[Swatches & Review] Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream Nude Limited Edition (6 Shades)

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 1298 views

Siapa nih yang nungguin review Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream ‘Nude’ Limited Edition? Produk yang paling diantisipasi ini baru aja rilis di bulan Agustus, dan seperti biasa Lippielust diberikan kesempatan untuk cobain semua warnanya — juga bikin reviewnya untuk para pembaca setia blog Lippielust.

Jadi, apa sih istimewanya koleksi terbatas dari Make Over ini? Make Over Team menciptakan shades dalam Nude Limited Edition ini agar bisa cocok untuk semua skintone. Kok bisa? Jika kamu lihat, Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream ‘Nude’ Limited Edition memiliki penomoran sesuai dengan tingkat kecerahan warna, seperti: 10, 20, 30, 40, 50, dan 60 dengan sistem nomor terkecil untuk kulit fair dan terbesar untuk kulit dark.

Seems familiar? Yep, sistem penomoran ini sama kayak sistem penomoran pada complexion-nya Make Over. Jadi jika aku pakai Make Over Hydrastay Glow Fluid Foundation “W33 Honey Beige” atau Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion “W30 Creme Beige”, maka warna ‘Best Nude’-ku dari produk ini adalah “30 Fame”.

Jika kamu memiliki tone warna kulit di angka 10, maka warna nude yang cocok untukmu adalah “10 Fabulous” atau jika kamu memiliki tone warna kulit di angka 60, maka warna nude untukmu adalah “60 VVIP”. Anyway, sistem ini hanya berlaku untuk complexion-nya Make Over ya!

Nah, penasaran kan sama produknya? Sekarang kita masuk ke review-nya yuk!

✨ Claim & Benefits

  1. Maskproof, no transfer
  2. Intense in one swipe
  3. Longlasting up to 14 hours
  4. Quick Set
  5. Non Sticky
Product Name Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream Nude Limited Edition
Produced By PT Paragon Technology and Innovation
Distributed By Make Over Indonesia (PT Paragon Technology and Innovation)
Price / Net. Weight Rp 125.000 for 7gr
SHOP THIS PRODUCT
SHOPEE TOKOPEDIA LAZADA

✨ Packaging & Design

Dari segi kemasan box, kita udah bisa langsung melihat perbedaan nude limited edition ini  jika dibandingkan dengan kemasan Powerstay Transferproof Matte Lip Cream biasanya. Jika yang sebelumnya itu berwarna hitam polos, yang ini berwarna sesuai dengan shade yang ada di dalam kemasan itu. Desain seperti ini diterapkan bukan hanya untuk estetika kemasannya aja, tapi juga untuk memudahkan kamu dalam memilih shade tanpa harus repot-repot mengeluarkan kemasan lip cream-nya.

Di bagian depan kemasan box, tertera nama brand dan nama produk. Uniknya, Make Over menggunakan hologram yang membentuk berbagai huruf sebagai aksen dari kemasan, sesuatu yang jarang dilakukan brand ini, karena biasanya, Make Over hanya menggunakan warna-warna monochrome, namun kali ini kemasan terlihat agak warna-warni terutama saat hologram itu disinari cahaya. 

Di sisi atas kemasan terdapat nomor/nama shade, informasi penting (ingredients, customer care, dll) di bagian belakang, dan barcode di sisi kiri.

Sekarang, kita diskusikan kemasan lip cream-nya. Kemasan ini menggunakan bahan plastik polimer (akrilik) sebagai bahan utamanya, namun dibentuk menyerupai frosted glass; tebal dan terasa doff saat disentuh.

Di bagian depan kemasan lip cream, desain hampir sama dengan desain bagian depan yang ada pada kemasan box; yang membedakannya adalah, desain huruf-huruf hologram yang ada pada box bukan lagi berbahan hologram dan diubah menjadi bahan sticker yang berwarna shade lip cream tersebut. Sticker itu pun memberikan kesan shimmer saat terpapar sinar. Di bagian bawah kemasan pun ada sticker kecil yang bertuliskan nomor/nama shade.

Dari segi aplikator, Make Over enggak membuat perubahan apapun untuk produk ini, masih sama seperti Powerstay Transferproof Matte Lip Cream terdahulu.

✨ Ingredients Breakdown

Isododecane, Bis-Hydroxylauryl Dimethicone/IPDI Copolymer, Trisiloxane, Trimethylsiloxysilicate, Cyclopentasiloxane, Hydrated Silica, Disteardimonium Hectorite, Alumina, Propylene Carbonate, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Aluminum Hydroxide, Tocopheryl Acetate, Triethoxycaprylylsilane, Cyclotetrasiloxane, Fragrance, Tocopherol, CI 77492, CI77491, CI 77891, CI 158502, CI 158501, CI 77499

Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream Nude Limited Edition is Allergen-Free, Alcohol-Free, Gluten-Free, Sulfate-Free, Paraben-Free, PEG-Free, and Fungal Acne Feeding Component-Free

Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream Nude Limited Edition contains:

  1. Comedogenic Components: Tocopherol
  2. Silicones: Cyclopentasiloxane
  3. Fragrance: Fragrance

Good Things Inside

  • Moisturizing: Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, CI 77492, CI 77499
  • Softening: Ethylhexylglycerin, Tocopheryl Acetate
  • Soothing: Aluminum Hydroxide
  • Anti-aging: Tocopheryl Acetate, Tocopherol
  • Antioxidant: Tocopheryl Acetate, Tocopherol
  • Antiseptic: Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin
  • UV Protection: CI 77891

Hero Ingredient(s)

  • Tocopherol (Vitamin E)

Berfungsi untuk menyerap sinar UV dan membantu mencegah kerusakan bibir akibat radikal bebas yang disebabkan oleh sinar UV,  bertindak sebagai agen anti-inflammatory pada bibir, membantu melembabkan, membantu mengurangi kerusakan radikal bebas terkait polusi, dan berperan sebagai antioksidan dan photoprotector terhadap sinar UVB.

Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream ‘Nude’ Limited Edition is BPOM registered & HALAL Certified.

Alright, sekarang kita bahas klaim dan kandungannya! 

Apa yang membuat produk ini mask-proof dan transfer-proof?

Hydrated Silica dan Disteardimonium Hectorite. Kedua kandungan tersebut berperan untuk mempekatkan produk dan menyerap minyak berlebih pada bibir. Hasilnya, produk enggak akan mudah luntur dan/atau menempel saat disentuh oleh permukaan asing. Kandungan-kandungan ini sekaligus bisa memberikan hasil yang matte, hence, dinamakan Matte Lip Cream.

Kandungan yang membuat longlasting?

Isododecane dan Trimethylsiloxysilicate, kandungan yang umum digunakan di dunia kosmetik untuk membantu membuat produk menjadi longlasting

Terus, apa yang membuat produk ini menjadi non-sticky?

Trisiloxane. Kandungan ini tugasnya adalah mengubah produk yang sudah menempel di bibir menjadi kering sempurna. Setelah tugasnya selesai, Trisiloxane akan segera menguap dan enggak lagi nempel pada bibir, namun keadaan produk akan tetap kering. Kalau produk sudah kering, enggak mungkin produk menjadi lengket.

Bedanya sama Powerstay Transferproof Matte Lip Cream yang sebelumnya?

Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream: LESS quick set

Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream Nude Limited Edition: MORE quick set

Kandungan yang DIHILANGKAN di versi Limited Edition: Polyhydroxystearic Acid dan 1,2-Hexanediol.

Jadi, Make Over telah meng-upgrade kemampuan quick set-nya di produk Limited Edition yang baru ini. Untuk melakukan hal itu, agen emollient memang harus sedikit dikurangi, karena kalau enggak, pelembab-pelembab itu akan counter-interact dengan kandungan-kandungan yang bertugas untuk mengeringkan produk dengan cepat (Trisiloxane).

✨ The Review

Kalau kamu penasaran sama full review dari Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream, di akhir tahun 2019 Lippielust juga pernah me-review secara lengkap, lho. Kamu tinggal klik link ini untuk baca ya.

Produk yang punya formula thick cream ini terasa cukup kental dengan pigmentasi yang sangat baik. Ketika diaplikasikan di bibir, cukup satu kali celup aja untuk satu aplikasi penuh, tanpa patchy. Kalau dilihat dari perbedaan formulanya, Make Over Transferproof Matte Lip Cream Nude Limited Edition ini bisa mengering jadi transferproof matte lebih cepat dibandingkan dengan keluaran tahun 2019. Padahal yang sebelumnya pun bisa mengering dengan cepat, hanya dalam hitungan detik. Kebayang gak sih nge-set-nya secepat apa?

Feel-nya masih tetap sama: sama-sama terasa halus dan ringan di bibir dan gak terasa tebal sama sekali. Selain itu rasanya di bibir sangat fleksibel, bibir mudah ‘dibawa senyum’ tanpa takut cracking. Perlu diketahui, karena ini bukan lip cream yang bisa staining, maka ia akan luntur tanpa meninggalkan bekas ‘stain‘ di bibir. Warna akan luntur terlebih dahulu dari bagian dalam bibir, sehingga jika warna lip cream-nya cukup kontras dengan warna bibirmu, maka tampilannya akan terlihat ‘bolong’ di tengah. Itu artinya, kamu udah perlu retouch.

Nah yang berbeda dari seri 2019, karena warna-warna di Nude Limited Edition ini punya brown-base, maka warna-warnanya ini benar-benar oxidized. Lumayan ‘heavy‘ sih menurutku, warnanya bisa turun 1-2 tone lebih muted dibandingkan dengan warna ketika masih basah. Kok bisa begitu?

Karena di dalamnya ada kandungan yang memang bisa bereaksi pada oksigen ketika produk mengering sempurna jadi transferproof. Selain itu, karena keenam warna dalam Nude Limited Edition ini punya pigmen dengan ‘earthy tone‘ alias warna-warna coklat maka warna-warna ini bisa oxidize lebih banyak dibandingkan warna-warna lainnya jika memiliki finish transferproof.

✨ Shades Description

Nah, ini nih yang menarik. Mungkin Make Over Limited Edition Powerstay Transferproof Matte Lip Cream ini dibilang “Limited Edition” karena memang warna-warnanya berbeda dari Make Over Powerstay Transferproof Matte Lip Cream sebelumnya! 

Jika yang sebelumnya itu cenderung memiliki tone yang pink atau kemerah-merahan, rangkaian shade Limited Edition ini cenderung memiliki tone beige atau coklat yang lebih kuat. Bisa dibilang ini adalah rangkaian best nude shades untuk semua skintone.

  • 10 — Fabulous (for fair skin – nude with a hint of pink)
  • 20 — Iconic (for light skin – nude with a hint of pink)
  • 30 — Fame (for light to medium skin – nude with a hint of peach pink)
  • 40 — Authentic (for medium skin – nude with a hint of peach pink)
  • 50 — Chosen (for medium to dark skin – nude with a hint of reddish brown)
  • 60 — VVIP (for deep-dark skin – nude with a hint of reddish brown)

Seperti yang aku bilang sebelumnya, warna yang cocok untukku adalah warna nomor 30 FAME. Tapi jika kamu memiliki warna lain yang kamu sukai dan warna itu bukan warna yang ‘direkomendasikan’ sesuai skintone, jangan khawatir karena kamu bisa juga ‘cross shade’. Berhubung aku udah coba semua warnanya termasuk warna termuda (10 FABULOUS), warna ini masih terlihat cantik di skintone-ku, tapi memang tone pink-nya terlihat lebih kuat.

Warna 10 Fabulous juga adalah warna yang paling cocok untuk dijadikan ombré base, jika kamu suka sama ombré style.

✨ Reels & Swatches

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.