[Swatches & Review] Purbasari New Metallic Color Matte Lipstick + JakartaXBeauty 2018 Event Highlight!

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 15227 views

[:en]Setelah review Purbasari Color Matte Lipstick di bulan Juni 2017 dan Purbasari Hydra Series Hi-Matte Lip Cream di bulan September 2017 lalu, hari ini aku mau review produk barunya yaitu Metallic Color Matte Lipstick. Produk yang dirilis dalam event Jakarta X Beauty 2018 ini udah aku coba dan tes ketahanan sekitar 2 minggu sebelumnya.

Oh ya, sebelum masuk ke review, aku mau sedikit flashback ke acara Female Daily Network’s JakartaXBeauty 2018 di Senayan City akhir minggu lalu. Acara ini digelar 3 hari, 27-29 April 2018 tapi aku hanya bisa hadir di hari ke-2 karena bentrok dengan acara lain setelahnya. 🙁

Ini kali pertamaku dateng ke JakartaXBeauty sejak pertama kali acara ini diadakan di tahun lalu, dan kesan pertamaku akan acara ini adalah sangat-sangat fun! Animo dari para beauty enthusiast sangat besar! Booth-booth penuh sesak oleh pengunjung, banyak makeup class dengan para MUA ternama, dan talkshowtalkshow disana pun banyak yang menarik. Gak ketinggalan, banyak promo dari setiap booth juga disana. Oh ya, this is totally personal tapi aku ngerasa kalau crew FDBabes-nya pun sangat ramah, well-trained, dan sigap setiap kali aku tanya soal apapun yang berhubungan dengan acara. Semacam gak ada capenya, tapi kok tetep keliatan pada cakep-cakep aja ya :p

Di hari kedua acara JakartaXBeauty tanggal 28 April 2018, aku hadir mewakili Purbasari Indonesia di JakartaXBeauty untuk berbicara di salah satu sesi talkshow soal Trend Lipstick Metallic Matte, tepat di hari yang sama ternyata produk Purbasari yang satu ini dirilis juga disana (this is a total surprise karena aku sendiri gak tau kalau produknya baru dirilis di hari itu).

Thank you Female Daily Network & Purbasari Indonesia for having me! I would loveeee to come again next year, absolutely!

Tentang Hoax Mercury di Lipstik Purbasari

Hoax ini udah lama, dan gak pantas untuk terus dibiarkan hidup. Makanya, untuk yang penasaran apakah Purbasari Color Matte Lipstick bermerkuri, jawabannya singkat jelas dan padat: TIDAK. Untuk penjelasannya, silakan langsung baca disini. Bahkan, semua produk lipstik Purbasari itu udah mengantongi izin BPOM dan juga MUI (sertifikat halal).

Packaging

Purbasari Metallic Color Matte ini punya packaging yang modern dengan warna rose gold sebagai aksennya. Di box, Purbasari menggunakan warna putih dengan aksen geometris berwarna rose gold dan tulisan yang terlihat lebih clean juga modern jika dibandingkan dengan si OG Purbasari Color Matte Lipstick. Sekilas, packagingnya memang mirip sama This Is April’s Satin Lip Stocking. But this I can assure you, no one copies another. Keduanya sama-sama memiliki nomor BPOM yang dirilis di akhir tahun 2017, dan aku yakin keduanya sama-sama diproduksi di tahun yang sama. Apalagi tanggal launch kedua produk ini berdekatan, jadi menurutku sih gak ada ‘celah’ untuk copy desain sama sekali.

Untuk tube-nya sendiri, Purbasari Metallic Color Matte terlihat lebih presentable dengan warna rose gold dan tulisan putih di badannya. Sesuai dengan ciri khas-nya Purbasari, bagian leher tetap berwarna gold seperti Color Matte Lipsticknya.

Salah satu kelemahan lipstik Purbasari, seperti biasa, lipstiknya sangat ringkih; bisa dengan mudah lepas dari dudukannya. Alasannya masih sama seperti ketika aku bahas Color Matte Lipstick:

Well, bukan rahasia umum lipstik Purbasari Color Matte mudah ‘copot’ dari dudukannya. Percaya atau enggak, semua lipstik yang berbentuk panjang dan ramping seperti ini akan lebih rentan untuk copot dari dudukannya. Bukan karena kualitas produk rendah, tapi menurutku (dan juga menurut sumber-sumber hasil baca), memang bentuk lipstik matte yang ramping dan panjang dengan dudukan seperti ini kurang bisa ‘menopang’ produk diatasnya. Lipstik-lipstik ramping seperti ini, sebagai contoh: Colourpop Lippie Stix (yang notabene jauh lebih ramping) juga sangat rentan patah. Gak diapa-apain aja patah, apalagi kalau jatuh. Huhuhu..

Formula

nah! Kita masuk ke bagian yang paling dinantikan: Formula.

Purbasari Metallic Color Matte punya formula yang gak jauh beda dari Purbasari Color Matte. Sangat creamy, lembut, dan super pigmented! 1-2 kali ulas aja udah bisa menutupi warna bibir dengan baik.

Sama seperti Color Matte, Metallic Color Matte pun memiliki triple moisturizing agents – Jojoba Oil, Vitamin E, dan juga emmolient. Karena inilah, lipstik Purbasari gak terasa kering di bibir. Well at least menurutku, karena aku adalah salah satu dari kalian para avid users dari Purbasari Color Matte Lipstick.

Yang membedakan adalah pigmen micro glitters yang ada di dalam Metallic Color Matte. Si butiran glitter-nya sangat halus sehingga mempengaruhi hasil akhir dari lipstiknya sendiri yang gak terlihat terlalu bercahaya seperti lipstik-lipstik metalik lainnya. Purbasari Metallic Color Matte ini lebih terlihat seperti satin lipstick dengan formula matte daripada lipstik metalik. Makanya, semua warna lipstiknya sangat wearable untuk dipakai kapan aja, dimana aja, oleh siapa aja.

Untuk pigmentasinya sendiri, seperti yang aku bilang diatas, produk ini luar biasa pigmented. Sampai seneng banget deh pas nge-swatch lipstiknya karena oddly satisfying. Well you really need to swatch it yourself to get what I meant. Tapi, ada 1 lipstik yang memang bisa dibilang less pigmented (not in the way it has BAD pigmentation), yaitu nomor 73 (Carnelian). Pigmentasinya sendiri bagus kok, cuma kalau dibandingkan dengan yang lain, yang lain itu lebih mendominasi. If I say ‘SANGAT PIGMENTED’ itu karena memang seperti itu kenyataannya. Hehehehe..

Staying Power

Oke, untuk daya tahannya sendiri sesuai pengalamanku, produk ini juga gak jauh berbeda dari produk Color Matte Lipstick. Kalau klaimnya ‘Ringan dan Tahan Lama’, hal ini tetap dipertahankan untuk produk Metallic Color Matte. Purbasari Metallic Color Matte Lipstick ini punya ketahanan sekitar 8-9 jam untuk pemakaian normal. Dipakai makan akan luntur tapi warna sisanya akan tetap stay walaupun layer lipstik akan terlihat menipis setelah makan.

Warna nomor 71 (Rubellite) adalah satu-satunya warna yang staining di bibir. Aku baru ngeh setelah bikin swatch art di instagram, dan warna nomor 71-lah yang gak bisa kehapus total. Tapi ya stain-nya sendiri gak akan nempel lama kok, dalam waktu kurang dari 24 jam setelah lipstik dibersihkan, warnanya akan menghilang dengan sendirinya.

Price

43,000,- / shade. Memang sih beberapa ribu lebih mahal dibandingkan Purbasari Color Matte, tapi jelas, produk ini wajib buat kalian jajal kalau kalian pengen coba lipstik metalik dalam bentuk traditional lipstick yang punya formula se-oke Purbasari Color Matte Lipstick (yes, duh).

Lipstik ini sekarang udah bisa didapetin di toko kosmetik manapun, baik online maupun offline!

Favorite Colors?

THIS IS HARDDDDD! SERIOUSLY! Tapi ya, kapan sih Purbasari gak bikin galau soal milih warna lipstik? Semuanya keliatan bagus, dan semuanya in real life memang cocok untuk kulit Indonesia. Aduh, aku suka banget semua warnanya tapi kalau misal disuruh milih, kayanya aku akan pilih nomor 71 (Rubellite) dan 75 (Goldstone). Aku pakai nomor 71 pas acara JakartaXBeauty kemarin. 😉

Swatches

Lippierating

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.