yaaa. Yang pasti sih, warna ketika awal diaplikasikan dan warna stain-nya gak akan sama, karena stain akan lebih bercampur dengan warna asli bibir jadi dari sinilah efek ‘natural‘ muncul.

Yang paling penting dari semuanya:

Aku sadar betul kalau gak semua pecinta lipstik menyukai sifat lip tint, begitu pula sebaliknya. Baik dari segi formula, tampilan, pilihan warna, sampai seberapa lama dan sebaik apa produk akan stay di bibir. Ada yang beranggapan kalau Peripera Ink The Airy Velvet ini kering setelah lapisan awalnya hilang (sisa stainnya doang), ada yang bilang kalau Peripera Ink The Airy Velvet ini salah satu lip tint yang gak bikin kering sama sekali.

Aku mungkin sedikit condong pada kalian yang menganggap kalau lip tint itu bikin kering. Setelah sekitar 6 jam, bibir jadi  kering dan kurang oke kalau dilihat. Makanya perlu diulas lagi supaya warnanya jadi rata lagi dan menutupi tampilan bibir yang kering. Ketika diulas, bibir jadi terasa moist lagi dan anehnya ketika lapisannya berkurang dan yang tersisa hanya stain, rasa keringnya muncul lagi. Rasa kering ini gak sampe bikin bibir terlihat pecah-pecah, hanya less attractive aja sih menurutku. Garis-garis bibir terlihat lebih jelas dan bibir terlihat gak sehat. Makanya, aku selalu bawa lip tint-nya kemana-mana karena aku tau aku bakalan touch up supaya bibir gak terasa kering.

Balik lagi, ada yang memang terbiasa (dan suka) pakai lipstik biasa dan ada pula yang terbiasa (dan suka) pakai lip tint. Lagipula, performa sebuah produk jelas akan berbeda-beda di setiap individu.

LIPPIELUST’S GUIDE TO PERIPERA INK THE AIRY VELVET

Untuk kalian yang suka warna-warna vivid (cerah & intense):

  • Nomor 1,3,4,5,9

Untuk kalian yang suka warna-warna natural / MLBB (mendekati warna bibir):

  • Nomor 5,6,7,8,10. Khusus nomor 7 & 10 bagus untuk kulit fair. Nomor 10 lebih terlihat keunguan, agak tricky karena bisa jadi bikin efek muka terlihat pucat.

Untuk kalian yang suka warna-warna fresh tapi gak lebay:

  • Nomor 2,3,5,9.

Untuk kalian yang suka Ombre / Gradation Lips Style:

  • Nomor 1,2,3,4,9. Warna-warna ini cukup kontras dengan warna bibir, termasuk bibir gelap.

Untuk kalian yang suka Full Application Lip Tint Style:

  • semua warna bagus buat kalian. 😉

Saranku untuk kalian yang punya bibir terlihat lebih gelap, ada baiknya aplikasikan foundation / concealer senada dengan warna kulit kalian terlebih dahulu sebagai base untuk menyamakan warna bibir dengan warna kulit kalian. Jangan lupa aplikasikan setting powder dan biarkan nge-set terlebih dahulu sebelum aplikasikan lip tint-nya ya. 😀

WHERE TO BUY

Aku beli di dua tempat berbeda melalui marketplace Shopee. Mohon maaf banget aku lupa nama tokonya karena aku order melalui akun pribadiku (bukan akun Shopee-nya Lippielust) dan saat ini akunnya gak bisa dibuka karena beberapa kali Shopee minta verifikasi ulang tapi aku udah gak punya nomor telepon yang terdaftar disana. Ha.

SWATCHES

REVIEW

More Reviews You'll Love