Dari Lip Tattoo Hingga Lip Implants, Ini yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Prosedur Lip Enhancement 

by Putri Adelina
Published: Last Updated on 694 views

Untuk beberapa orang yang gak sabaran, perawatan bibir rumahan sepertinya menjadi pilihan terakhir. Selain mencerahkan dan memperbaiki tekstur bibir dengan beberapa cara seperti yang udah dijelaskan di postingan sebelumnya, kita juga bisa melakukan beberapa prosedur medis yang dapat memberikan hasil yang instan – termasuk mengubah bentuk bibir.

✨Lip Blushing

Lip blushing atau biasa kita sebut sebagai lip tattoo merupakan salah satu prosedur medis kosmetika dengan menambahkan pigmen warna pada bibir. Hal ini dilakukan dengan menggunakan jarum tato yang berukuran kecil. Prosedur ini bisa dibilang semi-permanent, karena biasanya kita harus mengulangi proses ini jika pigmen warna pada bibir telah memudar.

Bikin Bibir Cerah dengan Lip Tattoo, Amankah?

Source: Shutterstock

Biasanya sebelum prosedur dilakukan, bibir kita diberi anestesi agar terasa kebas. Kita juga akan ditanya lebih dulu bentuk bibir seperti apa yang kita harapkan, yang nantinya dokter atau praktisi kecantikan akan menggambarnya pada sketsa. Pigmen akan diberikan pada beberapa lapisan bibir untuk menciptakan warna yang merata.

Apa ada efek samping? Well, it is. Yang paling sering ditemukan adalah pembengkakan dan infeksi pada bibir. Jika bibir kita mengalami pembengkakan setelah melakukan lip blushing, kita dapat mengatasinya dengan mengompres bibir dengan es batu yang tentunya dibalut kembali oleh kain bersih. Konsultasikan juga dengan dokter untuk mengetahui apakah kamu memiliki alergi terhadap tinta warna, karena hal ini bisa menjadi awal penyebab terjadinya anafilaksis.

Selain itu yang harus diperhatikan adalah praktisi dan juga tempat praktiknya. Coba untuk mencari dokter yang telah tersertifikasi dan memiliki peralatan yang steril. Jarum yang tidak steril dapat menjadi jembatan penyebaran penyakit yang dapat ditularkan melalui darah, dari Hepatitis hingga HIV.

✨Lip Filler

Seperti namanya, filler bibir adalah prosedur yang digunakan untuk membuat bibir kita menjadi lebih berisi. Biasanya dermal filler yang disuntikkan berbasis Hyaluronic Acid karena dinilai paling baik. Hyaluronic Acid digunakan karena bisa larut dengan hyaluronidase – sebuah enzim yang melarutkan Hyaluronic Acid – yang dapat ditemukan di tubuh kita dan bekerja secara cepat dan aman.

Filler Bibir dan Efek Sampingnya bagi Tubuh Kita

Source: Shutterstock

Lip filler umumnya dapat bertahan enam bulan sampai setahun, dan itu semua tergantung dari kondisi tubuh dan metabolisme yang obviously berbeda untuk setiap orang. Jika kita ingin mengambil langkah untuk melakukan lip filler, disarankan untuk tidak mengkonsumsi painkiller, minyak ikan, suplemen, hingga multivitamin sekitar seminggu sebelum prosedur dilaksanakan untuk meminimalisir memar dan pembengkakan pasca-penyuntikan.

Despite the fact that lip filler is pretty safe for us, there would be a risk to take. Sebelum melakukan prosedur ini, ada baiknya kita konsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena yang ditakutkan adalah jika kita memiliki alergi pada substansi tertentu yang terdapat pada filler. Selain itu, bentuk bibir bisa jadi terlihat asimetris akibat kesalahan takaran filler yang disuntikkan ke beberapa titik di bibir.

✨Lip Implant

Ini dia salah satu lip enhancement procedure ‘terbesar’ yang kita bahas kali ini! Prosedur ini hampir sama dengan lip filler, namun bersifat permanen dan tentunya butuh biaya yang lebih besar.

Implan Bibir, Apakah Menguntungkan?

Source: Shutterstock

Implan bibir memiliki dua jenis prosedur, diantaranya adalah pencangkokan jaringan dengan menggunakan implan kulit dari perut bagian bawah, dan pencangkokan lemak yang juga diambil dari lemak perut kita. Secara garis besar, tindakan ini dilakukan dengan membedah mulut kita dan memasukkan implan ke dalam mulut lewat sayatan di salah satu sudut mulut kita. 

Sama halnya dengan lip filler, lip implant pun memiliki risiko walaupun jika keduanya dibandingkan lip implant terbilang memiliki risiko lebih rendah untuk jangka panjang. Salah satu risiko yang mungkin dapat terjadi adalah penyesuaian ukuran. Terkadang beberapa pasien merasa tidak puas dengan hasil and eventually they want ‘more’ – akibatnya, pengangkatan implan yang sebelumnya sudah ditempatkan harus dirombak lagi dan membutuhkan pembedahan tambahan. So, sebelum melakukan prosedur ini alangkah baiknya untuk menentukan bentuk dan ukuran bibir dan pastikan untuk memilih dokter yang telah memiliki lisensi, because after all it’ll stay on you permanently. 

Itu dia beberapa metode lip enhancement yang dapat kita coba untuk mendapatkan bibir yang baik versimu. Setiap prosedurnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan tentu saja kita harus berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum menerapkannya.

References

  • Andini, Widya Citra. 2020. Berencana Menyulam Bibir agar Selalu Tampak Memesona? Baca Dulu Fakta-faktanya Disini. Hello Sehat
  • Brody-Camp, Sabrina. 2020. Lip Implants. StatPearls Publishing
  • Cherney, Kristeen. 2020. What Is Lip Blushing? Healthline
  • Cherney, Kristeen. 2020. What You Need to Know Before Considering Lip Tattoo. Healthline
  • Lip Augmentation. Retrieved on January 26 2021. Radiance by WebMD
  • Lockett, Eleesha. 2020. All About Lip Implants. Healthline
  • Samotin, Perrie. 2019. 9 Things I Wish I’d Known Before Getting Lip Injections. Glamour

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.