[Swatches & Review] Exclusive: Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 60494 views

Okay so….. This is one new new. Belum ada swatches dan reviewnya dimanapun. Baru di Lippielust!

Make Over Cosmetics bikin kejutan lagi di akhir tahun dengan mengeluarkan produk dekoratif bibir terbarunya: Powerstay Transferproof Matte Lip Cream. Produk ini belum secara resmi dirilis oleh Make Over, dan seperti biasa — I thank Make Over team for always trusting us — Lippielust menjadi official swatcher untuk Make Over jadi kami mendapatkan produknya sebelum produk benar-benar dirilis.

Sebetulnya produk ini sudah dijual secara exclusive di Lazada di hari dimana Lippielust upload arm swatches-nya dua hari lalu. Stoknya gak bertahan lama, hanya kurang dari setengah jam produknya langsung habis setelah link-nya di-upload di Instagram Story. Jangan khawatir, roduk ini akan dirilis nationwide segera, tapi aku belum tahu kapan. We will get to that soon! Aku akan post pengumumannya di Instagram.

For now, let’s get onto the review!

✨ About the Product

Nama Produk POWERSTAY TRANSFERPROOF MATTE LIP CREAM
Diproduksi oleh PT. Paragon Technology & Innovation, Jakarta
Berat Bersih 7g (0,5gr lebih banyak dari Intense Matte Lip Cream)
Harga Harga Official: 120,000 Rupiah. Belum dirilis secara resmi (info per 20 Oktober 2019)
Jumlah Warna 8 warna
Pembelian Online & Offline

Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream adalah produk dari seri Powerstay Make Over yang memang produk-produknya didesain untuk memiliki kelebihan dalam faktor daya tahan. Setelah tepat dua bulan lalu Make Over secara resmi merilis Powerstay Vivid Waterlite Lip Stain, yang kita semua tahu kalau produk satu itu memang punya kualitas yang sangat baik, Make Over sekarang mengeluarkan produk yang sebenernya udah bukan ‘barang baru’ di dunia perlipstikan: transferproof matte lip cream.

Honestly I personally think that transferproof matte lip cream is a bit late, like two to three years late. Tapi sepertinya memang Make Over gak peduli dengan itu. Yang aku pikirkan adalah apa sih yang ditawarkan Make Over dengan produk Transferproof Matte Lip Cream-nya ini sehingga produk ini dirilis dengan penuh percaya diri?

✨ Design & Packaging

Tidak ada yang baru dari produk Make Over ini dari faktor desain dan juga packaging-nya. Make Over masih konsisten dengan packaging hitam dengan detail tulisan berwarna putih, serta detail stiker warna di bagian atas produk untuk menunjukkan warna-warna di dalamnya.

Untuk tube-nya sendiri, Make Over memilihkan tube yang lebih besar dan panjang dibandingkan dengan produk-produk liquid-based Make Over lainnya. Bahannya sendiri sama seperti Make Over Powerstay Vivid Waterlite Lip Stain: berbahan akrilik dengan finish frost (doff) baik di bagian badan maupun tutup botol. Desainnya kurang lebih sama, yang membedakan hanya ukuran tube-nya aja.

 

Intense Matte Lip Cream Powerstay Vivid Waterlite Lip Stain Powerstay Transferproof Matte Lip Cream
6,5gr 5,5gr 7gr
Staying Power: 3 Staying Power: 2 Staying Power: 1
IDR 115,500 (official) IDR 115,500 (official) IDR 120,000 (official)

Make Over Transferproof Matte Lip Cream memiliki netto yang banyak: 7ml. Intense Matte Lip Cream dengan bentuk tube yang kecil aja memiliki netto 6,5gr, bahkan Powerstay Vivid Waterlite Lip Stain hanya berisi 5,5gr saja. So, no surprises. Ada harga ada kuantitas, karena menurutku harga adalah jadi salah satu pertimbangan para lipstick lover Indonesia dalam membeli lipstik.

Walaupun sebetulnya aku udah merasa cukup dengan daya tahan Intense Matte Lip Cream, Make Over likely wanted to push the staying power a little bit further with Powerstay Transferproof Matte Lip Cream dan Powerstay Vivid Waterlite Lip Stain. Untukku, daya Tahan Powerstay Transferproof Matte Lip Cream tetap yang paling baik karena Powerstay Vivid Waterlite Lip Stain lebih mengandalkan stain untuk daya tahan seharian, bukan produk keseluruhan.

Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream menggunakan aplikator the classic doe-foot yang lebih panjang dan tidak terlalu berserabut jika dibandingkan dengan aplikator doe-foot IMLC. Aplikatornya bekerja dengan baik, I have no problem with this.

Menurutku, hanya satu kekurangan dari Powerstay Transferproof Matte Lip Cream: Bentuk tube persegi panjang dengan leher tube sempit kaya gini mengingatkanku pada tube Purbasari himatte lip cream, dan kekurangan dari bentuk tube seperti ini adalah produk bisa terlalu banyak terangkat oleh aplikator tapi sulit untuk memasukannya lagi (get what I meant?). Yang kedua, minyak dari dalam produk mudah leaking (bocor) dan akhirnya bikin kotor tube-nya, lengkap dengan finger prints all over it. uhhhh.. Kayanya 5 dari 8 warna Make Over Powerstay Transferproof Lip Cream yang aku punya semuanya leaking.

Mungkin, hanya itu yang jadi concern-ku untuk desain tube-nya Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream. Semoga masalah ini bisa diatasi oleh Make Over, ya!

✨ Ingredients List

Isododecane, Bis-Hydroxylauryl Dimethicone/IPDI Copolymer, Trisiloxane, Trimethylsiloxysilicate, Hydrated Silica, Cyclopentasiloxane, Disteardimonium Hectorite, Caprylyl Methicone, Alumina, Propylene Carbonate, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Polyhydroxystearic Acid, 1,2-Hexanediol, Caprylyl Glycol, Tocopheryl Acetate, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, Cyclotetrasiloxane, Fragrance, Tocopherol.

Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream’s Ingredients highlights:

  • Paraben-Free
  • Sulfate-Free
  • Alcohol-Free
Sedikit informasi tentang produk Transferproof Matte Lip Cream yang juga menjadi klaimnya:
  1. Mengandung Volatile Oil untuk mempercepat proses lip cream mengering di bibir, menjadikan hasil akhirnya transferproof dan smudgeproof, dan tidak menimbulkan tekstur lengket setelah mengering.
  2. Diformulasikan dengan 3D-PigmentLock Technology yang dapat mempertahankan warna lip cream sampai 14 jam.
  3. Mengandung Flexi Film Former yang bisa membuat permukaan kulit bibir lebih lentur (fleksibel) dan nyaman walaupun memakai transferproof lip cream. Chemical group ini memiliki properti hydrophilic (cenderung mudah untuk dicampur atau larut dalam air) yang sangat kuat sehingga menghasilkan efek lembut dan ringan di kulit. Biasanya, Flexi Film Former ada di produk-produk moisturizer.

✨ Formula, Colors, Finish

Produk ini punya formula yang cukup creamy tapi tidak terlalu kental. Sedikit aja produk diaplikasikan di atas kulit, warnanya udah bisa keluar sempurna. Ketika diaplikasikan di bibir, warnanya bisa diratakan dengan baik tanpa terlihat streaky (bolong-bolong) ataupun menumpuk di beberapa bagian. Oh ya, produk ini benar-benar mengering menjadi transferproof matte dalam waktu yang sangat cepat, hanya dalam hitungan detik! Walaupun begitu, satu hal yang paling aku suka dari produk ini: walaupun produk udah mulai mengering di bibir, aku gak khawatir produknya akan terasa ‘tebal’  jika ditimpa layer diatasnya. Jika retouch pun, aku gak ada masalah jika harus menumpuk layer lama dengan fresh layer diatasnya. It feels the same, really. Layernya bisa nge-blend dengan baik, tekstur bibir masih jelas terlihat tanpa membuat bibir terlihat kering. Rasanya bibir super fleksibel, aku bisa senyum dengan lebar tanpa takut warna akan nge-crack dan nyaman kalau disentuh-sentuh dengan jari tanpa takut warnanya akan transfer ke jari.

Produk ini sedikit oxidizes, sedikit sekali. Warna setelah oxidize-nya pun tidak muted (keabuan), tapi simply lebih deep hanya 1 tone di bawah warna aslinya, itupun gak semua warna. Untuk warna B04 Fearless dan B08 Curious, aku rasa kedua warna ini malah nggak oxidize sama sekali.

The pigmentation is good, but it’s not better than Intense Matte Lip Cream. Menurutku poin pentingnya sih begini:

  • Kalau kamu ingin warna lip cream yang intense dan pigmentasi yang lebih baik: Intense Matte Lip Cream
  • Kalau kamu ingin lip cream yang lebih menonjolkan tekstur bibir dan daya tahan yang lebih baik: Powerstay Transferproof Matte Lip Cream

Produk ini memiliki wangi yang sama dengan produk Intense Matte Lip Cream, wangi chemical yang gak terlalu kuat. Wanginya ini akan hilang setelah produk mulai mengering di bibir.

✨ Staying Power & Performance

Now how is the staying power?

Sejujurnya aku belum pernah pakai mengikuti klaimnya Make Over sampai 14 jam. Paling lama, aku pernah pakai nomor B04 Fearless sampai sekitar 10 jam (jam 9 pagi sampai sekitar jam 8 malam) dan warnanya masih bisa stay walaupun udah mulai muncul imperfection seperti misalnya warna udah mulai luntur di bagian dalam bibir. Dalam waktu 10 jam itu aku minum 3 gelas kopi (karena ada meeting – sebuah pembelaan diri hahaha), makan makanan yang lumayan berminyak, dan minum iced tea juga. Masih ingat karena ini lumayan baru (hari Minggu kemarin), B04 Fearless merupakan warna terakhir yang aku tes sebelum review ini dibuat.

I got a strong feeling kalau warna B05 Fired Up akan menunjukkan kontras warna yang lebih kuat apalagi di bagian dalam bibir ketika luntur jika dipakai lebih lama dan melewati jam-jam makan.

Tapi aku rasa memang warna-warnanya bisa tahan dengan baik di bibir sampai lebih dari 10 jam, judging from its performance selama 10 jam pemakaian. Tapi apakah produk ini bikin bibir kering setelah beberapa lama dipakai? Dengan berani aku jawab: nope. Lip Cream ini terasa sangat ringan, nyaman, bare lips sensation-nya ada, no cracking, luntur dengan baik, dan yang paling penting adalah: tekstur bibir setelah berjam-jam tetap terlihat baik, gak seperti tanah yang lagi dilanda kekeringan. Hahaha..

Not gonna lie, though, this product is quite impressive dan aku yakin sih bakalan jadi new bae-nya para pecinta lip cream. Gimana menurut kalian?

✨ Price & Where to Buy

Harga: 120,000 rupiah untuk 7gr produk.

Produk ini akan dijual secara resmi mulai bulan November baik Online maupun Offline, walaupun beberapa hari lalu Make Over sempat membuat ‘surprise’ dengan memasukkan produk ini di Official Flagship Store Make Over di Lazada. Memang tidak bertahan lama, hanya dalam waktu beberapa menit produknya sudah terjual habis.

✨ Shades

  • B01 (NO. 1) – hey, the number 1 is No. 1! No. 1 terlihat seperti mauve-pink tapi lebih terasa kuat pink-nya. Masih terlihat warm di kulitku. ❤️
  • B02 (LUCKY) – pinky-beige nude. B02 Lucky terlihat mirip Make Over IMLC 04 (Vanity).
  • B03 (HYPE) – peachy nude. Warna nude-nya kurang lebih sama tone-nya dengan B02, hanya saja kalau HYPE terlihat lebih warm dengan tone peach.
  • B04 (FEARLESS) – brick red. warna ini cantik banget. Terlihat agak orange, merah, dan coklat. Tone merahnya lebih ke arah orange red, dicampur dengan warna yang hangat. ❤️
  • B05 (FIRED UP) – deep burgundy red. Warna merah tua dengan tone sedikit coklat.
  • B06 (POWERFUL) – pink brown with a hint of orange. Warna B06 POWERFUL ini memiliki tone yang mirip dengan B01 NO. 1, hanya saja NO. 1 terlihat lebih nge-pink dan Powerful memiliki tone yang lebih kuning. ❤️
  • B07 (AMPLIFY) – medium-toned brown with a hint of orange. Lagi-lagi, warna yang cukup atraktif buat mataku. Amplify ini sebetulnya warna coklat medium tapi juga punya tone orange yang bikin tampilan bibir terlihat fresh! ❤️
  • B08 (CURIOUS) – warm peachy orange. Yang satu ini gak keliatan nude sama sekali di kulitku. Warnanya segar, tidak terlalu ‘ngejreng’. Warnanya di tanganku terlihat lebih orange-ish tapi kalau diaplikasikan di bibir, warnanya jadi lumayan toned down jadi lebih kalem.

Warna Favoritku: B01 NO. 1, B04 FEARLESS, B06 POWERFUL, B07 AMPLIFY.

✨ Powerstay Transferproof Matte Lip Cream Vs Intense Matte Lip Cream

Jadi apa sih perbedaan kedua produk ini?

Intense Matte Lip Cream Powerstay Transferproof Matte Lip Cream
General Info Harga 115,500 untuk 6,5gr

Dirilis resmi bulan Oktober 2016

Harga 120,000 untuk 7gr

Dirilis resmi bulan November 2019

 Formula  Thick cream, masih bisa transfer Creamy-liquid, transferproof & smudgeproof
 Pigmentasi  sangat baik  baik, tapi tidak se-intens IMLC
Varian Warna  20 warna dalam 3 tahun, 8 warna awal di tahun 2016.  8 warna.
Tekstur Awal  Creamy & terasa cukup tebal di bibir  Creamy & tipis di bibir
Tekstur Akhir  tekstur lip cream masih tetap terasa di bibir  bare lips sensation (tidak terasa seperti menggunakan lipstik)
Hasil Akhir  semi-transferproof matte  transferproof & smudgeproof matte
Daya Tahan  7-10 jam, luntur lebih cepat jika dipakai makan makanan berminyak.  8-14 jam, daya tahannya lebih baik. Produk ini bisa luntur lebih lambat dibandingkan IMLC walaupun dipakai makan makanan berminyak.
Retouch?  high maintenance, perlu retouch jika ingin mendapatkan warna sebaik warna awal karena warna IMLC tidak sepenuhnya transferproof dan perlu retouch jika dipakai makan.  low maintenance, perlu retouch hanya jika dipakai makan. Warnanya tidak akan menempel di sedotan atau gelas.
 Desain  IMLC memiliki desain tube kecil dan pendek, berbahan glossy acrylic  PTMLC memiliki desain tube tinggi dan lumayan besar berbahan frosty acrylic.

Perbandingan beberapa warna antara Make Over IMLC & PTMLC:

Intense Matte Lip Cream Powerstay Transferproof Matte Lip Cream Perbandingan Warna-warna yang Mirip antara IMLC & PTMLC
 016 PIXIE  B01 NO. 1  Kedua warna ini memiliki tone warna yang mirip
 013 LIBERTINE  B01 NO. 1  Walaupun memiliki tone warna yang hampir mirip, Libertine terlihat lebih ungu dan gelap dibandingkan B01.
 004 VANITY  B02 LUCKY  Kedua warna ini memiliki tone warna yang mirip
 011 POMPOUS  B03 HYPE  Walaupun memiliki tone warna yang hampir mirip, HYPE terlihat lebih warm (masih terasa orange-y) sedangkan Pompous terlihat lebih cool-toned.
 015 COQUETTE  B02 LUCKY  Coquette terlihat lebih muted dibandingkan B02 Lucky

✨ Swatches

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rissa • Lippielust.com (@lippielust) on

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rissa • Lippielust.com (@lippielust) on

✨ Lippierating

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.