Meet Hydrocolloid: 7 Produk Rekomendasi Acne / Pimple Patch + Treatment untuk Jerawat

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 640 views

Setelah melakukan riset dan eksperimen dengan beberapa produk pimple patch berbasis hydrocolloid, akhirnya reviewnya hadir juga di blog! Untuk yang masih suka nutupin jerawat pakai plester, atau yang suka iseng mengorek jerawat kamu wajib baca tentang produk perawatan jerawat satu ini.

What is Hydrocolloid?

Sebelum masuk ke review produk-produknya, ada baiknya kita bahas dulu tentang hydrocolloid ya.

Sampai saat ini, Hydrocolloid biasa digunakan dalam dunia medis sebagai wound dressingHydrocolloid dressing terdiri dari lapisan perekat yang tebal berbentuk gellable mass berisi hydrocolloid yang diaplikasikan pada film berbahan polyurethane yang waterproof dan fleksibel. Hydrocolloid sendiri mampu menyerap cairan luka dalam jumlah yang cukup besar dan sering disebut sebagai pembalut hidroaktif karenanya Hydrocolloid dressing memberikan ruang penyembuhan untuk luka agar tidak terinfeksi, serta membiarkan enzim dalam tubuh untuk membantu menyembuhkan luka.

Hydrocolloid-base pimple patches terbuat dari bahan yang relatif sama, bersifat hidrofilik yang memiliki fungsi menarik cairan berlebih seperti minyak dan sebum pada kulit. Hydrocolloid sering kali digunakan di banyak pimple patch karena keutamaannya dalam mempercepat waktu penyembuhan jerawat.

Hydrocolloid bekerja dengan memberikan kelembaban di area wajah yang berjerawat. Secara bersamaan, hydrocolloid menyerap sebum berlebih, ‘racun’ yang terperangkap di bawah kulit kita dan melindunginya dari bakteri eksternal yang mungkin dapat memperparah jerawat. thanks to hydrocolloid patch, jerawat pun akan terlindungi dari sinar UV, radikal bebas, dan kotornya tangan kita yang biasanya suka iseng mengorek jerawat. *ups*

Walaupun hydrocolloid memiliki peran yang luar biasa – terlebih dalam pencegahan terbentuknya jaringan parut pada jerawat – bahan ini cuma bisa digunakan untuk surface-level acne. Untuk jerawat yang lebih dalam seperti jerawat kistik, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk perawatan lebih lanjut – salah satunya dengan suntikan kortisol.

Ada beberapa hydrocolloid-base pimple patches yang aku rutin gunakan:

✨ Cosrx Acne Pimple Master Patch & Clear Fit Master Patch

Product Name COSRX Acne Pimple Master Patch & Clear Fit Master Patch
Price Rp 35.000
Origin Korea
Recommended For Day time: Acne Pimple Master Patch; Night Time: Clear Fit Master Patch

SHOP THIS PRODUCT

Ingredients

Acne Pimple Master Patch Ingredients

Cellulose Gum, Styrene Isoprene Styrene Block Copolymer, Polyisobutylene, Petroleum Resin, Polyurethane Film, Liquid Paraffin, Tetrakis Methane

Acne Clear Fit Master Patch Ingredients

Cellulose Gum, Styrene Isoprene Styrene Block Copolymer, Polyisobutylene, Petroleum Resin, Polyurethane Film, Liquid Paraffin, Tetrakis Methane

The Review

Nah ini dia, pimple patch terpopuler! Aku mengenal dan rutin menggunakan COSRX Acne Pimple Master Patch dan Clear Fit Master Patch jauh sebelum hydrocolloid pimple patch booming di Indonesia. Dulu produk ini dijual dengan harga di atas 100,000 rupiah selembarnya tapi sekarang, kamu bisa dapetin produk ini dengan harga sekitar 30,000-an aja.

Bukan, bukan karena produk ini ada palsunya, tapi memang dulu COSRX belum resmi masuk Indonesia sehingga online sellers harus impor dari penjual di luar negeri, khususnya negara asalnya, Korea.

Long story short, karena harganya yang semakin terjangkau, COSRX Acne Pimple Master Patch dan Clear Fit Master Patch ini selalu ada di vanity desk-ku. Selain harganya yang murah, produk ini juga cukup tipis untuk dipakai sehari-hari, bahkan ketika siang hari.

Karena produk ini potent banget dalam membantu penyembuhan jerawat, aku rasa inilah yang menjadikan COSRX menjadi hydrocolloid pimple patch yang paling populer di Indonesia, selain karena harganya yang relatif murah tentunya.

Oh ya, apa sih perbedaan Acne Pimple Master Patch dan Clear Fit Master Patch?

Dari segi ingredients, tidak ada perbedaan antara Acne Pimple Master Patch maupun Clear Fit Master Patch. Yang membedakan adalah ketebalannya dimana Clear Fit Master Patch lebih tipis dibandingkan Acne Pimple Master Patch. Sayangnya aku enggak tau perbedaan pasti ketebalannya.

  • Acne Pimple Master Patch memiliki 24 patches dengan 3 jenis ukuran: 7mm (10 pcs), 10mm (5 pcs), dan 12mm (9pcs)
  • Acne Pimple Master Patch direkomendasikan untuk penggunaan malam hari karena ia lebih tebal dibandingkan Clear Fit Master Patch.
  • Clear Fit Master Patch memiliki 18 patches dengan 1 ukuran aja: 10mm (18 pcs)
  • Clear Fit Master Patch direkomendasikan untuk penggunaan siang hari karena dia lebih tipis dengan natural & invisible layer yang akan menyatu dengan warna kulit wajah.

✨ Derma Angel Acne Patch Day + Night

Product Name Derma Angel Acne Patch Day + Night
Price Rp 30.000 – Rp 99.000
Origin Taiwan
Recommended For Day time & Night Time

Ingredients

Methylcellulose, Glyceryl Rosinate, Hydrogenated Styrene/Isoprene Copolymer, Paraffinum Liquidum, Polyurethane-1

SHOP THIS PRODUCT

The Review

Aku kenal produk satu ini dari PR Package yang diberikan Sociolla beberapa tahun lalu di mana untuk pertama kalinya aku mencoba pimple patch selain COSRX. Derma Angel Acne Patch memiliki 3 jenis produk: Day dan Night dimana yang Night memiliki sedikit ‘bump‘ berwarna kekuningan di bagian tengah, juga Day + Night Pack di mana kamu bisa dapatkan kedua produk tadi dalam satu box (Day: 6 pcs, Night: 12 pcs).  Kedua jenis Derma Angel Acne Patch memiliki diameter yang sama, yaitu 12mm dengan ketebalan 0,01mm.

Sama seperti COSRX, Derma Angel Acne patch oke banget untuk dipakai di atas jerawat yang siap pecah, atau yang sudah bernanah. Proses pengeringan dan penyembuhannya pun cukup cepat, asal kamu pakai secara rutin siang dan malam.

Kalau kamu cari pimple patch terjangkau yang ampuh dan mudah didapatkan, aku rasa Derma Angel Acne Patch ini adalah produk termudah yang bisa kamu beli langsung, karena selain tersedia di marketplace, produk ini juga tersedia di supermarket dan minimarket terdekat di kotamu.

✨ Some by Mi Clear Spot

Product Name Some by Mi Clear Spot
Price Rp 58.000
Origin Korea
Recommended For Day time & Night Time

SHOP THIS PRODUCT

Ingredients

CelluloseGum, Polyisobutene, Polyisoprene, Polyurethane-9

The Review

Another Korean pimple patch with minimal ingredients, yang hanya fokus di perlindungan jerawat: Some by Mi Clear Spot. Jika skincare-nya gak bisa ‘temenan’ sama kulitku (dengan kata lain, aku enggak cocok hehe), lain cerita dengan Some by Mi Clear Spot. Walaupun engga ada ingredients tambahan lain untuk perawatan jerawat, Some by Mi Clear Spot Patch bisa jadi pilihanmu dalam acne cover karena di dalamnya terdapat 18 patches dengan dua jenis ukuran berbeda: 10mm (9 pcs) dan 12mm (9 pcs).

Some by Mi Clear Spot juga memiliki bentuk yang berbeda dengan pimple patches-ku yang lain, terutama jika dibandingkan dengan COSRX: di bagian pinggirannya terlihat lebih tipis dan di bagian tengahnya terlihat lebih cembung, sehingga jika kamu punya jerawat yang lumayan tebal, pimple patch tidak akan mudah terangkat sehingga jerawat tidak mudah terinfeksi.

✨ Focallure Acne Pimple Patch

Product Name Focallure Acne Pimple Patch
Price Rp 12,000 – 30,000
Origin China
Recommended For Day time & Night Time

Ingredients

Focallure Acne Pimple Patch – Day Ingredients

Sodium Carboxy Methyl Cellulose, Elastomer, Dioctyl Adipate, 100% Hydrogenated Petroleum Resin, Polyurethane Film, Polyethylene Terephthalate, Tea Tree Oil

Hero Ingredients:

  • ✨ Tea Tree Oil

Tea tree oil dianjurkan untuk mereka yang memiliki acne-prone skin. Bermanfaat dalam membunuh bakter dan jamur penyebab jerawat serta dapat meredakan peradangan.

Focallure Acne Pimple Patch – Night Ingredients

Sodium Carboxymethyl Cellulose, Elastomer, Dioctyl Adipate, 100% Hydrogenated Petroleum Resin, Polyurethane Film, Polyethylene Terephthalate, Tea Tree Oil, Salicylic Acid, Kim Essential Oil

Hero Ingredients:

  • ✨ Tea Tree Oil

Tea tree oil dianjurkan untuk mereka yang memiliki acne-prone skin. Bermanfaat dalam membunuh bakter dan jamur penyebab jerawat serta dapat meredakan peradangan. 

  • ✨Salicylic Acid

Salah satu komponen dari beta hydroxy acid (BHA) yang juga berasal dari white willow bark. Bekerja dengan menembus ke dalam kulit untuk melarutkan kotoran kulit yang dapat menyumbat pori-pori, sehingga dapat mengurangi risiko blackhead dan whitehead.

The Review

Salah satu pimple patch asal China yang sedang naik daun: Focallure Acne Pimple Patch! Seperti pimple patch kebanyakan, Focallure juga mengeluarkan dua jenis pimple patch: Day & Night dimana ada perbedaan ingredients dalam keduanya. Focallure Acne Pimple Patch Day memiliki hero ingredient Tea Tree Oil yang acne-prone skin-friendly, dimana ia berfungsi dalam membunuh bakteri dan jamur penyebab jerawat serta dapat meredakan peradangan. Focallure Acne Pimple patch Night memiliki Tea Tree Oil dan satu ingredient tambahan lain yaitu Salicylic Acid yang bekerja menembus ke dalam kulit untuk melarutkan kotoran kulit yang dapat menyumbat pori-pori sehingga mengurangi resiko jerawat.

Bedanya dengan pimple patch-ku yang lain, Focallure ini enggak menganaktirikan Day atau Night patches-nya, keduanya sama-sama memiliki 24 patches dengan ukuran yang sama (yay!). Kamu akan mendapatkan patches 12mm (8pcs), 10mm (8pcs), dan 8mm (8pcs) untuk setiap produknya. Bedanya, Focallure Acne Pimple Patch Day memiliki ketebalan yang lebih tipis, yaitu 0,1mm sedangkan Focallure Acne Pimple Patch Night memiliki ketebalan 0,3mm.

Drawback dari produk ini adalah warna patch-nya yang tidak clear, cenderung frosty clear sehingga ia masih sedikit terlihat di atas bare face.

SHOP THIS PRODUCT

✨ Runa Acnedote

Product Name Runa Acnedote Microneedle Technology Pimple Patch
Price Rp 109.000
Origin Indonesia – formulated and made in Korea
Recommended For Night Time

Ingredients

Ingredients

White Willow Bark Extract, Salicylic Acid, Niacinamide, Ginkgo Biloba Extract, Oligopeptide-76, Pyridoxine (Vitamin B6), Ethylene Glycol Salicylate

Hero ingredients

  • ✨White Willow Bark Extract

Mengandung salicin (asam salisilat alami) yang memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik. bahan ini dapat mengurangi tanda penuaan pada kulit dan bertindak sebagai exfoliator yang bekerja dengan sangat lembut.

  • ✨Salicylic Acid

Salah satu komponen dari beta hydroxy acid (BHA) yang juga berasal dari white willow bark. Bekerja dengan menembus ke dalam kulit untuk melarutkan kotoran kulit yang dapat menyumbat pori-pori, sehingga dapat mengurangi risiko blackhead dan whitehead.

  • ✨Niacinamide

Membangun protein di kulit serta mengunci kelembaban untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh faktor eksternal. Niacinamide juga membantu meminimalisir garis halus, kerutan, hingga blemish.

  • ✨ Oligopeptide-76

Dengan nama lain OG-76, Oligopeptide-76 merupakan antimikroba yang lembut namun ampuh dalam merawat jerawat. Sama seperti peptida lainnya, Oligopeptide-76 juga berfungsi dalam mengencangkan serta memperbaiki tekstur kulit.

SHOP THIS PRODUCT

The Review

Dari semua produk pimple patch lokal, Runa Acnedote ini punya packaging paling niat sih menurutku. Dibalut dengan packaging art paper tebal berwarna dark blue ala Runa Beauty dengan detail gambar cewek berwarna emas, bikin packagingnya terasa modern tapi youth banget.

Di dalamnya ada 12 micro needle patches yang terjaga dengan baik kebersihannya karena disimpan di dalam wadah plastik mika kaku yang tebal. 

Runa Acnedote memiliki lembaran hydrocolloid yang cukup tebal berbentuk oval yang lumayan lebar. Di tengahnya terdapat ‘spike’ atau micro darts berujung runcing yang berfungsi sebagai acne treatment-nya.

Gak cuma hydrocolloid aja, produk ini juga mengandung beberapa hero ingredients seperti White Willow Bark Extract yang bisa menenangkan dan mengontrol sebum, Salicylic Acid yang berfungsi untuk mengendurkan dan ‘memecah’ jerawat, juga Niacinamide yang berfungsi sebagai pencerah dan anti-inflammatory agent yang kuat, dan yang terakhir ada Oligopeptide-76 sebagai peptida antimikroba. Menurutku Runa Acnedote ini bisa digunakan untuk pimple yang lumayan besar dan masih early-stage alias belum ‘matang’.

Selain karena ketebalannya, Runa Acnedote lebih cocok untuk digunakan di malam hari dimana kamu sedang beristirahat dan wajahmu full on goodies dari skincare yang kamu pakai. Even Runa recommends us to wear it overnight for the best result.

Sesuai pengalamanku, aku hanya perlu 2 malam untuk bisa mengempeskan dan mengeringkan jerawat dengan Runa Acnedote.

Di siang hari di mana aku beraktivitas aku memilih untuk menggunakan pimple patch yang lebih tipis agar jerawat tidak terekspos bakteri atau polusi.

✨ ZitSticka Killa Kit

Product Name ZitSticka Killa Kit
Price Rp 95.000 (1 Sticka + 1 Cleana), AUD 39 (sekitar 450,000) untuk Killa Kit (8 Sticka + 8 Cleana)
Origin UK
Recommended For Night Time

Ingredients

Ingredients

Salicylic Acid, Niacinamide, Oligopeptide-76, Hyaluronic Acid

Hero ingredients

  • ✨Salicylic Acid

Salah satu komponen dari beta hydroxy acid (BHA) yang juga berasal dari white willow bark. Bekerja dengan menembus ke dalam kulit untuk melarutkan kotoran kulit yang dapat menyumbat pori-pori, sehingga dapat mengurangi risiko blackhead dan whitehead.

  • ✨Niacinamide

Membangun protein di kulit serta mengunci kelembaban untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh faktor eksternal. Niacinamide juga membantu meminimalisir garis halus, kerutan, hingga blemish.

  • ✨Hyaluronic Acid

Bertindak sebagai hydrator dengan memberikan kelembaban pada kulit. Secara umum, bahan ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit – namun pemilik kulit kering akan sangat terbantu dengan kandungan satu ini.

  • ✨ Oligopeptide-76

Dengan nama lain OG-76, Oligopeptide-76 merupakan antimikroba yang lembut namun ampuh dalam merawat jerawat. Sama seperti peptida lainnya, Oligopeptide-76 juga berfungsi dalam mengencangkan serta memperbaiki tekstur kulit.

SHOP THIS PRODUCT

The Review

Saking penasarannya, aku bersikeras ‘maksa’ Team Lippielust untuk beli Zitsticka Killa. Dikenal sebagai pelopor micro darts (ingat Runa Acnedote?) yang bisa menyalurkan acne treatment goodies untuk perawatan jerawat melalui ujung-ujung runcing dari micro darts.

Sayangnya meskipun produk asal UK ini punya desain cantik dan ‘all-tech meets skincare’ jargon (which I’ll easily buy it), Zitsticka Killa juga easily jadi pimple patch termahal untukku. Harga 1 box-nya adalah sekitar AUD 39 atau setara dengan 450,000 (konversi kasar AUD – IDR) dan hanya berisikan 8 Killa pimple patches + 8 Cleana swab pembersih yang digunakan sebelum Killa dipakai.

Untungnya, di Shopee ada yang menjual satuannya. Satuan disini artinya adalah 1 Zitsticka Killa dan 1 Cleana seharga 95,000, which is still wow.

Lalu, gimana sih performanya?

Setiap sachet Killa berisi 1 wadah plastik mika tebal (again, remember Runa Acnedote?) yang melindungi satu lembar Killa pimple patch. Bukan untuk dipakai berulang kali karena obviously setiap pimple patch hanya untuk satu kali pemakaian, jadi menurutku packaging-nya ini a bit too much.

Sama halnya seperti Cleana yang berisi 1 swab (berukuran kurang lebih 3x3cm) yang hanya bisa digunakan sekali. Cleana mengandung Salicylic Acid, Tea Tree Oil, Vitamin E, dan Alcohol untuk pemakaian sebelum Zitsticka Killa.

Rasanya sama aja ketika aku pakai Runa Acnedote yang juga memiliki micro darts, gak ada perbedaan berarti, keduanya sama-sama bisa digunakan early-stage atau ready-to-pop pimples — kecuali di tahap di mana aku pakai Cleana sebelumnya. Cleana bisa banget kamu switch dengan skincare favoritmu sebelum tahap Killa, bedanya Cleana mengandung alkohol yang berfungsi sebagai antimikroba.

Jika dibandingkan dengan Runa Acnedote, Zitsticka Killa berbentuk bulat dan memiliki area micro darts yang lebih ‘rapi’ dan berwarna lebih clear. Tapi jika aku harus repurchase, Runa Acnedote akan selalu jadi pilihan utama karena who cares about design when you can actually get all the goodies for acne treatment in such lower price? Jika dihitung-hitung, dengan harga 8 pcs Zitsticka Killa, aku bisa dapetin at least 4,5 pack (54 pimple patches) Runa Acnedote dengan fungsi juga benefit yang sama. Hihihi.

✨ Mad for Makeup A Star Is Born

Product Name Mad for Makeup: Star Pimple Patch (A Star is Born)
Price Rp 29.000
Origin Indonesia
Recommended For Night Time

Ingredients

Ingredients

Methylcellulose, Glyceryl Rosinate, Hydrogenated Styrene/Isopropene Copolymer, Paraffinum Liquidium, Polyurethane-1

SHOP THIS PRODUCT

The Review

Now we’ve come to the fun part: Mad for Makeup A Star is Born Star Pimple Patch! Hydrocolloid pimple patch satu ini yang menurutku paling ‘photogenic’, well, quite literally. Produk ini berbentuk bintang dengan warna kuning, so you literally tell the world you got a pimple but you’re fine (and have fun) with it.

Dengan mengusung tema ‘we all get pimples’, selain membantu menyembuhkan jerawat, satu-satunya produk yang diproduksi di Indonesia dalam review pimple patch ini mengkampanyekan bahwa jerawat itu wajar dan kita enggak perlu malu karenanya. An interesting product for a bigger cause, so I approve!

Untuk fungsinya, menurutku Mad for Makeup A Star Is Born tidak didesain untuk bigger / thicker pimples, karena ‘kaki-kaki’ bentuk bintangnya bisa dengan mudah terangkat. Aku harap selanjutnya Mad for Makeup bisa merilis fun pimple patch seperti A Star is Born dengan bentuk unik lain berdiameter yang lebih besar untuk jerawat yang lebih besar.

Comparison

Karena ZitSticka Killa dan Runa Acnedote memiliki ketebalan yang berbeda dibandingkan yang lain dan juga sama-sama memiliki micro darts di bagian tengahnya, aku rekomendasikan untuk pakai kedua produk ini pada malam hari saja karena ia akan benar-benar terlihat jika dipakai di siang hari. Selain itu, Mad for Makeup A Star Is Born juga memiliki warna dan juga ketebalan yang berbeda, dan aku juga merekomendasikan untuk gunakan produk ini di malam hari aja (atau siang, kalau kamu mau 😉)

Maka dari itu, tabel disini adalah perbandingan untuk produk lainnya yang ada di list di atas yaaa..

** Mobile Phone Users: geser tabel untuk lihat semua datanya ya ❤️

Produk Ketebalan Bumps* Harga & Isi Bisa Dipakai Dengan Makeup Variasi Diameter Rekomendasi Pemakaian
Derma Angel Acne Patch Day Sangat Tipis (0,01mm) Ada, Tipis 30,000-99,000
Isi 6 / 12
Bisa Tidak Ada Siang
Derma Angel Acne Patch Night Sangat Tipis (0,01mm) Ada 30,000-99,000
Isi 12
Bisa Tidak Ada Malam
Focallure Acne Pimple Patch Day Tipis(0,1mm) Tidak Ada 12,000 – 30,000 Isi 24 Bisa Ada Siang
Focallure Acne Pimple Patch Night Agak Tebal (0,3mm) Tidak Ada 12,000 – 30,000 Isi 24 Bisa Ada Malam
COSRX Acne Pimple Master Patch (night) Agak Tebal (0,3mm) Tidak Ada 35,000 Isi 24 Bisa Ada Malam
COSRX Clear Fit Master Patch (day) Tipis (0,1mm) Ada 35,000 Isi 18 Bisa Tidak Ada Siang
Some by My Clear Spot Agak Tebal (0,39mm) Ada 58,000 isi 18 Bisa Ada Siang & Malam

*bumps: tambahan material di bagian tengah patch yang berisi bahan untuk membantu mengempeskan jerawat dan mengeluarkan nanah.

Nah, itu dia beberapa produk hydrocolloid pimple patch yang udah aku coba. Semuanya aku beli sendiri dan sampai saat ini masih rutin aku pakai jika jerawat udah mulai muncul. Enggak cuma itu, aku juga aktif mengkampanyekan penggunaan hydrocolloid pimple patch ini di kantor apalagi buat cowok-cowok yang suka pakai plester untuk nutupin jerawat. It’s fun to share what we know and have!

Sponsored Links:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.