Bibir Cerah dalam Waktu Singkat, Bisa Gak Ya?

by Putri Adelina
Published: Last Updated on 821 views

Setelah membahas faktor penyebab dari berubahnya warna bibir, kita gak akan pernah lepas dari pertanyaan ini: ‘bagaimana untuk membuat bibir tampak lebih cerah?’ Ada banyak banget pro dan kontra dalam menanggapi pertanyaan seperti ini, kita breakdown disini yaa!

Dibutuhkan perawatan ekstra untuk mendapatkan bibir lembut dan cerah, apalagi bagi kalian yang sebelumnya memiliki bibir gelap. Sekarang banyak banget beauty house yang menawarkan jasa untuk ‘memperbaiki’ bibir kita secara instan, tapi gak sedikit juga pilihan yang kita punya untuk mencerahkan bibir secara alami.

✨Take Benefits from Fruits

Perawatan bibir yang bisa dilakukan di rumah ternyata juga memiliki keuntungan sendiri. Salah satunya dengan membuat homemade lip scrub yang terbuat dari buah stroberi. Stroberi memiliki khasiat sebagai antioksidan dan vitamin C yang dapat menutrisi kulit bibir. Kita bisa mencoba membuat lip scrub dengan menghancurkan stroberi dan tambahkan juga campuran madu dan minyak zaitun.

Lip Scrub Bantu Mencerahkan Bibir

Selain stroberi, buah beri lainnya memiliki kandungan antosianin yang dapat mengendalikan radikal bebas. Udah menjadi rahasia umum jika radikal bebas yang ‘menempel’ pada tubuh kita tidak terkontrol, hal tersebut dapat menaikkan berbagai risiko penyakit dan kerusakan sel tubuh, termasuk kesehatan bibir kita. Maka dari itu, konsumsi buah-buahan merah juga dapat membantu menutrisi bibir dan dapat mencerahkan rona bibir – although it takes a whole lot of time.

✨Exfoliate Regularly

Eksfoliasi untuk Mencerahkan Bibir

Melakukan eksfoliasi bibir secara rutin juga dapat membantu kita untuk mendapatkan warna bibir cerah yang kita impikan. Namun perlu diingat ya, walaupun kita melakukan lip scrubbing secara teratur kita tidak dapat mencerahkan bibir dalam waktu singkat (baca: semalam). Lip scrubbing hanya membantu menghilangkan kotoran, kulit kering, dan menjaga bibir tetap halus dan terhidrasi.

✨Instant Lip Brightening Product

Instant lip brightening product sounds promising but… does it really effective? Terkait dengan produk-produk kosmetik bibir yang memiliki klaim dapat mencerahkan warna bibir, itu sebenarnya kembali lagi pada prosesnya. 

Apakah Produk dengan Klaim Mencerahkan Bibir Efektif?

Pada dasarnya, lip product yang memberikan klaim sebagai produk yang dapat mencerahkan bibir sebenarnya hanya memberikan staining effect pada bibir kita – so basically, they are lip staining product. Coba deh diingat lagi, untuk mengaplikasikan that ‘lip brightening product’ kalian pasti harus memakainya dalam jumlah sedikit bukan? Hal ini membuktikan jika produk tersebut mengandung alkohol yang cenderung bakal cepat mengeras dan biasanya memiliki efek mengeringkan, makanya kita harus buru-buru memakainya dan butuh lip primer sebagai dasarnya agar tekstur bibir terlihat lembut saat sudah diaplikasikan.

Umumnya, lip staining product  yang memiliki klaim dapat memberikan rona merah muda pada bibir bisa bertahan hingga 18 jam (hampir sepanjang hari!) dan kita harus menggunakan make up remover berbahan dasar minyak untuk menghapusnya. Efek staining yang diberikan oleh zat pewarna hanya menembus lapisan paling luar dari epidermis, jadi harusnya aman untuk digunakan. Also, yang harus diperhatikan juga adalah produk tersebut harus mematuhi aturan kesehatan yang berlaku, karena jika produk tersebut memiliki zat pewarna yang tidak terdaftar pada instansi pengawas makanan dan kesehatan nasional, well you know what that means.

✨Everything Takes Time

Kita ambil contoh dari lip balm atau lip treatment yang kita bikin sendiri di rumah. Walaupun menggunakan bahan alami yang memiliki manfaat terbaik untuk mencerahkan bibir – dan bahkan tanpa tambahan bahan kimia aktif apapun – kita tetap harus mengaplikasikan lip treatment tersebut tidak hanya sekali. Sama halnya dengan produk kecantikan yang beredar di pasaran. Mereka mungkin memiliki klaim yang dapat memberikan rona bibir yang kita inginkan, tetapi penggunaannya pun harus teratur.

Mencerahkan Bibir Tampaknya Butuh Waktu

Jika kita menginginkan proses yang cepat dan instan, ada beberapa alternatif yang dapat kita lakukan dan tentunya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. There are TONS of lip enhancement procedures! Kira-kira ada apa aja ya? Lalu apa ada efek samping yang ditimbulkan? Stay tuned for the next post! 

 

References 

  • Carli, Belinda. 2020. Lip stain formula. the Institute of Personal Care Science
  • Grasso, Chelsey. 2019. Is Lip Stain Longer Lasting than Lipstick? Review This
  • Putra, Arif. 2020. Antosianin, Senyawa yang Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung. SehatQ
  • Sunadh, Hari. 2020. A guide to tackling lip pigmentation or dark lips. Lifestyle Asia
  • Vachiramon, V., McMichael, Amy J. 2012. Approaches to the evaluation of lip hyperpigmentation. The International Society of Dermatology
  • Watson, Kathryn. 2018. 14 Ways to Get Healthy-Looking Lips. Healthline

Photo sources: SHUTTERSTOCK

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.