[Swatches & Review] Dear Dahlia: The First Ever Cosmetics Brand with Dahlia Extract from Korea (Vegan Friendly & Cruelty Free)

by Rissa Stellar
Published: Last Updated on 10519 views

Maybe you’ve heard it before, or never at all. DEAR DAHLIA is a brand from Korea, the first ever cosmetics brand that uses Dahlia Variabilis Flower Extract for all of their products.

Dear Dahlia Vs Fenty Beauty

Sengaja ditaro paling awal karena ternyata masih banyak yang ‘nyangka’ kalau Dear Dahlia secara terang-terangan ngikutin konsepnya FENTY BEAUTY. Well…..

Don’t get me wrong, I love FENTY BEAUTY but… that’s simply wrong. DEAR DAHLIA ini udah ‘eksis’ tiga bulan sebelum FENTY BEAUTY dirilis tepatnya JUNI 2017, di negara Korea Selatan. So yeah, that’s the truth. And NO, DEAR DAHLIA is not plagiarizing FENTY BEAUTY. Logically, how come? FENTY BEAUTY sendiri baru dikenalkan ke masyarakat luas di bulan September 2017. (Thank you Wikipedia!)

To put it simply… gak ada yang ngikutin siapapun. Baik FENTY dan DEAR DAHLIA punya konsep yang berbeda, market yang berbeda, dan juga secara kasat mata, desain yang berbeda. Yang mirip hanya bentuk octagonal shape untuk beberapa packaging DEAR DAHLIA yang secara kebetulan, mirip Killawatt-nya FENTY. Cuma itu aja kok. 😉

✨ Skin Paradise Blooming Cushion Foundation ‘Natural Beige’, US$ 42

Harganya US$ 42 atau IDR 600,000, cukup mahal buatku untuk cushion foundation. Aku sih lebih milih foundie yang agak mahalan sedikit tapi isinya banyak. So what is the WOW factor?

Selain desainnya yang unik (berbentuk oktagon — segi delapan) dan marble pattern di seluruh permukaan produk, Skin Paradise Blooming Cushion Foundation ini punya main ingredients: Dahlia Variabilis Extract, atau ekstrak bunga dahlia yang berfungsi menjaga kelembaban kulit secara maksimal (DEAR DAHLIA stated that this product is super hydrating).

Selain itu, produk ini punya kandungan SPF 35 PA+++ yang diklaim tidak akan menutupi (clogging) lubang pori-pori, tapi hanya tinggal di permukaan kulit. It’s pretty good, though. Belum lagi kandungan-kandungan lain dalam produk ini yang lumayan bikin tambah pengen: Lavender Oil, Orange Peel Oil, Argan Oil, Olive Oil, Certified Organic Sweet Almond Oil, Lime Tree Extract, dan juga Green Tea. You literally will get all of that in a single product with only 42 bucks.

Ingredientsnya fancy semua, tapi gimana formulanya? Daya tahannya? Bagus apa enggak?

Cushion milik DEAR DAHLIA ini gak kayak cushion kebanyakan (before interrupting me, I said ‘kebanyakan’). Supaya tetep terjaga kebersihannya, dibagian dalam cushion terdapat permukaan berpori yang tinggal ditekan kalau kalian ingin mengeluarkan produknya. Neat.

Untuk formulanya sendiri dia terasa seperti satin, gak matte jadi aman buat kalian yang berkulit kering. Untuk seleraku, aku lebih seneng kalau di set pakai setting powder setelahnya. Oh ya, produk ini punya kemampuan medium-full coverage, bisa dilayer dan tetep kerasa tipis di kulit. Aku punya bekas jerawat yang menghitam beberapa di pipi dan ketika pakai cushion ini bekas jerawat ini lumayan tertutup. But again, I would rather choose to wear concealer underneath dan tetep pakai cushion-nya tipis-tipis aja untuk menjaga kesan natural.

Untuk masalah warna, seperti biasa produk-produk cushion Korea kebanyakan (again, kebanyakan) memang fair-light skinned friendly. Aku pilih warna Natural beige dan sedikit sekali lebih terang dari warna kulit mukaku, tapi sangat cocok dengan warna leher ke bawah. For those who are wondering, warna kulit mukaku lebih gelap dibandingkan warna mayoritas kulitku.

So, does this product stay impressively? my answer is so-so. Produk ini stay dengan baik tanpa cracking sama sekali sampai maksimal 7-8 jam, tapi kalau kalian banyak beraktivitas diluar ruangan maka staying powernya pun akan berkurang. Kalau pengalamanku sih, mulai terlihat patchy di beberapa area yang memang berminyak seperti misalnya ujung hidung dan area di antara alis. Tapi ya tentu aja staying power bisa banget berbeda di setiap orang, tergantung spesifikasi kulit masing-masing.

✨ Paradise Dual Palette ‘Sunset Romance’, US$ 29

Nah ini dia. Sebetulnya, produk ini dan lipstiknya lah yang paling pengen aku coba. Khusus Paradise Dual Palette, aku sendiri ngerasa kalau produk ini unik dan ‘semua ada’. You know, semacam tinggal bawa 1 produk ini doang untuk full natural glam look. Oh ya, aku beli warna Sunset Romance, warna yang warm sesuai seleraku.

Paradise Dual Palette ini beda-beda untuk tiap warnanya. Ada yang memang kedua sisinya multi balm (krim multifungsi) untuk mata, pipi, dan bibir (Multi Balm Duo), ada juga yang berbentuk kedua sisinya shadow  (Eyeshadow Trio), ada yang pencampuran keduanya (shadow dan multi balm), (Multi Balm & Eye Shadow Trio). Nah, warna Sunset Romance ini adalah Multi Balm & Eye Shadow Trio.

Bentuknya sendiri kecil (bayangkan isinya), sangat travel-friendly, dan bagian shimmer-nya gak mudah pecah. Beberapa kali aku bawa ke luar kota, gak ada tanda-tanda serbuknya fallout sama sekali. Kedua sisinya memiliki kaca (sungguh ini adalah hal yang paling extra tapi aku suka), jadi gak perlu buka tutup satu bagian cuma buat ngaca.

Formulanya sendiri seperti halnya si cushion, Paradise Dual Palette ini punya main ingredients Dahlia Virabilis Extract, dengan bahan baku tambahan yang gak kalah heboh: Certified Organic Sweet Almond Oil, Argan Oil, Shea Butter, dan Cacao Seed Butter. Klaimnya, produk ini bisa tahan lama, ngasih color payoff yang sangat baik, gak ada chalky atau patchy.

Kenyataannya? Well, that’s true! Baik Multi Balm maupun Shadownya punya pigmentasi yang baik, dan bisa banget tahan sampai maksimal 10 jam. Aku pakai shadow untuk area mata, sedangkan multi balm di pipi. Warna Sunset Romance ini bagus banget untuk kita yang punya kulit medium, karena warnanya gak akan terlalu terang tapi tetep ‘keliatan’.

✨ Lip Paradise Intense Satin Lipstick, US$ 30

Harganya sekelas NARS, tapi kualitasnya gak sebagus NARS. To the point aja sih. :p

Oke kita bahas dulu soal produk ini ya. Seperti Cushion dan Dual Palette-nya, Lip Paradise Intense Satin Lipstick ini punya desain berbentuk oktagon yang unik, dengan detail marble pattern dan gold lining. Produknya lumayan berat, jadi kerasa banget deh kalo mahal hahaha.. Dan yang pasti, memang produk-produknya Dear Dahlia ini gak cuma harganya doang yang mahal, tapi kualitasnya juga. Dan seperti cushion-nya, Lip Paradise Intense Satin Lipstick punya kandungan yang sama namun ditambahkan ingredients favorit aku dalam lipstik: Rice Bran Oil! Semacam Tatcha Kyoto Red Silk Lipstick, atau kalau brand Indonesia sih punya GLOU (Liptreat). Rice Bran Oil ini gak tau kenapa cocok banget di bibirku. Lembut, gak bikin kering sama sekali, dan nyaman dipakai seharian.

Tapi sayangnya, dalam Dear Dahlia Lip Paradise Intense Satin Lipstick, ‘feel’ ini kerasa sama tapi terasa jauh lebih ‘licin’ dan kurang keluar warnanya. Dan computer-generated lip swatches-nya misleading banget. 🙁 Aku pilih warna Adele karena aku pikir warnanya akan lebih ke arah dusty rose, tapi ternyata di aku malah jadi seperti peach. Kalau soal staying power, nothing impressive. Dia gak dipake makan atau minum aja bisa luntur saking ‘licin’nya.

Oh ya, lipstik ini punya kandungan SPF, sampai SPF 15. Cocok buat kalian yang seneng beraktivitas diluar ruangan. 😉

✨ The Good Stuffs

  • Clean, modern, unique, luxurious design.
  • High Quality ingredients
  • Photogenic! hahaha..
  • Travel-friendly
  • One of a kind. Cocok untuk yang suka koleksi.
  • Diformulasikan TANPA sulfates, phtalates, EU/US banned color pigments (pigmen warna yang dilarang di Eropa / US), nano particles, parabens, PEGs, Synthetic fragrance.
  • VEGAN FRIENDLY & CRUELTY FREE!

✨ The Not So Good Stuff

  • Belinya jauh, di Korea. Kalau beli online, DEAR DAHLIA menawarkan worldwide shipping. Pas bulan Januari aku beli produknya masih free shipping untuk order diatas 100 USD, tapi untuk sekaran promo free shipping hanya untuk pembelian set. Pengiriman memakan waktu sampai 5-7 hari kerja. Paketku dateng pas hari ke-5 setelah order.

Okay so that’s it! Beli produknya dimana? Di en.deardahlia.com. Ini situs resmi DEAR DAHLIA berbahasa Inggris dan dalam USD (bukan KRW).

Semoga kalian suka sama reviewku kali ini ya.. agak ringan soalnya emang niat awalnya gak akan dibikin review cukup bahas sedikit aja eh ternyata malah keterusan. :p

See you guys again soooon!

Affiliate Link:

More Reviews You'll Love

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.