My Top 6 Liquid Eyeliners!

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 27663 views

Kayaknya kalau di dunia ini gak ada lipstik, aku saat ini dengan bangga memproklamasikan diri sebagai black eyeliner addict. Hahaha..

Tapi ya, bisa dibilang aku suka pakai eyeliner duluan daripada lipstik. Memang, aku kenal lipstik jauh lebih lama dari semua jenis makeup lainnya tapi yang rutin aku pakai sehari-hari adalah eyeliner. Mau jenis eyeliner gel, pen, liquid, pencil, pot, pernah aku jajal. Mau ala basic, cat eye, bambi whatever the types, pasti aku cobain.

Diantara semuanya, aku paling suka jenis liquid pen eyeliner yang menurutku paling praktis dan paling mudah diaplikasikan. Hasil yang didapatkan pun lebih ke arah bold dan presisi, jadi sangat cocok untuk tampilan mata yang lebih tajam dan besar.

Banyak yang setuju, tapi aku yakin banyak juga yang kesulitan dalam mengaplikasikan liquid pen eyeliner. Yang paling nyebelin adalah ketika aplikasi mata kanan dan kiri berbeda, bisa jadi panjang sebelah atau terlalu tebal sebelah. Haha.. But I do feel you guys! Memang aplikasi liquid pen eyeliner itu butuh steady hand dan juga kesabaran! Tapi kalau udah bisa, biasanya gak bisa pindah ke jenis lain.

Liquid pen eyeliner (apalagi yang sweatproof, ) bisa tahan seharian. Aku pribadi ngerasa gak kesulitan sama sekali buat cari liquid pen eyeliners andalan karena banyak banget pilihannya. Perlu trial and error buat cari the best of liquid pen eyeliner versiku sendiri.

Now let’s do this! List dibawah ini adalah merk-merk liquid pen eyeliner yang aku favoritkan (penomoran tidak berdasarkan ranking ya, hanya untuk memudahkan aja). Aku pribadi beli produk-produknya di beberapa marketplace seperti Lazada, Tokopedia, dan Shopee.

Make Over Hyperblack Superstay Liner

  • Harga: IDR 119,000
  • Netto: 1gr
  • Produsen: Shanghai Beukay Cosmetics Co., Ltd. (China)
  • Rilis: April 2018
  • Memiliki steel ball untuk mengocok produk di dalam botol agar produk tidak mudah kering / menggumpal
  • Smudgeproof, waterproof, sweatproof

Baru dirilis di bulan April tahun ini, Make Over Hyperblack Superstay Liner berhasil aku jatuh cinta! Alasannya sih sederhana, aku butuh liquid pen eyeliner yang gak gampang kering di containernya, presisi ketika diaplikasikan, dan warnanya langsung mengering sempurna cuma dalam hitungan detik. Produk ini punya sifat fast drying, dan ketika mengering warnanya gak akan geser-geser lagi. Hasil akhirnya glossy, opaque, waterproof, dan sweatproof. Oh ya, produk ini gak bisa untuk tampilan eyeliner ala-ala soft smudged eyeliner look karena memang cepet banget keringnya.

Aplikatornya sendiri berbentuk brush yang panjangnya pas dan fleksibilitas yang pas juga. Gak terlalu lentur tapi juga gak keras, jadi gak akan menyakiti mata. Hal lain yang aku suka dari produk ini dia gak bocor. Beberapa liquid pen eyeliner gampang bocor sampai mengotori tutup pen, akhirnya produk jadi terbuang percuma.

Dari segi harga, Make Over Hyperblack Superstay Liner ini menurutku masih terbilang affordable walaupun gak bisa dikategorikan sebagai liquid pen eyeliner termurah. I mean, harganya sebanding sama kualitas dan daya tahannya. And you know what? this product is really really hard to get saking lakunya. Aku harus dealing sama seller online shop yang tiba-tiba cancel orderanku setelah seminggu lebih nunggu, lalu ke online shop lain yang katanya harus PO selama seminggu. Akhirnya aku memutuskan untuk pakai produk yang udah ada, yang memang aku rutin pakai, jadi penampilannya udah gak terlalu bersih.

Maybelline Hypersharp Power Black Liner

  • Harga: IDR 109,000
  • Netto: 0.5 g
  • Produsen: Yichang Tianmei International Cosmetics Co., Ltd, China
  • Rilis: 2008
  • Tidak memiliki steel ball
  • Non waterproof

Sama seperti Make Over Hyperblack Superstay Liner, Maybelline Hypersharp Power Black ini punya jenis aplikator brush. Oh ya, sebenarnya ada beberapa jenis dari seri Hypersharp, lho.. Ada Hypersharp Wing (ungu), Hypersharp Liner biasa (kuning), dan Hypersharp Power Black (merah). Yang paling aku suka dari semuanya ya Power Black ini. Alasannya?

Maybelline Hypersharp Power Black ini punya hasil garis sangat ramping ketika diaplikasikan. Sesuai klaimnya, ‘hyper sharp‘, produk ini mampu bikin garis tipis kalau kalian gak suka tampilan eyeliner yang bold, dan ataupun yang suka tampilan mata cat eye, jelas banget bisa membentuk ‘flick’ di ujung mata dengan sempurna.

Kalau soal warna, aku rasa warna dari Hypersharp Power Black ini gak se-powerful namanya. Masih terlihat kurang opaque dan agak sulit diaplikasikan di kelopak mata yang berminyak. Lalu kenapa aku suka?

Aku tipikal pengguna eyeliner yang gak suka mengaplikasikan eyeliner hitam di bagian bawah mata. Tapi kalau lagi pengen dan malas pakai eyeliner pencil, ya aku pasti pakai ini. Garis yang dihasilkan bener-bener tipis, tapi warnanya udah pasti keluar walaupun gak se-bold liquid pen eyeliner-ku yang lain.

Kalau dari segi harga, Maybelline Hypersharp Power Black ini sekitar 109,000 (official shop Maybelline Indonesia di Lazada). Cukup affordable, apalagi banyak sellers yang menjual dengan harga diskon sekitar 75-90ribuan di marketplace (biasanya dapat beli hasil diskon lalu dijual kembali). Tapiiiii.. jujur aja liquid pen eyeliner Maybelline satu ini cepet abisnya. I don’t know, mungkin kering atau memang beneran habis, tapi ya memang kerasa ketika kita coba aplikasikan, warnanya gak keluar sempurna. Hiks.

Wardah EyeXpert Optimum HiBlack Liner

  • Harga: IDR 94,800
  • Netto: 1 ml
  • Produsen: Shanghai Beukay Cosmetics Co., Ltd. (China)
  • Rilis: 2016
  • Memiliki steel ball untuk mengocok produk di dalam botol agar produk tidak mudah kering / menggumpal
  • Smudgeproof, waterproof, sweatproof

Ini nih jagoanku sejak tahun 2016! Aku suka banget sama Wardah EyeXpert Optimum Hi-Black Liner, back in the days aku beli secara gak sengaja di Guardian Ciwalk. Sejak saat itu, aku langsung jatuh cinta dan hampir gak pernah cari liquid pen eyeliner lagi.

Berbeda dengan dua produk sebelumnya, Wardah menggunakan sponge / felt applicator tip. Keunggulannya: warna jadi sangat presisi ketika diaplikasikan dan mampu menahan produk dengan baik tanpa bleeding. Kekurangannya? Biasanya sponge-based eyeliner tip ini lebih mudah kering di dalam botol. Kalau kelamaan dibuka, ada kemungkinan memperpendek usia liquid pen eyeliner ini karena applicator tip-nya keburu kering.

Yang paling aku suka dari produk ini adalah jelas kualitas warnanya yang bener-bener hitam pekat dan juga daya tahannya yang impresif! Produknya mengering dalam hitungan detik dan gak akan geser-geser lagi. Menurutku, produk Wardah satu ini bisa tahan lebih baik dibandingkan Make Over Hyperblack Superstay liner ketika dicoba dihapus menggunakan oil-based makeup remover.

Aku rasa, Make Over Hyperblack Superstay Liner memang terinspirasi dari ‘adik’nya ini. Wardah EyeXpert Optimum Hi-Black Liner jadi favorit banyak orang sampai detik ini dan Make Over akhirnya melalui manufaktur yang sama, menciptakan produk ‘tandingan’. Dan mereka berhasil, keduanya jadi favorit aku saat ini hahaha..

BLP Beauty Pitch Black Matte Liner

  • Harga: IDR 109,000
  • Netto: 1,2 ml
  • Produsen: Schwan-STABILO Cosmetics GmbH & Co. KG
  • Rilis: 2018
  • Tidak memiliki steel ball
  • Smudgeproof, semi-waterproof

BLP Beauty Matte Liner ini punya applicator tip yang berbeda dengan produk-produk eyeliner favoritku lainnya: ujung sponge / felt tip applicator-nya lebih panjang dan lebih runcing. Hal ini memudahkan kalian para pecinta winged eyeliner look dengan mudah bikin wings di mata! Gampang dan juga bersih, karena jarak dari mulut ke ujung aplikator lumayan jauh. Jadi gak akan mengotori kulit kalian. Ini adalah salah satu alasan kenapa aku suka produk ini.

Sesuai jenis warnanya ‘pitch black‘, hasil warna produk ini benar-benar opaque dan matte. Gak perlu disambung-sambung, karena sekali ulas pun garisnya udah tegas! Selain itu, BLP Beauty Matte Liner ini punya warna botol yang catchy, turquoise gitu. Daya tahannya juga lumayan baik walaupun gak begitu waterproof. Kalian bisa lihat torture test-nya dibawah ya.

Oh ya, salah satu kekurangan yang jadi keunggulan juga: produk ini juga punya fleksibilitas aplikator yang lumayan mudah dibengkokkan. Keunggulan karena bisa menghasilkan garis ramping yang tegas. Hasil produk ini bisa diatur: mau tebal, mau tipis, bisa. Kalau mau tebal, ketika proses aplikasi cukup agak ditekan agar si ujungnya bisa lebih bengkok. Tapi saranku sih, lebih baik jangan terlalu sering ditekan atau nantinya ujung aplikatornya akan jadi terlalu fleksibel sehingga berpengaruh pada  garis yang dihasilkan. Inilah yang jadi kelemahan long tip applicator seperti punya BLP ini.

Aku cukup terkesan sama BLP yang mampu bersaing dengan merk-merk lain yang mengeluarkan produk serupa. Harga yang ditawarkan untuk 1,2 ml produk adalah 109,000,- yang menurutku ini bener-bener steal dan wajib banget kalian punya.

Clio Professional Kill Black Waterproof Pen Liner

  • Harga: IDR 209,000
  • Netto: 0,55 ml
  • Produsen: Chemicos Co., Ltd. (Korea Selatan), diformulasikan di Jepang
  • Rilis: –
  • Memiliki steel ball untuk mengocok produk di dalam botol agar produk tidak mudah kering / menggumpal
  • Smudgeproof, waterproof, sweatproof

Sama seperti BLP beauty, CLIO Professional Kill Black Waterproof Pen Liner ini memiliki ujung aplikator berbentuk sponge / felt. Kayaknya jauh sebelum BLP, aku suka aplikator semacam ini dari Clio dan Wardah. Makanya kedua produk ini jadi favoritku bahkan sejak CLIO belum masuk Indonesia.

Untuk kualitasnya, CLIO Kill Black Liner ini menurutku sangat baik walaupun agak bleeding ketika proses mengering yang cuma beberapa detik aja. Warna yang dihasilkan pun hitam pekat dan garis yang dihasilkan pun ramping, cocok untuk kalian yang suka pakai eyeliner soft.

CLIO Kill Black Liner ini walaupun ujungnya fleksibel, tapi gak gampang juga untuk dibengkokkan. Sampai detik inipun kualitas sponge / felt tip applicator-nya sama seperti ketika pertama kali beli: masih tetep enak!

Kekurangannya: lumayan mahal dengan harga 209,000 untuk 0,55 ml produk.

Maybelline Hyper Impact Liner

  • Harga: IDR 69,000
  • Netto: 1 gr
  • Produsen: Yichang Tianmei International Cosmetics Co., Ltd, China
  • Rilis: –
  • Memiliki steel ball untuk mengocok produk di dalam botol agar produk tidak mudah kering / menggumpal
  • Smudgeproof, waterproof, sweatproof

Two Maybelline eyeliners in one post? Are you kidding me? Well I kid you not. Aku emang suka produk eyeliner-nya Maybelline, karena banyak banget variannya. Saking banyaknya, aku jadi cobain satu persatu sampai akhirnya ‘ketemu’ sama dua favoritku ini.

Maybelline Hyper Impact Liner Black ini berbeda dari seri Hypersharp. Kalau Hypersharp (sesuai namanya) lebih runcing dan ramping, nah yang Hyper Impact ini hasilnya lebih bold dan thick. Mungkin bentuk aplikator yang lumayan pendek jadi pengaruh, but I don’t know for sure. Yang pasti, bentuk aplikator pendek seperti ini menghasilkan garis yang lebih tebal, salah satunya punya Maybelline Hyper Impact ini.

Selain itu, Maybelline Hyper Impact Liner menurutku memiliki warna hitam yang jauh lebih opaque walaupun terlihat lebih glossy. This is a plus point for me, though. Aku lebih suka eyeliner yang bener-bener hitam pekat daripada yang hitamnya setengah-setengah. Hahaha..

Maybelline Hyper Impact Liner juga lebih waterproof, mungkin pengaruh warnanya juga kali ya. Tapi yang pasti kalau memang kalian mau cobain eyeliner dari Maybelline, cobain Hyper Impact ini untuk tampilan yang lebih bold dan tahan lama.

Soal harga, Hyper Impact dari Maybelline ini harganya lebih murah dari Maybelline Hypersharp: sekitar 69,000-an.

The Starter

Aku juga punya MIZZU Perfect Wear Eyeliner Pen dan hasilnya lumayan untuk low-end, affordable liquid pen eyeliner. Memang performanya gak begitu bagus apalagi sifatnya yang cepet kering walaupun kondisi pen selalu tertutup. Tapi jika kalian ingin coba belajar pakai eyeliner pen, awali dengan MIZZU eyeliner ini karena mudah dihapus. Harganya sekitar 46,000-an.

The Underrated Liner

Aku coba QL Fashion Eyeliner Black Waterproof baru-baru ini dan sekarang lagi jajal terus-terusan sampe habis karena pengen tau seoke apa sih produk ini. Harganya murah, sekitar 30,000-an tapi kualitasnya juga bagus. Yang jadi masalah adalah warnanya yang gak terlalu opaque dan gampang bleeding. TAPI untuk harga segini ya lumayan aja! Sedikit demi sedikit aku mulai ngelirik brandbrand baru seperti ini untuk coba eyeliner, karena pada dasarnya kalau pilih eyeliner itu ya kalo gak mesti hitam pekat, ya longlasting. Dan QL punya salah satunya. 😉

Nah sekarang giliran performanya! Simak torture test dibawah untuk lihat sebaik apa liquid pen eyeliner menghadapi cobaan-cobaan ini ya! Hehehe..

Seperti yang bisa kalian lihat, Maybelline Hyper Impact Liner dan Wardah EyeXpert Optimum Hi-Black Liner ada di posisi pertama untuk daya tahan, menyusul QL Cosmetics Fashion Eyeliner Black Waterproof liner, Maybelline Hypersharp Power Black, Make Over Hyperblack Superstay Liner, dan Clio Kill Black Waterproof liner yang menyisakan warna sedikit setelah dicoba dihapus menggunakan oil based makeup remover. Sedangkan BLP Beauty Matte Liner dan Mizzu Perfect Wear Eyeliner Pen 100% hilang setelah dibersihkan menggunakan oil based makeup remover.

So, menurut kalian, liquid pen eyeliner apa yang paling bagus dan kalian favoritkan?

See you again in another review!

 

More Reviews You'll Love

1 comment

Aprilia Putri July 23, 2018 - 9:28 pm

Sumpah ya kak rissa, akutu aslinya males baca apalagi baca blog yg paling jarang bgt aku lirik. Tapi beda saat baca blog review milik kakak, karena terasa seru membacaya kayak kita interaksi langsung dalam nyimak review yg kaka sampaikan. Semua oenjelasan juga lengkap dan jelas sehingga hampir gaada celah pertanyaan yg bakal aku lontarkan soalnya penjelasan yg aku mau udah ada lengkap semuanya.

Reply

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.