[SWATCHES & REVIEW] EMINA GLOSSY STAIN (5 SHADES)

by Rissa Stellar
19743 views

The last AND the most requested review is here! Ini juga akan menjadi penutup dari swatches parade #LippielustforEmina, dimana Lippielust men-swatch hampir semua produk Emina dalam waktu kurang lebih 2 bulan.

Produk yang akan aku review sekarang adalah Emina Glossy Stain, produk hibrid lip gloss dan lip stain terbaru dari Emina Cosmetics. Sebenarnya produk ini dirilis sejak April 2020, dan sudah dijual bebas di bulan yang sama.

Without further ado, let’s start the review!

ABOUT EMINA GLOSSY STAIN

Emina Glossy Stain is here to cheer your day up! A glossy but not greasy lip tint that will leave a lovely shine look on your lips. With easy-melt gel texture, it’s so lightweight and comfortable for your day-to-day. No worry, it also contains moisturizing actives to keep your lips moisturized.

Nama Produk EMINA GLOSSY STAIN
Diproduksi oleh PT. Paragon Technology & Innovation
Berat Bersih 3gr
Harga Rp. 47,000,-
Jumlah Warna 5 Warna
Pembelian Online & Offline (EMINA Cosmetics Official Store) di Tokopedia, SHOPEE, LAZADA

Emina Glossy Stain adalah lip tint dengan gloss finish. Ketika diaplikasikan secara full, tampilannya akan terlihat glossy sedangkan ketika warnanya mulai memudar, akan muncul stain di bibir. Warna stain yang muncul menurutku sangat kuat, sehingga untuk beberapa warnanya akan sulit untuk dibersihkan.

Seperti produk lip tint pada umumnya, Emina Glossy Stain menggunakan warna-warna vibrant yang segar dan bisa menunjang efek stainnya agar bisa tahan lebih lama seperti merah, orange, dan grape purple.

PACKAGING & INGREDIENTS LIST

Aku selalu kagum sama tim desainnya Emina yang kayaknya gak pernah mau ‘biasa aja’ dalam mendesain packagingnya. Emina Glossy Stain memiliki bentuk yang pendek. Seperti biasa, warna-warna boxnya menggambarkan warna produk di dalamnya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kita dalam memilih produk tanpa harus mencoba terlebih dahulu. Selain itu, box-boxnya memiliki grafis yang cantik yang menggambarkan nama-nama shadesnya.

Emina Glossy Stain memiliki botol berbentuk persegi panjang yang jauh lebih pendek dari Emina Creamy Tint. Kalau kamu berpikiran Emina Creamy Tint pendek banget, well, you haven’t met Glossy Stain! haha.. Botol Emina Glossy Stain terlihat lebih seperti miniatur lipstik saking kecilnya. Tapi jangan salah, dibantu dari bentuknya yang bersudut (persegi panjang) yang bisa memuat lebih banyak produk, isi produknya pun hanya berbeda 0,6gr saja dari Emina Creamy Tint yaitu 3 gr.

Satu-satunya hal yang aku kurang sreg sama bentuk botolnya Emina Glossy Stain adalah panjang batang aplikator. Menurutku, batang aplikatornya pendek banget dan sangat mungkin warna di bibir menempel di bagian tutupnya ketika proses aplikasi berlangsung.

Untuk bantalan aplikatornya sendiri menurutku sangat ergonomis, berbentuk teardrop miring dan fleksibel dengan reservoir di tengahnya jadi kita gak perlu celup berkali-kali untuk 1x aplikasi penuh di bibir.

Water, Phytosteryl/Isostearyl/Cetyl/Stearyl/Behenyl Dimer Dilinoleate, Octyldodecanol, Glycerin, PEG-8 Beeswax, Ethylcellulose, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Polysorbate 60, Cetyl Alcohol, Phenoxyethanol, Jojoba Esters, Tocopheryl Acetate (Vitamin E), Ethylhexylglycerin, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Wax, Ceteth-20, Steareth-20, 1,2-Hexanediol, Chlorphenesin, Squalane, Allantoin, BHT, Sorbitan Isostearate, Fragrance, Disodium EDTA, Acacia Decurrens Flower Wax, Polyglycerin-3, Persea Gratissima (Avocado) Oil, Prunus Armeniaca (Apricot) Kernel Oil, Propylene Glycol, Honey Extract, Hydrogenated Vegetable Oil, Tocopherol (Vitamin E), Citric Acid, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate

Emina GLOSSY STAIN is BPOM-registered, Paraben-Free, Sulfate-Free, Alcohol-Free, & Silicone Free

HERO INGREDIENTS: Prunus Armeniaca (Apricot) Kernel Oil, Persea Gratissima (Avocado) Oil, Honey Extract, Hydrogenated Vegetable Oil, Tocopherol (Vitamin E), Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Wax, Jojoba Esters, Allantoin.

Emina Glossy Stain didesain untuk highly-moisturizing, beda dari lip tint dengan hasil akhir matte yang terasa kering. Maka dari itu, Emina memasukkan banyak moisturizing active agents ke dalam Glossy Stain agar bibir tetap terjaga kelembabannya.

FORMULA, TEXTURE, FINISH

Emina Glossy Stain memiliki tekstur seperti gel kental yang terasa sangat ringan di bibir. Ketika diaplikasikan, Glossy Stain akan terlihat glossy namun setelah lama dipakai, lapisan glossy-nya ini akan menghilang, dan stain-nya akan muncul di bibir. Stainnya pun menurutku masih terlihat glossy natural, yang masih bisa memantulkan cahaya walaupun gak sekuat layer glossy di awal aplikasi.

Karena bahan dasarnya air, maka produk ini gak akan terasa berminyak sama sekali.  Selain itu, gak ada rasa lengket dan juga gak ada rasa pahit ketika gak sengaja masuk mulut.

Warnanya bisa buildable, mulai dari sheer sampai medium coverage. Kalau kamu inginkan tampilan yang lebih glossy dengan warna stain yang lebih pekat, kamu bisa coba aplikasikan sampai 2-3 layer di bibir. Tetapi perlu diingat, semakin tebal layernya maka akan semakin terasa basah di bibir.

PRO TIP: kalau kamu inginkan tampilan stain yang lebih pekat tapi gak mau terlihat terlalu glossy, tunggu 1 menit setelah proses aplikasi lalu blot pakai tisu. Tampilan glossy-nya tetap ada tapi warna stainnya akan terlihat lebih pekat!

Oh ya, produk ini bener-bener terasa banget summer vibe-nya. Selain warna-warnanya yang vibrant, produk ini juga punya wangi semangka yang fresh!

STAYING POWER & PERFORMANCE

Kalau kamu lebih menyukai lip tint dengan tampilan glossy dan memberikan efek moisturizing lebih banyak dibandingkan lip tint konvensional lain, menurutku produk ini bakalan cocok denganmu. Kalau soal daya tahan, gimana?

Nah, seperti lip gloss pada umumnya, lapisan glossy pada produk Glossy Stain ini akan hilang secara perlahan dengan sendirinya. Pada akhirnya, yang tinggal hanyalah stainnya aja. Daya tahan ketika udah staining inilah yang menurutku sangat baik! Aku perkirakan bisa sampai 9-10 jam stainnya bisa hilang, itupun jika kita bersihkan dengan menggunakan  oil-based makeup remover. Bahkan untuk warna termudanya, 04 Peach Sprinkles, warna stainnya bisa tahan seharian.

Di Instagram, ada banyak report dari Lippielusters yang bilang kalau warna stainnya tahan lama. Saking nempelnya, sampai-sampai susah dihapus bahkan oleh produk Lip Tint Eraser keluaran Emina Cosmetics sendiri. ?

COLOR VARIATION

  • 01 AUTUMN BELL (grape purple – stain: reddish purple)⁣ ❤️
  • 02 APPLE SHOWER (apple red – stain: dark red)⁣ ❤️
  • 03 CANDY RAIN (fuchsia pink – stain: reddish pink)⁣
  • 04 PEACH SPRINKLES (peach – stain: light red)⁣
  • 05 SPRING DAZZLE (orange red – stain: bright red)⁣

Warna Pilihan Lippielust (Favorit):

01 Autumn Bell & 02 Apple Shower

Warna rekomendasi untuk LIGHT-FAIR SKINTONES:

03 Candy Rain, 04 Peach Sprinkles, 05 Spring Dazzle

Warna rekomendasi untuk LIGHT MEDIUM-TAN SKINTONES:

01 Autumn Bell, 02 Apple Shower, 03 Candy Rain, 04 Peach Sprinkles, 05 Spring Dazzle

Warna rekomendasi untuk TAN – DARK SKINTONES:

01 Autumn Bell, 02 Apple Shower, 03 Candy Rain, 05 Spring Dazzle

Warna rekomendasi untuk bibir terang:

02 Apple Shower, 03 Candy Rain, 04 Peach Sprinkles, 05 Spring Dazzle

Warna rekomendasi untuk bibir gelap:

01 Autumn Bell, 02 Apple Shower, 03 Candy Rain, 05 Spring Dazzle

Warna rekomendasi untuk ombre:

01 Autumn Bell + 04 Peach Sprinkles

Kalau dilihat dari list di atas, bisa kita simpulkan kalau warna-warnanya sebenernya cocok untuk semua jenis skintones maupun semua warna kulit bibir. Kenapa warna kulit bibir memengaruhi? Karena ini stain, maka semakin terang warna kulit bibir maka warna stain-nya pun juga akan lebih terang. Semakin gelap warna kulit bibir maka warna stain-nya pun akan lebih gelap.

SWATCHES

WHERE TO BUY

Harga: 47,500,- untuk 3g produk.

Emina Glossy Stain tersedia secara online maupun offline di Emina Official Stores:

LIPPIERATING

More Reviews You'll Love