Get Up, Your Body Needs You

by Yustika Maharani
102 views

Bagaimana Kamu Menyiksa Badanmu Dengan Nikmatnya Malas

Image by Ketut Subiyanto via Pexels

Pernah merasakan a good ol’ lazy Sunday? Libur, santai, rebahan di kasur yang dingin sambil nonton serial Netflix seharian. Oh, don’t forget the snacks; wafer, Oreo, atau micin-micin seperti keripik, or any snack that you love. Begitu jam makan siang tiba, kamu melahap nasi beserta lauk pauknya yang super savory dilengkapi minuman es yang segar, lalu, kamu kembali rebahan dan meneruskan serial Netflix sampai malam. Enak. Nikmat. A very good day. Untuk sebagian orang, rutinitas hari Minggu ini berakhir saat Senin dimulai sampai akhirnya weekend tiba lagi, tapi, untuk sebagian orang lainnya, rutinitas hari Minggu ini terlalu nikmat untuk dilepas dan berlanjut pada hari-hari lainnya. This is dangerous.

Badan yang sudah terlalu lama enggak aktif, secara enggak kamu sadari atau kamu sadari, adalah badan yang sudah enggak baik kesehatannya. Maksud dari enggak aktif adalah: badan kamu hanya melakukan kegiatan-kegiatan yang minim bergerak seperti duduk (mungkin saat bekerja, nonton TV, main game, atau yang lainnya), dan rebahan (saat membaca buku, main HP, atau mungkin WFH). 

Kenapa enggak sehat? Menurut MedlinePlus, badan yang enggak aktif dapat mengalami kondisi-kondisi di bawah ini:

  • Berat badan naik
  • Kehilangan masa otot
  • Tulang menjadi lemah (kehilangan kandungan mineral)
  • Metabolisme memburuk
  • Kinerja imun menurun
  • Kemungkinan sirkulasi darah memburuk
  • Kemungkinan terjadi pembengkakan di berbagai area
  • Kemungkinan terjadi perubahan hormon yang enggak seimbang

Kondisi-kondisi di atas bisa berubah menjadi sesuatu yang lebih serius seperti kolesterol, obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, dan lain-lain.

Image by Karolina Grabowska via Pexels

One day of laziness terasa seperti enggak ada apa-apanya, dua hari masih aman, lalu tiga, empat, dan terus jadi belasan bahkan ratusan. Saat kita mulai merasakan sakit adalah saat dimana kita akhirnya sadar akan buruknya efek duduk dan rebahan yang dilakukan secara terus-menerus. Good news-nya adalah it’s not too late!

“Kita harus aktif dan rajin berolahraga” terdengar lumayan seram dan berat, tapi sebenernya, itu mudah lho. Nih aku kasih beberapa hack mudah untuk menjaga badan kamu tetap aktif dan sehat terutama untuk kamu yang kerja kantoran (banyak duduk dan enggak ada cukup tenaga untuk olahraga berat setelah pulang):

  • Beres-beres rumah; ini adalah aktivitas yang membutuhkan gerakan yang lumayan membuat lelah lho. It’s like WFH exercise!
  • Angkat barbel sambil nonton TV; tetap bisa entertainment moment sambil exercise.
  • Ikutin 5-Minute Workout di YouTube; just for 5 minutes a.k.a satu setengah lagu, enggak lama kaan?
  • Get a hoola hoop dan gunakanlah saat nonton TV atau main HP; it’s probably one of the most fun exercise yang enggak bikin overly tired.
  • Kalau jarak kantor dan rumah dekat, jalan kaki! It’s like a complete exercise dan kamu bisa lebih santai-santai begitu sampai rumah.

Untuk kamu yang enggak kerja kantoran dan punya all the energy for the whole day dan ingin aktif maksimal, aku kasih beberapa exercise yang seru:

  • Jogging – minimum 10 menit per hari. Sambil mendengarkan lagu kesukaan kamu dan menghirup udara segar, why not? Kalau kamu punya treadmill dan mager keluar rumah, gunakanlah!
  • Zumba – minimum 30 menit per hari. Banyak zuma workout di YouTube yang bisa kamu ikuti lho, jadi enggak perlu ke workout centre.
  • Naik turun tangga – sampai terasa lelah. Tangga di dalam rumah bisa dijadikan sarana olahraga lho. Cukup naik turun sampai kamu merasa lelah atau berkeringat.
  • HIIT Workout – 25 menit per hari (3 hari seminggu; this is a high intensity workout guys). Seperti biasa, HIIT Workout bisa kamu cari di YouTube.
  • Berenang – sesekali, untuk variasi. Olahraga sambil rekreasi? Refreshing banget enggak siih?

Image by Alexy Almond via Pexels

Kita semua boleh banget malas-malasan, enggak ngapa-ngapain, tapi jangan sampai keterusan. Ingat, badan kamu perlu gerak untuk tetap sehat. Jangan sampai kamu menyiksa badan kamu dengan kenikmatan yang bisa kamu dapatkan dari duduk dan rebahan sepanjang hari.

Yuk, kita semua harus mulai gerak untuk mencegah penyakit ataupun memperbaiki badan yang perlu refreshment!

Source(s):

Health Risks of an Inactive Lifestyle. (2017, June 27). MedlinePlus. Retrieved October 12, 2022, from https://medlineplus.gov/healthrisksofaninactivelifestyle.html

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.