fbpx

[Review & Swatches] Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 4.9K views

Beauty enthusiasts, ada bocoran nih dari Lippielust. Kamu tau enggak kalau Wardah baru saja mengeluarkan produk baru? Yang suka pantengin Tokopedia-nya Wardah pasti udah tau dong official Tokopedia launch-nya. Ya, Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink ini mempunyai tingkat ketahanan yang kuat, warna yang pigmented, dan mengandung Vitamin E. Menarik bukan?

Bisa bikin bibir terlihat naturally fresh dan pigmented? Bisa dong. Want to know more? Yuk disimak reviewnya!

TL;DR

Product Name Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink
Produced By PT. PARAGON TECHNOLOGY AND INNOVATION
Price / Net. Weight Rp 62.000 ,- for 4g
  • Long lasting up to 8 hours (color and moist feel)
  • Intense Color
  • Smooth Appearance
  • Refreshing Watery Texture

Box: Minimalis, warna dominan adalah warna shade produk.

Tube: Silinder, doff, berwarna shade produk.

Wand: Angled

Semua klaim dapat didukung faktanya karena adanya kandungan-kandungan tertentu. Tekstur tidak sepenuhnya watery, tapi memang lebih cair daripada lip cream biasa.

  • Tekstur cair tapi enggak seperti water-based lip stain.
  • Warna yang intens, kesannya seperti meninggalkan stain padahal enggak.
  • Transferable
  • Seiring waktu, warna akan memudar tapi hasilnya jadi terlihat natural. Not too shiny, not too matte.
  • Lightweight
  • Bibir tetap lembab dan lembut selama pemakaian.
  • Bisa dihapus dengan tissue basah.
  • 01 — Energy Shot (Beige Nude – neutral tone)
  • 02 — Smart Cookie (brownish pink – warm tone)
  • 03 — High Rise (peachy pink – warm tone)
  • 04 — Speedster (pink – neutral tone)
  • 05 — Soul Mover (brown – cool tone)
  • 06 — Hyped Up (brownish orange – warm tone)
  • 07 — Busy Bee (reddish brown – warm tone)
  • 08 — Go Getter (purplish red – cool tone)

Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink memiliki hero ingredients: Sunflower Seed Extract, Jojoba Esters, Tocopherol (Vitamin E), dan Acacia Decurrens Flower Wax.

Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink is Allergen-Free, Alcohol-Free, Gluten-Free, Silicone-Free, Sulfate-Free, and Paraben-Free.

Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink contains:

  1. Comedogenic: Butylene Glycol, Ascorbyl Palmitate, Tocopherol
  2. Fragrance: Fragrance
  3. Fungal Acne Feeding Component: Ascorbyl Palmitate
  4. PEG (Polyethylene Glycol): PEG-2 Soyamine

Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink is HALAL and BPOM certified.

✨Colorfit Fresh Matte Lip Ink

Product Name Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink
Produced By PT. PARAGON TECHNOLOGY AND INNOVATION
Price / Net. Weight Rp 62.000 ,- for 4g
SHOP THIS PRODUCT
SHOPEE TOKOPEDIA LAZADA

✨Benefits and Claim

  1. Long lasting up to 8 hours (color and moist feel)
  2. Intense Color
  3. Smooth Appearance
  4. Refreshing Watery Texture

✨Packaging

Kemasan box Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink ini didominasi warna shade lip ink yang ada di dalamnya. Hal ini memudahkan kamu untuk memilih tanpa harus membuka packaging dan melihat seperti apa warna lip ink-nya. Di bagian depan dan atas box juga terpampang jelas nama dan nomor shade, jadi kamu dipastikan enggak akan salah pilih. Di bagian belakang box, ada informasi-informasi penting seperti ingredient list, customer care, dan yang  lainnya. Di sisi kiri ada barcode produk dan claim text di sisi kanan.

Kemudian, tube lip ink-nya itu sendiri berbentuk seperti umumnya kemasan lip cream; silinder, dan mempunyai tutup yang menyatu dengan wand applicator-nya. Saat menyentuh tube, permukaan terasa doff. Hal ini mungkin supaya serasi dengan lip-ink di dalamnya yang bersifat matte.  

✨The Prodcut and The Formula Itself

Okay, sekarang kita diskusikan formula di dalam produk ini yuk! 

Jadi sesuai dengan klaim dari Wardah, Colorfit Fresh Matte Lip Ink ini memiliki warna yang intens/tingkat pigmen yang tinggi. Hal ini didukung oleh fakta kalau produk ini mengandung Polyglyceryl-6 Polyricinoleate, sebuah kandungan yang bekerja sebagai penyebar warna ke seluruh area formula, dengan kata lain, kandungan ini bisa membuat warna lebih muncul dan pekat.

Enggak hanya pigmented, produk ini juga memberikan hasil yang lembut dan mulus karena terdapat kandungan Jojoba Esters, kandungan semacam lilin yang bisa didapatkan dari tumbuhan Jojoba. Jojoba Esters ini sangat umum digunakan dalam dunia kosmetik karena sifatnya yang mirip dengan minyak natural pada kulit manusia. Kandungan lain yang membantu produk ini dalam menghasilkan finish yang lembut dan mulus antara lain adalah Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, CI 77491, dan CI 77492. Briefly, kamu engga perlu takut bibir kamu menjadi kering dan pecah-pecah.

Tekstur dari Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink ini berada di antara lip cream dan lip tint; enggak begitu pekat dan enggak begitu cair juga. Jadi, dengan tekstur seperti ini, Lip Ink akan terasa ringan tapi tetap mempertahankan kemampuan moisturizing layaknya sebuah lip cream. A perfect combination. 

✨The Review

Probably it isn’t the first lip cream with runny / watery texture, but Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink is definitely different from other local lip creams. Hence, itulah mengapa produk ini dinamai ‘lip ink‘ karena memang teksturnya mirip tinta. Kalau kamu baca ingredients list-nya, kamu akan menemukan ‘Aqua’  atau air sebagai bahan baku utama, dimana ini menjadi faktor ‘penyebab’ kenapa teksturnya terasa cair. Kerennya, teksturnya ini enggak terasa seperti water-based lip stain dimana Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink punya color payoff yang sangat tinggi, alias warnanya intens banget.

Sebenarnya produk ini enggak meninggalkan stain, tapi selama aku pakai, ia terkesan seperti meninggalkan stain di mana warna akan masih tersisa di bibir setelah lama dipakai saking intensnya warna terutama warna-warna gelapnya. Berbeda pula dengan lip stain, Wardah Fresh Matte Lip Ink ini masih bisa mudah dihapus dengan menggunakan wet tissue.

Karena warnanya yang intens, satu kali aplikasi full dari satu celupan pun udah cukup. Jadi, ada baiknya dikurangi sedikit di bagian leher botolnya jika kamu berencana untuk mengaplikasikannya secara ombré atau soft korean lips look. Oh ya, walaupun warnanya intens, karena produk ini gak memiliki kemampuan untuk bisa ‘settle’ alias mengering di bibir, maka ia akan dengan mudah transferThis is the part when some of you maybe don’t like, apalagi kalau masih harus pake masker seharian. Huhu..

Jika di awal aplikasi tampilannya akan terlihat lebih shiny, lebih basah, dan lebih intens warnanya, selama pemakaian warnanya ini akan berangsur-angsur berkurang sehingga tampilannya di bibir menjadi terlihat lebih natural. This is what Wardah claims as ‘fresh matte’ finish. Jadi enggak se-matte lip cream biasa, tampilannya lebih terlihat seperti bibir yang sehat dengan pigmentasi medium di mana warna produk akan menyatu dengan asli bibirmu – not too shiny not too matte.

What I really like about this product is how it is sooo lightweight! Beneran ringan banget serasa gak pake produk lipstik apapun.

Dilihat dari hero ingredients-nya, produk ini memiliki 3 hero ingredients: Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Extract, Jojoba Oil, dan Tocopherol (Vitamin E) sehingga ketiganya memengaruhi kualitas produknya itu sendiri. Selama pemakaian, aku merasa bibir tetap lembab dan lembut.

Kamu bisa baca full ingredients breakdown-nya di bagian “Ingredients” ya!

✨Shades and Description

Shades produk ini variatif yaa, ada yang warnanya terang, ada juga yang gelap. Sepertinya, pasti ada satu pilihan yang tepat apapun preferensi kamu.

  • 01 — Energy Shot (Beige Nude – neutral tone)
  • 02 — Smart Cookie (brownish pink – warm tone)
  • 03 — High Rise (peachy pink – warm tone)
  • 04 — Speedster (pink – neutral tone)
  • 05 — Soul Mover (brown – cool tone)
  • 06 — Hyped Up (brownish orange – warm tone)
  • 07 — Busy Bee (reddish brown – warm tone)
  • 08 — Go Getter (purplish red – cool tone)

✨Ingredients

Ingredients

Aqua, Octyldodecanol, Isononyl Isononanoate, Isododecane, Butylene Glycol, Polyglyceryl-2 Triisostearate, Polyglyceryl-6 Polyhydroxystearate, Jojoba Esters, Polyglyceryl-6 Polyricinoleate, Disteardimonium Hectorite, Magnesium Sulfate, Sodium Chloride, Helianthus Annus Seed Extract, Acrylates/Polytrimethyl Siloxymethacrylate Copolymer, Phenoxyethanol, Propylene Carbonate, 1,2-Hexanediol, Caprylyl Glycol, Aluminum Hydroxide, Isopropyl Titanium Triisostearate, Triethoxycaprylylsilane, Fragrance, Pentaerythrityl Tetra-di-t-butyl Hydroxyhydrocinnamate, Tocopheryl Acetate, Acacia Decurrens Flower Wax, Polyglycerin-3, Benzotriazolyl Dodecyl p-Cresol, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Bis-PEG-15 Dimethicone/IPDI Copolymer, Ascorbyl Palmitate, Tocopherol, PEG-2 Soyamine.

May contain: CI 77891, CI 77491, CI 77492, CI 77499. CI 45410, CI 15850.

Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink is Allergen-Free, Alcohol-Free, Gluten-Free, Silicone-Free, Sulfate-Free, and Paraben-Free.

Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink contains:

  1. Comedogenic: Butylene Glycol, Ascorbyl Palmitate, Tocopherol
  2. Fragrance: Fragrance
  3. Fungal Acne Feeding Component: Ascorbyl Palmitate
  4. PEG (Polyethylene Glycol): PEG-2 Soyamine

Good Things Inside

  • Moisturizing: Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, CI 77491, CI 77492
  • Softening: Octyldodecanol, Polyglyceryl-2 Triisostearate, Polyglyceryl-6 Polyricinoleate, Tocopheryl Acetate, Ethylhexylglycerin
  • Soothing: Aluminum Hydroxide
  • Anti-aging: Tocopheryl Acetate, Tocopherol
  • Antioxidant: Tocopheryl Acetate, Disodium EDTA, Tocopherol
  • Antiseptic: Sodium Chloride, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol, Ethylhexylglycerin
  • Whitening: Ascorbyl Palmitate
  • UV Protection: CI 77891

Hero Ingredients

  • Tocopherol (Vitamin E)

Berfungsi untuk menyerap sinar UV dan membantu mencegah kerusakan bibir akibat radikal bebas yang disebabkan oleh sinar UV,  bertindak sebagai agen anti-inflammatory pada bibir, membantu melembabkan, membantu mengurangi kerusakan radikal bebas terkait polusi, dan berperan sebagai antioksidan dan photoprotector terhadap sinar UVB.

  • Jojoba Esters

Bekerja sebagai moisturizer natural, membantu melembabkan bibir, mencegahnya menjadi kering.

  • Sunflower Seed Extract

Mengandung Vitamin E dan sejumlah antioxidant yang berguna untuk menjaga kulit tetap lembut sehat dan melindunginya dari radikal bebas yang berbahaya.

  • Acacia Decurrens Flower Wax

Bekerja untuk menciptakan lapisan pelindung kulit. Kandungan ini dapat membuat kulit menjadi lembut, lembab, serta merangsang perbaikan kondisi kulit (healing).

Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink is HALAL and BPOM certified.

✨ Swatches

✨ Lippierating

[penci_review]

 

View this post on Instagram

 

A post shared by LIPPIELUST (@lippielust)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by LIPPIELUST (@lippielust)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by LIPPIELUST (@lippielust)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by LIPPIELUST (@lippielust)

Setelah review ini, stay in your seats ya karena bakal ada review Colorfit Cream Blush. We’ll see you there!

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love