[SWATCH & REVIEW] Wardah Beauty Long Lasting Lipstick & Exclusive Lipstick All Shades

by Rissa Stellar
121462 views

Hello semua!

Yes, ini adalah review terakhir dari aku untuk produk lipstiknya Wardah. Meskipun begitu, aku harap sih Wardah bisa terus berinovasi dalam menciptakan produk lipstik, gak cuma mandeg di seri Exclusive Matte Lip Creamnya. Kalaupun iya, produk baru seperti apa yang ingin kalian dapetin dari Wardah di tahun ini?

Hari ini aku akan bikin review dua color series Wardah yang sama-sama mengeluarkan varian warna baru: Long Lasting Lipstick dan juga Exclusive Lipstick. Seperti yang aku bilang sebelumnya ketika me-review Intense Matte Lipstick, seri Long Lasting Lipstick punya packaging yang mirip sama seri Intense Matte Lipstick. Perbedaanya terletak di segi formula dan juga box-nya. Kalian bisa baca review lengkap produknya disini ya.. Disana aku jelaskan juga poin-poin penting yang perlu kalian perhatikan sebelum membeli kedua seri ini, supaya enggak bingung 🙂

Ok without further ado, yuk kita mulai aja reviewnya. Yang pertama bakal aku bahas adalah…

LONG LASTING LIPSTICK

Yup! Kayaknya seri Long Lasting Lipstik mesti kita bahas di awal supaya gak kerasa nanggung banget gara-gara seri Intense Matte-nya udah duluan di-review :p

✨ FORMULA

Kalau kalian udah baca seri Intense Matte Lipstick-nya Wardah, sedikit banyak kalian pasti udah dapet gambaran soal formulanya. Walaupun punya botol sama, Long Lasting Lipstick ini bisa dibilang ‘kakaknya’ seri Intense Matte Lipstick. Jelas Intense Matte Lipstick punya formula yang lebih disempurnakan, termasuk soal daya tahan, tekstur, dan hasil akhirnya yang lebih matte. Tapi ternyata, masih banyak juga lho yang lebih cocok sama seri Long Lasting ini daripada Intense Matte — Termasuk ibuku sendiri. Hahaha..

Jadi gini, kemaren pas ibu ke Bandung aku tanya “bu, sok mau coba lipstik apa lagi? Kalau ada yang cocok boleh ibu bawa.” Terus ibu bilang, “engga ah, ibu mah udah suka banget sama Wardah.” Setelah diselidiki (cieee), dulu pas ngeswatch untuk katalognya Wardah, yang paling banyak ibu pakai adalah seri Long Lasting ini. Menurutnya, seri ini terasa lebih ringan dibandingkan seri Intense Matte, tapi gak terasa se’basah’ Exclusive Lipstick. Tapi balik lagi, ini soal selera.

Aku rasa, hal yang paling membedakan diantara kedua produk ini adalah…

Ketika awal pakai, kamu bakal ngerasa agak susah (kesat) untuk aplikasikan Long Lasting lipstick di bibir tapi setelah beberapa kali dipakai, lipstik ini mulai terasa mudah untuk diaplikasikan, sangat sangat smooth malah. Perbedaan lainnya, karena Long Lasting Lipstick punya formula yang padat, makanya seri lipstik ini terasa lebih kering di bibir dibandingkan Intense Matte. Makanya, Intense Matte Lipstick lebih terasa creamy dan moist dibandingkan Long Lasting Lipstick.

Selain itu, pigmentasinya pun tidak sepekat (opaque) Intense Matte Lipstick, terutama untuk warna-warna mudanya. Apalagi kalau warna-warna mudanya ini terlihat patchy di bibir dan kadang si warnanya ini ‘ngumpul’ di bagian luar bibir. Warna-warna dengan base brown atau red udah pasti aman, karena warna seperti ini memang jarang sih yang patchy.

Nah, sekarang kita ngomongin soal varian warna. Intense Matte Lipstick saat ini punya 16 varian warna pilihan yang mayoritas lebih trendy dan unik, seperti misalnya nomor 10, Miss Terracotta! Sedangkan Long Lasting Lipstick punya 19 varian warna pilihan. Warna-warnanya ini kebanyakan warna klasik dan lebih ke arah bright dan fresh.

Walaupun begitu, baik Long Lasting Lipstick dan Intense Matte Lipstick pasti bakalan luntur, mau gak mau, suka gak suka. In choosing lipsticks, you need to pick one between these two: mau yang bisa luntur, atau mau bener-bener nempel seharian? Jawabannya jelas akan berhubungan dengan kenyamanannya, bukan? Dan jangan bandingkan Long Lasting Lipstick ini dengan lipstik-lipstik ‘long lasting’ yang dead matte (khususnya lipstik matte cair) karena ya…. not comparable aja. In conclusion, untuk bisa membandingkan kualitas ketahanan lipstik ya kita harus bandingkan dengan lipstik sejenis. Baru deh kita bakal tau kualitas lipstik tersebut.

✨ DAYA TAHAN / LONGEVITY

Long Lasting lipstik ini bisa tahan sampai sekitar 7-8 jam, lebih unggul dari seri Intense Matte Lipstick dengan catatan, gak pake makan. Kalau dipakai makan, seperti yang aku bilang sebelumnya, seri Intense Matte Lipstick bisa lebih unggul karena warnanya akan luntur tetapi warna sisanya masih bisa nempel dengan baik di bibir sedangkan seri Long Lasting perlu touch up apalagi kalau makan besarrrrr…

✨ 5 WARNA BARU!

Yep, Wardah baru nambahin 5 warna baru ke dalam color series Long Lasting Lipstick. Swatchesnya bisa kalian lihat di bawah ya!

  • 15 ROUGE RED (deep red)
  • 16 SMOOTH LATTE (pink-brown nude)
  • 17 PASSIONATE RED (bright orange-red)
  • 18 SUNSET ORANGE (warm orange-nude)
  • 19 SUNRISE NUDE (peachy-nude)

PRICE

Wardah Long Lasting Lipstick dijual sekitar 35,000 – 45,000an per pcs-nya. Shades barunya udah tersebar di seluruh counter resmi Wardah Cosmetics maupun non-resmi di seluruh Indonesia.

SWATCHES

EXCLUSIVE LIPSTICK

FORMULA

Hati-hati, jangan sampai ketuker ya.. Yang lip cream namanya EXCLUSIVE MATTE LIP CREAM sedangkan lipstik yang satu ini namanya EXCLUSIVE LIPSTICK. Exclusive Lipstick bentuknya lipstik biasa, dengan container berwarna hijau mint.

Exclusive Lipstick ini rasanya sangat creamy dan punya kilau lebih kuat dibandingkan Long Lasting Lipstick, Intense Matte Lipstick, tapi gak se-shiny seri Matte Lipstick (bingung kan? hahaha) atau malah seri Wondershine Lipgloss. Matte Lipstick-nya Wardah (inget, seri Matte Lipstick ya, bukan IML atau LLL) merupakan generasi pertama lipstik matte keluaran Wardah, karena sepertinya dulu lipstik super matte belum jadi idola, dan kelas lipstik masih dibagi jadi matte – gloss aja jadi intensitas matteness-nya pun gak sesempurna lipstik-lipstik matte jaman now. Istilah gampangnya sih: gak ada matte-mattenya deh perasaan. Hehehe..

Bedanya Exclusive Lipstick dengan Matte Lipstick terletak di bagian container dan juga box-nya. Exclusive Lipstik punya container berwarna mint dan box dengan warna senada, sedangkan Matte Lipstick punya container berwarna sama dengan seri lipstik IML & LLL (abu-abu muda) dengan box yang juga punya warna sama.

Sebelum terlalu panjang, better kita balik lagi ke reviewnya Exclusive Lipstick!

Exclusive Lipstick ini punya kesan elegan dan mahal, bukan cuma dilihat dari warna container / tube-nya ya. Formulanya pun dibuat enggak terlalu berat seperti matte lipstick jaman today. Pigmentasinya pun bisa dibilang baik, hanya tidak se-opaque seri LLL atau IML. Sayangnya, lipstik satu ini gak tahan lama. Karena lipstiknya gampang luntur, perlu touch up banget kalo dipakai seharian. Hasil akhir dari lipstik ini adalah natural dengan shine yang gak lebay. Persis kalau kita bilang ‘creamy lipstick‘, karena memang seperti itu feel-nya di bibir.

Warna yang dihasilkan lipstik ini dengan warna lipstik aslinya di dalam container akan berbeda ya.. Jadi jika di dalam container warna lipstik terlihat merah gelap, ketika diaplikasikan di bibir bisa jadi merah yang lebih kalem. Intinya sih lipstik ini punya hasil akhir yang benar-benar natural (bukan sheer, beda yaa hehe).

LONGEVITY

Daya tahannya kurang lebih 5-6 jam, gampang luntur tapi super nyaman! Menurutku seri ini yang paling nyaman di bibir diantara ketiga lipstik dari Wardah yang udah pernah aku review.

WARNA BARU!

Warna-warna muda dari Wardah Exclusive Lipstick agak sulit untuk diaplikasikan, hal ini dipengaruhi dengan intensitas warna lipstik. Tapi untuk ketiga warna barunya (51 Pink Blush, 52 Earthy Brown, dan 53 Queen Red), Wardah lebih ‘ngerti’ maunya kita dengan memberikan pilihan warna yang lebih wearable dalam formula ala Exclusive Lipstick. Kalau kalian lihat swatches-nya dibawah, warna-warna nude-nya bener-bener light, kecuali warna 31 Rosewood dan 32 Sheer Brown (itupun pigmentasinya sheer, jadi gelap terangnya warna lipstik di bibir banyak dipengaruhi oleh warna bibir asli kita sendiri). So, kalau kamu merupakan penggemar color series satu ini tapi suka sama warna-warna yang lebih modern dan lebih wearable — Selamat! sekarang ada 3 warna baru yang bisa kalian koleksi.

PRICE

30,000 – 40,000 per pcs-nya. Shades barunya udah tersebar di seluruh counter resmi Wardah Cosmetics maupun non-resmi di seluruh Indonesia.

SWATCHES

So that’s a wrap guys! Semoga review lengkap 3 seri lipstik klasiknya Wardah ini bikin kamu gak bingung lagi untuk pilih yang paling cocok dengan kamu ya. Kalian bisa kunjungi instagram aku disini: LIPPIELUST, karena biasanya aku upload swatches disana sebelum di blog. Thank you and see u again soon <3

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

1 comment

Cherish Lie June 7, 2018 - 2:39 am

Aku sih maunya Wardah bisa step up one’s game terutama dengan lipglossnya. Lagi demen-demennya sama gloss soalnya. Dan aku sendiri bukan pecinta matte liquid lipstick krn kadang butuh waktu lama pas make (biar engga belepotan dan garisnya rapih wkwk) selain itu kalau bibir kering kan keliatan banget garisnya. Kalau gloss kan enak, lembab, shiny (shiny engganya bisa kita atur), dan engga buat bibir keliatan garis-garis. Jd hopefully, wardah mau meng-upgrade wondershine lipgloss mereka!

Reply

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.