fbpx

Rare Beauty Soft Pinch Tinted Lip Oil vs Romand Glasting Water Tint

by Yustika Maharani
713 views

Akhir-akhir ini, Rare Beauty Soft Pinch Tinted Lip Oil lagi sering banget dibandingkan dengan Romand Glasting Water Tint. Kenapa bisa begitu ya? Katanya, kedua produk ini mirip baget dari segi tekstur dan finish. Kalau dalam kamus kecantikan, si Romand ini sudah bisa dikatakan sebagai DUPE Rare Beauty; benar enggak yaa? Apalagi, kedua produk ini berasal dari manufaktur yang sama, lho: C&C International Co., Ltd.

Daripada bingung dan penasaran, lebih baik kita langsung bandingkan saja!

Product Information

Product Name Rare Beauty Soft Pinch Tinted Lip Oil
Brand Country US
Manufactured By C&C International Co., Ltd.
Price / Vol. Rp 380.000 / 3ml
Product Name Romand Glasting Water Tint
Brand Country South Korea
Manufactured By C&C International Co., Ltd.
Price / Weight Rp 139.000 / 4g

Packaging


Kiri: Rare Beauty Soft Pinch Tinted Lip Oil, Kanan: Romand Glasting Water Tint

Bisa kita lihat kalau botol dari Rare Beauty terlihat lebih mewah karena bahan tutupnya yang terbuat dari alumunium; hal ini memberikan kesan yang lebih “berat” dan glamorous dibandingkan Romand.

On the other hand, botol dari Romand terbuat dari all-plastic yang enggak begitu “wah” kalau dibandingkan dengan botol lippie pada umumnya. 

Untuk packaging, aku prefer botol dari Rare Beauty!

Scent

Kalau ngomongin aroma, kedua produk ini benar-benar berbeda, lho: Rare Beauty memiliki aroma yang powdery seperti moisturizer, sedangkan Romand memiliki aroma fruity seperti peach (bayangkan wangi permen peach Haribo, nah, persis seperti itu).

Personally, I like the powdery scent; it’s less irritating to my nose.

Texture

Nah, dari segi tekstur juga ada perbedaan, lho; memang hal kecil sih, tapi penting. Tekstur tinted oil dari Rare Beauty memiliki viskositas yang lebih tinggi daripada glasting water tint dari Romand alias lebih tebal. Biasanya, tekstur tinted oil yang tebal memiliki daya tahan pigmen yang kurang bagus dibandingkan tekstur yang lebih cair (karena kulit bibir kita lebih mudah menyerap cairan dibandingkan sesuatu yang lebih creamy atau oily). But is Romand really better in pigment? Baca terus sampai bawah, yaa!

Applicator

Kiri: Rare Beauty Soft Pinch Tinted Lip Oil, Kanan: Romand Glasting Water Tint

Ini adalah salah satu bagian yang menarik: applicator! Dilihat dari gambar di atas, terdapat perbedaan yang sangat jelas.

Rare Beauty mengusung bentuk angled doe foot yang terkenal nyaman, sedangkan Romand menggunakan bentuk bulat rata pada semua sisi dengan angle pendek yang melingkari keseluruhan bagian atas applicator.

Yang kita cari dari sebuah applicator adalah kenyamanan dan presisi, dan itulah yang kita dapatkan dari Rare Beauty.

Applicator milik Romand gagal memberikan presisi yang dibutuhkan untuk pemakaian produk yang rata dan rapi. However, ini enggak terlalu mengganggu kalau kamu enggak perlu menggunakan produk sampai pinggiran bibir (cukup pakai di bagian dalam bibir like the Korean style dan ratakan sendiri menggunakan bibir).

Feel

Finally, let’s talk about how both of these products feel on my lips. Yang pertama, Rare Beauty memiliki sensasi dingin selama beberapa detik pada saat setelah aplikasi, berbeda dengan Romand yang enggak memiliki sensasi ini.

Kembali lagi, preferensi masing-masing saja; ada yang suka dengan cooling sensation, ada juga yang enggak. Nah, sensasi seru oleh Rare Beauty ini disebabkan oleh kandungan Menthoxypropanediol (sejenis menthol) yang notabene aman untuk digunakan dalam kosmetik, so, kamu enggak perlalu khawatir tentang iritasi!

Untuk feel tekstur pada bibir, Rare Beauty terasa lebih “meleleh” dibandingkan Romand yang terasa sedikit lebih tebal dan layered; despite that, keduanya sama-sama super glidable, non-sticky, dan ringan, kok.

Pigment

Dari segi warna, kedua produk ini sama-sama enggak mampu menutupi hiperpigmentasi pada bibir, mungkin karena memang konsepnya itu “natural-looking” yaa? Walaupun begitu, pigment terlihat sedikit lebih pekat pada hasil swatch Romand, sayangnya, produk Romand ini jauh lebih mudah smudging dan terhapus.

Nah, perbedaan warna juga bisa terlihat dengan jelas pada stain yang dihasilkan; Stain hasil Rare Beauty terlihat lebih pekat dan rata dibandingkan Romand yang begitu tipis dan patchy

Kembali lagi ke preferensi masing-masing; kalau kamu lebih suka warna yang pekat fresh setelah swatch, kamu pasti akan memilih Romand, tapi kalau ingin warna yang tahan lama dan rata, juga stain yang lebih pekat, kamu lebih baik memilih Rare Beauty.

Finish & Transfer Test

Rare Beauty dan Romand sama-sama enggak punya setting time yang spesifik, karena konsepnya itu memang shiny/oily. It’s not going to dry up or anything. 

Finish-nya juga sama-sama terlihat glassy. Both are pretty-looking! 

Kiri: Rare Beauty Soft Pinch Tinted Lip Oil, Kanan: Romand Glasting Water Tint

Aku sedikit terkejut saat melakukan transfer-test. Ternyata, produk Romand terbilang sangat transferable dibandingkan Rare Beauty yang hanya meninggalkan sedikit warna pada tissue. Kalau kamu masih suka menggunakan masker, better choose Rare Beauty, guys.

Ingredients

Rare Beauty Soft Pinch Tinted Lip Oil memiliki 34 kandungan dengan 13 potential hazards dan 5 hero ingredients:

Water (Aqua/​Eau), Diphenyl Dimethicone, Diisostearyl Malate, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Octyldodecanol, Bis-Behenyl/​Isostearyl/​Phytosteryl Dimer Dilinoleyl Dimer Dilinoleate, Hydrogenated Polyisobutene, Glycerin, Dipropylene Glycol, Cetyl PEG/​PPG-10/​1 Dimethicone, Sorbitan Isostearate, Polysorbate 60, Pentylene Glycol, Phenoxyethanol, Hydroxyethyl Acrylate/​Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Menthoxypropanediol, Ceteareth-20, Squalane, Fragrance (Parfum), Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Stevioside, Helianthus Annuus Sunflower) Seed Oil, Ethylhexylglycerin, Ammonium Polyacrylate, Aluminum Hydroxide, Butylene Glycol, Gardenia Florida Fruit Extract, Nelumbo Nucifera Flower Extract, Nymphaea Odorata Root Extract, Pentaerythrityl Tetra-Di-T-Butyl Hydroxyhydrocinnamate, Benzyl Salicylate, Limonene, Eugenol, Titanium Dioxide.

Romand Glasting Water Tint memiliki 32 kandungan dengan 11 potential hazards dan 5 hero ingredients:

Water, Diphenyl Dimethicone, Diisostearyl Malate, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Octyldodecanol, Hydrogenated Polyisobutene, Bis-Behenyl/​Isostearyl/​Phytosteryl Dimer Dilinoleyl Dimer Dilinoleate, Diglycerin, Dipropylene Glycol, Sorbitan Isostearate, Polysorbate 60, Pentylene Glycol, Hydroxyethyl Acrylate/​Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Glycerin, Phenoxyethanol, Sunset Yellow Fcf, Polyglycerin-3, Fragrance, Stevioside, Fast Acid Magenta, Ethylhexylglycerin, Indigo Carmine, Ceteareth-20, Squalane, Cetyl PEG/​PPG-10/​1 Dimethicone, Ceteareth-20, Squalane, Amyl Cinnamal, Hexyl Cinnamal, Cetyl PEG/​PPG-10/​1 Dimethicone, Titanium Dioxide, Phloxine B, Linalool, Benzyl Benzoate.

Dari segi kandungan, benar-benar mirip ya. So we can’t really choose which one’s better than the other.

Personal Vendetta

Dalam sebuah tinted lip oil, tentunya aku akan mencari sebuah produk yang nyaman digunakan pada bibir, tahan lama, mampu memberikan pigmen yang rata juga cantik, dan enggak smudging alias transfer. Karena ini, I would choose Rare Beauty over Romand any day. Terlepas dari itu, I can confirm kalau kedua produk ini beneran mirip! Romand Glassting Water Tint is in fact dupe-worthy for Rare Beauty Soft Pink Tinted Lip Oil!

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love