[Swatches & Review] Emina Cosmetics Magic Potion

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 23000 views
Nama Produk EMINA MAGIC POTION
Diproduksi oleh PT. PARAGON TECHNOLOGY & INNOVATION
Berat Bersih 5,5ml
Harga (MSRP) Rp 46,000-an
Jumlah Warna 6 Warna
Pembelian Produk ini bisa dibeli di: SHOPEE, LAZADA, TOKOPEDIA, dan WATSONS.

This is our second week of #LippielustforEmina! Kali ini ada Emina Magic Potion, produk water-based lip tint-nya Emina.

Kalau di minggu kemarin ada produk hibrid lip cream – lip tint: Creamy Tint by Emina Cosmetics, kali ini kita akan bahas produk 100% lip tint yang bisa stain lama di bibir.

About the Product

Emina Magic Potion Lip Tint is a water lip tint with semi-matte finish, just perfect for your daily natural look.

Bisa dibilang, Emina Magic Potion ini masuk ke generasi awal dimana lip tint lokal booming di Indonesia. Dirilis di tahun 2018, Emina mengeluarkan 3 warna untuk Magic Potion dan seperti yang bisa kamu tebak, warna-warnanya adalah warna-warna klasik lip tint: 01 Scarlet (merah), 02 Sunglow (orange), dan 03 Smitten (pink). Hampir 100% produk lokal mengeluarkan lip tint dengan warna yang sama, ada yang tahu kenapa?

Did you know? Ternyata ada banyak jenis lip tint. Karena Korea adalah negara pertama yang memperkenalkan tren lip tint, Emina Magic Potion secara khusus berkiblat pada original Korean lip tint. Korean lip tint biasanya memiliki formula berbahan dasar air dengan warna-warna vivid seperti merah, orange, pink. Warna-warna ini cenderung bisa tahan lebih lama di bibir berkat stain yang cukup kuat! Think about staining your shirt with red dye, warnanya akan susah hilang kecuali kalau dibersihkan secara khusus dengan stain removerbleach. Nah kira-kira seperti itulah konsep lip tint.

Di awal tahun 2020, Emina menambahkan 3 warna baru untuk koleksi Magic Potion-nya sehingga sekarang Emina memiliki total 6 warna pilihan. Tiga warna barunya ada di kelas warna merah, nanti akan kita bahas satu persatu ya warnanya!

Packaging & Ingredients

Box Emina Magic Potion berwarna dasar putih dengan aksen warna-warna sesuai dengan warna didalamnya. Emina Magic Potion menggunakan typewriter typefont untuk tulisan-tulisan di box-nya, yang dimana menurutku cukup unik, menjadikan produk ini terasa berbeda dari produk-produk lokal lain yang ada di pasaran.

Seperti biasa, setiap box memiliki identitasnya masing-masing. Selain warna-warna tambahannya yang berbeda, Emina juga menambahkan detail nama shade di bagian bawah tulisan ‘MAGIC POTION’.

Botolnya terbuat dari plastik transparan matte dengan tulisan dan tutup berwarna putih, ditambah dengan detail tulisan ‘from the apothecarium Emina Cosmetics‘. I honestly don’t know what that means. Soal aplikator, Emina Magic Potion gak aneh-aneh, cukup berbentuk doe-foot berserabut yang miring di salah satu sisinya. Karena formulanya yang cair, maka menurutku aplikator seperti ini cocok untuk meratakan warnanya walaupun aku lebih suka aplikator yang flat panjang dan fleksibel untuk produk jenis lip tint.

Nah, saatnya bahas soal Ingredients!

Aqua, Propylene Glycol, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Squalane, Phenoxythanol, Sodium Ascorbyl Phosphate, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Fragrance, Polysorbate 60, Trideceth-9, Chlorphenesin, Xanthan Gum, Disodium EDTA, Ethylhexylglycerin, Stevioside, Sorbitan Isostearate, Citric Acid, Polysorbate 20

Emina Magic Potion: Paraben-Free, Alcohol-Free, dan Silicone-Free.

Seperti yang bisa kita lihat, kandungan utamanya adalah air (Aqua), dilanjut dengan Propylene Glycol yang sangat powerful untuk melembabkan bibir. Propylene Glycol juga udah dinyatakan food-safe, alias aman untuk digunakan pada produk makanan. With that being said, aman kalau tertelan. karena konsistensi formulanya sangat cair, maka ada kemungkinan produk bisa masuk ke dalam mulut dan tertelan.

Propylene Glycol berperan penting dalam produk ini karena dialah yang mengunci kandungan air di bibir supaya tetap ‘stay-in-place’ atau nge-set di bibir. Selain moisturizing, Propylene Glycol juga menawarkan extra hydration dan rasa lembut di bibir.

Formula, Texture, Finish

Seperti yang udah dibahas di section sebelumnya, Magic Potion memiliki formula watery — cair seperti air (duh), dan memiliki wangi seperti anggur. Sayangnya menurutku wanginya terlalu kuat dan cukup mengganggu, tapi wanginya ini akan hilang setelah lip tint lama dipakai.

Soal warna, jangan mengharapkan pigmentasi yang tinggi. Emina Magic Potion ini akan terlihat sheer di bibir. Pigmentasinya tidak akan sebaik Creamy Tint karena formulanya udah jelas berbeda. Formulanya yang cair tadi bisa langsung meresap ke dalam lapisan kulit bibir dan memiliki hasil akhir matte natural.  Tapi bisa gak sih kita pakai lip tint, warnanya benar-benar menutupi warna bibir asli?

Tergantung pemahaman kamu soal ‘menutupi warna asli bibir’.

Berbeda dengan lip cream yang bisa menutupi warna bibir asli sampai 100%, formula lip tint pada dasarnya ‘menambahkan’ tint atau warna ke dalam bibir asli sehingga warnanya akan bercampur dengan warna bibir asli. Jika kamu memiliki warna bibir yang pucat (mendekati warna kulitmu), warna lip tint akan terlihat lebih terang sedangkan jika kamu memiliki warna bibir yang gelap maka warna lip tint akan terlihat lebih gelap.

Jadi, udah jelas warna bibir aslimu gak akan terlihat sama. 😉

Emina Magic Potion ini langsung settle jadi transferproof dalam hitungan detik, jadi harus cepet ya proses aplikasinya karena kalau engga, warnanya bisa cenderung patchy di bibir.

[PRO TIP]  Jika ingin warna yang lebih merata, jangan katup-katupkan bibir ketika lip tint masih dalam keadaan basah. Tunggu beberapa detik dengan posisi bibir terbuka, lalu cek dengan menggunakan jari apakah produk sudah settle, baru deh apply layer kedua di bagian bibir yang kurang tertutupi, atau di semua bagian bibir jika memang kamu inginkan warna yang lebih nyata.

Staying Power & Performance

Nah ini dia! Dua minggu lalu adalah kali pertama aku cobain Emina Magic Potion, and would you believe what I’m gonna say?

Warnanya tahan lama banget! Hari dimana aku swatch produk ini, aku memutuskan untuk swatch semua warnanya (6 warna) and at the end of the day, warnanya tetep nempel banget walaupun aku udah hapus dengan menggunakan Emina Lip Tint Eraser . Selain itu, arm swatches pun punya nasib yang sama. Warnanya gak hilang sampai akhirnya bisa hilang sempurna 3 hari kemudian. Mungkin warnanya akan cepat hilang jika aku gunakan Emina Lip Tint Eraser secara rutin, tapi sayangnya aku gak serajin itu jadi aku tunggu sampai warnanya benar-benar hilang.

Tapi ya ketika foto swatches itu aku pakai produk ini dengan layer penuh sampai warna-nya menutupi semua bagian bibir yang aku rasa warnanya akan susah nempel. Untuk pengaplikasian harian biasa, warna yang paling aku suka (02 Sunglow, 04 Sienna, dan 05 Sassy), aku pakai tipis-tipis aja dan warnanya masih bisa stay seharian di bibir tapi memang gak sampai berhari-hari.

Selalu pastikan bibir kamu sedang sehat, gak kering atau pecah-pecah. Warna lip tint akan tetap menempel dengan baik tapi lama kelamaan warnanya seperti mengaksentuasi bagian kering / pecah-pecah (terlihat lebih gelap) dan membuatnya tambah kering. Saranku: ada baiknya ketika bibir kamu sedang kering, aplikasikan lip tint lalu aplikasikan clear gloss di atasnya disaat bibirmu udah mulai terasa keras karena kering.

Shades

Saat ini Emina Magic Potion memiliki 6 warna pilihan:

  • 01 SCARLET (scarlet red – warna merah tapi terlihat lebih pinkish)
  • 02 SUNGLOW (orange) ❤️
  • 03 SMITTEN (fuchsia pink)
  • 04 SIENNA (deep wine red) ❤️
  • 05 SUMMER (orange red) ❤️
  • 06 SASSY (true red)

Emina Magic Potion seolah-olah tampil all-out dengan tambahan 04 Sienna, 05 Summer, dan 06 Sassy. Ketiga warna ini bisa dibilang memiliki stain yang lebih baik dari ketiga warna sebelumnya karena dipengaruhi oleh pigmen warna. Ketiganya ada di kelas warna merah, dan kita semua tahu kalau warna merah untuk lip tint udah pasti bisa tahan lebih lama.

Lippielust’s Favorite Colors:

02 SUNGLOW untuk daily full lips application. 04 SIENNA dan 05 SUMMER untuk ombre / gradasi.

Warna Sunglow terlihat mampu membuat tampilan wajahku lebih cerah dan fresh. Warnanya gak akan se-orange seperti di dalam botol, malah cenderung lebih pink di atas warna bibirku yang pucat.

Swatches

Where to Buy

Harga: IDR 46,000,-, untuk berat bersih 5,5ml. Produk ini bisa dibeli di: SHOPEE, LAZADA, TOKOPEDIA, dan WATSONS.

Lippierating

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.