[SWATCH & REVIEW] Wardah Cosmetics Intense Matte Lipstick ALL Shades (+ Warna Baru!)

by Rissa Stellar
149349 views
Nama Produk WARDAH Intense Matte Lipstick
Diproduksi oleh PT. PARAGON TECHNOLOGY & INNOVATION
Berat Bersih 2,3 gr
Harga Rp. 35,000 – Rp. 47,000
Jumlah Warna 16 warna
Pembelian Produk ini bisa dibeli di SHOPEE, LAZADATOKOPEDIA, dan WATSONS.

Hi All!

Tepat seminggu yang lalu aku review warna baru Wardah Cosmetics Exclusive Lip Cream dengan New, Improved Formula-nya dan  setelah hampir 2 tahun kemunculannya, ternyata Wardah  EMLC ini masih jadi favorit banyak orang. Buktinya, review EMLC menghasilkan lebih dari 10,000 views hanya dalam waktu dua hari!

Untuk kali ini, kita beralih dulu ke salah satu seri traditional lipstick-nya Wardah, yaitu Intense Matte Lipstick Series. Less trendy, but more classic. Atau yang lebih tepatnya: less trendy, but more comfortable to wear all day. Di tahun 2016 aku udah swatch ke-12 warnanya tapi memang belum sempat buatkan reviewnya. So, are you ready?

Wardah Cosmetics saat ini punya 6 seri lipstik (color series), yaitu Long Lasting Lipstick, Intense Matte Lipstick, Exclusive Lipstick, Exclusive Matte Lip Cream, Matte Lipstick, dan juga Wondershine Lipstick. Cukup banyak bukan? Tapi dari keenam seri lipstik ini, ada dua jenis yang memang agak ‘mirip’ dalam segi formula, yaitu Intense Matte Lipstick dan Long Lasting Lipstick. Yang terbaru adalah Intense Matte Lipstick, dan perbedaan diantara kedua produk ini adalah sebagai berikut:

Tapi yang paling essential soal perbedaan keduanya adalah:

okay walaupun ini cuma head-to-head dua color series aja, tapi dua color series inilah yang paling banyak bikin para pecinta lipstik ‘terkecoh’. Sebenernya, Intense Matte Lipstick & Long Lasting Lipstick punya karakteristik yang cukup berbeda lho.. List-nya sendiri bisa kalian lihat diatas ya.. Yang paling keliatan jelas itu creaminess diantara keduanya, yang ternyata Intense Matte Lipstick jauh terasa lebih creamy dan moist. Ya gak salah sih, karena Intense Matte merupakan produk yang paling bontot untuk seri lipstik klasik-nya Wardah, dan menurutku seri ini merupakan hasil improvement dari seri Long Lasting Lipstick.

Nah, gimana? Udah jelas kan perbedaannya?

Sekarang kita masuk ke review khusus Intense Mattenya dulu yuk!

FORMULA

So, let’s start with the most important one: The Formula.

Wardah Intense Matte Lipstick ini punya formula yang lebih advance dibandingkan seri terdahulunya, Long Lasting. Kalau kalian cari lipstik yang punya pigmentasi sangat baik dan juga lebih terasa creamy di bibir, you can choose this one. Gak terasa streaky ketika diaplikasikan, malahan terasa lembut ketika kita coba ulas di bibir. Oh ya, saking creamy-nya, 1 tube Intense Matte Lipstick bisa cepet abis apalagi kalau kalian punya warna andalan. Dijamin! Pengalaman pribadi aku sendiri dengan warna favoritku: 10 – Miss Terracota. Hehehe..

Warnanya sendiri sangat intens dan mampu menutupi warna bibir asli dengan baik. Hasil akhir sesuai klaim: intense matte. Walaupun memang gak akan se-matte seri Exclusive Matte Lip Cream-nya, but you get the point right?

Jangan bandingkan lipstik klasik dan matte lip cream karena sampai kapanpun kedua jenis lipstik ini gak akan bisa sama. Kalau cari yang tahan lama dan super matte, silakan pilih Exclusive Matte Lip Cream (lipstik cair), dan kalau cari yang lebih nyaman dipakai dan gak terlalu ‘nempel’ di bibir, Intense Matte Lipstick ini jawabannya. Tapi yang pasti, keduanya punya ‘die-hard fans’ masing-masing!

Kalau soal wanginya gimana? So far yang aku rasakan, Wardah gak pernah ngeluarin produk bibir yang punya wangi. Jadi wanginya ya wangi asli lipstiknya aja. Sederhana. Tapi ganggu kah? Enggak kok. Menurutku wangi yang paling baik itu ya lipstik yang gak punya artificial scent atau wangi buatan. Betul?

Btw, pasti deh kalian bertanya-tanya, kenapa sih lipstiknya wardah itu cepet copot? T_T

Gak diapa-apain copot sendiri, baru beli copot juga. Sebenernya sih gini, teori cocoklogi aku selama jadi pecinta lipstik (ini self-proclaimed banget judulnya hahaha) ya memang kalau bentuk tube dan isi lipstik yang tinggi langsing  seperti ini, lipstik gampang patah. Coba deh di-list satu persatu lipstik yang punya leher tube mirip seperti ini, dan buktiin aja sendiri 😉

Aku pernah baca di sebuah artikel tentang kenapa lipstik dengan tube langsing seperti ini mudah patah. Jadi ini bukan salah si ‘dudukan’nya, tapi gimana si lipstik melewati hawa panas – dingin – lalu panas lagi, inilah yang mempengaruhi lipstik yang menempel di dudukannya jadi rapuh dan gak kuat lagi untuk bersandar 🙁 *kok sedih gini*

Saranku, jika kalian punya lipstik yang alhamdulillah dapetnya gak patah, jangan disimpan terbalik, selalu simpan di tempat bersuhu ruangan, yang gak terkena sinar matahari langsung maupun kena hawa dingin langsung. kalau dibawa kemana-mana, lebih baik masukin ke dalam dusnya untuk meminimalisasi goncangan. Just in case, ya…

LONGEVITY

Selain punya konsep warna yang intens dan tampilan yang matte, Intense Matte Lipstick ini juga didesain supaya bisa tahan lebih lama di bibir tanpa bikin kering. Caranya gimana toh? Kan ini bukan dead matte liquid lipstick? Ya dengan intensitas warna tadi. Jadi kalau lipstikmu luntur, warna yang tersisa di bibir masih bisa on terus tanpa touch up.

Kalau di aku, Intense Matte Lipstick bisa stay sampai 6-7 jam, which is very impressive mengingat produk ini bukan produk matte lip cream yang bisa nempel seharian. On the other side, warnanya memang tidak akan sepekat seperti di jam-jam awal, apalagi kalau melewati proses minum atau makan: udah pasti nempel. Let’s be real, ok?

Lalu, selama 6-7 jam itu, apakah produk ini bikin kering bibir? Aku ngerasa bibirku fine-fine aja gak ada kecenderungan kering sama sekali, yang paling keliatan itu ya warnanya aja yang semakin memudar. Itu aja sih.

PRICE

Wardah Intense Matte Lipstick dijual sekitar 35,000 – 47,000an per pcs-nya. Shades barunya udah tersebar di seluruh counter resmi Wardah Cosmetics maupun non-resmi di seluruh Indonesia.

MY FAVORITES

02 Blushing Nude, 06 Blooming Pink, 08 Retro Red, 10 Miss Terracotta (ini sampai repurchase!), 11 Choco Town, 12 Lady Burgundy, 13 Yummy Brownie, 14 Active Cerise, 15 Out of Red, 16 Pecan Pie (iya, aku suka semua warna barunya hahaha)

PERBANDINGAN WARNA

Untuk perbandingan warna yang paling banyak direquest:

  • 04 MAUVE MELLOW | 05 EASY BROWNIE | 13 YUMMY BROWNIE

04 Mauve Mellow merupakan warna nude – mauve (ungu muda), lebih ke arah cool-toned. 05 Easy Brownie merupakan warna cool-toned nude (warna coklat muda). 13 Yummy Brownie ini yang paling oke sih menurutku: warna nude dengan hint pink, jadi terlihat lebih warm.

  • 02 BLUSHING NUDE | 06 BLOOMING PINK | 14 ACTIVE CERISE

02 Blushing Nude merupakan warna soft pink yang punya campuran coklat muda, sesuai namanya ‘blushing‘. 06 Blooming Pink merupakan warna warm pink yang lebih vibrant (cerah), tapi sangat wearable untuk sehari-hari. 14 Active Cerise merupakan warna pink dengan campuran orange, sedikit seperti warna coral namun diimbangi oleh hint coklat jadi dipakai sama temen-temen yang punya kulit sawo matang pun akan tetap keliatan cantik.

  • 08 RETRO RED | 09 VIBRANT RED | 15 OUT OF RED

Sekarang giliran kelas si merah! 08 Retro Red merupakan blue-based red, warna merah yang lebih kearah cool-toned. Warna merah seperti ini bisa kasih efek gigi terlihat lebih putih. 09 Vibrant Red lebih ke arah classic red, warna merahnya seimbang gak cool-toned maupun warm. 15 Out of Red ini yang paling unik. Warna ini lebih terlihat lebih deep dari kedua warna diatas, dan lebih ke arah wine red.

  • 11 CHOCO TOWN | 16 PECAN PIE

Kedua warna ini yang paling gampang buat dilihat perbedaannya. 11 Choco Town itu coklat tua keunguan, sedangkan 16 Pecan Pie itu coklat tua kemerahan. Selesai! Hehehehe

Selengkapnya, kalian bisa lihat full swatches-nya dibawah ini:

dear olshop yang suka edit-edit foto swatches, kayaknya sekarang agak repot ya edit fotonya?  selamat datang watermark yang bertebaran :p

SWATCHES

OVERALL REVIEW

More Reviews You'll Love