[Swatches & Review] Maybelline Super Stay Matte Ink

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 100386 views

Have you seen my swatches for Maybelline Super Stay Matte Ink? What do you think about this product?

FYI, Maybelline Super Stay Matte Ink ini satu-satunya produk yang aku tes selama sehari penuh – melalui proses makan (buka puasa), ngemil-ngemil, ngopi, lalu ngemil lagi (martabak ftw!) secara raw dan real-time di Insta Story-ku sekitar dua minggu yang lalu. Selengkapnya ada di Highlight Stories Instagram-ku dengan judul ‘Super STAY!’ (this highlight will be removed any time soon so if you wanna see it, check it now).

Apply the product thoroughly and very carefully..

Disini aku pakai warna Pioneer, warna bright red yang cantik banget! Dan ya, seperti yang bisa kalian lihat, warnanya udah bisa opaque dan menutupi warna asli bibir dengan sempurna tanpa harus ulas berulang kali.

Test 1: kiss!

Setelah menunggu selama 30 detik dengan meminimalisasi gerakan bibir dan juga tanpa makan / minum apapun, produknya bisa settle dengan baik di bibir walaupun awalnya produk akan terasa tacky (lengket), tapi rasa lengket ini akan sedikit demi sedikit hilang seiring berjalannya waktu. Karena performa produk ini tergantung pada kondisi bibir kamu, kamu boleh cek dengan mengatup-katupkan bibir untuk make sure kalau lipstiknya udah bener-bener nempel. Cara ini bisa juga kalian gunakan untuk meminimalisasi rasa lengket produknya di bibir.

Test 2: blot with tissue

Setelah menunggu 20-30 detik, coba tes cium punggung tangan lalu blot dengan menggunakan tisu. Dari sini, produk udah hampir 100% menempel dengan baik di bibir so you’re basically ready to go.


Setelah berkali-kali pakai, ada 1 tip penting yang perlu diingat ketika menggunakan Maybelline Super Stay Matte Ink: jangan gunakan lip balm / primer / concealer sebelum aplikasi agar lipstik bisa nempel dengan sempurna. Jika kamu termasuk yang memiliki bibir super kering, aplikasikan lip balm sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelum pemakaian lipstik ini agar bibir terasa kenyal dan lembab bukan hanya di permukaannya aja tapi meresap sampai ke dalam. Kalau aku, pemakaian lip balm itu bersamaan dengan skincare jadi ketika dandan, bibir udah siap untuk diaplikasikan dengan lipstik. 😉 Oh ya, aku gak menyarankan untuk menggunakan lip balm beberapa menit sebelum aplikasi lalu di-blot pakai tisu ya… karena menurutku kelembaban bibir gak akan bertahan lama. Selain itu, cara seperti ini akan mengurangi daya tahan lipstiknya sendiri jadi mudah transfer.


Tes 3: makan oxtail soup!

Test 4: makan martabak keju 😛

Final check in: jam 12 malam (kurang lebih 10 jam setelah pemakaian lipstik) warnanya masih bold tapi udah gak se-vibrant seperti awal aplikasi. But this is nice, right?


Formula

Produk ini punya formula yang cukup creamy tapi enggak terlalu padat dan juga gak terlalu cair. Teksturnya pas! Gak susah ketika diaplikasikan di bibir, warnanya langsung bisa merata karena memang vivid dan opaque. Ketika mengering, warnanya bisa oxidizes walaupun enggak terlalu gelap. Malah, aku suka warna Pioneer ketika dia udah mulai oxidizes, warnanya jadi lebih ‘kalem’ di bibir.

Warna yang paling aku gak suka adalah Escapist, karena cuma warna ini yang terlihat patchy di bibirku. Hasil akhirnya kurang oke karena warnanya gak bisa rata sama sekali.

Terlepas dari warnanya, jujur formula Maybelline Super Stay Matte Ink ini bener-bener impresif. Setelah melewati proses makan, minum, dan ngemil seharian, warnanya masih bisa nempel di bibir dengan baik tapi memang tidak akan terlihat se-vibrant seperti awal aplikasi.  Gak tau deh kenapa, tapi yang pasti selama aku pakai Maybelline Super Stay Matte Ink ini ya rasanya memang se-oke ini.

Walaupun begitu, setelah beberapa kali dapat DM di Instagram, ada beberapa followers-ku yang memberikan input jika kamu termasuk orang yang punya produksi saliva (liur) yang banyak, lipstik ini akan luntur duluan di bagian dalam bibir terlebih dahulu karena kondisi bibir yang selalu basah. Walaupun gak terlalu keliatan, ternyata setelah kurang lebih 10 jam pemakaian, aku menyadari kalau warna lipstik di bagian dalam bibirku memang agak luntur. Lunturnya sih bukan luntur yang sampe keliatan kontras gitu warnanya, hanya luntur yang memang subtle tapi masih menyisakan warna.

Untuk wanginya sendiri seperti wangi cake dengan hint lemon, I guess?

Another tip: lipstik ini hanya bisa dibersihkan dengan oil-based makeup remover ya..

Packaging

Untuk soal packaging, menurutku Maybelline Super Stay Matte Ink punya container yang terlalu ‘bulky‘ dan kaku. Mungkin karena bentuknya seperti persegi panjang kali ya? Warna packagingnya sendiri punya warna yang sama dengan warna di dalamnya, dengan warna tutup putih. Yang paling aku suka dari produk ini (seperti halnya aku suka Ciate Liquid Velvet dan Charlotte Tilbury Hollywood Lips), aplikatornya berbentuk tapered / pointed (meruncing) dan memiliki lubang di bagian tengah. Lubang ini berfungsi sebagai reservoir (penyimpan) agar produk gak cepat habis ketika proses aplikasi. Makanya, Maybelline Super Stay Matte Ink ini punya klaim kalau dalam proses aplikasinya kita cuma butuh 1x celup aja (no double dip).

Staying Power

Selama torture test, aku pakai shade Pioneer selama kurang lebih 9-10 jam dan sama sekali gak ada kecenderungan luntur. Untuk warna-warna yang lebih muda, karena warna Loyalist dan Dreamer terlihat sedikit pucat, maka aku coba pakai dengan teknik ombre dengan warna vampy seperti Believer dan Voyager.

Jika dibuat perbandingan antara warna-warna tua dan mudanya, aku lebih memilih warna tuanya karena intensitas warnanya yang sangat baik. Selama sehari penuh dipakai pun warnanya masih tetap on, sedangkan warna-warna mudanya punya kecenderungan bisa luntur lebih cepat.

So, apakah benar produk ini bisa tahan sampai 16 jam? Bisa banget! Asal tau cara pengaplikasiannya, Maybelline Super Stay Matte Ink gak akan terasa lengket dan bisa tahan seharian tanpa luntur. Tapi tentu aja, setiap kondisi bibir berbeda. Namun selama ini aku dapatkan feedback di DM Instagram, hampir 80% berpendapat sama: this product is  smudge-proof dan super intense!

Price

115,000 di LAZADA Indonesia.

Lippierating

 

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.