[SWATCHES & REVIEW] EMINA CREAMATTE (8 New Shades 2018)

by Rissa Stellar
145603 views

Hello guys, back again with me, Rissa, with another local product review. Kali ini ada Emina Creamatte, salah satu produk andalannya Emina Cosmetics. If you’re here long enough you already knew that this is not the first review I made for this product. Hampir dua tahun lalu aku review generasi pertama Emina Creamatte disini, dan kali ini aku akan mereview khusus warna-warna barunya dan juga perbandingan formulanya dengan warna-warna lama. Are you ready though? This will be a super long review! Hehehe..

Karena ternyata gak sedikit juga yang baru mau coba-coba produk Emina Creamatte, jadi kalau kalian ingin ‘kenalan’ dulu sama brand satu ini, kalian bisa baca reviewku sebelumnya tentang Creamatte di blog ini. Aku bahas bagaimana Emina sangat diterima dengan baik di pasar kosmetika Indonesia oleh seluruh kalangan masyarakat, yang muda maupun yang enggak muda-muda amat :p Selengkapnya bisa kalian baca disini ya.

So without further ado, let’s start the review!

THE INGREDIENTS (LAMA VS BARU)

Walaupun sebenernya kandungannya sama, tapi ternyata Emina Creamatte saat ini memiliki posisi ‘formasi’ bahan baku utama yang berbeda dengan formasi formula awal:

FORMULA DI PRODUK LAMA (2016):

Cyclopentasiloxane, Isododecane, Trisiloxane, Diisostearyl Malate, Caprylyl Methicone, Trimethyysiloxysilicate, Synthetix Beeswax, Disteardimonium Hectorite, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Propylene Carbonate, Silica Dimethyl Silylate, Cetyl Dimethicone, Tocopheryl Acetate, Propylparaben, Fragrance, Talc, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane.

FORMULA DI PRODUK BARU (2018):

Cyclopentasiloxane, Isododecane, Trisiloxane, Caprylyl Methicone, Diisostearyl Malate, Trimethyysiloxysilicate, Synthetix Beeswax, Disteardimonium Hectorite, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Propylene Carbonate, Silica Dimethyl Silylate, Cetyl Dimethicone, Tocopheryl Acetate, Propylparaben, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, Talc, Fragrance.

So as you can see, ada perubahan ‘posisi’ untuk bahan baku seperti Diisostearyl Malate, Caprylyl Methicone, Fragrance, Talc, Aluminum Hydroxide, dan juga Triethoxycaptylylsilane.

Nah, sejauh pengetahuan aku tentang ingredients list, menurut FDA (BPOM-nya USA), harus diurutkan mulai dari bahan baku yang paling banyak dipakai sampai bahan baku yang paling sedikit dipakai dalam produk tersebut. This will be interesting, though. Karena ada banyak sekali klaim bahwa Emina Creamatte saat ini punya formula yang jauh lebih creamy dan juga transferproof, tanpa meninggalkan ‘kesan’ nyamannya. Apakah betul? Dan.. apakah ada hubungannya sama perubahan formasi ingredients list diatas?

Let’s break it down one by one ya.

  • CAPRYLYL METHICONE adalah silicone / skin-conditioning agent. Silikon dalam kosmetika khususnya lipstik berfungsi untuk memudahkan produk merata (spreadability) dan juga memberikan rasa nyaman di kulit. Silikon juga berfungsi sebagai water-resistant, yang artinya, bisa menahan air dengan sangat baik. Bahan baku ini biasa dipakai oleh produk-produk yang memiliki klaim ‘waterproof / water-resistant‘.
  • DIISOSTEARYL MALATE adalah skin-conditioning agent / emmolient. Bahasa awamnya adalah: bahan baku ini  berfungsi untuk melembutkan atau dalam produk sih, lebih kearah membuat produk jadi lebih terasa creamy.

Di ingredients list, EMINA Creamatte menukar posisi Diisostearyl Malate dengan Caprylyl Methicone menjadi Caprylyl Methicone lalu diikuti oleh Diisostearyl Malate. So maybe this is why Emina Creamatte saat ini terasa lebih waterproof dibandingkan dengan Emina Creamatte di tahun 2016 lalu.

  • ALUMINUM HYDROXIDE berfungsi sebagai ‘opacifying agent‘ atau bahasa lainnya: bikin warnanya jadi lebih ‘nyata’ dan ‘opaque‘. Aluminum Hydroxide juga berperan sebagai colorant (pewarna).
  • TRIETHOXYCAPRYLYLSILANE berfungsi sebagai ‘binding agent‘ dan juga ‘emulsifier‘. Artinya, Triethoxycaprylylsilane berfungsi sebagai ‘pengikat’ bahan baku yang digunakan di dalam produk tersebut agar lebih stabil.
  • TALC atau bahasa awamnya adalah ‘powder’ atau ‘bedak‘ berfungsi sebagai anti-caking agent (agar produk bisa merata di permukaan kulit), opacifying agent (membuat warna menjadi lebih opaque), dan juga skin protectant (melindungi kulit).
  • FRAGRANCE, atau bahasa lainnya parfum, berfungsi sebagai wangi di dalam produk. Fragrance di dalam lipstik bisa jadi berbau kue, bunga, dll.

Okay! So di formula terbarunya Emina Creamatte, Aluminum Hydroxide dan Triethoxycaprylylsilane (ini susah banget ya Allah ngetiknya hahaha) digeser ke posisi atas, tepat diatas Talc lalu Fragrance. Hal ini mempengaruhi performa Emina Creamatte terutama kepekatan warna dan kualitas produknya sendiri yang lebih mudah dan nyaman diaplikasikan. Selain itu, Emina Creamatte menurunkan persentase Talc dan juga Fragrance-nya sehingga kedua bahan baku ini berada di posisi paling bawah. Are you aware that Emina Creamatte today smells less chemical than the older Emina Creamatte? Yep that’s the answer: Fragrance di Emina Creamatte saat ini (2018) ada di posisi paling bawah.

FORMULA, TEXTURE, AND OTHER RELATED ASPECTS

Now the formula! Kalau kalian baca poin ingredients list diatas, sedikit banyak kalian pasti udah tau formulanya seperti apa. The original formula Emina Creamatte udah cukup creamy, tapi Emina Creamatte saat ini jauh lebih creamy. Di review Emina Creamatte tahun 2016 lalu, aku jelaskan perbedaan formula Emina Creamatte dengan kedua ‘kakak’nya, Make Over Intense Matte Lip Cream dan Wardah Exclusive Matte Lip Cream. Walaupun Emina Creamatte terasa sama-sama creamy, produk ini jauh terasa lebih ringan karena memang opacity warna yang ditawarkan dulu tidak sebagus sekarang. Dulu, perlu beberapa kali ulas untuk mencapai full coverage karena pigmentasi warnanya tidak sebagus kedua kakaknya tadi. Pengalamanku memakai Emina Creamatte sekarang adalah tidak ada gumpalan-gumpalan warna, tidak ada kesulitan apapun ketika meratakan warnanya di bibir, tidak ada cracking, tidak ada yang rontok. Everything’s great, that’s the result of Emina Creamatte’s innovation / transformation.

Berbeda dengan warna awal yang terasa lebih fun, outgoing, dan ‘anak muda banget’, warna-warna Emina nomor baru 8-12 lebih fokus di warna-warna neutrals & nudes. Tapi, sebetulnya yang bener-bener bikin menarik perhatianku adalah formulanya yang memang terasa jauh lebih baik. Dan aku rasa, pergantian posisi formasi bahan bakunya ini gak cuma ada di warna-warna baru, tapi juga warna-warna lamanya yang ada di pasaran sekarang ini.

Another thing you need to know: warna-warna super bright seperti orange, bright pink, beige nude, dll akan terasa lebih ‘tricky’ ketika diaplikasikan karena sifat warnanya yang memang seperti itu. Warna apapun yang memiliki base putih akan terasa ‘less comfortable‘ dibandingkan warna-warna yang lebih ‘redup’. Ini berlaku untuk semua produk lipstik yang memiliki warna-warna ini ya.

Nomor 10 ‘Starfish’ adalah warna yang paling cerah di barisan warna-warna barunya tapi rasanya sama aja kayak warna-warna lainnya, dengan pigmentasi dan kualitas aplikasi yang gak berbeda juga. So this is another plus point for Emina Creamatte. Hal ini juga berlaku untuk warna-warna seperti 08 Pumpkin Spice dan 09 Baby Fox yang aku rasa jadi warna termuda di lineup Emina Creamatte warna baru.

Emina Creamatte sekarang transferproof, walaupun butuh waktu yang cukup lama supaya produk bisa benar-benar transferproof. Dan ketika sudah settle, agak susah untuk ngehapusnya. Butuh bi-phased makeup remover atau oil-based makeup remover untuk bener-bener ngehapus produk ini dengan sempurna dari bibir, gak bisa ya kalau cuma Micellar Water.

Untuk wanginya, thank God wanginya udah gak terlalu kuat. Jadi untuk kalian yang agak sensitif terhadap bau apalagi bau-bau kimia, you can definitely try their new Creamatte.

Emina Creamatte saat ini seperti jawaban atas kegalauan kalian, wahai anak muda. Formulanya creamy, pigmentasinya sangat baik, tahan lebih lama karena lebih waterproof, dan udah jelas, harganya pun lebih murah. Target marketnya masih sama, anak-anak ABG walaupun ibu-ibu galau yang akhir bulan pengen belanja lipstik pun banyak yang suka formula Creamatte ini.

STAYING POWER

Saat ini, Emina Creamatte bisa stay dengan baik di bibirku selama kurang lebih 5-6 jam, tanpa makan dan hanya minum kopi. Sure, daya tahannya akan jauh berkurang jika dibawa ngemil atau makan berat ya. Menurutku, penggantian formula menjadi transferproof berpengaruh banyak pada ketahanannya.

Ketika udah saatnya dihapus dengan menggunakan bi-phased makeup remover atau oil-based makeup remover, it’s pretty effortless, you know. Gampang dihapusnya!

PRICE & WHERE TO SHOP

My manager did the shopping at Shopee_id, harganya kira-kira 40,000-an.

CONCLUSION

Perubahan posisi formasi dalam ingredients list Emina Creamatte sedikit banyak mempengaruhi performa produknya sendiri. Saat ini, Emina Creamatte terasa lebih creamy, lebih mudah diratakan, warna-warnanya lebih opaque dan rata, gak ada rontok, dan lebih transferproof. Jika dibandingkan dengan formula barunya Wardah Intense Matte Lip Cream, Emina Creamatte sepertinya udah bisa mengimbangi kualitasnya dalam hal formulasi dan comfortability. So guys, would you try Emina Creamatte?

Again, this is all mine. My review, my simple Google research, my point of view. Kalaupun ada yang salah mengenai informasinya, mohon dimaklumi ya. I did my best, so thank you for the appreciation.

SHADES

SHADE LIST & DESCRIPTION:

GUIDE FOR ONLINE SHOPS

Mohon untuk TIDAK mengedit foto dengan cara menghapus watermark, menimpa watermark dengan nama online shop, menghapus watermark lalu mengganti dengan nama online shop, menambahkan tulisan-tulisan seperti harga, dll, serta menyatukan foto (collage). Mohon hargai hasil karya orang lain dengan tidak melakukan hal-hal yang sebetulnya tidak perlu dilakukan.

Saya sangat menghargai online shop yang berbesar hati bersedia mencantumkan nama @Lippielust sebagai original swatcher di caption instagram / twitter / facebook / marketplace lain milik online shop dengan cara memasukkan akun  Twitter / Instagram / Facebook: @lippielust atau link back ke website lippielust. Terima kasih.

Cara Save Swatches melalui Smartphone:

Tahan / tekan foto yang akan di simpan sampai muncul dialog ‘save / simpan’. Foto akan otomatis tersimpan di memori smartphone anda. Geser dengan jari ke kanan / kiri untuk save / simpan foto lainnya.

Foto yang disimpan di website lippielust sudah berukuran besar dengan resolusi 300dpi, 1500 x 1500 pixel. Disarankan untuk save foto swatches melalui website daripada repost foto dari akun Instagram karena kualitas foto instagram akan otomatis dibuat rendah oleh pihak Instagram.

SWATCHES

 

OVERALL RATINGS

More Reviews You'll Love